Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi dan 8 Rekomendasi Produk untuk Bantu Jaga Kesehatan Mental (2021)

Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi dan 8 Rekomendasi Produk untuk Bantu Jaga Kesehatan Mental (2021)

Menghadapi pandemi selama hampir 2 tahun ini tentu bikin pikiran kita jadi stres. Sadar atau tidak pastinya kita mengalami kejenuhan selama pandemi berlangsung. Untuk mengembalikan semangat dan juga agar tetap sehat jiwa dan raga, kamu perlu melakukan beberapa hal. Cek tips-tips dari kami dan juga produk yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu melewati pandemi ini!

Ancaman Penyebaran Virus Masih Tinggi, Lindungi Diri dan Keluarga

Pandemi kian hari kian meluas. Virus Covid-19 hingga kini telah menjangkiti 190 negara termasuk Indonesia. Jumlah pasien positif Covid-19 pun terus meningkat dengan cepat dan tidak terkontrol. Ini tentu mengkhawatirkan dan membuat kita jadi kurang nyaman beraktivitas normal dalam keseharian.

Lindungi diri sendiri dan keluarga dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Jangan menyepelekan satu pun protokol kesehatan yang dianjurkan. Mulailah dengan rutin mencuci tangan, memakai masker, dan juga menjaga jarak. Kurangi kegiatan di luar rumah dan pastikan selalu menjauhi kerumunan. Lakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus dan untuk melindungi diri dengan maksimal.

Jika merasa ada gejala, lakukan rapid test untuk segera mendapatkan penanganan jika hasilnya positif. Tetap berpikiran positif dan yakinlah bahwa semua akan bisa ditangani dengan baik. Yuk, terus lindungi diri dan keluarga dari Covid-19!

Pandemi juga Menyerang Kesehatan Mental

Pandemi tidak hanya menyerang kesehatan fisik namun juga menyerang kesehatan mental. Gangguan mental pada saat pandemi bisa terjadi akibat beberapa hal.

Selama pandemi, kondisi memang serba tidak pasti. Kita tidak tahu kapan wabah ini akan segera berakhir dan situasi akan berjalan normal seperti biasa. Kita tidak tahu bagaimana dan kapan penularan virus terjadi karena virus tak kasat mata. Ini juga yang menimbulkan kekhawatiran dalam diri kita yang akhirnya membuat kita semakin cemas dan stres.

Berada di rumah terus menerus juga tentu bikin kita jenuh dan stres, apalagi anak-anak yang biasa bisa bermain bebas di luar jadi harus lebih banyak di rumah. Pola makan dan pola tidur juga berubah selama pandemi. Selain itu, kita juga jadi sulit berkonsentrasi karena suntuk dengan kondisi dan situasi yang ada.

Kesehatan mental perlu dijaga. Maka dari itu, yuk, bersama-sama berusaha agar mental kita jadi lebih kuat dan lebih baik. Intip tips-nya dari kami di bawah ini, ya!

Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Dekatkan Diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa

Pandemi membuat kita membutuhkan mental yang kuat. Salah satu cara menguatkan mental adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Berdoa kepada Tuhan bisa menjadi salah satu cara kita untuk menenangkan diri dan juga pikiran. Doakan diri sendiri, keluarga, sahabat, petugas medis, dan masyarakat agar bisa lebih sabar, tenang, dan lebih kuat dalam menghadapi cobaan pandemi ini. Selain itu, jangan lupa untuk memohon rahmat dan kasih sayang-Nya agar pandemi segera berlalu.

Al Quran Digital Read Pen PQ15

Al Quran Digital Read Pen PQ15Al merupakan salah satu produk yang bisa kamu gunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bagi yang masih belum lancar membaca Al Quran maka bisa menggunakan produk ini untuk memperlancar bacaannya. Hadir dengan readpen sehingga kamu bisa mudah membaca Al Quran d imana saja dan kapan saja. Kamu cukup tunjuk ayat atau surat yang diinginkan dengan pena maka pen akan mengeluarkan bunyi sesuai dengan yang ditunjuk.

Ada memory card pada pena dengan pilihan ukuran 4 GB atau 8 GB. Kamu juga bisa mudah menghubungkan pena dengan PC karena dalam pembelian sudah dilengkapi dengan kabel USB. Desainnya simpel dan mudah dioperasikan. Kualitas suara jernih dan jelas. Ada juga lubang earphone sehingga memudahkan kamu jika ingin mendengarkan suaranya tanpa mengganggu orang sekitar. Baterai pena bisa diisi ulang dengan charger yang tersedia.

Harga Rp. 369.000-532.000

Rutin Berolahraga

Hal lain yang bisa dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga selama pandemi adalah rutin berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berlari, bersepeda, dan lain sebagainya. Beraktivitas fisik seperti berolahraga bisa membantu tubuh untuk memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bisa meredakan stres dan mengurangi rasa khawatir sehingga bisa memperbaiki mood kamu.

Jangan lupa lakukan peregangan sebelum berolahraga dan lakukan latihan pernapasan. Ini akan membantu kamu menenangkan diri dan merilekskan otot agar tidak cedera kala berolahraga.

Jaco Multi Toner Alat Olahraga

Jaco Multi Toner Alat Olahraga ini bisa jadi pilihan kamu untuk berolahraga di rumah. Alat ini bersifat multifungsi karena bisa digunakan untuk berbagai gerakan mulai dari sit up, push up, peregangan untuk yoga, latihan kaki, lengan, dan latihan tubuh bagian lainnya.

Alat dilengkapi dengan twist yakni tempat duduk yang bisa diputar 360 derajat untuk melatih bagian pinggang dan perut. Ini juga bisa merampingkan dan mengecilkan ukuran pinggang dan paha. Dilengkapi tali elastis, produk ini juga bisa melatih otot dan bagian tubuh lain dengan aneka gerakan variasi.

Uniknya, alat ini mempermudah kamu untuk mengatur level tekanan sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu. Ada sandaran busa yang nyaman dan empuk untuk memberikan efek pijatan pada punggung. Alat ini bisa digunakan pria dan juga wanita. Ukuran alatnya 81 x 33 x 26 cm. Beban maksimal pengguna adalah 110 kg.

Harga Rp. 1.098.000-1.398.000

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Bergizi

Menjaga kesehatan mental selama pandemi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Kamu bisa perbanyak konsumsi protein, karbohidrat, lemak sehat, mineral, dan juga vitamin. Perbanyak konsumsi daging, sayuran, makanan laut, kacang-kacangan, buah segar, dan juga minum susu.

Dengan asupan nutrisi yang cukup maka kesehatan tubuh jadi lebih terjaga. Selain itu, asupan nutrisi juga bisa menjaga kesehatan mental dengan baik. Karena tubuh yang sehat juga jadi pangkal jiwa yang kuat.

Blue Diamond Susu Almond 180ml

Blue Diamond Susu Almond 180ml merupakan pilihan tepat untuk kamu yang ingin makin sehat. Terbuat dari almond asli dan alami sehingga rasa dan aromanya begitu nikmat dan khas. Produk yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk jantung, tulang, sendi, dan hati. Susu ini bebas laktosa dan gluten sehingga aman untuk kamu yang sedang diet. Susu ini sudah berizin BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi. Kamu bisa memilih varian rasa yang kamu sukai.

Harga Rp. 9.900-11.900

Istirahat yang Cukup

Kesehatan mental kita juga akan terjaga dengan baik jika kita beristirahat dengan cukup. Kita membutuhkan waktu tidur yang cukup supaya tubuh bisa memperbaiki segala jenis kerusakan, baik dalam hal fisik maupun mental. Tidur cukup dan nyenyak membuat otak dan tubuh kita mampu mengelola stres dan gangguan kejiwaan dengan baik. Tidur pulas akan menurunkan kecemasan dan juga emosi yang tidak terkontrol. Saat bangun maka kamu bisa kembali merasa rileks dan bisa berpikir dengan lebih jernih. Mood juga jadi lebih bagus sehingga kamu siap menghadapi hari dengan lebih baik lagi.

Kintakun Bed Cover Set Seprai 180x200 King D'luxe Microtex T39cm 6in1

Kintakun Bed Cover Set Seprai 180x200 King D'luxe Microtex T39cm 6in1 ini bisa menemani kamu tidur lebih pulas. Seprai ini terbuat dari kain berkualitas micro fiber dengan kerapatan kain yang bagus. Bahannya lembut, tebal, dan empuk sehingga bikin kita nyaman saat tidur. Dengan bahan disperse print, warna seprainya jadi lebih tajam dan tidak mudah luntur. Dalam satu paket berisi lengkap bed cover, seprai, dua sarung bantal, dan dua sarung guling.

Harga Rp. 385.000-393.000

Lakukan Hobi

Di rumah saja selama pandemi bikin kita jadi jenuh. Maka dari itu, kamu bisa mencoba melakukan hobi yang sekiranya bisa dilakukan di rumah. Melakukan hobi akan membuat kamu merasa lebih senang dan lebih rileks. Kamu juga bisa sejenak melupakan tumpukan pekerjaan, masalah, dan juga kerumitan hidup yang kamu alami.

Jika kamu tidak memiliki hobi, coba saja temukan hobi baru dengan melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan. Ada banyak hobi yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya saja berkebun, bermain game, menonton film, membaca, memasak, melukis, dan lain sebagainya.

CANVAS PAINT BY NUMBER KIT 40x50CM

CANVAS PAINT BY NUMBER KIT 40x50CM ini bisa menemani kamu mengusir bosan di rumah. Produk yang satu ini hadir dengan 20 pilihan gambar menarik yang bisa kamu pilih sesuai selera. Ukuran kanvasnya tidak terlalu besar. Produk ini dilengkapi dengan hook untuk mempermudah kamu melukis. Dalam pembelian juga sudah disertai dengan satu set cat akrilik dengan brush pen untuk melukis.

Gambar pada produk ini sudah disertai nomor. Cukup warnai bagian-bagian gambar sesuai dengan nomornya. Melihat deretan warna indah dan juga gambar yang bagus bisa menaikkan mood dan membuatnya kondisi mental jadi lebih baik.

Harga Rp. 68.000-262.000

Jaga Komunikasi dengan Orang Sekitar

Semisal sedang PPKM atau sedang isoman di rumah, kamu harus tetap meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan orang sekitar. Hubungi keluarga, sahabat, kolega, hingga tetangga untuk tahu kabar terkini mereka dan untuk saling berbagi informasi. Hal ini bisa meredakan stres agar kamu tidak merasa terasing dan sendiri dalam menghadapi wabah.

Tidak perlu komunikasi langsung karena zaman sudah semakin canggih. Kamu bisa berkomunikasi melalui telepon, pesan singkat, aplikasi perpesanan, video call, atau pesan suara.

Samsung Galaxy M62

Samsung Galaxy M62 ini dirilis pada Februari 2021 lalu. Produk ini memiliki ukuran dimensi 163.9 x 76.3 x 9.5 mm dengan berat hanya 218 gram. Smartphone dengan bahan kokoh ini terkesan begitu mewah. Produk ini hadir dengan dual nano SIM. Layarnya adalah Super Amoled Plus dengan luas 6,7 inci.

Smartphone dengan Android 11 ini dilengkapi Chipset Exynos 9825. RAM-nya seluas 8 GB dengan memori internal 128 GB dan ada juga pilihan 256 GB. Untuk kameranya adalah kamera utama 64 MP ditambah 12 MP ultrawide, 5 MP kamera makro, dan 5 MP depth camera. Ada juga selfie kamera dengan besaran 32 MP. Produk yang satu ini dilengkapi baterai 7000 mAh.

Dengan smartphone keren ini, kamu bisa tetap terhubung dengan keluarga dan sahabat. Meski tidak bertemu langsung, namun paling tidak kamu bisa menghilangkan rasa kesepian dan rasa rindu pada mereka.

Harga Rp. 4.280.000-5.999.000

Konsumsi Suplemen Kesehatan

Untuk melepaskan stres dan menjaga mental, kamu juga butuh asupan vitamin. Tubuh kita terpapar radikal bebas mulai dari bahan kimia, asap rokok, polusi, dan lain sebagainya. Ketika stres, maka radikal bebas dalam tubuh bisa makin meningkat. Jika sudah begini, sel-sel tubuh akan diserang dan mengalami kerusakan.

Kamu butuh suplemen yang kaya antioksidan agar bisa membantu tubuh melawan radikal bebas. Kamu akan butuh konsumsi vitamin B, C, dan E. Berbagai vitamin ini akan memberikan efek positif pada orang yang mengalami stres.

Enervon-C Multivitamin Tablet

Enervon-C Multivitamin Tablet bisa jadi pilihan tepat untuk kamu. Produk yang satu ini akan membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah drop. Suplemen ini hadir dalam bentuk kapsul. Setiap kapsulnya memiliki lapisan rasa manis. Selain kaya vitamin C, produk ini juga kaya akan vitamin B kompleks. Ini membuatnya mampu membantu proses metabolisme dalam menghasilkan energi.

Harga Rp. 6.900-50.000

Minum Teh

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk melepas stres adalah minum teh. Minum secangkir teh hangat akan membantu kamu menjaga kesehatan mental. Coba jauhkan diri dari gadget dan fokuslah pada rasa teh. Ini akan bisa menyingkirkan pikiran-pikiran yang mengganggu.

Konsumsilah teh yang bisa memberikan rasa rileks. Contohnya adalah teh chamomile, teh peppermint, dan teh lavender. Pilihan teh tersebut mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Chamomile Tea

Chamomile Tea ini cocok untuk jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini berkualitas premium. Aroma wangi bunga pada teh ini bisa menenangkan. Produk ini akan sangat efektif sebagai minuman relaksasi saat istirahat. Kamu juga bisa meminumnya sebelum tidur. Ini juga bisa membantu kamu yang memiliki insomnia.

Untuk membuatnya, cukup masukkan sesendok teh ini pada cangkir lalu seduh dengan 150 ml air panas. Tunggu 5 menit dan teh siap diminum.

Harga Rp. 69.000-74.000
From our editorial team

Bijaklah Memilih Informasi

Stres saat pandemi datang pada kita salah satunya adalah karena kita terlalu banyak menerima informasi. Cobalah untuk membatasi waktu menonton TV, membaca, atau mendengar berita yang terkait dengan pandemi. Pilih informasi penting dan tepercaya saja agar tidak salah kaprah dan tidak membuat kita semakin berpikir negatif hingga sulit untuk optimis di masa pandemi ini. Dengan bijak memilih informasi, kesehatan mental kita akan bisa terjaga lebih baik.

Tag