10 Rekomendasi Food Container untuk Menjaga Kesegaran Bahan Makanan (2021)

10 Rekomendasi Food Container untuk Menjaga Kesegaran Bahan Makanan (2021)

Banyak orang yang mulai melirik food container sebagai wadah aneka bahan makanan untuk disimpan. Selain menjaga kesegaran bahan makanan, ini juga bisa mencegah bau makanan memenuhi kulkas atau ruangan. Nah, kita tidak bisa asal memilihnya supaya tubuh bisa terhindari dari bahaya zat beracun. Simak tips memilihnya dan juga rekomendasinya dari kami!

Food Container Bikin Makanan Lebih Aman dan Higienis

Beberapa dari kita ada yang gemar menyimpan bahan makanan mulai dari daging, ikan, sayur, buah, dan aneka bahan makanan lainnya. Biasanya hal ini dilakukan karena kita tidak belanja setiap hari melainkan belanja beberapa hari sekali. Saat belanja, kita sekalian membeli bahan makanan untuk beberapa hari ke depan. Dengan begini bisa lebih praktis dan tidak perlu belanja setiap hari.

Nah, untuk yang belanja beberapa hari sekali, tentu akan butuh wadah untuk menyimpan aneka bahan makanan tersebut. Bisa saja semua bahan makanan itu dimasukkan ke dalam kulkas. Namun, jika asal dimasukkan saja maka kulkas terlihat berantakan. Selain itu, aroma bahan makanan bercampur jadi satu dan membuat makanan jadi mudah teroksidasi. Makanan jadi tidak terjaga kesegarannya dan jadi mudah busuk. Kulkas pun jadi bau dan kita juga akan kesulitan menemukan bahan makanan yang kita butuhkan karena saling tumpang tindih.

Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan memakai food container. Ini adalah wadah penyimpanan makanan yang hadir dalam aneka bahan. Ada yang terbuat dari stainless steel, plastik, silikon dan lainnya. Ukurannya beragam dari yang kecil hingga yang besar.

Kamu bisa memasukkan setiap bahan makanan dalam food container yang berbeda. Selanjutnya, kamu bisa menumpuknya dalam kulkas atau di dapur. Dengan adanya food container, kulkas tampak lebih rapi dan terorganisir. Selain itu, kamu jadi lebih mudah menemukan bahan makanan yang kamu inginkan juga. Aroma kulkas lebih segar dan makanan pun terjaga kesegaranya.

Tips Memilih Food Container yang Bermutu

Pilih Bahan Terbaik

Saat memutuskan memakai food container maka kamu wajib mempertimbangkan bahannya. Ada banyak bahan yang digunakan untuk food container. Kenali kelebihan setiap bahan food container agar kamu tahu mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertama, ada bahan kaca yang banyak disarankan dan diandalkan. Proses pembuatannya memang panjang karena ada teknik pemanasan dan pencetakan yang sulit. Meski demikian, bahan ini sangat aman untuk makanan. Kamu bahkan bisa menyimpan nasi, pudding, aneka makanan kering, hingga seafood di dalamnya. Bahan kaca bisa menjaga kesegaran makanan dalam waktu lama. Bahan ini juga transparan jadi kamu tidak perlu membuka tutupnya untuk tahu isi di dalamnya.

Selanjutnya, ada bahan plastik yang bisa kamu pilih. Bahan yang satu ini cukup populer karena harganya terjangkau. Food container dari bahan plastik wajib dipilih secara cermat. Pastikan bahan plastiknya sudah BPA free sehingga tidak mencemari makanan dan bisa berpengaruh pada kesehatan.

Terakhir, ada bahan stainless steel sebagai bahan food container. Bahan yang satu ini kedap udara sehingga bahan makanan bisa tetap aman di dalamnya. Sayangnya, tidak semua bahan makanan bisa masuk ke dalam food container ini karena tingkat keasamannya tinggi. Produk semacam ini lebih cocok untuk menyimpan minyak, cairan, dan aneka makanan bersifat netral.

Tutup Harus Kedap Udara

Dalam memilih food container yang baik, pastikan kamu memilih yang penutupnya rapat. Dengan penutup rapat, maka bahan makanan bisa tetap higienis dan terhindari dari debu, kotoran, bakteri, hingga serangga. Tutup yang rapat juga membuat makanan bisa terlindung dari oksidasi sehingga makanan tetap segar.

Kamu bisa mengutamakan tutup food container yang dilengkapi rubber seal. Tutup semacam ini bisa lebih kedap udara sehingga isiannya bisa lebih segar dan awet.

Pastikan Food Grade

Sebelum memakai sebuah container untuk wadah makanan, pastikan dulu produknya memiliki label food grade dan food safe. Adanya kedua label tersebut menunjukkan bahwa tempat makanannya aman meski bersentuhan secara langsung dengan berbagai jenis makanan. Bahan makanan tidak akan jadi beracun meski disimpan dalam wadah yang berlabel food grade.

Pertimbangkan Ukuran

Ukuran food container juga wajib kamu pertimbangkan saat memilih. Makin banyak food container yang kamu gunakan maka makin luas juga space yang kamu butuhkan untuk menyimpannya. Kamu bisa menggunakan food container dengan ukuran besar, sedang, hingga kecil sekaligus. Berapapun ukurannya, pastikan food container bisa ditumpuk sehingga bisa lebih hemat tempat saat disimpan baik di dalam kulkas maupun di luar kulkas.

Ini Dia Rekomendasi Food Container yang Bagus

Lock&Lock Food Container Heat Resistant Rectangular Boroseal 1.35L

Lock&Lock Food Container Heat Resistant Rectangular Boroseal merupakan rekomendasi pertama kami. Produk yang satu ini hadi dengan dimensi 223 x 162 x 78 mm dan volume 1,35 L. Food container ini bisa digunakan untuk aneka makanan. Kamu juga boleh memakainya untuk meletakkan makanan di oven atau microwave. Produk bisa tahan suhu hingga 400 derajat celcius.

Tutupnya dijamin kedap udara jadi bisa menjaga makanan tetap bersih dan higienis. Terbuat dari bahan glass Boroseal, tempat makanan ini mudah dibersihkan dan tidak akan meninggalkan noda atau bau. Modelnya simpel dan cocok juga jadi wadah bekal makanan.

Harga Rp. 120.000-159.000

Bright Crown Kotak Penyimpanan Multifungsi

Bright Crown Kotak Penyimpanan Multifungsi bisa kamu manfaatkan sebagai food container yang multifungsi. Cocok untuk buah, makanan, sayuran, daging, dan lain sebagainya. Kamu bisa meletakkannya di kulkas agar makanan tidak terkontaminasi bau dan bakteri. Produk sudah lengkap dengan penutup sehingga isinya bisa selalu terjamin kebersihannya.

Terbuat dari bahan plastik yang berkualitas tinggi, produknya awet dan tahan lama digunakan. Bahannya juga mudah dibersihkan sehingga kehigienisannya terjamin. Bahan juga ramah lingkungan jadi aman digunakan. Warnanya elegan dan bisa bikin dapur atau kulkas jadi cantik. Ada gagang pegangan sehingga kamu mudah membawa dan memindahkannya. Ukuran keseluruhannya adalah 25 x 13 x 12 cm.

Harga Rp. 19.500-31.200

UNISOH KOTAK KONTAINER BUAH SAYUR KULKAS STORAGE FOOD BOX 3 IN 1

UNISOH KOTAK KONTAINER BUAH SAYUR KULKAS STORAGE FOOD BOX 3 IN 1 bisa membantu kamu untuk menata aneka makanan dalam kulkas. Ini akan bikin tampilan dalam kulkas lebih rapi dan bersih. Kulkas juga jadi bebas bau dan bebas bakteri. Dengan sistem penyaring, produk ini bikin kamu lebih mudah mencuci buah dalam wadah ini dan membuang airnya dengan cara membuka lid pada bagian bawah kotak. Terbuat dari bahan plastik tebal yang berkualitas, food container ini tidak mudah retak dan rusak. Produk juga bisa menampung makanan yang berat sekalipun.

Harga Rp. 119.000-277.000

Angola Storage Jar C64

Angola Storage Jar C64 merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini bisa digunakan untuk menyimpan makanan dalam waktu yang lama. Food container ini akan membantu mencegah proses oksidasi pada makanan. Cocok juga untuk menata makanan dalam kulkas. Aneka bahan makanan, sayur, dan buah jadi terjaga kesegarannya. Ada lubang pembuangan udara pada penutupnya. Produk ini hadir dengan 4 penutup yang kuat.

Terbuat dari bahan PP yang sudah food grade dan food safe sehingga lebih aman untuk wadah makanan. Produk juga mudah dibersihkan sehingga tidak menyisakan noda dan bau makanan. Penguncian sanagt kuat jadi makanan tidak mudah tumpah. Dalam satu set berisi dua ukuran. Ada yang ukuran kecil dengan dimensi 14 x 10 x 15 cm dan ada yang ukuran besar dengan dimensi 17 x 12 x 16 cm.

Harga Rp. 45.000

GM Bear Toples Makanan Set isi 4pcs 1301

GM Bear Toples Makanan Set isi 4pcs 1301 hadir dengan ukuran yang beragam. Ada ukuran kotak besar dengan dimensi 20cm x 10cm x 10cm, kotak sedang dengan dimensi 18cm x 10cm x 10cm, kotak kecil dengan dimensi 15,5cm x 10cm x 10cm, dan lingkaran dengan diameter 10 cm. Kotak makanan ini bisa menyimpan aneka bahan makanan mulai dari buah, sayur, kacang-kacangan, ikan, dan lain sebagainya.

Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, bahannya sudah tersertifikasi FDA dan BPA Free sehingga dijamin aman. Penutupnya bisa menutup rapat sehingga kedap udara dan bisa bikin makanan jadi lebih kering dan tahan lama. Makanan juga lebih terlindung dari proses oksidasi.

Harga Rp. 139.000-190.000

Grinn Living Figo Double Layer Large

Grinn Living Figo Double Layer Large merupakan produk yang bisa kamu gunakan untuk menata aneka bahan makanan di kulkas. Produk ini juga akan bisa menjaga kualitas makanan jadi tetap segar. Kamu bisa memakaianya untuk menyusun dua jenis makanan secara horizontal atau vertikal. Kamu boleh menumpuk wadah makan ini dengan wadah makan lain di atasnya.

Terbuat dari bahan kombinasi PET, PP, dan TPR, produk ini BPA free dan sudah food grade sehingga lebih terjamin aman untuk makanan. Ukuran panjangnya 27,6 cm dengan lebar 17,5 cm, dan tinggi 14,5 cm.

Harga Rp. 199.000-308.000

Lock&Lock Food Container HPL933

Lock&Lock Food Container HPL933 cocok untuk wadah aneka bahan makanan. Produk ini desainnya simpel dengan warna transparan sehingga kamu bisa lebih mudah melihat isiannya. Terbuat dari bahan PP yang tahan panas, produk ini juga tahan banting dan bisa digunakan dalam waktu lama. Kamu bisa memakainya di microwave dan juga di dalam oven. Bahannya bebas BPA dan bahan kimia jadi lebih aman untuk wadah aneka makanan. Food container ini mudah dibersihkan jadi tidak ada sisa noda makanan dan bau yang tertinggal. Makanan tidak mudah tumpah karena tutupnya rapat dan kedap udara. Ukuran keseluruhannya adalah 142 x 68 mm.

Harga Rp. 11.250-121.000

Lock&Lock Gift Set Plastic Food Container (4 Pcs)

Lock&Lock Gift Set Plastic Food Container (4 Pcs) bisa kamu gunakan sendiri atau diberikan sebagai hadiah. Produk ini terdiri dari 4 buah kotak dengan ukuran berbeda. Ada 2 buah kotak dengan kapasitas 470 ml, ada sebuah kotak dengan kapasitas 1 liter, dan sebuah kotak dengan kapasitas 800 ml.

Terbuat dari bahan plastik yang BPA free, food container ini aman dan nyaman digunakan untuk aneka bahan makanan. Produk ini kedap air dan kedap udara. Makanan lebih tahan lama dan tidak mudah tumpah. Warnanya transparan sehingga kamu bisa lebih mudah melihat isian di dalamnya. Dirancang dengan warna transparan sehingga bisa memeriksa isi tanpa harus membuka isi nya.

Harga Rp. 141.000-330.000

Trans Living Food Container Set of 3 Pcs - Kotak Makan

Trans Living Food Container Set of 3 Pcs - Kotak Makan cocok jadi pilihan kamu. Food container ini hadir dalam ukuran yang berbeda. Ada yang ukuran 400 ml, 900 ml, dan 1700 ml. Produknya BPA free dan sudah food grade sehingga terjamin lebih aman untuk makanan. Kamu bisa memakainya untuk menyimpan aneka buah, sayur, camilan, daging, dan lainnnya. Desainnya simpel dan trendi. Penutupnya rapat jadi tidak akan berbau makanan. Produk juga mudah dibersihkan sehingga kehigienisan makanan tetap terjamin.

Harga Rp. 99.900

Dejavu Toples Penyimpanan Cereal Kontainer Makanan Storage Jar Food Tempat Bumbu Wadah Snack HSB139

Dejavu Toples Penyimpanan Cereal Kontainer Makanan Storage Jar Food Tempat Bumbu Wadah Snack HSB139 merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini bisa dipakai untuk menyimpan makanan dalam waktu yang lama. Food container ini juga bisa mencegah proses oksidasi pada makanan. Gunakan untuk menyimpan dan menata makanan dalam kulkas. Terbuat dari bahan PP food grade sehingga lebih terjamin aman untuk makanan. Ada penguncian 2 sisi yang kuat jadi isiannya tidak mudah tumpah. Desainnya simpel dengan warna transparan sehingga mudah terlihat dari bagian luar. Dalam satu set ada banyak ukuran yang kamu dapatkan. Ada ukuran 460 ml, 700 ml, 950 ml, 1300 ml, dan 1800 ml.

Harga Rp. 21.900-42.990
From our editorial team

Utamakan Food Container yang Multifungsi

Di pasaran ada banyak sekali jenis food container. Sebelum membeli, pastikan kamu memilih yang multifungsi. Artinya, produk bisa digunakan untuk aneka makanan mentah, makanan matang, hingga camilan. Dengan begini, saat kamu tidak memakainya untuk bahan makanann mentah, kamu masih bisa memakainya sebagai wadah camilan atau makanan matang. Kamu jadi tidak perlu beli banyak wadah jika food containernya multifungsi. Cukup beli beberapa saja yang multifungsi dan kamu bisa memakainya untuk aneka jenis makanan hingga camilan.