Pria Wajib Tahu! Ini Jenis-jenis Jas dan 10 Rekomendasi Produk Jas Keren yang Bisa Jadi Pilihan

Pria Wajib Tahu! Ini Jenis-jenis Jas dan 10 Rekomendasi Produk Jas Keren yang Bisa Jadi Pilihan

Setelan jas adalah salah satu fashion item formal yang mesti dimiliki oleh para pria. Kalau kamu ingin tampil bergaya dengan jas yang tepat, pastikan kamu baca referensi jenis jas pria dan rekomendasi jas keren pilihan BP-Guide dalam ulasan berikut!

Pemakaian Jas Sudah Ada Sejak Zaman Dulu

Sumber gambar tightsformens.com

Setujukah kamu, memakai jas akan membuat pria terlihat lebih elegan? Yap, jas merupakan pakaian yang seringnya digunakan untuk acara-acara formal atau momen tertentu. Menurut sejarah, fenomena pakaian jas muncul di negara Eropa sekitar abad 16 dan dikenakan oleh bangsawan saja.

Pakaian ini awalnya digunakan untuk melawan udara dingin sehingga badan lebih hangat. Namun seiring perkembangan zaman, jas makin lekat dengan nuansa maskulin. Sekarang, jas memiliki jenis yang beragam seperti berikut ini.

Mengenal Jenis Jas yang Biasa Digunakan

Dinner Suits

Sumber gambar stitchnco.com.au

Jas tentunya memiliki jenis yang berbeda-beda meskipun semua modelnya hampir terkesan sama. Jenis pertama adalah dinner suits. Dari namanya sudah dapat terbaca, bahwa jas model dinner suits dipakai pada momen spesial di malam hari, seperti makan malam atau bertemu dengan orang penting.

Jas jenis ini biasanya berwarna hitam dan berukuran pas pada badan. Kamu tinggal menambahkan dasi kupu-kupu untuk membuat penampilan agar lebih keren.

Single Breasted

Sumber gambar hespokestyle.com

Jenis lainnya ada single breasted. Pakaian jas model single breasted berbentuk sangat khas dengan satu baris kancing. Dalam satu baris terdiri dari satu, dua, sampai tiga kancing. Sisi belakang jas ini berbahan sutera dan kerahnya berbentuk V.

Double Breasted

Sumber gambar www.dmarge.com

Jas double breasted artinya jas yang mempunyai dua baris kancing. Dengan memakai jas ini, kamu akan terlihat lebih kekar dan biasanya kurang cocok dipakai jika tubuhmu cenderung besar atau pendek.

Umumnya, jas berkancing 4 atau 6 buah ini digunakan saat acara formal. Jas double breasted cukup populer pada pertengahan tahun 1930-an sampai dengan akhir 1950-an. Kemudian kembali populer di pertengahan tahun 1980-an hingga awal 2000-an.

Tuxedo

Sumber gambar www.dmarge.com

Pernahkah kamu memakai tuxedo? Jas ini kerap digunakan untuk acara-acara resmi dan mewah seperti pesta, pernikahan, atau acara penting lainnya. Jika pada umumnya jas menggunakan kerah bentuk notched-lapel, tuxedo begitu khas dengan kerahnya yang memiliki shawl atau lengkungan.

Selain itu, kerahnya juga dibuat dari bahan satin sehingga memberi kesan berkilau. Tuxedo juga sepaket dengan setelan berupa celana dengan bahan satin yang sama elegannya. Kalau sudah pakai tuxedo, kamu wajib melengkapinya dengan dasi kupu-kupu supaya makin menawan!

Mandarin Suit

Sumber gambar hangrr.com

Jas mandarin ini didesain layaknya gaya busana Mandarin pada umumnya, yaitu dengan kancing yang penuh hingga leher. Namun, ada juga mandarin suit tanpa kancing atau yang memakai kancing sekadar untuk pelengkap. Mandarin suit akan memberikan kesan gagah dan ramping pada tubuhmu. Biasanya, baju ini dikenakan untuk acara-acara penting pada malam hari.

Itu dia jenis-jenis jas yang paling sering digunakan para pria. Dari semua jenis fashion jas itu, mana yang cocok untuk gayamu? Yuk, simak rekomendasi 10 fashion jas 2019 model terkini dari kami!

10 Pilihan Jas 2019 dengan Model Terbaru

Arcilo Blazer Casual Siocled

Sumber gambar Zalora

Blazer bernuansa kasual dari Arcilo ini didesain khusus untuk kamu yang ingin tampil penuh gaya. Dengan membeli produk ini, kamu sudah mendukung pertumbuhan produk tanah air, karena Arcilo merupakan merek lokal yang berpusat di Bandung.

Arcilo menyediakan busana-busana bermutu tinggi untuk remaja dan dewasa, salah satunya Arcilo Blazer Casual Siocled. Pada bagian depan blazer ini terdapat 3 kantong dan dua kancing. Jas berbahan england wooltex ini memiliki warna cokelat yang memberi kesan kasual pada penampilanmu. Segera dapatkan busana tersebut hanya di Zalora Indonesia seharga Rp 454.300.

Ornith Black Suit

Sumber gambar Zalora

Warna hitam dapat menguatkan kesan modis pada busanamu. Itulah kenapa kamu perlu memakai ORNITH Black Suit, sebuah jas yang didesain untuk pria kekinian seperti kamu. Jas model formal ini dibuat menggunakan bahan semi wol, dengan kerah notch lapel, dan terdapat lapisan furing di bagian dalamnya. Terdapat kancing dan kantong di sisi depan jas ini. Dapatkan ORNITH Black Suit hanya di Zalora seharga Rp 585.000 dan sempurnakan penampilan kasualmu.

Izzue Men's Suit

Sumber gambar Zalora

Meski pria sering dianggap cuek soal urusan penampilan, pasti akan tiba masanya di mana pria mengidamkan penampilan elegan dan rapi. Jangan terlambat, segera koleksi fashion jas terkini IZZUE Men’s Suit. Jas dengan desain klasik ini disempurnakan dengan potongan yang pas pada tubuh.

Jas ini dibuat berlengan panjang dan menggunakan bahan poliester yang membuat penggunanya nyaman. Jas ini memiliki kancing di bagian depan. Dapatkan jas berwarna khaki ini di Zalora seharga Rp 599.600.

Valino Formal Blazer

Sumber gambar Zalora

Cari busana formal untuk kebutuhan kantor bagi pria maupun wanita? Valino mungkin bukan nama yang asing karena tokonya sendiri sudah tersebar di banyak pusat perbelanjaan di Indonesia. Merek ini sudah dikenal sebagai penyedia aneka busana formal yang berdesain kekinian dan penuh gaya, termasuk jas untuk pria.

Valino Formal Blazer ini dilengkapi dengan kancing pada bagian depan, kantong di depan sebanyak tiga buah, serta kerah tipe lapel. Blazer berpotongan regular fit ini berwarna abu-abu yang menjadikan penampilannya lebih dinamis. Dapatkan produk ini di Zalora seharga Rp 629.930.

Gianni Visentin Jas Lengan Panjang

Sumber gambar Zalora

Gianni Visentin Jas Lengan Panjang adalah sebuah busana formal berkualitas premium dengan detail yang keren. Dilengkapi dengan kerah lapel, kancing depan, dan dua kantung di sisi depan. Jas berwarna hitam ini dibuat dari bahan katun yang nyaman dipakai, tidak terlalu tebal, dan tidak tembus pandang. Segera dapatkan jas ini di Zalora seharga Rp 949.500.

Crows Denim Suit Men Brown Style

Sumber gambar Zalora

Crows Denim telah menjaga konsistensinya untuk memberikan produk serta pelayanan nomor satu untuk para konsumennya. Untuk urusan pakaian pria, Crows Denim selalu menawarkan produk-produk seperti kemeja, jaket, atau blazer yang layak kamu pertimbangkan.

Kali ini, Crows Denim merancang jas pria bernama Crows Denim Suit Men Brown Style. Jas ini hadir dengan model formal berwarna cokelat dan dilengkapi kantong. Dapatkan jas ini keren ini hanya di Zalora seharga Rp 1.200.000.

Johnwin LGS - Slim Fit - Formal Suit - Double Vent - Cream

Sumber gambar Zalora

Tahukah kamu bahwa Johnwin LGS merupakan merek yangsudah menembus pasar Eropa, Amerika, Afrika, dan Arab Saudi? Sejak didirikan pada 1979, merek ini selalu teguh pada komitmennya untuk berinovasi menghasilkan busana berkualitas.

Salah satu produknya yang pas buatmu adalah Johnwin - Slim Fit - Formal Suit - Single Vent - Cream. Jas pria warna krem ini berbahan dasar poliester dengan model single vent. Potongannya slim fit, cocok digunakan untuk menyempurnakan acara-acara formalmu. Dapatkan jas ini di Zalora seharga Rp 729.900..

Crows Denim - Jas Korean Men's Style Exclusive

Sumber gambar Zalora

Jas lain yang patut kamu coba adalah Jas Korean Men’s Style Exclusive yang didesain dengan begitu elegan dan khas. Apalagi kalau kamu penyuka gaya busana Korea, maka jas satu ini wajib masuk ke daftar belanjamu. Dibuat dari material impor kualitas terbaik yang akan membuat jas ini tahan lama digunakan. Selain itu, jas ini dilengkapi dengan furing dormeui. Dapatkan penampilan penuh gaya ini hanya di Zalora seharga Rp 396.900.

Jobb Cromwell T2

Sumber gambar Zalora

Jobb sudah dikenal dengan produk busana-busana resmi yang selalu menggunakan material terbaik dan dirancang dengan trendi, salah satunya adalah Jobb Cromwell T2.

Jas formal ini dilengkapi dengan dua kancing pada bagian depan, satu kantong di dada, dua kantong di bagian depan beserta flap, dan kancing pada bagian cuff. Fashion jas model slim fit ini bisa kamu beli di Zalora dengan harga Rp 674.550.

Izzue Jas Izzue 17

Sumber gambar Zalora

Cari jas pria yang simpel tetapi modis? Jas satu ini cocok untukmu! Dibuat dari bahan poliester yang nyaman di kulit, Izzue Jas 17 ini berpotongan regular fit dengan kancing pada bagian depan dan kerah lapel. Cocok digunakan untuk acara formal, tetapi bisa juga kamu pakai pada momen lain karena jas ini dirancang trendi dan kasual. Dapatkan jas warna hitam ini di Zalora seharga Rp 749.500.

From our editorial team

Gunakan Jas Sesuai Kebutuhan dan Pilih yang Sesuai

Sebelum membeli jas, kamu harus ketahui ukuran tubuh sendiri. Seperti namanya, setelan jas (suit) itu harus harus sesuai dengan tubuhmu agar nyaman dipakai. Dengan begitu penampilanmu akan enak dipandang dalam balutan jas yang rapi.