10 Rekomendasi Jam Dinding Unik agar Interior Ruang Makin Menarik (2021)

10 Rekomendasi Jam Dinding Unik agar Interior Ruang Makin Menarik (2021)

Teknologi membuat kita jadi lupa akan beberapa benda yang tadinya sangat penting dalam kehidupan kita. Salah satu contohnya adalah jam dinding. Sejak ada smartphone, jam dinding seolah jarang kita lirik. Padahal, fungsi jam dinding lebih dari sekadar menunjukkan waktu, loh! Cek tips memilih jam dinding dan juga rekomendasi jam dinding unik dari BP-Guide!

Jam Dinding Bisa jadi Dekorasi Menarik

Jam merupakan alat yang sejak dulu kita kenal sebagai pengukur dan pemberi tahu waktu. Jam bisa dibilang sebagai penemuan tertua manusia karena sudah digunakan sejak zaman dahulu. Jam hadir dalam berbagai jenis, ada jam tangan, jam weker, jam bandul, hingga jam dinding. Meski kebanyakan dari jenis jam tersebut sudah mulai tergantikan dengan jam yang ada pada gadget kita, namun kita tetap membutuhkan jam tersebut untuk fungsi lainnya.

Jam dinding merupakan salah satu jenis jam yang sangat kita butuhkan. Meski sudah ada jam pada smartphone, namun jam dinding tetap tak tergantikan. Kita masih lebih nyaman menengok jam dinding saat berada di rumah ketimbang melihat smartphone karena lebih cepat.

Di setiap ruang di rumah, kita butuh memasang jam dinding. Ini supaya kita tidak kesulitan mengecek waktu. Selain itu, adanya jam dinding di setiap ruang juga membuat kita jadi lebih mudah diingatkan akan kegiatan atau pekerjaan yang harus kita lakukan.

Seiring canggihnya teknologi, jam dinding juga memiliki fungsi lainnya. Salah satunya adalah bisa jadi dekorasi rumah. Bentuk, model, dan warna jam dinding yang makin beragam membuat jam dinding bisa jadi pajangan apik di rumah. Jadi, selain bisa mengetahui waktu, ruangan kita juga jadi tampak lebih estetik berkat desain jam dinding yang cantik.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Jam Dinding

Sesuaikan dengan Tempatnya

Tentukan ruangan tempat jam dinding akan diletakkan. Beberapa ruang di rumah membutuhkan jam dinding. Dan kamu bisa membedakan jam dinding yang diletakkan di setiap ruangan. Ini supaya kamu bisa menyesuaikan dengan tema ruangan dan bisa memberi kesan estetik pada setiap ruangan.

Untuk di ruang tamu misalnya, kamu bisa memilih jam dinding dengan model sederhana namun bisa tetap menarik perhatian. Untuk di ruang keluarga, kamu bisa meletakkan jam dengan pendulum sehingga terkesan klasik namun elegan. Untuk ruang makan, kamu bisa pilih jam dengan bentuk peralatan makan. Sementara untuk kamar tidur anak, bisa memilih jam dengan karakter favorit anak. Untuk jam di kamar tidur utama bisa memakai jam yang dilengkapi sweep movement sehingga tidak mengganggu tidur.

Pastikan Bahan Berkualitas

Jangan asal membeli jam hanya karena desainnya bagus saja. Kamu juga wajib memastikan bahwa bahan jamnya berkualitas. Di pasaran, bahan jam cukup beragam. Ada yang dari kayu, besi, aluminium, plastik, dan lain sebagainya. Apapun bahannya, pastikan yang kualitasnya bagus supaya jam bisa tahan lama digunakan.

Kamu bisa juga memilih bahan jam untuk disesuaikan dengan gaya yang kamu terapkan pada rumahmu. Misalnya, rumahmu bergaya klasik, pilih jam dengan bahan kayu supaya kesan naturalnya terasa. Untuk rumah modern, kamu bisa pilih jam plastik atau bahan metal. Sementara, jika rumahmu bergaya glamor, kamu bisa pilih jam dengan bahan perak atau stainless steel.

Pilih Model Unik

Meski fungsi utamanya untuk menunjukkan waktu, namun kita tidak bisa lupa bahwa jam dinding juga memiliki fungsi estetika. Kamu bisa menjadikan jam dinding salah satu dekorasi cantik di rumahmu. Sekarang ini ada banyak sekali model jam dinding di pasaran yang unik dan menarik. Tidak hanya berbentuk bulat atau kotak saja. ada yang lonjong, abstrak, dihias aneka ornamen, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan tema ruang sehingga jam dinding tampak menyatu dengan tema ruang tersebut.

Misalnya saja, kamu hendak meletakkan jam dinding di ruang makan. Tak ada salahnya memilih jam dinding model unik seperti model buah, atau jam dinding dengan hiasan peralatan makan. Boleh juga memilih jam dinding dengan background makanan dan minuman. Ini tentu mendukung tema ruang dan fungsi ruang sebagai tempat makan.

Bisa juga memilih model jam dinding unik berdasarkan ada angka atau tidaknya. Kita tahu ada jam yang memiliki angka lengkap, ada pula jam yang tidak memiliki angka sama sekali, dan jam yang hanya menandai angka 3, 9, 6, dan 12. Kamu bisa memilih model jam yang kamu inginkan sesuai dengan kebutuhan, ya.

Usahakan Warnanya Kontras

Ketika memilih jam dinding, kamu bisa memilih yang warnanya kontras dengan warna dinding. Semisal, warna dinding kamu putih, maka ada baiknya memilih jam dinding warna gelap. Warna dinding pastel juga pas untuk dipadukan dengan jam dinding warna gelap. Ini akan membuat jam dinding jadi lebih menarik. Kita juga bisa lebih jelas melihat jam dinding saat warnanya kontras. Ruangan pun terlihat lebih estetik dengan cara ini.

Ini Dia Rekomendasi Jam Dinding Unik untuk Kamu

Jam Dinding Besar Unik World Map

Jam Dinding Besar Unik World Map cocok untuk kamu yang punya mimpi besar ingin menjelajah dunia. Tunjukkan mimpi dan karakter adventure kamu dengan memasang jam dinding unik ini di kamar tidurmu. Jam dinding dilengkapi dengan peta dunia sehingga kamu bisa mengamati peta dan memulai mimpimu mengenal dunia yang lebih luas.

Jam dinding memiliki dimensi diameter 30 cm. Bahan jam dindingnya dari kayu MDF yang kokoh dan tahan lama. Sementara itu, peta dunianya dari cutting stiker dengan ukuran 91 x 50 cm. Bahan cutting stikernya dari vinyl.

Mesin jam dinding ini model sweep sehingga tidak berisik dan detaknya tidak akan mengganggu tidur. Produk ditempel secara manual dan kerapihan tempelan bergantung pada ketrampilan pemasangannya.

Harga Rp. 119.000-178.000

Jam Dinding Unik dari Kayu Jati Belanda

Jam Dinding Unik dari Kayu Jati Belanda memiliki berbagai pilihan model yang keren. Kamu bisa memilih mana yang kamu minati modelnya. Meski sederhana tapi terlihat elegan. Produk ini tersedia, namun jika stok kosong maka bisa pre order selama 7 hari. Silahkan tanyakan dulu untuk ketersediaan produk.

Jam terbuat dari kayu pinus atau kayu jati Belanda yang berkualitas. Ini membuat produknya awet, kuat, dan tahan lama. Bahannya juga terbilang ramah lingkungan karena memakai vernish water based. Ukuran keseluruhannya adalah 35 cm. Produk dipacking dengan aman memakai bubble wrap dan kardus.

Harga Rp. 156.240-303.800

Jam Dinding Unik type A78

Jam Dinding Unik type A78 tidak kalah menarik untuk dimiliki. Jam dinding ini bisa menunjukkan waktu dengan akurat karena mesinnya berkualitas. Terbuat dari metal glass dan manik kristal sehingga terkesan sangat elegan. Ini cocok dipajang di ruang tamu atau ruang keluarga. Ukuran jam secara keseluruhan adalah 46 x 65 cm. Jam dinding ini memakai baterai AA untuk pengoperasiannya. Jam ini bikin ruangan terlihat estetik karena desainnya yang tidak biasa.

Harga Rp. 659.000-950.000

Jam Dinding Unik Bunyi Komedi Putar

Jam Dinding Unik Bunyi Komedi Putar memberikan kesan klasik pada ruangan tempatnya diletakkan. Jam ini memiliki aksen hiasan yang bisa berputar saat jam berbunyi satu jam sekali. Ada banyak motif karakter dan model jam yang bisa dipilih.

Jam dinding bisa mengeluarkan melodi dan lonceng setiap jamnya. Mesin jamnya khusus sehingga bisa sinkron dengan melodi dan belnya. Mesin jam juga kuat dan awet sehingga tahan lama digunakan. Dalam pembelian sudah bonus baterai 4 buah. Barang akan dicek sebelum dikirimkan sehingga kualitasnya terjamin.

Harga Rp. 140.000-275.000

Jam Dinding Digital LED Suara Adzan 5 Waktu LED Wall Adzan Clock 25cm

Jam Dinding Digital LED Suara Adzan 5 Waktu begitu menarik untuk dimiliki. Jam dinding ini hadir dalam ukuran mini yakni 17 x 25 cm. Ini bisa diletakkan di ruang salat untuk memudahkan mengingat waktu ibadah. Fitur yang disematkan juga sangat banyak. Ada fitur untuk penyesuaian dengan kota hingga 1000 kota, ada pengingat salat 5 waktu, bahkan ada pengingat salat duha.

Selain itu, jam dinding tidak hanya menunjukkan tampilan jam dan menit saja. Produk juga bisa menampilkan tanggal, bulan, dan tahun. Ada juga displat temperatur dan suhu ruangan pada jam dinding digital ini.

Harga Rp. 360.000-485.000

OSM JKT J5076 Jam Dinding Besar DIY 3D

OSM JKT J5076 Jam Dinding Besar DIY 3D harus kamu pasang sendiri dengan hati-hati. Terbuat dari bahan plastik dan akrilik, jam dinding yang satu ini tahan lama digunakan. Jam analog ini memiliki diameter 20 hingga 40 cm. Pemasangannya mudah dan hasilnya terlihat elegan. Produk yang satu ini bisa jadi hadiah atau bisa juga dipakai sendiri. Jam dinding ini bisa diletakkan di berbagai ruangan, seperti, ruang kamar, ruang keluarga, dapur, atau ruang tamu.

Harga Rp. 29.000-52.000

Jam Digital Dinding Kayu 3 Inch / Wooden Digital Clock Modern Minimalist - OMEGA STAR

Jam Digital Dinding Kayu 3 Inch / Wooden Digital Clock Modern Minimalist - OMEGA STAR merupakan jam keren yang memiliki frame berbahan kayu. Produk ini cocok dipasang di berbagai ruangan seperti ruang keluarga atau ruang tamu. Cocok juga jika kamu ingin memasang di kantor atau ruang kerjamu.

Jam digital ini terkesan modern dan elegan. Tampilan angkanya besar sehingga mudah dibaca. Ada fitur jam dan menit. Kamu bisa mengatur dengan mode 12 jam atau 24 jam. Produk mudah diseting menit dan jamnya.

Jam digital 7seg 3 inch dengan Frame kayu kualitas terbaik dirancang agar bisa dipasang di dinding Rumah atau ruang kerja Anda.
Memberi kesan yang modern namun dengan teknologi digital. Ukuran jam secara keseluruhan adalah 33,5 x 13,5 x 5 cm..

Harga Rp. 478.000-717.000

Jam Dinding Besar - NUMBERS BLACK WOOD

Jam Dinding Besar - NUMBERS BLACK WOOD bisa jadi pilihan kamu. Cocok untuk dipasang di kamar tidur atau ruang keluarga. Jam dinding ini keren dan elegan. Ukurannya adalah 42 x 42 x 1 cm. Produk ini akan memberikan nuansa vintage yang kental. Jam tampak sangat menonjol dan bisa memberi kesan dinding makin cantik.

Harga Rp. 240.000-473.000

Jam Dinding Unik Artistik - One Two Three 1 Wall Clock

Jam Dinding Unik Artistik - One Two Three 1 Wall Clock memiliki garansi resmi selama 2 tahun. Produk yang satu ini desainnya menarik dan bahannya juga terjamin berkualitas. Dinding kamu jadi tidak terkesan monoton karena jam dinding ini akan meramaikan dan membuat dinding terlihat lebih hidup.

Mesin jam memakai sweep movement sehingga tidak berisi. Kualitas mesinnya juga terjamin jadi kamu tidak perlu khawatir cepat rusak. Bahan jam dari MDF yang berkualitas jadi ramah lingkungan. Produk ini asli Indonesia sehingga secara tidak langsung artinya kita membantu pengusaha lokal. Ukuran secara keseluruhan adalah 32 x 32 x4 cm.

Harga Rp. 135.000-241.000

Jam Dinding Unik Old Town Plate Number Vintage Retro Eropa Style

Jam Dinding Unik Old Town Plate Number Vintage Retro Eropa Style adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini hadir dengan sweep movement sehingga tidak berisik saat digunakan. Jam dinding ini bisa memberi kesan klasik pada ruangan. Terbuat dari bahan MDF dengan ketebalan 6 mm, produk ini tampak kokoh. Jamnya tahan lama digunakan. Kamu bisa meletakkannya di berbagai ruangan di rumah.
mengganggu tidur Anda.

Harga Rp. 35.000-93.000
From our editorial team

Sesuaikan Pemilihan Jam dengan Karaktermu

Salah satu hal yang bisa kamu jadikan acuan saat memilih jam dinding adalah karaktermu. Kamu bisa loh menunjukkan karakter dari pemilihan jam dinding. Misalnya, kamu adalah seseorang yang gemar musik, maka tidak ada salahnya memilih jam dinding dengan desain not balok atau alat musik. Sementara, jika kamu termasuk pecinta kartun, boleh saja jam dindingnya memakai gambar kartun. Atau semisal kamu ingin menunjukkan cintamu pada keluarga, boleh saja memesan jam dinding custom yang bisa diselipi foto keluarga sebagai background-nya.