Tonjolkan Pesona Ruangan di Rumah dengan 10 Rekomendasi Jam Dinding Unik Berikut Ini (2021)

Tonjolkan Pesona Ruangan di Rumah dengan 10 Rekomendasi Jam Dinding Unik Berikut Ini (2021)

Jam dinding kini tidak hanya sekadar menjadi penunjuk waktu, tapi juga berfungsi sebagai dekorasi ruang yang bernilai estetik. Buatlah ruangan di rumah lebih mempesona dengan menambahkan jam dinding model unik dan modern untuk memberikan suasana baru pada dekorasi ruangan.

Kehadiran Jam Dinding di Rumah Sangatlah Penting dan Tidak Dapat Diabaikan

Pepatah mengatakan bahwa waktu ibarat pedang yang siap membunuhmu yang berarti kamu harus menggunakan waktu sebaik mungkin agar tidak menjadi rugi. Oleh sebab itu, jam dinding menjadi benda penting yang harus dimiliki setiap rumah karena bisa memberi tahu waktu yang tepat untuk kamu mengerjakan sesuatu. Tanpa adanya jam di rumah, tentunya akan merepotkan penghuni rumah untuk mengetahui waktu yang tepat secara cepat.

Manfaat Jam Dinding

Sebagai Penunjuk Waktu

Fungsi utama dari jam dinding adalah sebagai penunjuk waktu. Tanpa jam dinding, penghuni rumah akan kesulitan untuk mengetahui waktu. Dengan adanya jam dinding, orang-orang yang ada di dalam rumah akan mudah untuk mengetahui waktu dengan cepat dan tepat.

Sebagai Pengingat Waktu Kegiatan dan Pekerjaan

Setiap orang yang ada di rumah pasti memiliki kegiatan dan kesibukannya masing-masing. Seperti ayah yang harus berangkat kerja jam setengah tujuh pagi atau sang anak yang harus bersiap untuk berangkat kesekolah pukul tujuh tepat.

Tentunya akan merepotkan jika harus mengecek ponsel yang letaknya entah di mana untuk sekadar mengetahui waktu. Dengan adanya jam dinding, otomatis akan mempermudah anggota keluarga mengetahui waktu dengan cepat sehingga terhindar dari keterlambatan saat menjalankan aktivitas rutinnya.

Sebagai Pengingat Waktu Beribadah

Ibadah adalah hal yang wajib kamu lakukan sebagai umat beragama. Dalam setiap ajaran, pasti ada waktu yang sudah ditentukan untuk melaksanakan ibadah tersebut. Meski demikian, banyak sekali orang yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga lupa waktu untuk beribadah. Dengan adanya jam dinding, itu akan mempermudah seseorang untuk mengetahui waktu untuk mengerjakan ibadah yang sudah datang.

Sebagai Dekorasi Rumah agar Tampak Indah

Selain digunakan sebagai pengingat waktu, jam dinding juga bisa dijadikan sebagai penunjang keindahan sebuah ruangan. Saat ini, sudah banyak desain jam dinding yang bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Kamu bisa memasang jam dinding berbahan alumunium untuk memberikan kesan minimalis pada ruangan atau memajang jam dinding bertema vintage untuk mendukung nuansa klasik di rumah kamu.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Jam Dinding

Tentukan Ruangan Tempat untuk Memasang Jam Dinding

Menentukan lokasi untuk pemasangan jam dinding merupakan salah satu hal yang penting untuk kamu lakukan sebelum membeli jam dinding. Kamu harus mengetahui tempat yang tepat agar jam mudah terlihat oleh setiap penghuni rumah.

Kamu bisa menempelkan jam dinding di ruang tamu atau ruang keluarga karena kedua ruangan mungkin paling sering didiami oleh para anggota keluarga. Selain itu, kamu juga bisa memposisikan jam dinding di kamar kamu. Ingat, kamu harus meletakkannya berseberangan dengan tempat tidur agar kamu bisa langsung mengetahui waktu saat kamu hendak tidur malam dan membuka mata saat pagi hari.

Sesuaikan Ukuran Jam Dinding dengan Ukuran Ruangan

Sebelum membeli jam dinding, kamu harus menentukan ukuran yang tepat dan sesuai dengan ukuran ruangan di rumah. Kamu tidak harus membeli jam dinding dengan ukuran besar jika ruangan yang ingin dipasang jam dinding tersebut berukuran kecil.

Meski demikian, jangan membeli jam dinding yang terlalu kecil karena bisa saja menyulitkan kamu dan anggota keluarga untuk mengetahui angka pada jam tersebut. Pilihlah jam dinding berukuran sedang yang sekiranya bisa dilihat dengan jelas oleh penghuni rumah dari kejauhan.

Sesuaikan Desain Jam Dinding dengan Tema Ruangan

Selain menentukan lokasi pemasangan, kamu juga perlu untuk menyesuaikan model jam dinding yang cocok dengan tema ruangan. Banyak sekali jenis dan model jam dinding yang akan kamu temui saat membeli. Jam dinding bergaya vintage akan cocok dengan ruangan kamu yang juga bertema vintage. Jika kamu ingin memasangnya di kamar, kamu boleh saja membeli jam berkarakter kartun yang kamu sukai.

Sesuaikan Warna Jam Dinding dengan Warna Ruangan

Warna adalah elemen penting yang harus kamu perhatikan saat membeli barang, termasuk membeli jam dinding. Ada dua cara dalam memilih warna jam dinding. Yang pertama, kamu bisa memilih jam dinding yang berwarna kontras dengan dinding rumah kamu agar kamu bisa melihat lokasi jam dinding dengan jelas. Jika dinding rumah berwarna terang, pilihlah jam dinding berwarna gelap. Sebaliknya, jika kamu memiliki dinding berwarna gelap, belilah jam dinding berwarna terang agar jam dinding kamu tidak tersamarkan.

Yang kedua, kamu bisa menyesuaikan warna jam dinding yang ingin kamu beli dengan warna dominan rumah agar tidak merusak konsep rumah kamu. Jika tema rumah dominan berwarna krem, kamu bisa membeli jam dinding warna senada seperti cokelat atau hitam.

Tentukan Material Jam Dinding agar Sesuai dengan Tema Ruangan

Selain warna dan model, kamu juga perlu menentukan material dari jam dinding yang akan kamu beli. Kamu perlu menyesuaikan bahan jam dinding dengan konsep rumah yang kamu miliki. Jika rumah kamu memiliki konsep vintage, kamu bisa membeli jam dinding berbahan kayu yang akan mendukung konsep rumah kamu. Jika rumahmu bergaya minimalis modern, kamu bisa memilih jam dinding berbahan alumunium.

10 Rekomendasi Jam Dinding Unik dan Elegan

Kayu DIY - Islamic - Kaligrafi Allah SWT - Mesin Sweep/Tanpa Detak

Jam DIY ini berbahan kayu MDF berlapis HQ digital print. Jam ini didesain dengan motif kaligrafi yang berukuran besar. Angkanya menggunakan angka Arab yang dipasang secara manual. Kelebihan dari jam ini yaitu mudah dirakit serta berdesain unik dan elegan.

Jam dibuat menggunakan mesin sweep movement yaitu tidak berdetak dengan garansi selama 2 tahun. Materialnya menggunakan bahan MDF berkualitas sehingga bisa tahan lebih lama. Kamu bisa mendapatkan 1 set rangkaian jam, 1 Set jarum, 1 pc baterai AA, dan mesin jam setiap pembelian Jam DIY ini.

Harga Rp. 94.050-220.220

Odiaz Jam Dinding Unik Kayu Coklat Horizontal

Bagi kamu yang bingung dalam memilih hadiah untuk teman, saudara, keluarga atau pacar, kamu bisa memilih Jam Odiaz WP0024 ini sebagai pilihan yang tepat. Desainnya minimalis dan modern dan terbuat dari vinyl laminasi sehingga sangat cocok untuk ditempelkan di dinding ruang tamu maupun di kamar.

Jam dengan diameter 30 cm ini dilengkapi dengan mesin sweep movement sehingga tidak akan mengganggu waktu istirahat saat malam hari. Jam ini akan bertahan lama karena terbuat dari bahan MDF berkualitas yang terjamin keawetannya.

Harga Rp. 64.900-79.000

Jam Dinding Desain Piano

Jam dinding desain piano ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai musik. Tampilan jam yang unik akan mempercantik tampilan ruangan kamu. Jam ini terbuat dari material MDF dengan tebal 6 mm yang di desain mirip dengan weathered wood yang berbentuk bulat.

Mesin yang digunakan adalah mesin sweep movement sehingga tidak akan mengganggu kamu saat malam hari. Keunggulan lain dari jam ini yaitu mudah dirakit dan memiliki garansi untuk penggantian unit. Finishing-nya berupa laminated doff dan dapat beroperasi menggunakan 1 baterai AA.

Harga Rp. 142.000-366.000

Kool Katz Jam Dinding Artistik Texture Kayu

Jam Dinding dari Kool Katz dengan desain unik yang terbatas ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai benda-benda dengan motif unik dan tidak pasaran. Jam ini dibuat dengan model curvy berukuran 30 x 30 x 4 cm yang bisa kamu tempelkan di mana saja karena tidak akan memakan tempat. Jam ini menggunakan mesin yang berbunyi normal saat jarumnya berpindah dan menggunakan baterai AA untuk pengoperasiannya. Karena terbuat dari bahan kayu MDF, maka akan sangat cocok untuk rumah kamu yang bergaya vintage.

Harga Rp. 85.000-161.000

Uchii Exclusive Wall Clock

Jika kamu menyukai benda-benda yang memiliki kesan minimalis dan modern, kamu wajib memiliki jam Uchii Exclusive Wall Clock ini. Jam analog ini dilengkapi dengan mesin sweep movement yang tidak akan mengganggu waktu istirahat kamu. Jam ini terbuat dari papan kayu dengan kombinasi baja sehingga akan meningkatkan kesan mewah pada ruangan.

Harga Rp. 225.000-366.000

Nail Your Art Black Cube

Bagi kamu yang menyukai ruangan dengan kesan vintage yang unik, Jam Nail Your Art Black Cube adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi keindahan rumah kamu. Jam ini terbuat dari kayu pinus berkualitas yang akan menjamin ketahanannya.

Jam ini juga memiliki garansi selama 2 tahun untuk kerusakan apa pun. Dilengkapi dengan mesin sweep movement sehingga suara yang dihasilkan setiap detak jarum jam tidak akan mengganggu.

Jam ini berukuran 41 X 41 X 2 cm, sangat cocok diletakkan di dinding ruang tamu atau ruang keluarga. Untuk mengoperasikannya, kamu harus menggunakan baterai AA yang dijual terpisah.

Harga Rp. 229.999-354.500

DIY Giant Wall Clock Quartz Model Kopi Cafe

Jam DIY Giant Wall Clock Quartz Model Kopi Café ini berbentuk aneka gelas dan cangkir yang sangat cocok untuk melengkapi dekorasi kafe yang kamu miliki. Kamu pun juga bisa memasang jam ini di kamar kamu untuk memberi kesan vintage.

Harga Rp. 26.950-35.500

Nail Your Art Jam Dinding Artistik Unik - Owl

Jam Nail Your Art adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi keindahan rumah bagi kamu yang menyukai ruangan dengan kesan vintage yang unik. Jam ini terbuat dari kayu pinus berkualitas sehingga ketahanannya terjamin. Mesin jamnya menggunakan mesin sweep movement. Jam ini berukuran 41 X 41 X 2 cm dan sangat cocok untuk diletakkan di dinding ruang tamu atau ruang keluarga. Garansi yang diberikan untuk jam ini adalah selama dua tahun.

Harga Rp. 75.000-281.000

Jam Dinding Bentuk Es Krim

Es krim merupakan makanan yang sangat disukai oleh hampir semua orang. Nah sekarang, es krim hadir dalam bentuk jam dinding yang akan menghias ruangan kamu menjadi lebih menarik. Jam dinding berbentuk es krim ini terbuat dari bahan basswood dan memiliki banyak warna menarik dan bisa dipilih sesuai selera.

Kamu bisa menempelkan jam ini di ruangan yang ada di rumah seperti ruang makan, kamar tidur, atau bahkan hiasan di ruang tamu. Jam ini digerakkan oleh tenaga baterai serta dilengkapi dengan mesin sweep movement.

Harga Rp. 83.885-189.200

Jam Dinding Kayu Kemudi Nakhoda Kapal

Bagi kamu yang menyukai dunia kapal atau hal yang bertema laut, Jam Dinding Nahkoda Kapal Kayu Jati adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi kesan vintage ruanganmu.

Selain untuk dipajang di ruangan sendiri, kamu juga bisa menjadikan produk ini sebagai hadiah atau suvenir untuk orang-orang yang kamu sayangi. Jam ini tersedia dalam berbagai warna netral seperti cokelat hingga rosegold. Juga, jam ini tersedia dalam berbagai ukuran yaitu S, M, hingga L yang bisa kamu sesuaikan dengan ukuran ruangan.

Harga Rp. 90.000-176.000
From our editorial team

Hadirkan Suasana Baru dengan Jam Dinding Baru

Dekorasi rumah yang tidak pernah berubah terkadang bisa menimbulkan rasa bosan, ya? Padahal hanya dengan mengganti atau mengubah sedikit dekorasi pada ruang saja bisa memberikan suasana baru. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengganti jam dinding di rumah dengan model baru. Ruangan pun akan menjadi lebih segar dan menarik.