Nikmati 7 Varian Kopi Putih Nikmat Siap Santap yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah! (2018)

Nikmati 7 Varian Kopi Putih Nikmat Siap Santap yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah! (2018)

Menikmati kopi putih bisa jadi salah satu alternatif untuk kamu penggemar kopi yang punya masalah dengan asam lambung dan kadar kafein yang tinggi. Tak perlu khawatir, kamu tetap bisa menikmati beberapa varian kopi putih yang direkomendasikan BP-Guide berikut ini jika tak mau repot!

Apakah Sebenarnya Kopi Putih Itu?

Istilah kopi putih sebenarnya sudah ada sejak abad ke-20 dimana istilah ini muncul ketika pemilik kopi Thong Lian di sebuah kota Ipoh di Malaysia ingin memberikan kopi yang terkesan unik kepada para pelanggannya. Kopi putih sama seperti kopi hitam pada umumnya yang menjadi pembedanya ialah proses pemanggangan yang membuat kopi putih menghasilkan rasa yang khusus dan memiliki jumlah kafein yang relatif rendah. Lamanya proses pemanggangan inilah yang menjadi pembeda antara kopi putih dan kopi hitam dimana kopi putih memiliki waktu yang lebih singkat dan diolah dengan margarin untuk memberikan rasa kopi yang lebih ringan.

Dari segi rasa, kopi putih memiliki rasa yang unik dimana rasanya lebih murni dan ringan untuk diminum oleh siapa pun. Kopi putih sebenarnya tidak berwarna putih tetapi lebih ke warna cokelat terang yang mana kopi ini telah memiliki banyak penggemarnya seperti di negara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Terdapat perbedaan maksud untuk istilah kopi putih di beberapa negara tersebut, seperti di Inggris yang mana kopi putih mengacu pada kopi hitam yang diberi susu, krim, atau produk turunan dari sirup jagung, kedelai, dan kacang yang dituangkan dalam duhu ruangan. Di Amerika Serikat, kopi putih memiliki makna biji kopi putih dipanaskan hingga level yellow roast dengan proses pemanasan yang cepat membuat gula alami pada biji kopi tidak terkaremelisasi dengan baik sehingga tidak ada rasa pahit yang tertinggal.

Cara Pembuatan Kopi Putih

Proses pembuatan kopi putih terkesan unik dan berbeda dengan kopi hitam dimana biji kopi bisa kamu peroleh di beberapa toko atau beli melalui perusahaan pemanggangan kopi. Biji kopi mentah biasanya masih hijau saat dipanen dan akan terlihat kecoklatan ketika melalui proses pemanggangan. Proses pemanggangan kopi putih yang relatif sebentar membuat biji kopi inilah yang disebut dengan biji kopi ‘putih’ dengan rasa yang dihasilkan terasa gurih.

Bila kamu menginginkan dosis kafein yang lebih banyak maka kopi putih sangat cocok untuk kamu cicipi karena kopi putih memiliki kandungan kafein tinggi disebabkan oleh proses pemangangan yang sebentar sehingga kafein yang terbakar juga sedikit. Untuk memproduksinya, kopi putih memiliki alat penggiling khusus karena dapat mematahkan alat penggiling biasa.

Perbedaan Kopi Putih dan Hitam

Sumber gambar www.health.com

Perbedaan yang paling signifikan ialah pada warna kopi dimana kopi putih memiliki warna agak pucat (tampak putih) sedangkan kopi hitam memiliki warna gelap. Jumlah kafein pada kopi putih 10% lebih rendah dari kopi hitam. Selain itu, kopi putih tidak menggandung trans-fat atau lemak trans/lemak yang tidak sehat bagi tubuh yang terkandung pada kopi hitam.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proses pemanggangan menjadi pembeda kedua kopi ini dimana kopi hitam dipanggang dengan temperatur panas yang tinggi dan sesekali dibolak-balik untuk menghindari agar tidak gosong, sedangkan kopi putih dipanggang dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dan waktu proses pemangganganya 2.5 kali lebih cepat daripada pemanggangan kopi hitam.

Mana yang Lebih Sehat, Kopi Putih atau Kopi Hitam?

Sumber gambar www.purplestars-fb.com

Karena kopi putih memiliki jumlah kafein yang lebih sedikit sehingga lebih aman untuk kamu yang memiliki masalah pencernaan atau lambung. Akan tetapi, kopi putih juga memiliki efek samping bila dikonsumsi terlalu banyak, pasalnya setiap orang memiliki reaksi terhadap kafein berbeda-beda. Efek yang bisa ditimbulkan antara lain gelisah, insomnia, jantung berdegup lebih kencang, sakit kepala, sehingga telinga berdenging. Sebenarnya, baik kopi hitam dan putih sama-sama memiliki efek samping bagi tubuh bila dikonsumsi terlalu banyak apalagi dengan kadar gula yang banyak.

Bahaya Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan

Mengkonsumsi kopi memang punya beberapa manfaat bagti tubuh namun jika dikonsumsi secara berlebihan justru bisa mendatangkan bahaya. Apa saja bahaya mengkonsumsi kopi secara berlebihan? Simak daftarnya berikut ini!

Kematian Dini

Sumber gambar www.123rf.com

Kafein yang terdapat dalam kopi memiliki rasa pahit dan bekerja menghasilkan psikotonik yang kuat dan diuretik ringan, sehingga dapat merangsang saraf pusat (otak), sistem pernafasan, masalah jantung, dan lainnya. Apabila hal tersebut tidak terkontrol maka dapat menyebabkan kematian dini.

Jika kamu mengkonsumsi kopi empat gelas dalam sehari maka ini dapat meningkatkan resiko kematian dini karena jumlah kafein yang masuk ke tubuh terlalu banyak dan hal ini tidak baik untuk tubuh. Sebaiknya, bila kamu sudah terbiasa minum kopi dua atau tiga gelas dalam sehari dapat dikurangi karena dosis asupan kafein yang dianjurkan yaitu 200-300 mg per hari.

Tekanan Darah Tinggi

Sumber gambar www.newhealthadvisor.com

Kopi juga dapat memicu tekanan darah tinggi karena terdapat kafein yang melepaskan banyak adrenalin membuat metabolisme naik dan secara otomatis hal ini meningkatkan tekanan darah. Apabila memiliki riwayat penyakit kardiovaskular maka kopi maka darah tinggi bisa terpicu.

Berdasarkan hasil studi dari Charalambos Vlachopoulos, MD, menyatakan bahwa kafein sangat cepat meningkat yang memberikan efek kekakuan pada arteri besar dengan tekanan darah tinggi, bahkan untuk orang yang memiliki tekanan darah normal pun kafein dapat meningkatkan tekanan darah.

Kolesterol

Sumber gambar www.livestrong.com

Tidak hanya tekanan darah, kopi juga dapat meningkatkan kolesterol jahat yang dipicu karena adanya minyak terpane yang ada dalam kopi. Apabila mengkonsumsi kopi lima cangkir per harinya maka dapat menaikkan kolesterol darah sebanyak 6-8%. Jika kolesterol jahat lebih pekat maka dapat menimbulkan endapan lemak, penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan resiko penyakit jantung.

Selain itu, penyebab kolesterol naik dapat dipicu dari cara konsumsi kopi dimana kebiasaan meminum kopi tubruk atau kopi yang tidak melalui proses penyaringan dapat meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh seseorang secara drastis.

Penyakit Jantung

Sumber gambar www.thesun.co.uk

Meningkatkan hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin karena konsumsi kopi yang terlalu banyak dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan ketegangan saraf tubuh, hal inilah yang menyebabkan jantung berdegup lebih kencang ketika setelah mengkonsumsi kopi. Bahkan dalam beberapa kasus, seseorang bisa mengalami serangan jantung setelah mengkonsumsi kopi, oleh karenanya kopi merupakan minuman yang harus dihindari apabila memiliki riwayat serangan jantung.

Selain itu, konsumsi kopi secara berlebihan dapat menimbulkan endapan lemak jahat pada tubuh dan darah yang lebih pekat, hal inilah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke.

Diabetes

Sumber gambar margraonline.com

Efek lain yang bisa dirasakan karena mengkonsumsi kopi terlalu banyak ialah dapat meningkatkan gula darah dan juga tingkat insulin. Pasalnya, dalam segelas cangkir kopi dapat mengandung 100 mg kafein yang memberi dampak buruk terdahap gula darah tubuh, hal inilah yang menjadi potensi penyakit diabetes tipe 2.

Kopi dapat menyebabkan penyakit glukoma meningkat yang menyebabkan kebutaan dan akan lebih berbahaya untuk penderita diabetes. Selain itu, kopi yang memiliki kandungan trigliserida yang bisa naik dengan cepat dan memicu resiko penyakit jantung stroke, impotensi, dan diabetes.

Ragam Produk Kopi Putih yang Layak Kamu Coba

Ada banyak ragam kopi putih atau white coffee yang beredar di pasaran. Berikut BP-Guide berikan beberapa rekomendasi produk kopi putih yang layak kamu coba. Check these out!

Luwak White Koffie

Sumber gambar www.thesun.co.uk

Banyak pilihan kopi putih yang bisa kamu cicipi salah satunya kopi luwak white koffie yang memiliki rasa original. Kopi ini dihasilkan dari biji kopi terbaik di Sumatera dan Jawa yang melalui proses fermentasi dan teknik pemanggangan yang unik. Kopi putih diproses melalui pembekuan dengan suhu minus 40 derajat celcius dengan menggunakan krimer non-susu dan gula murni yang berkualitas. Kamu tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi kopi ini karena telah memiliki sertifikat kesehatan yang terjamin aman untuk di konsumsi.

Kamu bisa membeli kopi putih ini di Bukalapak dengan harga Rp 29.000 untuk 20 sachet dan Rp 19.300 untuk 1 renteng atau 10 sachet, untuk mendapatkan harga yang lebih murah kamu bisa melakukan pembelian minimum 200 pcs.

Old Town White Coffee Classic

Sumber gambar www.rd.com

Kopi putih asal Malaysia ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk kamu coba, pasalnya Old Town White Coffee Classic memiliki komposisi creamer (glucose syrup, palm kernel oil, sodium caseinate (milk protein), permitted stabilizers (E340, E452i) & emulsifiers (E471, E472e), anti-caking agent (E551), sugar & instant coffee yang nikmat untuk kamu konsumsi.

Untuk mendapatkan kopi ini kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 69.900 untuk 15 sachet dimana setiap sachetnya seberat 40 gram. Selain itu, kamu juga bisa membeli kopi putih ini di Amazon untuk 15 sachet seharga Rp 165.339.

Owl White Coffee Tarik

Sumber gambar www.express.co.uk

Variasi lain dari kopi putih yang bisa kamu konsumsi ialah kopi putih tarik dengan brown sugar yang mana kopi ini merupakan perpaduan rasa kopi putih dan kental yang kaya, gula merah karamel, dan rasa kopi yang lebih lengkap. Owl White Coffee Tarik dapat kamu konsumsi saat sarapan atau makan malam dimana memiliki rasa khas kopi dan teh dari kawasan Strait Asia yang terbentang dari Penang melalui Selat Malaka ke Jawa karena pada dasarnya OWL merupakan perusahaan yang berbasis di Singapura.

Untuk memesan kopi putih ini kamu bisa dapatkan melalui Tokopedia seharga Rp 55.000 per 15 sachet dimana terdapat rasa original dan coconut. Tidak hanya di Tokopedia, kamu juga bisa melakukan pemesanan di amazon.com seharga Rp 178.281 per 15 sachet.

Ah Huat White Coffee Extra Rich

Sumber gambar healthadvisorycenter.com

Kopi putih lain produksi dari negara Malaysia yang bisa kamu coba ialah Ah Huat White Coffee Extra Rich yang kaya lapisan busa, serta lembut dan aromatik. Kopi kopi produksi dari Ah Huat ini sangat populer di wilayah Georgetown, Penang, Malaysia karena kopi ini memiliki rasa kacang hazelnut yang wangi dan gurih. Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat, kamu bisa menambahkan air panas 180 ml per sachetnya.

Tersedia di Tokopedia Ah Huat White Coffee Extra Rich dapat kamu beli seharga Rp 65.000 per 15 sachet. Kopi putih ini juga di jual oleh Tesco seharga Rp 51.000 per 15 sachet dengan berat 40 g tiap sachetnya.

Maxim White Gold Coffee

Sumber gambar www.123rf.com

Bagi kamu yang penggemar drama korea pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi yang berasal dari negara gingseng ini yaitu Maxim White Gold Coffee yang 100% produk Korea asli. Kopi putih ini telah diproduksi sejak tahun 1980 dan memimpin pasar kopi campuran korea sehingga kamu tidak perlu lagi meragukan kualitas serta rasanya yang halus ringan, dan tidak pahit.

Untuk membeli kopi ini kamu bisa mengunjungi tokopedia.com dimana per sticknya dihargai Rp 4.800. Kamu juga bisa memesanya di item2.gmarket.co.kr seharga $28.65 atau setara dengan Rp 378.294 per 2 packs.

Aik Cheong White Coffee

Sumber gambar www.purplestars-fb.com

Kopi putih asal Malaysia yang bisa kamu coba lainnya ialah Aik Cheong White Coffee dimana terbuat dari campuran biji kopi Arabica dan Robusta yang memiliki aroma harum dan rasa creamy yang khas. Berawal dari usaha sederhana di lingkungan kumuh dari sebuah toko di sepanjang Temple Street di Kota Malaka tua, terciptalah kopi putih yang telah di produksi sejak tahun 1957. Rasa dan aroma yang khas mampu membuat kopi ini tetap eksis hingga saat ini.

Kamu dapat memesan kopi putih ini di Bukalapak dengan harga Rp 57.000 per 15 sachet dan di Amazon dengan harga Rp 118.827. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kopi yang memiliki rasa original ini di Lazada seharga Rp 69.500 per 15 sachet.

Penang My Cafe Durian White Coffee

Kopi putih lain dari Malaysia yang memiliki cita rasa yang tak kalah nikmat ialah Penang My Café Durian White Coffee yang merupakan kopi putih 4 in 1 yang memiliki banyak penggemarnya sehingga tak heran kopi ini mandapat sertifikat kopi best seller dari Kementerian Kesihatan Malaysia.

Kamu bisa memesan kopi halal ini di shoppee.co.id seharga Rp 55.000 per 15 sachet dan di Tokopedia seharga Rp 57.000 per 15 sachet dimana setiap sachetnya seberat 40 g.

From our editorial team

Kopi Putih Unik Dan Nikmat Yang Wajib Kamu Coba

Seperti yang kita tahu, ada banyak ragam biji kopi di dunia ini dan penggemar kopi tentu harus mencicipi ragam kopi tersebut. Salah satu ragam biji kopi yang layak dicoba adalah kopi putih atau yang lebih dikenal dengan sebutan white coffee. Kamu bisa menikmati jenis kopi ini sebelum memulai hari atau saat membutuhkan asupan kafein untuk meningkatkan produktivitas. Meski begitu, ingat ya untuk mengkonsumsi kopi putih secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Tag