Tak Hanya untuk Game, Ayo Kenali Fungsi Lain Alat VR dan 9 Rekomendasinya (2019)

Tak Hanya untuk Game, Ayo Kenali Fungsi Lain Alat VR dan 9 Rekomendasinya (2019)

Zaman semakin canggih, kenali beragam alat teknologi terkini supaya tidak gagap teknologi. Salah satu yang sekarang banyak diminati adalah alat VR. Eits, bukan cuma untuk main game loh, cari tahu fungsi lain alat yang satu ini bersama BP-Guide ya!

Mengenal Teknologi VR

Teknologi berkembang makin pesat setiap saat. Jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi, yang ada bisa saja kita jadi gaptek alias gagap teknologi. Dari sekian banyak teknologi yang ada, teknologi VR alias virtual reality sekarang ini sedang banyak dibicarakan.

Teknologi VR merupakan teknologi yang memungkinkan kita bisa berinteraksi dengan objek imajinasi menggunakan komputer. Teknologi ini akan membawa kita ke dalam suasana 3 dimensi yang seolah nyata. Biasanya teknologi ini banyak digunakan oleh peramu obat, arsitek, pekerja medis, bahkan gamer. Nah, yuk cek segera fungsi alat VR yang jarang terekspos bersama BP-Guide.

Fungsi Alat VR yang Jarang Terekspos

Simulasi Latihan Militer untuk Pasukan

Fungsi dari teknologi VR yang pertama adalah untuk membantu dalam bidang militer. Pada praktiknya, perangkat VR dijadikan sebagai alat peraga latihan. Para tentara akan memakai teknologi yang satu ini untuk melihat pertempuran secara langsung melalui perangkat VR. Selanjutnya mereka akan berlatih dalam situasi tersebut.

Berbagai hal bisa diuji coba dalam simulasi militer ini. Tentara bisa berlatih menembak, pelatihan strategi, hingga menjinakkan bom dengan teknologi VR. Salah satu negara yang sudah mengaplikasikan teknologi VR ini adalah Amerika Serikat. Teknologi ini bisa menghemat biaya dibanding latihan yang lebih nyata.

Media Pembelajaran Canggih

Meski belum banyak diaplikasikan, namun di masa depan, teknologi VR juga akan bisa menjadi salah satu media pembelajaran di sekolah. Teknologi canggih ini akan sangat membantu proses belajar mengajar di kelas.

Pemanfaatan teknologi VR ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan standar pendidikan. Selain itu, teknologi ini juga akan bisa menjadi media pembelajaran yang interaktif sehingga bisa mengurangi sifat pasif siswa. Guru bisa menyampaikan materi pembelajaran secara lebih menarik dan siswa bisa lebih mudah menangkap apa yang disampaikan oleh guru.

Membantu Pelatihan Bidang Medis

Teknologi VR pun digunakan dalam bidang medis, loh. Caranya dengan menggabungkan alat-alat di dunia nyata dan dunia virtual sehingga terrcipta simulasi pengobatan medis profesional. Hal ini diharapkan bisa membantu untuk hal yang sulit dilakukan secara langsung. Selain itu tingkat akurasi dari simulasi tersebut juga cukup tinggi.

Dengan teknologi VR, dokter jadi lebih terbantu saat mendiagnosis penyakit yang diderita oleh pasien. Perusahaan medis bisa menerapkan pelatihan medis bagi dokter, di mana mereka bisa melihat ke dalam tubuh manusia dengan simulasi yang realistis. Pelatihan dengan VR ini bisa meningkatkan kualitas keperawatan yang dulu sulit dilakukan. Salah satu perusahaan medis yang menerapkan metode ini adalah Children’s Hospital Los Angeles di Amerika Serikat.

Untuk Berbagai Kebutuhan Desain

Teknologi VR memiliki fungsi dan kegunaannya tersendiri dalam mendukung kehidupan manusia. Misalnya saja dalam bidang desain, teknologi ini akan membantu membuat simulasi tentang latihan membuat desain seperti bangunan, pakaian, atau peralatan lainnya. Teknologi VR ini akan mempermudah kita membuat desain tanpa rasa frustrasi. Fitur 3D yang dihadirkan teknologi ini akan tampak nyata dan pastinya bisa memanjakan mata. Tentunya dengan bantuan teknologi VR, maka kesalahan dalam perancangan bisa diminimalkan.

9 Rekomendasi Alat VR dari BP-Guide

VR BOX 3D Virtual Reality for Smartphone - Putih

Sumber gambar shopee.co.id

VR BOX 3D Virtual Reality for Smartphone ini hadir dalam warna putih. Produk ini memiliki lubang untuk koneksi kabel dari handphone ke headphone demi mendukung kenyamanan. Desainnya cukup menarik dan cara menggunakannya juga mudah. Bahannya terbuat dari bahan ABS dan PC.

Alat ini cocok dengan smartphone yang memiliki layar 3,5 hingga 6 inci. Kamu bisa memakainya untuk menonton film 3D format SBS dan bermain game 3D yang ada di Android Store. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 42.000.

Google VR Value Cardboard Kacamata 3D

Sumber gambar www.blibli.com

Google Cardboard dikenal sebagai headset virtual reality yang terbuat dari lipatan potongan kardus. Kamu hanya harus merangkainya sedemikian rupa hingga menjadi VR kit buatanmu sendiri. Nah kamu cukup membeli Google VR Value Cardboard Kacamata 3D.

Produk yang satu ini memakai smartphone sebagai platform. Tujuannya agar pengguna smartphone dapat merasakan Virtual Reality dengan cara yang mudah dan murah. Kamu bisa bermain game dengan rasa lebih nyata. Selain itu kamu bisa juga menonton aneka video 3D hingga terasa seolah ada di depan mata. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 89.000.

Panzer VR Box Mini Virtual Reallity Glasses - Pink

Sumber gambar www.blibli.com

Panzer VR Box Mini Virtual Reallity Glasses hadir dengan warna pink. Produk cardboard ini terbuat dari bahan material plastik yang berkualitas. Alat ini bisa menopang smartphone dan juga sudah dilengkapi dengan tali yang elastis agar dapat dikaitkan di kepala. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Jarak pandang dan posisi lensa juga dapat diatur sesuai keinginan.

Kamu tidak perlu khawatir smartphone akan jatuh karena sudah ada penjepit yang kokoh. VR ini bisa digunakan untuk smartphone dengan ukuran 4,5 hingga 5,5 inci. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 60.000.

Oculus Go Standalone Virtual Reality Headset

Sumber gambar shopee.co.id

Oculus Go Standalone Virtual Reality Headset adalah produk VR berikutnya untuk kamu gunakan. Alat yang satu ini dijamin akan memberikan pengalaman bermain game yang baru dan lebih seru. Alat ini bisa dipakai di rumah dan berbagi tempat lainnya. Memiliki dukungan layar 5,5 inci dengan resolusi 2560 x 1440 piksel. Selain itu, alat ini menawarkan kerapatan hingga 538ppi. Layarnya sudah mendukung fitur fast switch yang menawarkan tampilan yang lebih responsif. Produk ini memiliki memori 32GB. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 5.535.000.

Lenovo AntVR Virtual Reality for Vibe K4 - Black

Sumber gambar www.blibli.com

Lenovo AntVR Virtual Reality for Vibe K4 ini hadir dalam warna hitam. Alat ini bisa memberikan sensasi nonton yang berbeda. Terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya, kamu jadi lebih aman dan nyaman memakainya. Alat ini memiliki mode VR Theater Max yang secara khusus terpasang pada UI. Kamu bisa membuat layar terbagi menjadi dua dan bisa langsung menggunakanya pada perangkat headset Virtual Reality. Kamu juga bisa menikmati game VR yang saat ini semakin berkembang. Yuk, segera dapatkan di Blibli dengan harga Rp 75.000.

Samsung Frost Virtual Reality Gear VR - White

Sumber gambar www.blibli.com

Samsung Frost Virtual Reality Gear VR ini hadir dalam warna putih. Produk yang satu ini dirancang dengan desain bergaya modern. Mampu menopang smartphone untuk memproyeksikan konten virtual reality lewat aplikasi yang hadir di smartphone. Dijamin kamu akan merasa puas menggunakan produk ini.

Touch pad-nya sangat sensitif sehingga kamu mudah mengendalikan produk yang satu ini. Produk ini dirancang untuk Galaxy Note5, S6 edge+, S6 dan S6 edge. Kamu bisa mengoneksikannya dengan perangkat koneksi microUSB. Dapatkan segera produk ini di Blibli dengan harga Rp 450.000.

XIAOMI Mi VR Play

Sumber gambar www.lazada.co.id

XIAOMI Mi VR Play ini adalah alat berikutnya yang bisa kamu miliki. Produk ini banyak digemari karena murah dan unik. Alat yang satu ini bisa digunakan di berbagai smartphone, mulai dari Android, iOS, hingga Windows 10 Mobile. Kamu bisa memakainya dengan semua smartphone Android dengan ukuran layar 4,7 hingga 5,7 inci. Desainnya ringkas dan hadir dengan penguncian resleting ganda untuk membuka dan menutup slot smartphone. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 270.000.

MCDODO VR Headset Eva Foam 6 Inch

Sumber gambar www.bhinneka.com

MCDODO VR Headset Eva Foam 6 Inch merupakan produk berikutnya yang bisa kamu lirik. Gadget DIY ini begitu keren dan membuat kamu bisa memiliki kacamata VR untuk mendapatkan pengalaman teknologi VR yang menakjubkan. Dengan alat yang satu ini kamu dapat menjelajahi berbagai aplikasi yang membuka di sekitar kamu.

Produk ini tidak mengandung formamide, benzaldehyde, logam berat, dan platicizer. Berbahan busa EVA yang sudah diuji dan juga ramah lingkungan. Selain itu, produknya terbuat dari magnet neodymium dan magnet keramik. VR yang memiliki ukuran 175 x 137 x 95 mm ini bisa kamu beli di Bhinneka dengan harga Rp 217.800.

XIAOMI Mi VR Play 2

Sumber gambar www.tokopedia.com

XIAOMI Mi VR Play 2 merupakan headset VR murah untuk kamu coba. Produk telah dibekali face pad yang nyaman dan enak untuk dipakai. Face pad pada produk ini juga bisa mengurangi adanya kebocoran cahaya dari sisi kiri dan kanan saat digunakan. Bobotnya begitu ringan dan memiliki lubang pada tempat smartphone untuk memberi ruang pendingin yang lebih baik.

Kacamata VR ini hadir dalam ukuran 129 × 191 × 120 mm. Terbuat dari bahan ABS dan soft nylon dan berat 183 gram. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 225.000.

From our editorial team

Miliki VR Canggih di Rumah Guna Mendukung Berbagai Aktivitas

Kita hidup di zaman serba canggih di mana teknologi terus berkembang untuk kehidupan yang lebih baik. Jika tidak ingin gaptek, tentu kita wajib mengenal aneka teknologi terkini. Teknologi VR merupakan salah satu teknologi canggih yang bisa kamu manfaatkan sekarang. Teknologi ini banyak digunakan dalam segala macam bidang. Nah, manfaatkan teknologi VR untuk memudahkan segala aktivitasmu.

Tag