Cara Membuat Kopi Cappucino Nikmat di Rumah dan Rekomendasi Cappuccino Instant Yang Wajib Kamu Coba

Cara Membuat Kopi Cappucino Nikmat di Rumah dan Rekomendasi Cappuccino Instant Yang Wajib Kamu Coba

Kopi cappuccino memang punya banyak penggemar. Jika kamu suka menikmati kopi yang satu ini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus repot datang ke cafe, Simak cara dan rekomendasinya berikut ini!

Asal-Usul Kopi Cappuccino

Sumber gambar www.quora.com

Apakah kamu salah satu penggemar minuman kopi jenis Cappuccino? Jika iya, sudah tahukah kamu mengenai asal usulnya? Minuman nikmat dengan buih susu di atasnya ini sudah dikenal sejak tahun 1683 silam loh.

Awal ditemukannya kopi ini adalah ketika biji kopi asal Turki diketemukan di Wina di Austria. Biji kopi milik tentara Turki ini tertinggal usai Turki mengalami kekalahan kala berperang melawan tentara gabungan German dan Polandia.

Sedangkan cara penyajian cappuccino sendiri terinspirasi dari pesanan imam Biara Capuchin yakni Marco D’ Aviano. Sang biara merasa kopi terlalu kuat dan pahit maka dari itu ia mengusulkan untuk menambah susu dan krem ke dalam minuman tersebut. Dinamakan cappuccino sebagai rasa hormat tersendiri pada Marco.

Beda Cappucino dan Kopi Latte

Sumber gambar www.peterjthomson.com

Saking banyaknya varian baru kopi kadang ita jadi bingung membedakannya. Antara kopi satu dan lainnya rasanya hampir mirip sehingga bagi yang bukan ahli kopi pasti agak sulit membedakannya. Contoh saja cara membedakan cappuccino dan kopi jenis latte.

Kopi Cappuccino memiliki takaran serba 1/3 untuk semua bahannya. Dengan lapisan busa tebal di atas kopi, rasa cappuccino ini jauh lebih kuat. Untuk jenis cappuccino basah maka kandungan susu lebih banyak sedangkan cappuccino kering mengandung lebih banyak busa.

Sedangkan di sisi lain, latte alias kopi susu menggunakan susu asli bukan sekedar buih susu saja layaknya cappuccino. Kandungan espresso dalam latte adalah 25 persen ini yang membuat susu lebih terasa dalam minuman latte.

Tidak Harus ke Kedai Kopi, Kamu Bisa Membuatnya Sendiri di Rumah

Sumber gambar www.yuppiechef.com

Menikmati secangkir cappuccino memang bakalan nikmat banget. Namun kalau terus menerus ke kafe kan keuangan juga bisa jadi jebol ya. Tak ada salahnya loh membuat cappuccino sendiri dirumah.

Siapkan saja bahan dan alatnya dan kamu pun bisa dengan mudah bikin dirumah. Yang pasti kamu harus punya mesin espresso untuk bikin kopinya. Selain itu kamu juga butuh gelas tinggi dan cocktail mixing spoon serta cocktail strainer. Pastikan untuk mendinginkan gelas sebelum memakainya. Proses meracik kopi dan penambahan buih susu yang pas juga akan mempengaruhi rasa dari cappuccino buatan kamu.

So, jika ingin membuat sendiri perhatikan step by step-nya dengan benar ya. Mari simak langkah yang tepat membuat cappuccino dengan mesin espresso.

Cara Membuat Cappuccino dengan Mesin Espresso

Penasaran bagaimana cara membuat kopi cappuccino yang enak di rumah? Simak cara membuatnya dibawah ini ya!

Siapkan Mesin Espresso

Sumber gambar www.matthew-epstein.com

Saat membuat kopi cappucino bahan dasar kopi hitam harus disiapkan. Sebagai salah satu bahan utama pembuatan cappucino, sari pati kopi berupa espresso-lah yang berperan penting membentuk rasa kopi.

Membuat espresso bisa dengan mesin pembuat espresso yang kini sudah tersedia beraneka ragam di pasaran. Jika membuat dengan mesin tentu mudah karena kamu tinggal masukkan biji kopi dalam mesin lalu menunggu espressonya siap. Jika sari pati kopi sudah siap masa saatnya kamu menyiapkan bahan kopi cappucino lainnya.

Buat Busa Susu

Sumber gambar www.ontimesupplies.com

Bahan lain yang tak kalah penting dalam cappuccino adalah busa susu. Siapkan mesin espresso lalu tekan steam pada mesin tersebut. Usahakan untuk memakai susu tanpa lemak. Dengan demikian busa susu yang dihasilkan akan lebih banyak daripada susu dengan lemak.

Busa susu yang tepat untuk cappuccino adalah 68 derajat celcius. Jika tak memiliki mesin espresso kamu juga masih bisa membuat busa susu secara manual. Cukup kocok susu dalam toples tahan panas yang tertutup rapat. Shake dengan cepat dan ulang terus hingga menghasilkan busa susu. Selanjutnya tinggal masukkan dalam microwave 30 detik hingga foam susu terbentuk.

Buatlah Kopi Espresso

Sumber gambar forthefeast.com

Cara selanjutnya adalah dengan membuat kopi espresso. Tentunya kamu harus menyiapkan dulu cangkirnya dan juga mesin espressonya. Susu yang tadi sudah disiapkan silahkan dituang ke dalam cangkir yang sudah diisi kopi espresso.

Menuangnya secukupnya saja lalu jangan lupa tuang foamnya dengan sendok ke bagian tengah kopi. Ini dilakukan supaya foam bisa merata dengan sendirinya. Jadi pertama yang harus dituang dalam cangkir adalah 1/3 espresso disusul 1/3 susu uap dan terakhir di bagian tengah ditambahkan 1/3 foam susu.

Racik Kopi Cappucino Sesuai Selera

Membuat kopi cappuccino sendiri dirumah tak begitu susah. Yang diperlukan adalah ketelatenan dalam membuatnya. Agar rasa cappuccino lebih enak, kamu bisa menambahkan bahan lain sesuai selera kamu.

Misalnya saja nih setelah kamu bubuhkan foam kamu bisa tambah es batu jika suka cappuccino kamu dingin. Atau bisa juga tambah cokelat bubuk ke atas foam susu agar rasa minuman lebih nikmat.

Membuat Cappucino Tanpa Mesin Espresso

Sumber gambar forthefeast.com

Ingin buat cappuccino dirumah namun tak punya mesin espresso, bisa juga kok. Kamu cukup sediakan aeropress alias kopi manual brewing. Tambah dosis kopinya agar rasa kopi lebih kuat dan tajam.

Jika espresso sudah dibuat maka kamu dengan mudah bisa tambahkan bahan lain seperti susu dan foamnya. Rasa kopi espressomu tak akan kalah kok meski kamu tidak menggunakan mesin. Ingat saja untuk menambah porsi kopinya agar rasanya strong.

Ingin yang Mudah? Pakai Kopi Cappuccino Instan!

Sumber gambar www.freepik.es

Tak hanya membuatnya dengan menggunakan mesin espresso, kamu bisa ko membuat kopi cappuccino yang lezat dengan mudah tanpa perlu repot-repot mengocok busa atau membuat espresso. Cukup dengan menyeduh kopi cappuccino sachet, kamu sudah bisa menikmati secangkir kopi lezat. Berikut BP-Guide rekomendasikan beberapa jenis kopi cappuccino sachet yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran.

Torabika Cappuccino Sachet

Sumber gambar www.blibli.com

Tak perlu ribet membuat secara manual jika ingin cappuccino. Kamu pun bisa banget loh membuat kopi cappuccino dengan cara instan dan praktis. Gunakan saja bubuk cappuccino praktis dari Torabika.

Brand milik PT Mayora Indah ini mempersembahkan kopi cappuccino dalam sachet yang praktis dibuat. Racikan cappuccinonya benar-benar oke. Komposisi gula dan kopinya pas. Selain jenis Cappuccino adqa juga yang dilengkapi krimer sehingga rasanya lebih nikmat terasa.

Kamu bisa menikmati cappuccino instan dengan nikmat karena produk ini juga menyediakan taburan berupa choco granule pada produknya. Pas untuk dinikmati kala santai. Kamu bisa beli di Blibli seharga Rp. 53.000 untuk 20 sachetnya.

Good Day Cappuccino Sachet

Sumber gambar www.tokopedia.com

Produk dari Good Day memang sudah dikenal masyarakat sebagai produk variasi kopi terbaik. Banyak digemari anak muda karena brand milik PT Santos jaya Abadi ini menghadirkan aneka rasa kopi yang unik. Kamu bisa jajal varian Good Day rasa kopi Cappuccino yang enak abis.

Kopi instan cappuccino dari Good Day sangat pas takarannya. Mulai dari gula dan kopi sampai krimernya semua sesuai dengan selera. Cokelat granule pun disediakan sebagai taburan minuman satu ini. Segera beli seharga Rp. 49.000 di toko online Blibli ya.

Indocafe Cappuccino Sachet

Sumber gambar www.amazon.com

Indocafe adalah brand dari PT Sari Incofood Corp. Sudah berdiri di sejak 1985, brand satu ini juga jadi salah satu pengekspor kopi instan terbesar dari tanah air. Produknya mudah didapatkan dimanapun bahkan hingga manca negara seperti di beberapa negara Asean hingga Eropa dan Amerika.

Produk Cappuccino instan dari Indocafe pun banyak digemari. Selain rasa yang enak, taburan choco granule pada produk satu ini membuat rasanya tak kalah dengan kopi instan cappuccino lainnya. Produk bisa dibeli secara online melalui Blibli dengan harga Rp. 125.000 per kemasan isi 50 sachet.

Kopiko Cappuccino Sachet

Sumber gambar www.amazon.com

Kalau mendengar kata Kopiko sudah pasti yang terlintas adalah permen rasa kopi. Popularitas Kopiko di Indonesia memang tak terkalahkan. Perusahaan pun mulai merambah produksi berupa minuman kopi instan.

Segera coba seri kopi cappuccino dari Kopiko yuk. Ada bahan tambahan berupa choco granule guna menambah cita rasa nikmat kopi seduh instan ini. Cocok dinikmati bareng keluarga dan teman saat santai. Kamu bisa beli dari toko online Enjoybettercoffee dengan harga Rp. 63.359 per kemasan ini 10 sachet.

Nescafe Cappuccino Sachet

Sumber gambar www.tesco.com

Nestle berdiri di tahun 1866. Di awal tahun berdirinya perusahaan memproduksi makanan bayi. Kemudian berkembang memproduksi susu dan juga kopi. Berpusat di Swiss, Nestle juga memiliki pabrik cabang di Indonesia.

Yuk segera ke Amazon karena disana ada minuman instan cappuccino persembahan Nestle loh. Takarannya pas sehingga kamu pasti suka dengan rasanya yang nikmat. Kopi ini tersedia dalam kemasan isi 8 sachet. Untuk harganya, kopi dibanderol Rp. 72.050 per kemasan.

Aik Cheong Cappuccino Sachet

Sumber gambar www.jayagrocer.com

Berdiri di lingkungan yang sederhana Aik Cheong Coffee Roaster Sdn. Bhd kini sudah makin berkembang. Biji kopi yang diolah didatangkan dari Indonesia. Perusahaan asal Malaysia ini juga mengimpor biji kopinya dari Amerika dan Filipina.

Dibuat dari biji kopi terbaik dan bahan pilihan lainnya, cappuccino instan dari Aik Cheong ini wajib dicicipi. Rasanya berimbang dengan aroma yang nikmat. Campuran kopi robusta dan arabika yang pas membuat kopi ini terasa lebih mantap. Dijual di Elevenia pada harga Rp. 50.000 per pack isi 12 sachet.

From our editorial team

Kopi Cappuccino Nikmat untuk Temani Harimu

Kopi cappuccino memang populer sebagai salah satu kopi nikmat yang banyak disukai. Untuk menikmati secangkir kopi cappuccino, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah dengan menggunakan mesin espresso atau dengan menyeduh kopi sachet instan yang mudah ditemukan di pasaran. Coba juga rekomendasi kopi instan yang diulas BP-Guide diatas, siapa tahu salah satunya bisa jadi favoritmu.

Tag