Sarapan Makin Semangat Dengan Selai Nanas Lezat Sebagai Pelengkapnya (2021)

Sarapan Makin Semangat Dengan Selai Nanas Lezat Sebagai Pelengkapnya (2021)

Selai adalah pelengkap sarapan yang lezat, apalagi jika terbuat dari buah nanas yang segar dan penuh vitamin. Jadikan selai nanas sebagai teman praktis sarapan Anda setiap hari. Simak berbagai rekomendasi selai nanas lezat dari BP-Guide berikut ini!

Nanas Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Bersisik bukanlah ikan, bermahkota bukanlah raja. Begitulah teka-teki yang biasa dilontarkan. Nanas, jawabannya. Buah nanas adalah salah satu jenis buah tropikal, karena tumbuhan nanas berasal dari kawasan tropis dengan kondisi lingkungan lembab.

Nanas mengandung banyak air, dan rasanya segar sangat menggugah selera, apalagi jika dikonsumsi ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Selain dikonsumsi langsung, nanas juga bisa diolah, salah satunya menjadi selai. Selai nanas membuat kue atau roti menjadi lebih enak, apalagi kue nastar yang terkenal itu. Untuk mengontrol kalori dan gula darah, sebaiknya pilih selai nanas dengan kadar gula yang paling rendah.

Tidak hanya segar, buah nanas juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Nanas mengandung enzim bromelin yang dapat meredakan inflamasi atau peradangan dan mengatasi masalah pencernaan. Seratnya juga bermanfaat baik bagi pencernaan Anda.

Seperti buah-buahan pada umumnya, nanas juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidannya pun tak kalah banyaknya. Antioksidan di dalam nanas dapat membantu mencegah terjadinya kanker di dalam tubuh.

Apa saja manfaat dari buah nanas?

Manfaat Kesehatan Buah Nanas

Melancarkan Pencernaan

Buah nanas bisa dijadikan sebagai senjata melawan sembelit atau susah buang air besar karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat buah nanas mudah untuk dicerna sehingga bikin saluran pencernaan menjadi lancar. Anda cukup makan setengah potong buah nanas yang mengandung 2,2 gram total serat makanan.

Mengobati Perut Kembung

Masih seputar manfaat nanas untuk saluran pencernaan, nanas juga bisa mengatasi perut kembung. Kembung terjadi karena perut berisi udara atau gas yang banyak. Nanas mengandung enzim bromelain dan serat yang dapat mengatasi masalah perut kembung. Kedua zat tersebut dapat menenangkan perut dan mengurangi produksi gas berlebih.

Mencegah Kanker Usus

Polusi udara merupakan salah satu pemicu peningkatan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu, seperti mendatangkan kerusakan jika bertemu dengan molekul lain seperti sel-sel lain atau DNA. Ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker.

Buah nanas kaya akan senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga tubuh terlindungi dari sel-sel yang rusak dan terlindungi dari berbagai masalah kesehatan atau penyakit, termasuk kanker.

Menjaga Kesehatan Kulit

Buah nanas juga bermanfaat untuk kecantikan. Mengonsumsi buah nanas bisa mengoptimalkan proses sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen, maka kulit akan semakin kencang dan lentur.

Kandungan vitamin C dan beta karoten di dalam buah nanas dapat mendorong pembentukan kolagen, sehingga membantu memperbaiki tekstur kulit, meminimalkan kerusakan kulit akibat sinar matahari atau polusi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C di dalam buah nanas juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang mencegah terjadinya penumpukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C lebih tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Cara Memilih Selai Nanas Berkualitas

Cek Label Komposisi

Rasa manis atau asam pada selai nanas bisa berbeda-beda. Anda dapat memperkirakan rasanya dengan melihat tabel komposisi selai, terutama kandungan gulanya.

Kandungan gula di dalam selai nanas menentukan tingkat kemanisan selai tersebut. Jika Anda lebih menyukai cita rasa yang manis, pilihlah produk yang kandungan gulanya lebih banyak. Kandungan gula di atas 60% akan menghasilkan rasa selai yang lebih manis.

Masalahnya, persentase kandungan gula sering kali tidak dituliskan dalam label komposisi. Untuk produk yang seperti itu, Anda dapat melihat urutan penulisan komposisi bahan. Bahan yang dituliskan paling awal merupakan bahan dengan kandungan terbanyak dalam selai.

Apabila Anda menemukan selai nanas dengan komposisi bahan nanas yang dituliskan di urutan pertama, berarti kemungkinan besar selai tersebut memiliki rasa yang lebih asam. Sebaliknya, jika gula dituliskan terlebih dahulu, rasa selai tersebut akan cenderung lebih manis. Menarik, bukan?

Penting sekali untuk memperhatikan tabel komposisi selai nanas. Jadi, Anda akan mendapatkan selai dengan rasa yang sesuai dengan harapan. Di samping itu, Anda juga bisa mencoba beberapa merek selai nanas untuk mendapatkan rasa yang paling pas di lidah. Bagaimanapun, mencoba langsung satu per satu adalah cara yang paling akurat.

Perhatikan Tekstur Selai

Jika Anda perhatikan, selai nanas memiliki tekstur yang berbeda-beda, tergantung produksinya oleh produsen.

Apabila Anda ingin membeli selai nanas sebagai olesan roti atau kue, atau untuk dilarutkan dengan minuman, pilihlah tekstur jelly. Sebab, selai nanas dengan tekstur jelly serat-serat nanas yang lebih sedikit. Dengan tekstur seperti itu, selai akan lebih mudah larut dalam air, serta lebih nikmat dimakan bersama dengan roti atau kue.

Ada juga selai nanas yang masih memiliki cukup banyak serat nanas. Tekstur selai nanas ini lebih enak dijadikan sebagai isian kue nastar. Rasanya akan lebih autentik dan lezat.

Perhatikan Ada Tidaknya Bahan Pengawet dan Pewarna

Beberapa produk selai nanas memiliki warna yang cerah karena mengandung pewarna tambahan. Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan memperhatikan komposisi bahannya. Pewarna kuning yang biasanya digunakan adalah Tartrazin CI 19140. Penggunaan pewarna ini telah diizinkan oleh Kementerian Kesehatan RI sehingga Anda tak perlu khawatir.

Di samping pewarna, Anda juga perlu memperhatikan kandungan pengawet. Pengawet dalam selai nanas berfungsi untuk menjaganya dari jamur. Dengan demikian, selai nanas tersebut memiliki masa simpan yang lebih panjang. Pengawet yang dipakai biasanya adalah potassium sorbate. Pengawet ini aman digunakan dalam makanan dan juga telah diizinkan penggunaannya di Indonesia.

Namun, beberapa orang bisa saja memiliki alergi terhadap pengawet dan pewarna walaupun telah diklaim aman untuk dikonsumsi. Produk selai nanas yang dibuat tanpa pewarna dan pengawet memang merupakan produk yang paling aman untuk dikonsumsi. Biasanya, harganya lebih mahal. Namun, harga tersebut tentu sebanding dengan manfaat kesehatan yang Anda dapatkan.

Rekomendasi Selai Nanas Lezat Untuk Pelengkap Sarapan Anda

Smuckers Pinneaple Preserves

Smucker’s merupakan brand selai premium yang punya rasa enak. Selai nanas import ini dikemas dalam botol kaca yang kuat dan higienis.

Smucker’s juga menggunakan nanas asli yang digiling kasar untuk menjaga teksturnya saat dimakan.Cincangan buah nanas yang pada selai nanas ini akan memberikan pengalaman unik ketika memakannya. Anda bisa mengkombinasikan selai nanas ini pada hidangan atau cemilan manis ataupun gurih.

Dengan selai nanas ini, Anda bisa membuat roti isi, kue nanas, bahkan nastar dengan tekstur dan rasa yang berbeda dari biasanya.

Harga Rp. 50.000-100.000

Buybest Pineapple Bakery

Jika Anda ingin memulai usaha bakery, Anda dapat mengandalkan selai nanas Buy Best dari Marizafoods. Tekstur, warna, dan rasanya tetap stabil setelah dipanggang. Anda dapat menggunakannya sebagai isian pastry atau pada kue lapis. Selai ini memiliki harga yang cukup ekonomis untuk isian 1 kg.

Harga Rp. 35.000-70.000

Javara Selai Nanas Pala Organik

Javara yang merupakan brand asal Indonesia ini menghadirkan berbagai produk pertanian organik yang berkualitas, salah satunya selai nanas. Kerennya, bahan yang digunakan dipanen dari kebun sendiri, yang juga ditanam dengan cara organik.

Selai nanas Javara dibuat dengan kombinasi rempah, yaitu buah pala organik. Gula yang digunakan merupakan gula tebu natural, dan tambahan jeruk nipis untuk rasa yang lebih segar. Selai nanas ini kemudian dikemas di dalam botol kaca yang kuat.

Kelemahannya, produk ini hanya bertahan sekitar 4 bulanan, karena tidak mengandung bahan pengawet buatan.

Harga Rp. 85.000-100.000

Selai Nanas Royal

Selai Nanas Royal memiliki rasa manis dan pas dengan adonan kue. Bentuk selai nanasnya sudah sangat halus dan padat.

Produk ini sangat cocok untuk dijadikan isian kue nastar. Tidak hanya itu, selai nanas ini juga pas untuk dioleskan ke atas roti atau sebagai perekat kue lapis.

Selain nanas ini dikemas dalam kemasan plastik berukuran 500 gram.

Harga Rp. 30.000-50.000

Morin Pineapple Jam

Morin merupakan salah satu merek yang sudah terkenal dalam memproduksi berbagai macam selai. Selai Morin terkenal dengan tagline “jodohnya roti”. Rasanya yang manis sangat cocok untuk dimakan bersama roti tawar. Selai nanas adalah salah satu selai yang paling banyak dicari.

Selai ini dibuat dari nanas berkualitas, dan dikemas dengan teknologi canggih ke dalam jar kaca yang higienis. Tak heran, jika Morin mendapatkan predikat top brand berturut-turut sejak tahun 2009 Morin juga diolah menggunakan buah nanas alami yang segar.

Anda bisa merasakan tekstur kasar buah nanas saat mengoleskannya ke atas lembaran potongan roti.

Harga Rp. 15.000-30.000

L'Amour Pineapple & Cinnamon Jam

Selai Nanas L’Amour diproduksi dengan teknik slow cooking yang membuat aroma dan rasanya semakin nikmat. L’Amour menggunakan perpaduan nanas dan kayu manis yang menjadikan rasanya semakin autentik dan memiliki aroma tropis yang menyenangkan. Jika Anda merupakan penggemar rempah-rempah, selai nanas yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Selai ini dijual dalam tiga ukuran isi.

Harga Rp. 35.000-90.000

Welco Pineapple Jam

Selai nanas Welco memiliki tekstur yang tidak terlalu padat namun tetap lembut. Rasanya manis, dan sangat pas untuk menemani setiap gigitan dan kunyahan roti yang kamu santap. Dikemas dalam jar kaca dengan tutup yang rapat sehinga kualitasnya terjaga. Harganya cukup terjangkau untuk isi yang lebih banyak.

Harga Rp. 25.000-75.000

Awani Selai Pineapple with Ginger

Jika Anda mencari selai nanas yang unik, brand lokal asal Bali ini patut Anda coba. Selai nanas Awali menggabungkan nanas dengan jahe, sehingga menciptakan rasa pedas hangat ketika Anda memakannya.

Dibuat secara homemade dengan bahan alami dan berkualitas, tanpa bahan pengawet. Anda juga bisa mendapatkan manfaat jahe untuk kesehatan. Sungguh nikmat untuk dikonsumsi bersama roti dan teh hangat.

Harga Rp. 60.000-75.000

East Java & Co Pineapple Jam With Passion Fruit

Satu lagi produk selai nanas yang menghadirkan cita rasa unik, diproduksi oleh brand lokal East Java & Co.

Produsen ini menggabungkan selai nanas dengan daun rosemary dan vanilla di dalamnya. Uniknya lagi, selai ini dipadukan dengan buah musiman yang manis, yaitu markisa, sehingga memberikan kesegaran yang berbeda.

Semua bahan alaminya dimasak secara hati-hati dalam wadah panci tembaga tradisional Perancis, sehingga kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya tetap terjaga.

Karena tidak mengandung pengawet buatan, selai ini aman dikonsumsi untuk sehari-hari.

Harga Rp. 50.000-100.000

Mariza Pineapple Topping

Barangkali selai nanas Mariza juga tidak asing di telinga Anda. Selai nanas ini terbuat dari bahan berkualitas dan tidak mengandung pemanis buatan. Teksturnya lembut, sehingga bisa Anda gunakan sebagai topping berbagai minuman, seperti es buah atau es campur. Dikemas dalam botol plastik dengan tutup yang unik sehingga praktis untuk digunakan.

Harga Rp. 20.000-30.000
From our editorial team

Sebelum Beraktivitas, Jangan Lupa Sarapan Meski Hanya Sedikit

Sarapan di pagi sangat penting untuk menyiapkan diri Anda sebelum beraktivitas lho. Sebisa mungkin jangan lewatkan sarapan di pagi hari. Jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda bisa sarapan ringan dengan selembar roti dan selai nanas. Temukan selai nanas favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!