Inilah 10 Rekomendasi Game Ringan PC Terbaik untuk Kamu (2020)

Inilah 10 Rekomendasi Game Ringan PC Terbaik untuk Kamu (2020)

PC kentang kamu sering lag dalam memainkan beberapa game tertentu? Kamu jangan khawatir karena banyak game dengan grafik mumpuni dan jalan cerita seru masih bisa dimainkan dalam komputer pribadi milik kamu. Inilah beberapa rekomendasi game yang bisa kamu mainkan.

Kamu Tetap Bisa Main Game Keren di PC dengan Spesifikasi Rendah

Sumber gambar lifestyle.kompas.com

Perkembangan game sejalan dengan semakin banyak pemain game PC. Hal ini terjadi karena game sekarang bukan lagi sekadar pengisi waktu luang saja. Banyak juga yang menjadikan game sebagai mata pencaharian.

Untuk menampilkan kesan nyata dalam permainan, pengembang menciptakan desain grafik mumpuni dalam permainan sehingga membuat ukuran permainan menjadi sangat besar. Namun, permainan-permainan yang populer di kalangan gamers justru hanya ramah pada komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Ukurannya file game yang besar dan grafik yang ciamik membuat komputer spesifikasi rendah tidak bisa mengoperasikan permainan ini. Kamu mungkin saja bisa memainkan permainannya sebentar, tapi itu pun hanya sebentar saja karena komputer kita bisa saja mendadak bluescreen atau lebih parah, yaitu mati.

Meskipun begitu, beberapa developer menyadari bahwa ada beberapa kalangan yang hanya menggunakan komputer dengan spesifikasi rendah sehingga mereka membuat game yang kompatibel dengan komputer tersebut. Meskipun grafik yang ditawarkan lebih sederhana, kamu tetap bisa merasakan tantangan yang diberikan oleh permainan tersebut.

Tips agar Bisa Bermain Game di PC Spesifikasi Rendah

Upgrade RAM Laptop

Sumber gambar www.arenalaptop.com

Meng-upgrade RAM adalah cara yang paling disarankan untuk kamu yang menginginkan kenyamanan terbaik dalam bermain game. Hal ini juga diperlukan untuk membuat komputer menjadi lebih lega dan berjaga-jaga supaya kapasitas RAM komputer kamu tidak kepenuhan. Komputer dengan spesifikasi rendah biasanya menyediakan RAM sebesar 4 GB.

Kapasitas yang kamu tambahkan itu tergantung pada ukuran game dan jumlah game yang ingin kamu unduh. Kapasitas 8 GB sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan bermain game.

Kurangi Aplikasi yang Tidak Penting

Sumber gambar answers.microsoft.com

Apabila kamu memang tidak ingin meng-upgrade RAM, ada baiknya kamu menghapus aplikasi-aplikasi atau task yang tidak penting di dalam komputer kamu. Caranya adalah dengan membuka Control Panel dan klik Programs & Features. Lalu, pilih program yang ingin dihapus dan klik Uninstall. Selain cara ini, kamu juga bisa mengetik Add or Remove Program di menu pencarian yang ada pada sudut kiri bawah layar.

Untuk menghentikan beberapa task yang tidak perlu, kamu masuk ke menu Task Manager. Lalu, cari SysMain dan klik end task. Selain itu, kamu masuk ke pilihan tab Startup dan disable semua aktivitasnya untuk mencegah bootloop dan lag saat bermain game.

Bersihkan Bagian Dalam Laptop Secara Berkala

Sumber gambar www.idntimes.com

Kamu harus tahu apabila bermain game membuat suhu komputer jadi lebih cepat panas karena prosesor akan bekerja lebih keras dari biasanya. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menjaga waktu untuk bermain game agar kondisi komputer kamu tetap optimal dan tidak membuat bagian dalam komputer kamu tidak mudah rusak, terutama RAM, Hard Disk, dan prosesor.

Selain itu, hal yang paling lumrah dari semua perangkat elektronik adalah berdebu. Oleh sebab itu, kamu harus rajin membersihkan debu yang menempel di semua bagian komputer pribadimu, minimal bagian luar. Namun, alangkah lebih baiknya kamu juga membersihkan bagian dalamnya. Gunakanlah cairan yang mudah menguap dan kering untuk mencegah korsleting pada PCB.

Pembersihan secara berkala diperlukan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam CPU atau perangkat laptop tetap terjaga. Apabila debu terlalu banyak, panas akan berkumpul di dalam perangkat sehingga akan menambah suhu dan mempercepat rusaknya perangkat dalam komputer kita.



Rekomendasi Game Ringan untuk PC Kentang Milik Kamu

Hitman Blood Money

Sumber gambar en.wikipedia.org

Hitman: Blood Money adalah permainan bergenre stealth yang dikembangkan oleh IO Interaktif. Dalam permainan ini, kamu sebagai Agent 47 akan bertugas sebagai pembunuh bayaran yang lihai dalam membunuh lawan dalam diam dan tanpa terdeteksi. Target yang akan kamu bunuh pun tidak main-main. Kebanyakan adalah pejabat-pejabat tinggi yang tentu kita tahu kalau mereka akan memiliki penjagaan yang ketat.

Kamu akan diberikan misi tergantung permintaan pembunuhan yang masuk karena di dalam game ini kamu adalah pembunuh bayaran profesional. Lalu, kamu akan berusaha sebaik mungkin untuk membunuh semua penjaga target, sampai akhirnya kamu membunuh target terakhir.

Permainan ini bisa dimainkan di dalam komputer kentang karena prosesor minimalnya adalah Pentium 4, RAM 512 MB, dengan sistem operasi minimal adalah Windows XP. Dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang, laptop saat ini sudah banyak memenuhi bahkan melebihi standar yang diberikan oleh developer, bukan?



Just Cause 2

Sumber gambar en.wikipedia.org

Permainan ini dikembangkan oleh Avalanche Studios dan mulai diperkenalkan pada tahun 2010. Alur game berkisah tentang Rico Rodriguez yang berlibur ke Pulau Panau, tetapi harus mengalami kecopetan oleh penduduk sekitar. Untuk bertahan hidup, Rico harus bekerja sebagai pembunuh bayaran dengan cara menyerbu markas tentara, menghancurkan beberapa fasilitas umum, dan ikut dalam perang antar gank yang ada di sana.

Namun setelah uang terkumpul, Rico justru memilih untuk tetap tinggal di pulau tersebut dan harus berhadapan dengan kelompok-kelompok mafia lain. Dalam permainan ini, kamu bisa melakukan transaksi jual beli senjata dan beraliansi dengan kelompok mafia tertentu untuk menghancurkan musuh bersama, tergantung pada misi yang diberikan kepada kamu. Kamu benar-benar akan diberikan sensasi nyata sebagai seorang pembasmi mafia di dalam permainan ini.

Untuk memainkan permainan ini, komputer kamu minimal harus memiliki prosesor Dual-core CPU with SSE3, RAM 2 GB, dan sistem operasi Windows Vista/7. Selain itu, kamu harus memastikan disk komputer masih tersisa 10 GB untuk diisi.

Bioshock

Sumber gambar en.wikipedia.org

Serial permainan Bioshock cukup terkenal sebagai game yang memiliki jalan cerita terbaik. Kamu tidak hanya disajikan dengan alur permainan dan rintangan yang seru khas game RPG dan militer, tetapi juga akan disajikan dengan alur cerita yang konsisten dan penuh dengan plot twist. Inti dari permainan ini adalah misi penyelamatan.

Pada Bioshock 1 dan 2, pemain akan ditugaskan untuk melawan Little Sister dan Big Daddy, laki-laki dan perempuan yang mengalami mutasi DNA hingga menjadi mirip seperti zombie. Ada baiknya, kamu menyelamatkan mereka dengan menggunakan ADAM (zat kimia yang bisa mengubah substansi dari Little Sister dan Big Daddy) karena laki-laki dan perempuan ini pada dasarnya adalah korban penculikan anak.

Menyelamatkan mereka itu lebih baik daripada membunuh karena pada akhirnya, kamu akan melawan bos terakhir yang ternyata merupakan ilmuwan yang mengontrol semua monster tersebut. Untuk menghadapi mereka, kamu juga perlu menggunakan Little Sister dan Big Daddy juga supaya kamu bisa kabur dan sekaligus menyelamatkan anak-anak tersebut.

Sementara itu, pada Bioshock: Infinite, pemain juga bertugas untuk menyelamatkan seseorang. Di sini, kamu akan menyelamatkan perempuan yang ditahan sejak dia lahir karena kekuatan supernya. Pertarungan pun tidak hanya terfokus pada satu semesta saja, tetapi juga multisemesta.

Untuk sensasi bermain yang nyaman tanpa lag, komputer kamu setidaknya harus memiliki RAM 2GB, sistem operasi minimal Windows XP/Vista, dan prosesor minimal Core 2 Duo. Kamu juga harus memastikan memori bebas pada disk komputer kamu adalah sebesar 8 GB.

Sniper Elite V2

Sumber gambar en.wikipedia.org

Seperti nama game-nya, kamu akan menjadi seorang penembak jitu. Kamu bisa memilih untuk bermain tunggal, satu lawan satu, atau bahkan multiplayer sesuai dengan peta yang ada pada game. Dalam permainan tunggal, kamu akan diberikan misi sebagai pembunuh bayaran yang akan membunuh pejabat-pejabat tinggi atau jenderal dari jarak jauh. Pastikan supaya kamu tidak ketahuan dan tembakanmu langsung mengenai sasaran.

Untuk memainkan permainan ini, komputer kamu minimal harus memiliki prosesor Dual-core CPU with SSE3, RAM 2 GB, dan sistem operasi Windows Vista/7. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa disk kamu masih tersisa 10 GB untuk diisi.

Far Cry 2

Sumber gambar en.wikipedia.org

Far Cry 2 dirilis oleh Ubisoft pada tahun 2008. Permainan ini merupakan game perang. Kamu bisa memainkan beberapa karakter berbeda, seperti Quarbani Singh, Warren Clyde, Xianyong Bai, Paul Ferenc, dan karakter lainnya. Grafis gambar juga terlihat nyata sehingga menaikkan adrenalin saat memainkan game ini.

Game ini berlatar di sebuah negara di Afrika yang sedang dilanda perang saudara. Kamu bisa memilih karakter yang kamu mau, tetapi plotnya akan tetap sama di setiap karakter. Keunggulan dari Far Cry 2 adalah kesan nyata yang diberikan oleh permainan tersebut. Karena latar permainan ini adalah Afrika, kamu bisa juga berburu hewan-hewan liar khas Afrika, seperti singa, kuda nil, ataupun gajah.

Untuk memainkan permainan ini, komputer kamu minimal harus memiliki prosesor Intel Core 2 Duo atau AMD 64 X2 5200 dan AMD Phenom, RAM 2 GB, serta sistem operasi Windows XP/Vista. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa disk kamu masih tersisa 12 GB untuk diisi. Kamu juga memerlukan video card 512 MB.

Tom Clancy's Splinter Cell Conviction

Permainan ini dikembangkan oleh Ubisoft dan dirilis pertama kali ke publik pada tahun 2010 dan merupakan bagian dari serial permainan Splinter Cell. Game ini bercerita tentang Sam Fisher yang harus kehilangan putrinya dan mencari dalang dari pembunuhan putrinya. Ternyata, pembunuh putrinya merupakan salah satu mafia atau teroris di kota tersebut sehingga Fisher harus berhadapan dengan kondisi yang tidak menyenangkan.

Hal menarik dari game ini adalah tidak adanya loading screen yang sering mengganggu para gamers. Belum lagi, karakter yang juga overpowered tentu menambah kesenangan sendiri dalam membasmi musuh. Namun, kamu yang menyukai tantangan tidak perlu khawatir karena musuh yang dilawan juga cukup kuat dengan persenjataan yang memadai juga.

Untuk memainkan permainan ini, komputer kamu minimal harus memiliki prosesor Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon x2 64, RAM 2 GB, serta sistem operasi Windows 7/Vista. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa disk kamu masih tersisa 10 GB untuk diisi oleh game tersebut. Kamu memerlukan video card 256 MB juga sebagai perangkat tambahan dalam memainkan game ini.

Batman: Arkham Asylum

Sumber gambar en.wikipedia.org

Pencinta Batman tentu akan tidak asing dengan permainan ini. Game yang dikembangkan oleh Rocksteady Studios ini tentu tidak jauh berbeda dengan alur cerita Batman yang kita ketahui dengan Joker sebagai antagonisnya. Meskipun Joker itu cerdas dalam berbuat ulah di Gotham, kamu tidak perlu khawatir karena kamu akan dilengkapi dengan peralatan canggih yang biasa dimiliki Batman dalam film, seperti batarang, explosive compound, grappling gun, dan tentu saja frequency scanner.

Untuk memainkan permainan ini, komputer kamu minimal harus memiliki prosesor Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon x2 64, RAM 3 GB, serta sistem operasi Windows XP/Vista. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa disk kamu masih tersisa 9GB untuk diisi oleh game tersebut. Kamu memerlukan video card 128 MB juga sebagai perangkat tambahan dalam memainkan game ini.

Crysis 1

Sumber gambar upload.wikimedia.org

Hal yang paling menakjubkan dari game ini adalah grafiknya yang cukup realistis. Permainannya pun bisa dimainkan di dalam komputermu yang memiliki spesifikasi kentang. Kamu yang menyukai game bertema militer modern dengan ledakan dan senjata api tentu akan kecanduan dengan Crysis 1.

Untuk memainkan permainan ini, komputer kamu minimal harus memiliki prosesor Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon x2 64, RAM 2 GB, serta sistem operasi Windows 7/XP/Vista. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa disk kamu masih tersisa 12GB untuk diisi oleh game tersebut. Kamu memerlukan video card NVIDIA GeForce 6800 juga sebagai perangkat tambahan dalam memainkan game ini.

Call Of Duty Modern Warfare 4

Sumber gambar en.wikipedia.org

Call of Duty: Modern Warfare adalah permainan first-person shooter yang dikembangkan oleh Infinity Ward dan dirilis pertama kali pada tahun 2007. Permainan ini sering dijadikan bahan meme oleh para netizen. Hal yang paling terkenal adalah “Press F for Pay Respect” yang kini menjadi template meme untuk mengekspresikan simpati atau kesedihan.

Sesuai dengan namanya, permainan ini terfokus pada perang modern, terutama tank dan pesawat perang. Pilihan jenis pesawat dan tank dari berbagai negara, mulai dari zaman perang 1 dan 2, perang dingin, serta abad ke-21 tersedia lengkap untuk kamu yang menyukai sejarah perang.

Untuk memainkan permainan ini, komputer kamu minimal harus memiliki prosesor Intel Dual Core, RAM 512 MB, serta sistem operasi Windows 7/XP/Vista. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa disk kamu masih tersisa 8GB untuk diisi oleh game tersebut. Kamu memerlukan video card NVIDIA GeForce 6800 atau ATI Radeon x1800 juga sebagai perangkat tambahan dalam memainkan game ini.

Assassin's Creed 2

Sumber gambar en.wikipedia.org

Ubisoft Montreal merilis permainan ini pada tahun 2009 dan menjadi pilihan terbanyak dan juga terbaik dari para gamers di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan alur dari cerita permainan begitu detail dan cukup kuat. Setiap misi memiliki makna dan hubungan yang tak terputus dengan misi yang lain.

Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba permainan ini, kamu tidak perlu khawatir karena Assasins Creed 2 menyediakan menu tutorial lengkap yang akan membantu kamu memahami cara memainkan game ini.

Untuk memainkan permainan ini, komputer kamu minimal harus memiliki prosesor Intel Dual Core, RAM 512 MB, serta sistem operasi Windows 7/XP/Vista. Selain itu, kamu harus memastikan bahwa Disk kamu masih tersisa 8GB untuk diisi oleh game tersebut. Kamu memerlukan video card NVIDIA GeForce 6800 atau ATI Radeon x1800 juga sebagai perangkat tambahan dalam memainkan game ini.

From our editorial team

Game Militer Modern Jadi Pilihan Terbaik

Permainan dengan persenjataan modern mungkin menjadi pilihan terbaik bagi kamu. Persenjataan yang beragam serta plot dan situasi yang hampir mendekati dunia nyata tentu akan menambah andrenalin bagi kamu. Meskipun begitu, Assasin's Creed yang merupakan game berlatarkan zaman perang kuno tetap merupakan game yang cukup menegangkan untuk dimainkan.