10 Rekomendasi Oximeter Terbaik yang Wajib Kamu Miliki di Rumah (2021)

10 Rekomendasi Oximeter Terbaik yang Wajib Kamu Miliki di Rumah (2021)

Kesehatan wajib dijaga dan jadi prioritas utama kita utamanya di saat seperti ini. Apa saja bisa dilakukan demi menjaga kesehatan. Salah satunya adalah rutin melakukan pengecekan saturasi oksigen dalam darah. Pastikan bahwa kadar oksigen dalam darah jumlahnya pas agar kita bisa terhindar dari aneka penyakit berbahaya. Yuk, miliki oximeter terbaik yang bisa bikin kamu jadi lebih waspada akan kesehatan!

Sediakan Selalu Oximeter di Rumah untuk Memantau Kesehatan

Ada kalanya kita butuh memiliki alat-alat kesehatan di rumah. Contohnya adalah tensimeter, termometer, dan lain sebagainya. Belakangan ini, karena situasi pandemi dan juga meningkatnya kasus Covid-19, masyarakat dihimbau untuk memiliki oximeter sendiri di rumah. Ini berguna untuk memantau kesehatan, sehingga jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, maka bisa segera ditangani.

Oximeter merupakan alat untuk mengukur kadar oksigen dalam darah. Dengan mengecek kadar oksigen dalam darah maka kita bisa mencegah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya oksigen di dalam tubuh. Alat ini penting dimiliki karena umumnya kondisi kurangnya oksigen dalam tubuh tidak menimbulkan gejala.

Saat kekurangan oksigen tentu sangat berbahaya karena bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Memakainya secara berkala membuat risiko kita terserang kondisi penyakit seperti asma, pnumonia, gagal jantung, anemia, hingga asfiksia jadi menurun.

Bentuknya simpel seperti klip dan cukup dijepitkan di jari tangan. Selanjutnya, sensor oximeter bisa mendeteksi jumlah hemoglobin atau zat di dalam sel darah merah. Oximeter juga hadir dengan layar monitor yang bisa menampilkan hasil pengukuran kadar oksigen.

Tips Memilih Oximeter yang Bagus

Kenali Jenisnya

Saat akan membeli oximeter, kamu harus tahu jenisnya. Di pasaran, kamu bisa menemukan oximeter genggam, oximeter denyut janin, dan oximeter denyut ujung jari. Jika untuk digunakan di rumah, tentu saja kamu butuh oximeter ujung jari. Ini karena harganya lebih terjangkau dan juga paling sering digunakan, utamanya untuk mereka yang sedang menjalani isoman. Dua jenis oximeter lainnya biasanya hanya ada di klinik atau rumah sakit dan harganya mahal.

Cek Kualitas dan Garansi

Kamu tentu ingin memiliki oximeter yang berkualitas bagus. Maka dari itu, pastikan oximeternya sudah mendapatkan sertifikasi dari badan terkait yang bisa menjamin keakuratan perangkat. Untuk oximeter ada beberapa sertifikasi yang bisa diandalkan yakni FDA, RoHS, dan CE. Cek pada kemasan apakah sudah ada sertifikasi tersebut sehingga kamu yakin bahwa produknya berkualitas.

Jangan lupa juga untuk mengecek garansi. Pilih yang masa garansinya masih lama. Dengan adanya garansi, maka kamu tidak perlu khawatir jika alatnya mengalami kerusakan.

Pilih dari Harga dan Fitur

Oximeter tersedia dalam berbagai merek di pasaran. Ada yang harganya murah, ada juga yang mahal. Umumnya, harga ditentukan oleh beragam fitur yang disematkan. Makin beragam fiturnya. maka makin mahal harganya.

Oximeter dengan fitur minim cocok untuk kamu yang sedang bokek namun sangat membutuhkan oximeter. Sementara, jika ingin oximeter yang fungsinya tidak sekadar untuk mengecek kadar oksigen, kamu bisa siapkan bujet yang lebih.

Beberapa fungsi lain yang kerap disematkan pada oximeter adalah heart rate, hemat daya dan bisa mati otomatis saat tidak digunakan, warning alarm, dan lain sebagainya.

Ini Dia Rekomendasi Oximeter Terbaik untuk Kamu

Zola Fingertip Pulse Oximeter Sp02 Saturation

Zola Fingertip Pulse Oximeter Sp02 Saturation merupakan rekomendasi pertama kami. Desainnya elegan dan tampak mewah. Produk ini dibekali teknologi modern dengan display HD sehingga kita bisa lebih jelas melihat hasilnya. Produk ini juga hadir dengan algoritma digital signal processing yang bisa membuat tingkat akurasi alat ini meningkat.

Hanya ada 1 tombol sehingga lebih mudah dioperasikan. Ukurannya kecil dan bobotnya ringan jadi kamu akan lebih mudah membawanya. Produk ini hemat energi karena hanya memakai baterai AAA untuk 30 jam pemakaian. Ada fitur indikator baterai lemah. Produk juga otomatis mati jika 8 detik tidak ada sinyal. Ada kartu garansi yang tersedia pada alat ini.

Harga Rp. 299.000-996.000

Mindray PM 60

Mindray PM 60 merupakan rekomendasi berikutnya. Produk ini bisa melakukan pengecekan secara berkala sesuai kebutuhan. Fiturnya cukup lengkap. Ada fitur alarm, pemberian ID pasien, dan juga ada fitur otomatis mati. Menariknya, ada juga fitur siaga yang membuatnya bisa bertahan hingga 96 jam serta dapat menyimpan 4000 data set.

Produk ini juga bisa disambungkan ke PC untuk memudahkan kita mengekspor data real-time. Ukurannya kecil sehingga praktis dan ringkas untuk dibawa ke mana saja.

Harga Rp. 6.450.000-7.900.000

ChoiceMMed MD300C15D

ChoiceMMed MD300C15D bisa kamu lirik sebagai rekomendasi terbaik. Produk ini sudah memiliki standar CE Mark yang merupakan standar Eropa. Kamu bisa memakainya untuk memeriksa saturasi oksigen dan juga denyut nadi. Alat ini bisa dipakai di rumah, klinik, organisasi sosial, rumah sakit, dan lainnya.

Desainnya simpel, ringkas, dan praktis dibawa kemana saja. Fiturnya juga sangat lengkap, seperti layar LCD yang jelas, tampilan persentase tingkat kejenuhan oksigen, grafik pulse, dan juga detak jantung. Dayanya rendah karena hanya memakai baterai jadi tidak menyulitkan.

Harga Rp. 487.000-725.000

Elitech Pulse Oximeter Fox-1

Elitech Pulse Oximeter Fox-1 adalah produk yang unik dan menarik karena memiliki pilihan aneka warna. Ukurannya kecil dan bobotnya ringan jadi memudahkan untuk dibawa ke mana saja. Oximeter ini memiliki casing silikon yang melindungi dari benturan. Layarnya OLED sehingga bisa menampilkan data dengan lebih jelas. Ada fitur detak jantung dan juga autorotation. Produk ini sudah bergaransi. Ada pula strap dan baterai yang disertakan dalam pembelian.

Harga Rp. 590.000-910.000

Yuwell Fingertip Pulse Oximeter YX102

Yuwell Fingertip Pulse Oximeter YX102 begitu menarik karena desainnya unik dan mungil. Alatnya praktis dibawa kemana saja. Hasil yang ditampilkan juga akurat dan bisa digunakan dalam berbagai kondisi. Produk ini anti goncangan dan getaran. Hadir dengan layar LED, kita jadi lebih jelas melihat hasilnya. Indikasi baterai juga jelas ditampilkan sehingga kita bisa segera menggantinya jika dibutuhkan. Layar produk ini bisa otomatis mati jika alat tidak digunakan lebih dari 8 detik.

Harga Rp. 368.000-495.000

Jumper JPD 500E Pulse Oximeter

Jumper JPD 500E Pulse Oximeter sayang untuk dilewatkan. Produk ini sudah dites sehingga dipastikan bagus kualitasnya. Dalam pembelian sudah disertakan baterai sehingga tinggal pasang dan gunakan saja. Alat ini banyak digunakan di rumah, klinik, dan lain sebagainya. Selain bisa mendeteksi tingkat oksigen, juga bisa mendeteksi detak jantung. Selain indikasi bateri lemah, produk ini juga bisa otomatis mati jika tidak ada sinyal.

Harga Rp. 299.000-450.000

Tissor Pulse Oximeter

Tissor Pulse Oximeter begitu menarik karena memiliki layar OLED yang jernih dan jelas. Selain itu, layarnya juga bisa diputar 360 derajat. Ini memudahkan kamu membaca hasil pengecekan oksigen dalam darah. Ada banyak fitur yang disematkan pada alat ini. Ada fitur detak jantung, fitur otomatis mati jika tidak digunakan, dan juga fitur indikator baterai. Produk ini bergaransi selama satu tahun.

Harga Rp. 28.000-155.000

Sammora SM-208

Sammora SM-208 bisa mengukur kadar oksigen atau saturasi dalam darah dengan mudah dan cepat. Alat ini akan berguna selama kamu isoman atau selama masa pandemi berlangsung. Kamu bisa secara rutin mengecek saturasi oksigen agar kesehatan lebih terjaga.

Desainnya simpel dengan tampilan layar besar jadi tidak akan menyulitkan untuk mengecek hasilnya. Alat ini juga mudah dibawa ke mana saja. Ada banyak pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai warna favoritmu.

Harga Rp. 265.000-457.000

Beurer PO 80 Pulse Oximeter

Beurer PO 80 Pulse Oximeter cocok digunakan untuk siapa saja yang sedang membutuhkan oximeter. Alat ini bisa mengecek kesehatan mereka yang sedang isoman atau cocok juga untuk mereka yang mengidap sleep apnea. Kamu juga boleh menggunakannya selama tidur. Daya tahan baterainya cukup lama sehingga bisa menyala seharian.

Uniknya, alat ini hadir dengan software yang bisa membuat kamu mengecek hasilnya lebih detail melalui PC. Ada banyak fitur yang disematkan. Ada fitur detak jantung, fitur otomatis mati usai digunakan, baterai yang bisa diisi ulang, display mode, warning alarm, penyesuaian tampilan kecerahan, dan lain sebagainya. Produk ini sudah dibekali garansi selama 5 tahun. Dalam pembelian sudah lengkap dengan kartu garansi, kabel USB, kotak penyimpanan, dan pouch strap.

Harga Rp. 2.200.000-2.468.000

Microlife Oxy 200

Microlife Oxy 200 adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini mudah dibawa ke mana saja. Selain bisa mengukur tingkat saturasi atau oksigen dalam darah, kamu juga bisa memakainya untuk mengukur denyut nadi secara akurat. Fiturnya simpel dan tidak terlalu banyak. Harganya terjangkau dan bisa digunakan di rumah, klinik, hingga rumah sakit.

Harga Rp. 750.000-910.000
From our editorial team

Ketahui Aturan Pemakaian Oximeter

Dalam memakai oximeter, ada aturan tersendiri yang wajib kamu pahami. Untuk pasien dan juga mereka yang sedang isoman, ada baiknya melakukan pengukuran minimal sebanyak tiga kali. Pengukuran saturasi oksigen bisa dilakukan pagi, siang, dan juga malam. Selain itu, pastikan posisikan tubuh dalam keadaan duduk ketika akan diukur. Kamu juga harus tenang dan rileks agar pengukuran oksigen bisa berjalan dengan benar.

Tag