Ingin Interior yang Lebih Estetik ala 2022? Inilah 30 Model Jam Dinding, Rekomendasi Expert di Bidang Jam.

Ingin Interior yang Lebih Estetik ala 2022? Inilah 30 Model Jam Dinding, Rekomendasi Expert di Bidang Jam.

Siapa bilang menghadiahkan jam dinding itu sudah kuno dan ketinggalan zaman. Faktanya, jam dinding adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh siapa pun. Fungsinya sebagai penunjuk waktu, menjadikan benda ini sangat tepat bila Anda berikan kepada orang terkasih atau sahabat Anda dalam momen-momen tertentu.

Siapa Bilang Kado Jam Dinding Basi? Ada Baiknya Kamu Baca Artikel ini

Butuh memberikan kado untuk orang terdekat? Jangan bingung deh ada jam dinding yang siap jadi kado kamu. Jangan takut basi karena kado satu ini pasti bermanfaat banget untuk penerimanya.

Jam dinding memang terlihat sepele namun coba deh perhatikan. Ruangan dengan tak adanya jam dinding jadi kurang berestetika. Selain itu kita juga jadi kesulitan saat hendak melihat waktu jika dalam sebuah ruangan tak tersedia jam dinding.

Bentuk unik dan beraneka ragam jam dinding bisa untuk menambah keindahan suatu ruang. Pilih bentuk menarik dengan bahan unik supaya kado jam dinding kamu terlihat oke. Yuk, lihat deretan rekomendasi jam dinding dari BP-Guide!

Jam Dinding Bukan Hanya tentang Waktu, tetapi tentang Seni

Jam dinding membuat kita lebih paham mengenai waktu. Jam ini bisa jadi dekorasi juga loh selain untuk penunjuk waktu. Bahkan dengan adanya ragam bentuk unik ini jam dinding bisa jadi pajangan seni tersendiri.

Penunjuk waktu berupa jam dinding kerap menjadi pengisi ruang yang apik. Dengan aneka ukurannya dari besar hingga mini jam mampu membuat ruangan lebih berseni. Ada pula jam yang bentuknya memang dirancang secara artistik dan dibuat dengan bahan kayu-kayuan untuk makin meninggikan nilai estetikanya.

Fungsi Jam Dinding yang Harus Kamu Ketahui

Penunjuk Waktu

Tak bisa dipungkiri kita butuh melihat waktu dan ini bisa dilengkapi dengan sebuah jam dinding. Siapa saja pasti butuh jam dinding untuk memudahkan melihat pukul berapa dan aktivitas apa yang harus dilakukan pada waktu tersebut.

Jam memang sudah tersemat pada smartphone dan alat lainnya. Namun keberadaan jam dinding tetap saja dibutuhkan. Saat ini model penunjuk waktu ini sudah makin beragam sehingga tak monoton dan bisa dipilih mau model analog atau digital.

Penghias Dinding

Ruangan akan kurang terasa lengkap jika kamu belum menambah beberapa aksesori untuk mempercantiknya. Salah satunya bisa menggunakan jam dinding. Pilih yang motif dan bentuknya unik supaya ruangan juga lebih menarik dilihat.

Banyak rumah saat ini memakai desain minimalis. Desain ini bisa juga kamu pilih untuk jadi desain pada jam dinding supaya bisa kompak dengan ruangannya. Kamu bisa juga pilih jam dengan model vintage untuk ruangan yang desainnya classy.

Media Promosi

Jam dinding memang menjadi media penunjuk waktu. Produk ini memiliki fungsi lain juga untuk mempercantik ruangan. Jam memiliki nilai estetika sendiri dan ini yang bikin jam bisa sekaligus jadi media untuk berpromosi.

Jam dinding bisa dipakai sebagai merchandise. Misalnya saja suatu merek atau suatu produk butuh berpromosi. Mereka bisa memanfaatkan jam dinding sebagai medianya. Bisa diselipi gambar dan kata kata promosi untuk menarik banyak pelanggan.

Media Cuci Mata

Fungsi awal jam dinding memang sebagai penunjuk waktu. Namun semakin berkembangnya zaman maka fungsi jam dinding bertambah. Ini karena fungsinya untuk melihat waktu sudah mulai tergantikan dengan smartphone dan jam tangan.

Kendati demikian jam dinding bisa jadi media unik untuk cuci mata. Produk berupa jam dinding ini kini hadir dalam aneka bentuk dan corak. Ada juga aneka gambar unik pada jam dinding beserta fitur lainnya yang mendukung untuk membuat jam dinding jadi media cuci mata yang bagus.

Jam Dinding pun Bukan Hanya Sekadar Pajangan

Jam dinding saat ini bukan sekadar alat untuk penunjuk waktu. Jam dinding hadir untuk menambah nilai estetika suatu ruangan. Selain itu jam bisa juga jadi pengingat kita betapa berharganya waktu yang sedang dijalani.

Jam dinding telah menjadi sebuah elemen penting dalam sebuah rumah. Akan terasa kurang jika dalam ruangan tak memiliki jam dinding. Meski ada smartphone mampu menunjukkan jam, namun kita cenderung dipermudah dengan adanya jam dinding. Tak sekadar menjadi pajangan, jam dinding juga bisa jadi pengingat kala waktu ibadah tiba. Ini karena saat ini jam dinding sudah dibekali fitur menarik seperti alarm dan pengingat waktu sholat.

30 Rekomendasi Jam Dinding Unik yang Cocok untuk Dihadiahkan kepada Teman/Pacar

Tentu kita semua menginginkan kado yang berkesan. Tapi, bagaimana cara membuat kado kita berkesan bagi orang lain? Salah satunya adalah dengan menyesuaikan plihan kado sesuai dengan selera orang yang akan menerimanya. Mencari tahu kesukaan orang yang dituju menjadi penting. Kado itu juga bisa lebih berkesan jika kita mengatahui kebutuhan jam dinding seperti apa yang tengah mereka butuhkan saat ini. Jadi, bukan hanya sesuai dengan keinginan, tapi juga sesuai dengan kebutuhan penerima kado tersebut.

Sudah menunggu daftar pilihan dari kami? Berikut pilihannya.

Punya Jiwa Seni yang Tinggi? PIlih Jam Dinding Kekinian yang Artistik

1. Jam Dinding Kayu Nordic Geometic, Desain Berani Beda

Mencari jam dinding dari kayu namun jarang ada yang punya? Inilah jam dinding kayu eksklusif, dekorasi dinding ala Nordic. Tumpukan serat kayunya membentuk pola geometic. Cocok untuk dekorasi rumah dan apartment. Bisa dijadikan hadiah pernikahan untuk teman dan keluarga tersayang. Terdiri dari dua ukuran, yaitu 30 cm dan 40 cm.

Harga Rp. 135.900-450.000

2. Eigia Jam Dinding DIY Acrylic yang Estetik

Beli segera Eigia Jam Dinding DIY Acrylic dengan diameter 30 hingga 50 cm. Jam ini ukurannya lumayan besar dan kamu bisa pasang angka dan jarumnya secara manual. Karena besar maka paling cocok diletakkan di ruang tamu untuk menghias ruangan.

Jam besar ini tak menimbulkan suara sehingga kamu tak perlu takut terganggu dengan suaranya saat malam. Jam ini memiliki water resistant dan steam resistant juga sehingga lebih awet. Jam ini menggunakan baterai AA. Jamnya berbahan EVA dan alloy serta acrylic. Produk bisa dibeli di Lazada dan Tokopedia dengan harga Rp 54.900.

Harga Rp. 61.900-145.900

3. One Two Three 1 Wall Clock, Jam Unik Anti-Mainstream

Nail Your Art hadir untuk mempercantik ruangan kamu. Desain produknya selalu artistik bikin ruangan makin cantik. Lirik saja jam dinding satu ini. Berkesan unik dan elegan jamnya bernama One Two Three 1 Wall Clock.

Produk ini memakai mesin sweep movement. Desain jamnya menarik dengan bahan berkualitas. Bahannya ramah lingkungan dan awet.

Harga Rp. 135.000-250.000

4. Tree Shape Wall Clock, Jelas Bukan Jam Pasaran!

Mau berikan sentuhan unik dan etnik pada rumah kamu? Cukup tambahkan jam dinding dengan desain unik. Misalnya saja seperti Tree Shape Wall Clock ini.

Produk ini memiliki kualitas gerakan lebih tinggi. Pas untuk dekorasi rumah dan cocok juga untuk diberikan sebagai kado. Berbahan wooden MDF yang dilapisi kertas, produk ini memakai baterai AA dengan diameter jamnya 22 cm. Jam ini modelnya round dengan 12 hour display.

Harga Rp. 121.000-169.500

5. Taffware Jam Dinding Sendok Garpu, Desain Unik dan Kreatif

Jam dinding ini hadir dengan bentuk unik yaitu sendok dan garpu pada masing-masing angka jam. Jam ini terbuat dari bahan besi sehingga mirip persis dengan sendok garpu sungguhan. Cocok diletakkan pada ruang makan, dekorasi cafe dan restoran. Jam dinding ini memiliki ukuran 31x31x3cm. Bagi yang menginginkan jam dinding sebagai center of interest ruangan, model jam ini bisa menjadi pilihan.

Harga Rp. 65.000-150.000

6. Peta Dunia Sekaligus Jam Dinding, Dekorasi Modern untuk Kamar Kamu

Cocok diletakkan pada kamar tidur, ruang tamu, ruang belajar, kantor, dan lain sebagainya. Jam ini tentu juga cocok sebagai hadiah, karena karakternya yang ringan dan mudah dipasang. Dengan desain peta dunia yang modern dan elegan, jam dinding ini erbuat dari bahan akrilik kualitas tinggi, sehingga jam dinding ini tahan lama dan tidak mudah rusak.

Harga Rp. 700.000-1.400.000

7. Jam Dinding Akrilik Cangkir dan Teko Kopi, Ampuh Menarik Perhatian Tamu

Perlu jam dinding yang menarik perhatian? Kamu bisa memilih jam dinding unik ini. Jam Dinding Akrilik Cangkir dan Teko Kopi memang paling cocok diletakkan di ruang makan atau di ruang santai keluarga untuk menikmati kopi dan teh bersama pasangan. Bahannya dari akrilik, dengan lapisan yang berkilau. Ukurannya sekitar 45 x 60 cm. Yuk beli sekarang juga.

Harga Rp. 38.000-58.000

8. Jam Dinding Akrilik 3D Stiker Cermin Mirror

Jam dinding dengan cermin atau stiker dengan efek kristal. Terbuat dari akrilik,dengan lapisan film untuk melindungi stiker dari goresan. Memiliki perekat yang mudah dipasang dan dilepas, cocok untuk dinding halus pada ruang tamu, kamar tidur anak, ruang makan, dapur, kantor, kamar mandi, hingga luar ruangan.

Harga Rp. 55.000-120.000

9. Coffee Cup Wall Clock, Jam Dinding Artistik Ala Cafe

Jam dinding satu ini hadir dalam bentuk yang menarik. Terbuat dari material akrilik diamond berkualitas tinggi, Coffee Cup Wall Clock ini merupakan model jam dinding quartz analog dengan ketebalan 2 milimeter. Ornamen gelas membuat jam ini cocok diletakkan di ruang makan, atau sebagai dekorasi restoran. Tapi tak hanya terbatas ruang makan dan minum, jam ini juga cocok sebagai hiasan kamar tidur. Terutama untuk kami yang menginginkan desain interior kamar yang modern minimalis.

Harga Rp. 20.000-169.000

10. Jam Dinding Kaligrafi Arab Akrilik, Desain Elegan nan Menawan

Jam dinding ini dihiasi kaligrafi ayat kursi bernuansa Islami. Walaupun detail ornamennya cukup rumit, tapi jam dinding ini sangat mudah menyatu dengan suasana ruangan lho. Hal ini dikarenakan warna utamanya yang perak keabuan. Tampilannya pun berkilau dengan shiny polished metal wall decor. Ukuran jam dinding ini berkisar 30x30cm, dengan ketebalan 2mm.

Harga Rp. 180.000-540.000

11. Jam Dinding Dekoratif Home Clock, Bawa Kesan Modern

Keunikan utama jam dinding in adalah tulisan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli alias custom. Kita bisa memberikan tulisan motivasi atau nama pemilik rumah. Gayanya sungguh kekinian. Jam dinding ini berukuran 60x20cm, dengan material MDF yang kokoh. Gambar menggunakan laminasi doff yang tahan air dan gambar terlihat jelas dari berbagai sudut.

Harga Rp. 150.000-218.000

Jam Dinding Manis yang Mudah Menyatu dengan Nuansa Ruangan

12. Vintage Style Non-Ticking Wall Clock, Jam Unik nan Antik

Jam dinding memang berfungsi sebagai penghias ruangan maka jangan ragu meletakkannya di sudut ruangan untuk mengisi ruang kosong.

Selain itu model jam dinding yang beragam bisa kamu pilih jika memang tujuan jam adalah untuk penghias ruangan. Salah satunya, mali lirik jam Vintage Style Silent Antique Wood Wall Clock ini.

Produk berbahan kayu ini ukurannya 12 cm. Cocok banget menghias ruangan dengan nuansa vintage.

Harga Rp. 255.000-370.000

13. Black Maple Number Wall Clock, Jam Sederhana Namun Berkarakter

Hiasi dinding kamu dengan produk yang bermanfaat. Jam dinding misalnya karena kamu bisa pilih model yang artistik untuk mengetahui waktu sekaligus untuk hiasan. Salah satunya adalah Black Maple Number Wall Clock.

Produk ini desainnya artistik juga modern. Sangat menarik dan eksklusif sehingga pas untuk menghias ruangan. Jam ini terbuat dari bahan MDF berkualitas. Produk ini awet dan tahan lama serta ramah lingkungan. Dieri garansi 2 tahun jam ini emmakai baterai AA. Jam ini hadir dalam ukuran 30 x 30 x 3 cm.

Harga Rp. 69.000-213.000

14. Wooden Projects Jam Dinding Nordic CH, Simple Tapi Manis

Jika kamu mencari jam dinding yang sederhana namun desainnya manis dan cocok di segala suasana, produk satu ini adalah jawabannya. Jam ini diproduksi oleh Wooden Project. Diameter 30cm. Dibuat dengan sticker vinyl resolusi tinggi dan proses laminating, sehingga membuat jam dinding ini tahan air. Terbuat dari material papan MDF, dengan desain bergaya Nordic. Gambar dan paduan warnanya pun cukup netral, sehingga bisa kamu hadiahkan untuk siapa saja.

Harga Rp. 48.000-125.000

15. Jam Dinding Mirror Premium, Beri Kesan Berkelas pada Rumah

Jam dinding desain premium yang bisa menambah kesan mewah pada ruangan. Warna keabuan dengan material selayaknya cermin yang memantul, sangat cocok jika disandingkan di samping ruang terbuka. Misalnya saja di ruang tamu. Hal ini akan membuat ruanganmu terlihat semakin hidup. Desainnya pun simpel namun elegan. Jam dinding ini terbuat dari akrilik, dengan diameter berukuran 40 cm.

Harga Rp. 350.000-529.000

16. Jam Dinding Kayu Kotak Design Minimalis yang Manis

Jam dinding bulat mungkin terasa membosankan. Nah, kali ini ada pilihan jam dinding berbentuk kotak dengan sentuhan gaya minimalis. Warna-warnanya lembut, dan cocok dengan selera anak muda. Jam dinding ini terlihat seperti lukisan, dan bisa berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Ukurannya 27 x 27 cm, dengan ketebalan 2 cm. Jika kamu tidak tahu banyak mengenai karakter si penerima kado, maka model jam dinding ini sangat aman untuk dijadikan hadiah.

Harga Rp. 85.000-150.000

17. Jam Dinding MDF Retro Style Motif Kayu & Plate

Jam dinding bisa mengingatkan kita akan aktivitas yang sedang kita lakukan dan akan kita lakukan. Jangan ragu meletakkan jam di tiap ruangan agar kita lebih mudah mengetahui waktu.

Beli segera Jam Dinding MDF Retro Style Motif Kayu dan Plate. Produk satu ini bisa memanjakan mata. Dengan desain indah, jam ini memiliki stiker coating. Berbentuk lingkaran, jam ini multicolour dan berbahan MDF.

Harga Rp. 78.000-150.000

18. Jam Dinding Unik Karakter Hewan Gemes Dekorasi Kamar Anak

Didesain khusus untuk ruangan anak, Jam Dinding Unik Karakter Hewan Gemes ini membawa karakter hewan-hewann lucu dalam kamar tidur si kecil. Membuat nuansa kamar lebih ceria. Pilihan gambar hewannya pun beragam, dan bisa disesuaikan dengan keinginan anak. Jam ini berdiameter 30 cm, dan ketebalan 6 mm. Menggunakan material kayu MDF. Dicetak dengan sticker vinyl high resolution dan finishing laminasi doff, sehingga mudah dibersihkan.

Harga Rp. 48.000-106.000

19. Jam Dinding Artistik Kayu Kulit by Tenjo Art, Beda dari yang Lain

Gaya jam dinding satu ini bergaya simple dan fresh. Yang membuat Jam Dinding Artistik Kayu Kulit by Tenjo Art ini menarik adalah, aksen tali dari kulit sebagai gantungan jam dinding. Inilah yang membedakan jam dinding dari Tenjo Art dari yang lain. Cocok diletakkan di ruang kamar anak sehingga menambah keceriaan dalam kamar. Sentuhan warna-warna pastel juga membuat jam dinding ini mudah dipadupadankan dengan ornamen interior lainnya.

Harga Rp. 99.000-50.000

Jam Dinding Besar yang Ingin Jadi Pusat Perhatian

20. Inno Foto Muslim Jam Dinding, Bawa Kesan Religius dalam Ruangan

Masukkan nuansa Islami pada hiasan ruangan kamu. Jam dinding satu ini bisa diletakkan di tempat untuk beribadah loh. Inno Foto Muslim Jam Dinding NE-8174A ini bakal keren banget untuk menghias ruangan sekaligus mengingatkan waktunya ibadah.

Produk berkode 08267 ini memiliki ukuran 8,5 x 15 inch. Produk ini hadir dalam warna cokelat dengan pendulum jam yang bisa bergerak. Produk ini bisa mengingatkan kamu untuk sholat tepat pada waktunya.

Harga Rp. 237.000-327.000

21. Jam Dinding Melodi Mirado, Pusat Perhatian dalam Rumah

Jam dengan bandul memang tergolong unik. Biasa disebut grandfather clock, jam ini selalu mencuri perhatian kala diletakkan dalam ruangan. Segera beli yuk Jam Dinding Melodi Mirado 936 WH.

Produk ini hadir dalam ukuran 33 x 55 x 9 cm. Jam ini memiliki tipe musik westmister. Memiliki pendulum bergerak dengan bandul chrome emas. Ada musik tiap jamnya. Hadir dalam warna ungu transparan, jam ini background-nya berwarna putih.

Harga Rp. 240.000-486.000

22. Jam Dinding Desain Kepala Rusa untuk Dekorasi Ruang Tamu

Jam dinding ini bergaya Nordic dengan kesan yang sangat mewah. Dasar jam berwarna hitam polos glossy namun mengedepankan nuansa elegan. Belum lagi ditambah aksen bingkai emas yang membentuk kepala rusa. Bukan hadiah jam dinding kaleng-kaleng, jam dinding ini cocok dihadihkan pada orang yang memiliki selera sultan.

Harga Rp. 700.000-720.000

23. Jam Dinding Jumbo Model Luxury Diamond, Memberikan Kesan Mewah pada Rumah

Jam dinding akan menambah kesan kemewahan pada dekorasi ruang tamu Anda. Hal ini dikarenakan model jam berbentuk diamond yang dibalut warna silver metalic, membuat ruang makin terlihat premium. Material utamanya sendiri ialah metal atau logam. Cocok diletakkan pada ruangan yang besar dengan warna dinding yang netral, sehingga jam dinding ini bisa menjadi pusat perhatian ruangan. Pastikan tidak ada ornamen lain yang lebih mencolok di dalam ruangan, supaya tidak menimbulkan kesan yang terlalu ramai.

Harga Rp. 273.000-350.000

Hadiah Tidak Biasa? Pilih Jam Dinding Berikut Ini

24. Rumus Matematika Wall Clock, untuk Hadiah Ulang Tahun yang Unik

Pas dihadiahkan untuk murid sekolah SMP, SMA maupun kuliah. Jam dinding ini akan membuat siapa saja yang melihatnya berpikir sejenak. Mungkin tidak semua orang bisa menyelesaikan semua rumus di dalamnya, tapi jusru itulah yang menjadi daya tarik jam dinding ini. Jam ini memiliki ukuran 30 x 30 x 3 cm, dengan memakai baterai AA. Tertarik untuk menyelesaikan semua rumus di dalamnya? Atau ingin menantang seseorang untuk belajar rumus matematika? Segera hadiahkan jam dinding satu ini untuk si dia!

Harga Rp. 35.000-110.000

25. Jam Dinding Luminous Glow in The Dark, Bisa Menyala dalam Gelap

Jam Dinding Bulat Quartz Luminous Glow in The Dark ini sungguh tidak biasa. Keunikan produk ini bisa ditebak dari namanya, yaitu bisa menyala dalam gelap, meski tidak ada pencahayaan sekali pun. Jam dinding ini berbentuk bulat dengan diameter 30cm. Jam dinding satu ini ditenagai dengan menggunakan 1 buah baterai jenis AA untuk dapat berfungsi. Cocok diletakkan di dalam kamar tidur, karena jam ini juga bisa berfungsi sebagai lampu tidur yang bisa menemani mimpi indahmu.

Harga Rp. 66.000-130.000

26. Jam Dinding Doraemon yang Menggemaskan

Memiliki jam dinding lucu bisa membangkitkan motivasimu kamu. Yuk pilih jam dinding dengan gambar karakter kartun favorit. Seperti New Arrival jam Dinding Doraemon ini. Super lucu dengan desain yang menggemaskan, jam ini hadir dalam ukuran 30 cm yang jelas untuk dibaca. Keren juga lho untuk dijadikan souvenir. Atau, kamu juga memberikannya sebagai kado ulang tahun. Unik sekali bukan?

Harga Rp. 89.000-120.000

27. Jam Unik Buah Jeruk yang Menyegarkan Mata

Jam dinding ini bisa menjadi dekorasi ruangan yang menyegarkan mata. Desainnya yang berbentuk seperti irisan buah jeruk berwarna kuning, sangat mudah menjadi pusat perhatian. Jelas, ini adalah kado anti-mainstream yang bisa kamu berikan kepada orang terdekat. Jika kamu tidak suka warna kuning, masih ada pilihan buah lain yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 38.000-105.000

28. Vintage Cuckoo Wooden Wall Clock, Jam Kayu dengan Tema Pedesaan

Jam dinding ini benar-benar dekoratif. Vintage Cuckoo Wooden Wall Hanging Swing Clock Alarm Number Sheep Kid Home Decor, memiliki desain khas pedesaan Eropa. Tidak terlalu vintage, dan masih sesuai dengan ruangan anak-anak. Detail ukirannya juga memanjakan mata. Jika diberikan sebagai hadiah, maka ini adalalh hadiah yang sangat berkesan!

Harga Rp. 239.500-390.000

29. Jam Dinding Digital LED, Gaya Modern untuk Dekorasi Ruang Tamu

Jam Digital LED memilikidesain yang unik dengan tampilan digital dan penunjuk angka lampu LED. Lampunya sendiri tersedia dalam LED putih, biru, merah dan hijau, tergantung seri yang tersedia. Dengan tampilan angka digital membuat kamu dapat membaca waktu dengan tepat. Jam ini ditenagai menggunakan kabel USB. Selain itu, jam ini bisa menjadi jam dinding maupun jam meja.

Harga Rp. 68.000-95.000

30. Jam Dinding Ukir Kayu Jati, Sentuhan Etnik untuk Rumahmu

Jam dinding kayu jati adalah produk kerajinan Jepara yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Jam dengan motif ukiran mawar Ini sangat cocok untuk diri sendiri ataupun sebagai kado pilihan. Berukuran 44x12x50cm, produk Ini terbuat dari kayu jati pilihan sehingga mutu dan kualitasnya sangat terjamin. Cocok dihadiahkan ke orang-orang yang menyukai benda-benda etnik.

Harga Rp. 175.000-220.000
From our editorial team

Menghadiahkan Jam Dinding, Memberi Arti Ketepatan Waktu

Memberi hadiah jam dinding, berarti Anda sudah mengingatkan si penerima kado tentang arti ketepatan waktu. Tentunya hal itu bisa sangat berkesan bagi penerima kado Anda. Sekarang, bila ingin lebih berkesan, berikan kado yang unik dan menarik.