10 Rekomendasi Selai Kacang yang Membuatmu Semangat untuk Sarapan dan Memulai Hari (2022)

10 Rekomendasi Selai Kacang yang Membuatmu Semangat untuk Sarapan dan Memulai Hari (2022)

Selai kacang adalah salah satu varian favorit di antara berbagai jenis selai yang lain. Selain rasanya yang nikmat, rupanya selai kacang juga kaya nutrisi. Cocok sebagai teman sarapan bersama roti, tentu Anda patut menjadikannya pilihan selai untuk stok di rumah. Bagi Anda yang bingung mencari produk selai kacang pilihan, berikut adalah 10 rekomendasinya.

Selai Kacang, Teman Sarapan yang Menyehatkan

Tak melulu nasi atau sereal, sarapan dengan roti ditemani segelas susu kerap menjadi salah satu pilihan keluarga. Selain praktis, sarapan menggunakan roti tidak pernah membosankan, apalagi dengan berbagai pilihan selai yang tersedia. Selai kacang adalah salah satu jenis selai yang banyak digemari, di samping selai coklat dan buah-buahan.

Selai kacang biasanya hadir dengan dua pilihan, yaitu smooth peanut butter yang lembut dan crunchy peanut butter yang lebih bertekstur. Selain cocok sebagai olesan roti, selai kacang juga bisa digunakan sebagai topping kue atau campuran pada aneka dessert dan minuman. Tak hanya nikmat, selai kacang juga mengandung aneka nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

4 Manfaat Selai Kacang bagi Tubuh

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selai kacang merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Kandungan tersebut membuat selai ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Tentu hal ini sangat berguna bagi Anda yang tengah menjalani program diet. Selain protein, selai kacang juga mengandung serat yang membuat Anda menjadi kenyang lebih lama.

Kandungan protein digunakan untuk menjaga massa otot dalam program diet. Metabolisme dalam tubuh berpotensi melambat apabila Anda kehilangan terlalu banyak otot. Sementara itu, metabolisme yang melambat akan membuat berat badan menjadi lebih sulit untuk turun. Dengan mengonsumsi kacang, baik secara langsung atau berupa selai akan membantu memenuhi kebutuhan protein untuk meningkatkan metabolisme.

Menutrisi Tubuh

Tak hanya kaya protein dan serat, selai kacang juga kaya akan berbagai nutrisi yang mampu memelihara kesehatan tubuh. Berbagai nutrisi yang terkandung, antara lain lemak sehat, vitamin B6, vitamin E, magnesium, seng, asam folat, kalium, hingga tembaga.

Selai kacang juga tak lepas dari kandungan antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas, sehingga tubuh terjaga kesehatannya. Dengan demikian, selai kacang adalah pilihan nikmat sebagai teman sarapan keluarga.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat selai kacang berikutnya adalah mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Selai kacang mengandung magnesium yang baik untuk memelihara gula darah dan juga tekanan darah. Mineral ini juga baik untuk mencegah berbagai masalah kesehatan.

Menurut sebuah studi, dua sendok selai kacang yang dicampur dengan makanan berindeks glikemik tinggi, maka selai kacang tersebut mampu membantu menstabilkan indeks glikemiknya. Selai kacang juga mengandung lemak sehat yang mampu menjaga kadar gula dan lemak dalam darah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat berikutnya yang dimiliki oleh selai kacang adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan dari kacang disebut mampu menjaga lapisan pembuluh darah menjadi lebih sehat, sehingga tubuh terhindar dari masalah jantung yang terkait dengan diabetes.

Selai kacang mampu menurunkan kadar kolesterol, sehingga pembuluh darah menjadi lebih sehat dan aliran darah menjadi lancar. Sekitar dua sendok makan selai kacang dalam seminggu dinilai cukup untuk membantu Anda dalam mencegah penyakit jantung.

10 Rekomendasi Selai Kacang

Morin Creamy Peanut Butter

Morin Creamy Peanut Butter adalah selai kacang pertama yang direkomendasikan. Selai ini terbuat dari kacang tanah sangrai 91%. Bahannya yang berkualitas membuat cita rasa selainya pun menjadi istimewa. Kemasannya praktis dan higienis sehingga mudah disimpan dan terjaga kualitasnya.

Selai kacang keluaran Morin ini sangat cocok dijadikan teman sarapan pagi sebelum memulai aktivitas. Selain menjadi pelengkap roti, Morin Creamy Peanut Butter juga bisa menjadi pelengkap kue hingga minuman. Teksturnya yang creamy membuatnya semakin nikmat dan menggugah selera.

Harga Rp. 42.500-49.888

Tong Garden Unsweetened Crunchy Peanut Butter

Selai kacang berikutnya yang patut dijadikan pilihan adalah Tong Garden Unsweetened Crunchy Peanut Butter. Produk ini terbuat dari perpaduan kacang tanah, minyak nabati, minyak lobak, minyak biji kapas, dan minyak kedelai yan berkualitas. Cita rasanya gurih dengan harum kacang natural.

Tong Garden Unsweetened Crunchy Peanut Butter diolah secara higienis, modern, dan profesional, sehingga tak perlu diragukan kualitasnya. Selai kacang ini rendah gula yang membuatnya cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain cocok sebagai campuran roti dan biskuit untuk sarapan, selai ini juga bisa dijadikan topping untuk aneka kue.

Harga Rp. 38.400

Skippy Creamy Peanut Butter

Skippy Creamy Peanut Butter adalah selai kacang berikutnya yang direkomendasikan. Skippy merupakan produk dari Hormel Foods dan telah dijual sejak tahun 1993. Terbuat dari kacang tanah pilihan dan diproses secara higienis, sehingga menghasilkan selai kacang yang berkualitas.

Selai kacang ini kaya akan kandungan protein yang mendukung aktivitas harian. Tak hanya cocok untuk olesan roti, selai bertekstur creamy ini bisa dijadikan topping, filling kue, serta celupan. Skippy Creamy Peanut Butter dikemas secara higienis dan praktis disimpan sebagai teman sarapan bernutrisi keluarga.

Harga Rp. 57.999-80.500

JIF Extra Crunchy Peanut Butter

Bagi Anda yang menyukai selai kacang bertekstur, JIF Extra Crunchy Peanut Butter bisa menjadi pilihan. Selai ini dilengkapi dengan butiran kacang yang menambah teksturnya. Produk ini diproses secara higienis dengan bahan berkualitas tanpa pengawet buatan, sehingga aman dikonsumsi.

JIF Extra Crunchy Peanut Butter juga bebas gluten dan halal. Selai kacang ini bisa dinikmati sebagai olesan roti, campuran kue, dan kudapan lainnya. Teksturnya yang crunchy dan rasanya yang nikmat membuat Anda lebih semangat untuk sarapan dan memulai hari.

Harga Rp. 56.000-79.900

Sincere Organic Peanut Butter

Sincere Organic Peanut Butter adalah selai kacang yang cocok bagi Anda pencinta makanan organik. Selai ini terbuat dari kacang panggang kering organik bersertifikat dan garam laut Bali. Dibuat tanpa minyak tambahan, membuat Anda mendapatkan selai kacang yang lebih banyak.

Produk ini dibuat dengan cara digiling menggunakan batu yang membuat teksturnya halus. Selai ini bebas pengawet dan stabilisator serta telah melalui analisis laboratorium untuk aflatoksin, logam berat, dan kontaminan lainnya. Selain ramah untuk vegan, selai kacang ini juga rendah gula dan glikemik yang membuatnya ramah diabetes dan keto.

Harga Rp. 70.000-79.900

Dale's Farm Crunchy Peanut Butter

Dale's Farm Crunchy Peanut Butter adalah selai kacang berkualitas yang hadir dengan cita rasa kacang alami dan minyak kacang di dalamnya. Produk ini terbuat dari kacang tanah panggang, gula, minyak nabati, minyak kacang, dan garam. Diperkaya dengan lemak tak jenuh, serat, dan protein yang tinggi membuatnya mampu melancarkan sistem pencernaan.

Selai kacang ini cocok untuk yang menyukai tekstur crunchy, karena Anda akan merasakan sensasi gigitan kacang ketika menyantapnya. Berasal dari virginia peanut membuat tekstur kacangnya lebih padat dan besar. Produk ini dikemas eksklusif dalam toples kaca yang membuatnya lebih higienis.

Harga Rp. 67.000

Sanitarium Peanut Butter Crunchy

Selai kacang berikutnya yang patut dicoba adalah Sanitarium Peanut Butter Crunchy. Produk ini cocok untuk Anda yang menyukai selai dengan tekstur crunchy. Terbuat dari 90% kacang tanah berkualitas membuat cita rasanya lebih nikmat dan alami.

Sanitarium Peanut Butter Crunchy dibuat tanpa tambahan pengawet, perasa, maupun pewarna buatan. Selai kacang ini mengandung monosaturated fat (lemak tak jenuh tunggal) yang baik untuk tubuh. Produk yang berasal dari Australia ini juga mengandung protein yang membuat aktivitas harian menjadi lebih berenergi.

Harga Rp. 114.000-129.000

Beorganik Peanut Butter

Beorganik Peanut Butter adalah produk selai kacang berikutnya yang cocok untuk para pencinta makanan organik. Produk ini merupakan 100% selai kacang murni yang dibuat fresh setelah pemesanan. Kacangnya dipanggang menggunakan oven dan tanpa tambahan minyak maupun pengawet.

Produk ini diklaim keto friendly, sehingga cocok untuk Anda yang tengah menjalani diet keto. Dikemas degan toples kaca membuatnya lebih higienis dan terjaga kualitasnya. Selai kacang organik ini hadir dengan beberapa varian, antara lain original smooth, original crunch, honey, chocolate, original gold, dan cinnamon vanilla gold.

Harga Rp. 58.000-117.000

Natural Peanut Butter

Natural Peanut Butter adalah selai kacang berikutnya yang masuk daftar rekomendasi. Produk keluaran House of Organix ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai makanan berbahan alami. Selai kacang ini terbuat dari kacang panggan, garam laut, dan air murni.

Produk ini menghadirkan rasa yang alami dengan aroma kacang tanah panggang yang nikmat. Natural Peanut Butter sangat cocok sebagai tambahan nutrisi untuk disantap bersama smoothies, shaes, dan jus. Selai ini merupakan sumber protein yang baik tanpa bahan rekayasa genetik.

Harga Rp. 99.000-130.000

Blueboots Farm Creamy Peanut Butter

Produk terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Blueboots Farm Creamy Peanut Butter. Selai ini terbuat dari kacang Blueboots, minyak kelapa, gula kelapa organik, dan garam laut. Kacang tanahnya diolah dengan cara disangrai untuk mengeluarkan rasanya.

Dicampur dengan minyak kelapa, gula kelapa Jawa, dan garam laut Kusamba, menciptakan konsistensi selai yang halus dan mudah menyebar. Terdapat sedikit butiran bahan yang memberikan tekstur menyenangkan kala disantap. Selai ini mengandung berbagai manfaat kacang Blueboots organik, mulai dari kandungan magnesium, potasium, lemak tunggang tak jenuh, serta vitamin B6.

Harga Rp. 66.500
From our editorial team

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengonsumsi Selai Kacang

Meski memiliki beragam manfaat, mengonsumsi selai kacang pun tidak boleh berlebihan. Pasalnya, selai kacang mengandung kalori yang cukup tinggi. Sehingga, konsumsinya perlu diperhatikan bagi para pelaku diet. Selain itu, pastikan bahwa selai kacang yang Anda konsumsi rendah lemak trans dan rendah gula. Sehingga, manfaat yang didapatkan pun lebih maksimal.