6 Tips Memilih Wallpaper untuk Ruangan Sempit dan 8 Rekomendasi Wallpaper yang Memberi Ilusi Ruangan Lebih Luas (2021)

6 Tips Memilih Wallpaper untuk Ruangan Sempit dan 8 Rekomendasi Wallpaper yang Memberi Ilusi Ruangan Lebih Luas (2021)

Memiliki ruangan sempit bikin kita jadi sumpek saat berada di dalamnya. Pikiran jadi mudah suntuk dan seolah cepat bosan. Jangan khawatir, siasati saja dengan wallpaper. Hindari memilih motif yang terlalu ramai supaya kesan ruangan tidak makin penuh. Simak tips agar ruangan lebih terkesan luas dengan wallpaper. Cek juga rekomendasi produk dari kami!

Wallpaper Bisa Jadi Solusi untuk Bikin Ilusi Ruang Lebih Luas

Rumah bisa lebih nyaman ditempati jika kita menghiasnya dengan baik. Selain memperhatikan barang apa saja yang kita masukkan untuk menata interior rumah, kita juga bisa mendesain tampilan ruangan dengan menambahkan wallpaper pada bagian dindingnya.

Wallpaper atau kerap disebut sebagai stiker pelapis dinding sudah dikenal sejak lama sebagai penghias dinding. Terbuat dari kertas khusus, biasanya kertasnya beragam. Selain itu, wallpaper hadir dalam aneka warna dan motif yang beragam jadi kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk memasang wallpaper bisa dibilang tidak rumit. Kamu bisa memasang sendiri jika ruangan kamu kecil. Namun, jika ruangan kamu begitu luas, tidak ada salahnya jika kamu meminta bantuan pada ahlinya. Ada banyak jasa pasang wallpaper yang tersedia dan bisa membantu kamu memasang wallpaper dengan baik untuk mempercantik ruanganmu.

Wallpaper banyak diminati oleh masyarakat karena banyak kelebihannya. Salah satunya adalah karena bisa lebih hemat dari cat dinding. Wallpaper tidak mudah pudar warna dan motifnya. Selain itu, setiap tahun kamu tidak perlu mengecat ulang dindingnya. Dinding dengan wallpaper estetikanya lebih tahan lama jadi kamu tidak perlu menggantinya dengan yang baru selama beberapa tahun ke depan.

Fungsi lain dari wallpaper adalah bisa jadi penutup dinding yang sempurna. Ada kalanya dinding retak, catnya mengelupas, tergores, hingga terkena rembesan air. Ini membuat tampilan dinding jadi kurang menarik. Dengan wallpaper, maka dinding terlihat lebih sempurna. Noda dan retakan di dinding tertutup sempurna sehingga dinding lebih enak dilihat.

Nah, fungsi lain dari wallpaper yang tidak kalah penting adalah untuk memberi kesan ruangan lebih luas. Jika kamu tinggal di rumah bergaya minimalis, tak jarang ruangan terkesan terlalu sempit. Jangan khawatir, karena dengan pemilihan wallpaper dinding dan pemasangan yang tepat, ruangan kamu bisa memberi kesan ilusi lebih luas, loh! Simak tipsnya dari kami, ya!

Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruangan Sempit

Tambah Wawasan dalam Bidang Desain

Sebelum memutuskan untuk memasang wallpaper, ada baiknya kamu banyak mencari informasi mengenai wallpaper dan pemasangannya. Jangan lupa cari juga informasi seputar desain ruangan dan penataan ruangan. Banyak-banyaklah mencari contoh dan rekomendasi penataan ruang dengan wallpaper. Kamu bisa mencarinya di internet, majalah, televisi, dan sumber informasi lainnya.

Kamu bisa juga berkunjung ke rumah teman, saudara, atau tetangga yang mungkin sudah memasang wallpaper. Perhatikan penataan ruang dan dekorasi yang mereka pasang. Hal ini bisa menambah wawasan kamu dan juga melatih kamu untuk bisa menilai penataan yang menarik. Jika sudah banyak masukan dan banyak informasi yang kamu dapat, bukan tidak mungkin kamu jadi lebih ahli dalam memilih wallpaper yang tepat agar ruangan tampak lebih luas.

Motif Garis Populer untuk Ruangan Sempit

Salah satu tips untuk memberi ilusi ruangan sempit jadi lebih luas adalah dengan memilih walpaper motif garis. Motif yang satu ini sangat populer dan banyak digunakan masyarakat karena kesannya simpel namun tetap bisa memberikan kesan elegan di waktu yang sama.

Kamu bisa memilih garis horizontal atau garis vertikal untuk ruanganmu. Pilih wallpaper motif garis horizontal jika ingin memberi kesan ruangan lebih lebar. Sementara, untuk kesan ruangan lebih tinggi, kamu bisa pilih wallpaper motif garis vertikal. Ini bisa jadi pilihan jika ruangan kamu tingginya terbatas atau terlalu rendah.

Hal yang harus kamu ingat adalah kamu harus memilih garis dengan rona yang tidak terlalu bold. Ini karena garis yang terlalu gelap malah bisa membuat kesan ruangan lebih sempit. Pilih saja wallpaper dengan motif garis rona pastel agar bisa membuat dinding tampak lapang.

Kenali Motif Lain yang Bisa Memberi Kesan Luas

Masih ada banyak sekali pilihan motif yang bisa kamu lirik untuk memberi kesan ruangan lebih luas. Salah satunya adalah motif klasik ornamen lengkung. Wallpaper dengan motif seperti ini bisa memberi kesan elegan. Hindari memilih yang ornamen garisnya terlalu ramai karena bisa memberi kesan ruangan makin sempit. Pilih motif ornamen yang disederhanakan dengan hanya memakai elemen garis agar ruangan tetap terkesan klasik tapi tidak terasa sempit.

Motif lain yang bisa kamu lirik adalah motif dengan tekstur halus. Tampilannya bisa memberi kesan lebih luas. Kamu hanya perlu memilih tekstur-tekstur yang berwarna terang agar ruangan terkesan lebih luas.

Tidak ada salahnya juga melirik motif geometrik. Motif ini terkesan kekinian dan ceria. Hanya saja, hindari motif geometrik yang padat dan terlalu kecil. Kamu bisa memilih yang pola geometriknya besar sehingga ruangan terkesan luas.

Boleh juga jika kamu ingin memakai wallpaper dengan warna metalik. Wallpaper semacam ini bisa memberi kesan terang pada ruangan dan juga lebih luas. Kamu bisa memilih warna emas, silver, atau warna metalik lainnya.

Pilih Bahan Wallpaper

Kamu juga harus mempertimbangkan bahan wallpaper sebelum memasangnya. Selain mempertimbangkan keawetannya, pemilihan bahan juga bisa menentukan kesan yang ditimbulkan dari wallpaper tersebut. Salah pilih bahan bisa berakibat membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Gunakan wallpaper dengan bahan yang tidak terlalu tebal. Bahan yang terlalu tebal bisa memberi kesan sumpek dan sempit. Selain itu, bahan yang tebal juga biasanya dibanderol harga yang terlalu mahal. Jadi, jika bisa membeli dengan harga yang terjangkau untuk kesan ruang lebih luas, kamu tidak perlu membeli yang tebal dan mahal, kan?

Kamu bisa pilih bahan vinyl. Bahan yang satu ini bisa memberi ilusi ruangan sempit jadi lebih luas. Bahan ini juga daya tahannya terjamin kuat. Saat dipasang pun, hasil wallpaper vinyl lebih rapi ketimbang bahan wallpaper lainnya.

Utamakan Wallpaper dengan Warna Soft

Selanjutnya, untuk ruangan lebih luas, kamu bisa utamakan memilih wallpaper dengan warna yang lembut. Kamu bisa pilih warna-warna pastel mulai dari biru pastel, kuning, peach, merah muda, dan lain sebagainya. Keteduhan dan kenyamanan bisa tercipta dari wallpaper warna-warna pastel. Selain bisa memberi kesan tenang di mata, juga bisa membuat ruangan jadi lebih enak dipandang karena seolah masih banyak ruang yang tersisa meski ruangannya sempit.

Pastikan Wallpaper Senada dengan Warna Perabot

Dalam pemilihan warna, kamu juga bisa memastikan bahwa warnanya senada dengan warna perabot. Jika warna wallpaper dan perabotnya serasi maka ruangan bisa berkesan lebih luas. Perabot juga bisa lebih menarik perhatian karena terkesan lebih menonjol. Hal ini juga bisa memperbaiki mood siapa saja yang berada di ruangan tersebut sehingga produktivitas jadi makin meningkat.

Beda halnya jika corak wallpaper yang bertolak belakang dengan perabot. Ini hanya akan menyebabkan ketidakseimbangan dan malah bikin ruangan terkesan lebih sumpek dan sempit.

Ini Dia Deretan Wallpaper Dinding yang Cocok untuk Ruang Sempit

Wallpaper Dinding Vinyl Polos Garis Vertikal Coklat Krem

Wallpaper Dinding Vinyl Polos Garis Vertikal Coklat Krem ini bisa jadi pilihan pertama kamu. Produk yang satu ini terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi sehingga mutunya terjamin. Bahannya juga tahan lama dan tidak mudah sobek saat dipasang. Wallpaper memiliki motif polos dengan garis vertikal berselang-seling. Ini bisa memberi kesan luas saat dipasang.

Wallpaper ini dijual per roll dengan ukuran setiap roll-nya adalah 53 cm x 10 m. Kamu bisa memasangnya sendiri atau bisa juga memesan jasa pemasangan dari toko yang bersangkutan, ya.

Harga Rp. 280.000-406.000

Walpaper Dinding Motif Segitiga Hitam Dasar Putih

Walpaper Dinding Motif Segitiga Hitam Dasar Putih tidak kalah menarik untuk kamu miliki. Wallpaper memiliki ukuran lebar 45 cm dengan panjang 10 meter. Berat per rollnya adalah 750 gram. Untuk satu roll bisa menutup area sekitar 4,5m persegi.

Terbuat dari bahan PVC non transparan, bahannya waterproof sehingga tahan lama digunakan. Wallpaper ini dilengkapi dengan perekat sehingga kamu tinggal tempel saja pada area yang diinginkan. Lemnya kuat dan tahan lama sehingga tidak mudah mengelupas.

Harganya terjangkau dan mutunya tidak perlu diragukan. Kamu bisa memasang sendiri tanpa bantuan ahli. Cukup ukur area yang ingin ditempel lalu lap dulu permukaan yang ingin ditempeli. Setelahnya, buka kertas penutup perekat wallpaper sebagian dulu. Tempel lalu ratakan dengan lap sambil lepaskan sisa penutup perekatnya hingga habis.

Harga Rp. 31.900-110.000

Wallpaper Dinding De Cafe 524 Kayu Balok Horizontal

Wallpaper Dinding De Cafe 524 Kayu Balok Horizontal Wallpaper wajib jadi pilihan kamu. Wallpaper ini bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Cocok untk jadi alternatif penggantian cat dinding. Terbuat dari bahan vinyl dan lapisan paperback berkualitas tinggi, wallpaper ini dijamin lebih tahan lama dari wallpaper pada umumnya.

Produk dijual per roll dengan ukuran setiap roll adalah 53 cm x 10 meter. Wallpaper mudah dirawat. Jika kotor, tinggal dilap saja pakai kain. Produk tidak dijual dengan lemnya, sehingga kamu harus beli lem sendiri secara terpisah.

Harga Rp. 130.000-142.000

Wallpaper Dinding Hijau Polos Tekstur Serat

Wallpaper Dinding Hijau Polos Tekstur Serat adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini menarik dengan tekstur serat yang halus. Ini bisa bikin kesan ruangan kamu lebih luas. Wallpaper bisa menempel dengan mudah pada dinding yang memakai cat tembok. Wallpaper sulit menempel jika tembok memakai cat aquaproof atau cat minyak. Wallpaper juga jadi susah menempel jika temboknya lembap dan kotor.

Produk sudah melalui quality control check sehingga dipastikan bagus kualitasnya. Wallpaper sudah dilengkapi lem jadi tinggal tempel saja. ukuran lebarnya 45 cm dengan panjang 5 meter.

Harga Rp. 25.000-181.900

Wallpaper Murah Walsticker Motif Polos Biru

Wallpaper Murah Walsticker Motif Polos Biru bisa mendekor ruangan kamu jadi lebih estetik. Penampilan ruangan jadi terkesan lebih rapi dan cantik. Ruangan juga tampak lebih luas. Wallpaper ini memakai bahan PVC premium dengan grade A sehingga terjamin kualitasnya. Bahannya anti air dan anti noda, sehingga jika kotor bisa mudah dibersihkan dan dikeringkan.

Wallpaper dilengkapi lem sehingga tinggal tempel saja. Kamu bisa menempel pada dinding dan aneka permukaan datar lainnya. Ukuran satu rollnya adalah 45 cm x 10 meter.

Harga Rp. 38.000-85.000

Wallpaper Dinding Motif Polos Plain

Wallpaper Dinding Motif Polos Plain juga bisa jadi pilihan untuk memberi kesan ruangan yang lebih luas. Terbuat dari bahan PVC waterproof, produk ini berkualitas dan tidak mudah kotor. Jika kotor bisa mudah dibersihkan dan dikeringkan dengan lap. Wallpaper bisa mudah dipasang karena sudah ada lemnya. Kamu tidak perlu lagi menambah lem khusus asalkan dindingnya tidak lembap dan berminyak. Produk dijual satu roll dengan ukuran 45 cm x 10 meter.

Harga Rp. 39.999-59.000

Wallpaper Dinding Motif Wave Garis Salur Putih Silver

Wallpaper Dinding Motif Wave Garis Salur Putih Silver sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Produk yang satu ini memiliki lebar 45 cm. Sementara itu, panjang produk adalah 10 meter. Wallpaper sudah lengkap dengan lem jadi tinggal tempel saja.

Terbuat dari bahan PVC, wallpaper tidak transparan. Produk ini bisa tahan lama digunakan dan anti air. Mudah dibersihkan jika ada nodanya. Motifnya keren dan bikin ruangan tampak lebih luas.

Harga Rp. 29.799-100.600

Wallpaper Dinding Polos Tekstur wrn Metalik Gold Rose Silver

Wallpaper Dinding Polos Tekstur wrn Metalik Gold Rose Silver merupakan rekomendasi terakhir kami. Terbuat dari bahan vinyl, ada tekstur timbul pada wallpapernya. Produk tampak elegan dan mewah sehingga bisa mempercantik ruangan dengan maksimal. Wallpaper dijual per roll dengan ukuran 53 cm x 10 meter.

Harga Rp. 155.000-260.000
From our editorial team

Perhatikan Pemasangan Sambungan Wallpaper

Saat memasang wallpaper sendiri, kita harus lebih teliti dan hati-hati. Tidak bisa asal pasang saja supaya hasilnya lebih rapi. Utamanya saat akan memasang sambungan. Pengerjaan pemasangan sambungan harus rapi supaya bisa memberikan kesan yang bagus tanpa cela. Jika kurang rapi maka kesannya asal pasang dan nilai estetika dari wallpaper bisa berkurang. Sesuaikan motif saat memasang sambungan supaya kesannya tidak ada sambungan yang tampak.