Nongkrong dan Ngopi di 11 Tempat Ngopi Asyik di Bandung

Nongkrong dan Ngopi di 11 Tempat Ngopi Asyik di Bandung

Mau ngopi di tempat yang asyik? Bisa banget! Apalagi kalau kamu lagi di Bandung. Di kota ini banyak kedai kopi dengan berbagai gaya dengan menu kopi yang nikmat. Beberapa di antaranya akan dibahas dalam artikel BP-Guide ini. Semua kedai kopi ini bisa memenuhi kebutuhanmu untuk ngopi sambil menikmati suasana yang santai.

Nikmati Kopi di Bandung dengan Suasana di Tempat Seru nan Menyenangkan

Anak muda hingga dewasa masa kini menjadikan kegiatan ngopi sebagai bagian dari lifestyle. Utamanya di kota metropolis yang selalu padat aktivitas seperti Bandung. Masyarakat meminum kopi sebagai sebuah kebutuhan baik di pagi maupun sore atau malam hari.

Kopi umumnya diminum saat nongkrong bersama kawan. Acara berkumpul dan bertemu teman jadi lebih menyenangkan dengan minum kopi. Banyak sekali tempat seru dan menyenangkan yang ada di Bandung untuk menikmati secangkir kopi sembari bertemu teman baru.

Hal yang penting dari sebuah kegiatan ngopi adalah kualitas dari kopi itu sendiri. Kopi akan makin terasa nikmat bila biji kopinya berkualitas dan diseduh secara istimewa. Untuk kualitas kopi Bandung tentu tak perlu diragukan lagi karena sudah banyak coffee shop yang menawarkan aneka biji kopi hingga cara penyajian yang menarik dan istimewa.

Tips Memilih Tempat Ngopi Sesuai Gaya Kamu

Suka Pergi Ngopi Sendiri atau Beramai-ramai?

Untuk ngopi di Bandung tak akan susah, kok. Karena sudah banyak banget tempat nongkrong di Bandung yang menyediakan kopi. Nah, sebelum menentukan coffee shop seperti apa yang kamu mau, kamu harus tentuin dulu kamu lebih suka pergi ngopi sendiri atau lebih suka pergi beramai-ramai, nih?

Ada beberapa orang yang lebih suka menikmati secangkir kopi sendirian saja. Umumnya ini dilakukan ketika seseorang tersebut tengah melakukan suatu tugas yang butuh kesendirian dan konsentrasi. Bisa juga minum secangkir kopi sendiri kala sedang asyik membaca.

Untuk kamu yang hobi ngopi sendiri, ada coffee shop khusus untuk kamu loh. Umumnya tempatnya menyediakan colokan jika kamu memang sambil bekerja dan membawa laptop. Ada juga tempat yang menyediakan banyak buku untuk dibaca sembari menikmati kopi.

Selanjutnya ada juga nih beberapa orang yang lebih suka ngopi ramai-ramai. Makin banyak teman makin asyik ngopinya. Umumnya coffee shop untuk kalian yang senang ngopi beramai-ramai adalah kedai yang menyediakan meja untuk satu grup. Nikmat kopi akan makin terasa sembari mendengar cerita dari sesama teman ngopi.

Apakah Kamu Senang Ngopi Sambil Kerja?

Jika ditanya umumnya kegiatan ngopi dilakukan kapan? Sebagian orang pasti menjawab ngopi paling banyak dilakukan sambil bekerja.

Kopi memang mengandung kafein yang bagus banget untuk mempertahankan konsentrasi. Kamu jadi lebih fokus dalam bekerja usai meneguk secangkir kopi. Sehingga tak heran ya, jika banyak orang memilih kopi sebagai teman saat kerja. Dengan konsentrasi penuh kamu jadi bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan.

Nah, untuk kamu yang senang ngopi sambil bekerja, pilih saja kedai kopi khusus yang memiliki suasana yang tenang dengan pengunjung yang tidak terlalu ramai. Usahakan pilih kedai yang memiliki fasilitas WiFi sehingga pekerjaanmu bisa makin cepat selesainya.

Ngopi Sebagai Hobi atau Hanya Sekadar Berkumpul?

Kedai kopi juga dibedakan lagi nih, untuk kamu yang serius ingin ngopi atau yang hanya sekadar berkumpul dan nongkrong dengan teman. Untuk yang gemar ngopi, maka kamu bisa kunjungi kedai kopi yang menyediakan banyak biji kopi berbeda dan aneka alat seduh kopi. Di kedai kopi seperti ini, kamu bisa memilih biji kopi yang kamu mau sekaligus cara peracikan yang kamu inginkan.

Bagi kamu yang ngopi hanya untuk sekadar berkumpul bersama teman, nah banyak banget kedai kopi yang seperti ini untuk kamu. Contohnya kedai kopi Starbucks. Ada pula beberapa kedai kopi lain yang tak hanya menyajikan kopi namun juga minuman lainnya.

11 Tempat Keren untuk Mengonsumsi Kopi di Bandung

Noah’s Barn Coffeenery

Sumber gambar www.urbandung.com

Kedai kopi yang satu ini dekat nih dari Kampus ITB karena ada di Jalan Dayang Sumbi 2, Dago, Bandung Utara. Kedainya selalu ramai pengunjung. Kebanyakan dari pengunjungnya adalah mahasiswa karena memang kedainya ditujukan untuk para mahasiswa tersebut.

Kedainya berkesan berantakan bak kamar anak kos. Beberapa barang antik tergeletak di beberapa sudut. Perlu kamu tahu ada 2 ruangan di sini yakni indoor dimana kesannya santai dan hommy. Satunya lagi ruang outdoor yang cocok buat menikmati semilir angin sembari menghirup kopi nikmat. Untuk fasilitas, kedai ini menyediakan internet gratis serta lahan parkir yang luas.

Kedai ini juga sangat unik. Kamu tak akan menemukan lembaran menu karena menunya ditulis di dinding ruangan. Jadi, lihat daftar menu di dinding dan langsung pesan ke pelayan.

Beberapa menu kopi yang populer adalah Coffee Creme Brulee dan Cappucinno. Selain kopi, ada juga nih aneka pastry dan juga cake yang bisa kamu pesan. Masalah harganya, kedai ini mematok menu dari Rp 30.000 hingga Rp 100.000. Buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam.

Yellow Truck Coffee And Tea

Sumber gambar helenysm.com

Yellow Truck memiliki 12 cabang di tanah air, loh. Nah, kalau di Bandung lokasinya ada di Jalan Sunda no 65 serta ada juga yang di Jalan Garuda No 66. Kamu pun bisa juga berkunjung ke Jalan Patuha No 29 serta Jalan Surya Sumantri no 93. Banyaknya Yellow Truck di Bandung ini tak lepas memang karena antusiasme masyarakat yang hobi ngopi.

Tempatnya nyaman banget untuk dikunjungi ramai-ramai bersama teman. Dekorasi tempatnya didominasi warna hitam dan juga kuning. Ada ruang indoor yang cozy dan outdoor yang luas. Untuk fasilitas, ada WiFi gratis degan koneksi cepat. Coffee shop yang satu ini modelnya open bar jadi kamu bebas meracik kopi sendiri disini.

Yellow Truck memiliki tagline "Kopi Untuk Semua" yang memang hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bersosialisasi sekaligus menikmati kopi. Mulai berdiri sejak 2010, Yellow Truck Bandung menawarkan cita rasa kopi pilihan dari biji kopi terbaik khas indonesia.

Pilihan menu paling diminati adalah Over Iced Coffee dan Espresso Based. Ada juga minuman khas dari Yellow Truck yang mana merupakan perpaduan Iced Coffee dan Orange Juice. Untuk harga berkisar dari Rp 25.000 ke atas.

Roti Gempol & Kopi Anjis!

Sumber gambar tarakaisme.com

Kalau lagi ke Bandung selalu sediakan jaket ya, karena hawanya dingin luar biasa. Jangan lupa melipir ke Jalan Surya Sumantri No 25 karena ada kedai kopi yang ajib banget, yaitu Roti Gempol & Kopi Anjis!. Pemiliknya yakni Eka Satiadarma membuka kedai ini pada tahun 2013 silam. Ia memanfaatkan kebiasaan masyarakat yakni ngopi dengan membangun sebuah kedai kopi.

Lokasi yang dekat dengan kampus membuat kafe ini cepat direspons dan banyak mendapat pengunjung. Pemilik menuturkan bahwa ia ingin menciptakan kopi sederhana yakni yang khas Indonesia. Seperti nama kedainya, Kopi Anjis, yang merupakan nama kopi dari Aceh yang dibuat masih dengan cara tradisional.

Di sini ada kopi hitam murni, Kopi Sanger yang merupakan campuran kopi susu dengan aneka topping unik Seperti Oreo hingga alpukat. Tak cuma kopi, kamu juga bisa menikmati aneka roti gandum dan roti Gempol dengan varian isi seperti selai Nutella dan keju. Harga di sini mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 25.000 saja, loh. Kedai ini buka dari pukul 7 pagi hingga 12 malam.

Rumah Kopi

Sumber gambar parisvanjava.web.id

Berada di Jalan Terusan Rancakendal No 7, Cimenyan, Bandung, Roemah Kopi mempersembahkan aneka kopi nikmat untuk kamu. Selain bisa melihat langsung pengolahan kopi, kamu bisa juga beli bubuk kopinya untuk oleh-oleh.

Kedainya sendiri sangat nyaman dengan dekorasi menarik dan didominasi perabot kayu. Dindingnya berwarna cokelat dan dihiasi ornamen, lukisan, serta patung.

Kamu bisa menikmati minuman kopi dari rasa klasik sampai kopi kekinian. Kopi favorit adalah Copacobana. Sedangkan kopi paling unik adalah Voice of Nature. Harga kopi di sini berkisar dari Rp 12.000 sampai Rp 30.000. Ada juga beberapa makanan untuk menemani kamu minum kopi. Harga makanannya paling mahal adalah Rp 20.000. Tempat ini buka setiap hari dari jam 11 pagi hingga jam 11 malam.

Kopi Lamping

Mau ngopi yang bisa mengingatkanmu dengan suasana ngopi di kampung? Datang saja ke Jalan Lamping Nomer 14 di Cipaganti, Bandung. Ada kedai Kopi Lamping yang berdesain khas rumah jawa kuno. Kafe ini bisa terbilang sepi saat siang sehingga suasananya persis di pedesaan.

Dekorasinya berupa penggunaan furnitur kayu. Ada pula sentuhan batik pada dinding ruangan. Kamu juga akan mendapati kursi-kursi kayu antik dan meja kayu pendek pada bagian outdoor kedai ini. Sementara untuk indoor-nya, kamu akan disambut sofa dengan pajangan lukisan pemandangan desa.

Ada fasilitas stop kontak dan juga WiFi sehingga kamu bisa tetap bekerja sambil membawa laptop atau browsing, menggunakan smartphone kamu. Uniknya di tempat ini sering ada pertunjukan live musiknya loh.

Untuk racikan kopinya terbilang asli Indonesia. Ada kopi aceh, toraja, dan luwak yang disediakan. Kopi ini diolah secara tradisional sehingga rasa kopinya nikmat banget. Ada juga wedang jahe hingga minuman Alpokat Djowo di sini. Untuk camilan, kamu bisa pesan Pisang Perawan Kenes, yaitu menu pisang bakar dengan saus khas dan keju. Jika minat makanan berat, kamu bisa pesan nasi bebek atau soto betawi.

Untuk harga mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 30.000. Kedai ini dibuka dari jam 10 pagi sampai jam 11 malam.

Two Cents

Sumber gambar www.inijie.com

Bandung sebagai Paris Van Java memiliki banyak banget tempat seru untuk nongkrong. Selain mal, tempat yang banyak dikunjungi remaja Bandung saat ini adalah coffee shop. Salah satu yang populer adalah Two Cents.

Berlokasi di Jalan Cimanuk Bandung, kedainya luas dengan pintu depan dan belakang yang terbuka lebar. Didominasi aksen kayu serta pajangan vintage membuat tempatnya berkesan nyaman.

Di sini ada aneka kopi dengan pilihan seduhan sesuai selera. Kamu yang tak suka kopi bisa pesan smoothies maupun healthy juice. Nah, makin lengkap juga karena tempatnya menyediakan aneka cake hingga appetizer macam churros dan sandwich. Untuk harga berkisar dari Rp 22.000 sampai harga Rp 60.000. Buka pada hari Minggu hingga Jumat dari jam 7 pagi sampai 11 malam.

Kopi Gesang

Sumber gambar blog.mamikos.com

Lokasi Kopi Gesang berada di Bandung Utara dan banyak menarik pencinta kopi untuk mampir. Alamatnya di Jalan Cemara 58B di Bandung. Nama "gesang" mempunyai arti "hidup". Selanjutnya nama kedai tersebut juga diwujudkan dalam hidangan kopi khas mereka yang sangat dikenal. Kopi Gesang adalah kopi yang ditambahkan batu arang yang masih dalam keadaan menyala. Inilah yang bikin sensasi tersendiri kala ngopi di sini.

Ada 14 macam minuman kopi yang ditawarkan di sini dan menggunakan kopi robusta dan arabika. Biji kopinya berasal dari Jawa, Bali, Aceh, hingga Lampung. Dengan hanya Rp 15.000, kamu bisa menikmati kopi nikmat di sini. Sementara untuk pengunjung couple akan dapat harga Rp 23.000 untuk dua gelas kopi.

Coffe And John

Sumber gambar www.infobdg.com

Nikmati kopi nikmat racikan barista andal di Coffee And John, Bandung. Ada banyak varian kopi yang bisa kamu nikmati. Selain itu ada juga aneka makanan berat yang bisa kamu pesan untuk pendamping kopinya.

Kamu bisa jajal Sweet John Signature Coffee dan Kopi Lanang Toraja yang jadi andalan di sini. Bisa juga jajal espresso Roasted Almond Latte yang wangi sekaligus nikmat. Ada juga nih, makanan seperti Spaghetti Ayam Pedas hingga jajanan seperti combro yang bisa kamu pesan. Mau yang agak keren, ada jajanan Long John Donuts. Kamu bisa sediakan uang antara Rp 15.000 sampai Rp 35.000 untuk ngopi di sini.

Lokasinya ada di Jl Naripan no 99 Bandung. Tempat ini menyediakan fasilitas WiFi. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam dari hari Senin hingga Jumat.

Warung Kopi Purnama

Sumber gambar www.infobdg.com

Kedai kopi ini nerdiri tahun 1930 dengan nama Chang Chong Se. Selanjutnya berganti nama menjadi Warung Kopi Purnama pada tahun 1966. Pendirinya adalah Yong A Thong, pria asal Medan yang pindah ke Bandung. Saat ini kedai sudah berpindah tangan hingga ke generasi ke-4. Lokasinya berada di Jalan Alkateri No. 22 Bandung. Tempat ini buka dari jam 7 pagi sampai tutup jam 6 sore dari hari Senin hingga Sabtu.

Tempat legendaris ini banyak menarik pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota. Ada sensasi nongkrong khas zaman dulu pada tempat ini. Hal ini bisa dilihat dari dekorasinya yang vintage sekali.

Selain kopi, mereka juga menyediakan es cokelat dan aneka makanan seperti roti dadar dengan daging. Di sini kamu bisa beli selai srikaya buatan sendiri yang dijual seharga Rp 40.000. Untuk harga makanan dan minuman mulai dari Rp 17.000.

Grind Joe

Salah satu kedai kopi terbaik Bandung adalah Grind Joe. Kopinya tergolong paling nikmat dengan tempat yang nyaman dan bikin pengunjung betah. Lokasinya ada di tengah daerah Dago tepatnya di Jalan Ir. H.Djuanda, Nomor 69, Tamansari.

Bagian dalam kedainya sangat sederhana dengan bangku-bangku unik yang terbuat dari semen. Ruangan kedai didominasi dengan kaca. Berkesan segar dan nyaman apalagi untuk kamu yang ingin kerja sambil bawa laptop. Kamu bisa juga menikmati WiFi dengan kecepatan yang cukup oke.

Untuk kopinya, kedai ini punya menu kopi campuran dari kopi brazil, ethiopia, serta toraja. Sementara untuk cappuccino-nya memiliki rasa yang lumayan strong. Yang unik lagi dari kedai ini adalah cup-nya yang khusus sehingga beda dari yang lain. Menu makanan enak di sini antara lain adalah nasi goreng. Harga makanan dan minuman berkisar antara Rp.28.000-Rp.60.000.

Next 8 Coffee and Food

Sumber gambar www.pergidulu.com

Kedai kopi ini alamatnya di Jalan Cendana, Cihapit, Bandung. Dengan interior keren tentunya sangat menarik perhatian. Apalagi ada dominasi kanopi ala parisian cafe, so pasti bawaannya ingin mampir dan berfoto serta mencicip kopinya, ya.

Kedai ini semakin unik dengan dekorasi pintu kayu berwarna merah. Bagian dalamnya juga didominasi perabat kayu sehingga bikin suasana nyaman dan betah berlama-lama, deh. Ada fasilitas WiFi yang lumayan kencang di sini sehingga pas juga buat pengunjung yang ingin sekalian membawa pekerjaannya.

Menu kopi yang perlu dicoba adalah House of Next 8, yaitu kopi berbentuk es batu yang dilengkapi dengan susu panas. Selain itu, bisa juga coba menu kopi Next 8 Chocolate dan Red Velvet Frappe. Untuk menu selain kopi, ada nasi goreng, nacho, sop buntut, hingga spaghetti aglio olio yang juga sangat recommended. Harga makanan dan minuman dibanderol dari Rp 15.000 sampai yang mahal Rp 55.000.

From our editorial team

Ketahui Jenis-jenis Minuman Kopi

Kalau kamu sedang berada di kedai kopi, kamu akan disodori beragam menu minuman kopi yang bisa saja membuatmu bingung. Untuk mengatasinya, tak ada salahnya untuk mengetahui lebih dahulu tentang jenis-jenis minuman kopi seperti espresso, latte, long black, atau cappuccino. Bertanya kepada barista yang ada di kedai kopi juga akan membantumu. Dengan begitu, kamu akan lebih yakin saat memesan kopi yang sesuai dengan seleramu.

Tag