10 Tips Merawat Kecantikan Selama Pandemi dan Juga Rekomendasi Produk Terbaiknya untuk Kamu! (2021)

10 Tips Merawat Kecantikan Selama Pandemi dan Juga Rekomendasi Produk Terbaiknya untuk Kamu! (2021)

Kecantikan kulit wajah tetap harus dirawat apapun kondisinya. Pandemi bikin kita lebih sering di rumah saja dan jarang bertemu banyak orang. Namun, jangan karena jarang keluar rumah lalu kamu jadi tidak merawat kulit wajah kamu. Manfaatkan waktu sekarang ini untuk bikin kulit kamu jadi lebih glowing. Intip tips lengkapnya dari kami dan juga produk yang bisa kamu gunakan!

Pandemi Jangan jadi Alasan Malas Merawat Kecantikan

Pandemi yang belum berakhir ini membuat kita jadi harus kembali banyak membatasi kontak sosial di luar rumah. Selain itu, kita juga jadi tetap harus memakai masker dan juga makin rutin mencuci tangan. Jangan malas melakukan protokol kesehatan yang disarankan agar terhindari dari ancaman virus yang membahayakan.

Selama di rumah saja, banyak dari kita yang jadi malas merawat kecantikan. Di rumah saja bukan berarti kotoran dan debu tidak menempel di wajahmu. Selain itu, sel kulit mati juga akan terus menumpuk. Jika kamu tidak melakukan perawatan wajah, maka bisa-bisa selama di rumah saja, kulit kamu jadi kusam dan penampilan kamu jadi terlihat kurang cantik.

Tidak bisa ke salon bukan alasan kamu untuk tidak merawat kecantikan diri. Kamu bisa melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah dengan berbagai cara sederhana. Cek tips dari kami di bawah ini, ya!

Tips Merawat Kecantikan Selama Pandemi dan Rekomendasi Produk yang Cocok Kamu Gunakan

Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Salah satu cara merawat kecantikan selama pandemi adalah dengan rutin membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Meski kamu di rumah saja dan tidak bepergian, namun wajahmu bisa terpapar debu, minyak, keringat, dan kotoran. Kamu wajib membersihkan muka saat bangun tidur dan juga saat akan tidur. Dengan begini, kulit wajah bisa senantiasa bersih bebas debu dan keringat.

Bersihkan muka dengan sabun muka karena mencuci wajah dengan air saja tidak cukup. Gunakan pembersih muka yang sesuai dengan kulit wajah kamu. Di pasaran, ada pembersih wajah berbentuk foam, gel, scrub, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit, ya.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser bisa jadi pilihan untuk pembersih wajah. Produk yang satu ini bebas sabun sehingga aman untuk kulit sensitif. Pembersih muka ini hadir dengan formula hypoallergic. Ini membuatnya aman untuk semua tipe jenis kulit termasuk kulit sensitif. Produk ini ringan dan tidak berbusa. Pembersih ini akan melembapkan kulit dan juga bisa mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Produk bebas paraben sehingga kita bisa memakainya dengan nyaman.

Harga Rp. 69.000-179.000

Gunakan Toner Sesuai Jenis Kulit

Pastikan kamu memakai toner usai membersihkan wajah dengan sabun muka. Pemakaian toner bisa membuat kulit kamu jadi lebih lembap dan siap untuk menerima skincare berikutnya yang akan kamu gunakan. Dengan rutin memakai toner, kecantikan wajah jadi lebih terjaga karena wajah jadi lebih segar dan sehat.

Pilih toner sesuai dengan jenis kulit kamu supaya hasil yang didapat bisa lebih maksimal. Untuk kulit kering misalnya, kamu bisa gunakan toner yang bebas alkohol agar kulit tidak makin kering. Sementara, untuk kulit berminyak, kamu bisa gunakan toner dengan bahan astringent sehingga bikin wajah lebih segar dan bisa memperkecil tampilan pori-pori. Nah, untuk kulit kombinasi, kamu bisa gunakan toner yang bisa menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

The Body Shop Aloe Toner

The Body Shop Aloe Toner aman untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Produk yang satu ini bebas alkohol dan juga pewangi sehingga nyaman di berbagai jenis kulit. Toner ini terbuat dari ekstrak lidah buaya sehingga mampu mengembalikan kesegaran dan kelembapan alami kulit. Teksturnya cair dan ringan sehingga cepat meresap ke dalam wajah. Tidak ada rasa lengket yang tertinggal sehingga kamu merasa nyaman memakai toner yang satu ini.

Harga Rp. 139.000-189.000

Lindungi Kulit dari Sinar UV

Pandemi membuat kita lebih banyak beraktivitas di rumah saja. Kendati demikian, jangan lupa kenakan tabir surya. Sinar UV masih bisa masuk ke dalam rumah, apalagi jika rumah kamu memiliki ventilasi yang baik.

Terpapar sinar UV meski sebentar saja bisa membuat kulitmu mengalami pigmentasi, kusam, bahkan berisiko kanker kulit. Gunakan tabir surya dengan SPF minim 15 atau SPF 30 ke atas jika memang intensitas kamu di luar rumah lebih tinggi.

Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Biore UV Aqua Rich Watery Essence bisa kamu gunakan agar kulit kamu lebih terlindung dari pengaruh buruk sinar UV. Produk yang satu ini hadir dengan teknologi bernama UV block dalam Watery Capsule. Ini membuatnya mampu melindungi kulit dengan maksimal dari sinar UVA dan UVB.

Produk ini hadir dengan SPF 50+ untuk perlindungan lebih kuat bagi kulit. Terbuat dari paduan asam hialuronat, royal jelly, dan ekstrak citrus, tabir surya ini tidak hanya melindungi namun juga bisa menjaga kelembapan alami kulit. Sunscreen ini waterproof. Teksturnya ringan seperti air sehingga tidak lengket saat digunakan.

Harga Rp. 39.000-120.000

Aplikasikan Serum

Serum wajib diaplikasikan jika kamu ingin mendapatkan kecantikan kulit yang sempurna. Gunakan serum sesuai dengan kebutuhan kulit kamu sehingga bisa mengatasi masalah kulit yang kamu hadapi, seperti pigmentasi kulit, keriput, pori-pori besar, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih serum dengan kandungan vitamin C jika inign mencerahkan, aloe vera jika ingin melembapkan, dan tea tree oil jika ingin mengatasi jerawat.

Serum mampu melembapkan wajah sehingga tampak lebih sehat dan lebih segar. Selain itu, rutin memakai serum juga bisa membantu mencegah penuaan dini akibat paparan sinar UV. Pemakaian serum yang teratur juga akan membantu dalam menyamarkan bintik gelap pada wajah.

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum akan melengkapi perawatan kecantikan kamu di rumah. Produk ini kaya akan niacinamide yang bisa memperkuat lapisan pelindung kulit. Ada juga beer yang bisa membantu melawan radikal bebas. Kulit jadi lebih lembap, lebih lembut, dan lebih nyaman.

Serum ini juga ampuh untuk menyingkirkan dark spot dan meratakan warna kulit. Produk juga bisa mengembalikan elastisitas kulit. Serum bisa juga mengatasi kemerahan karena iritasi dan juga jerawat. Produk ini hadir dalam pilihan kemasan ukuran 20 ml dan 40 ml. Tekstunya gel sehingga cepat meresap tanpa menghilangkan rasa lengket.

Harga Rp. 89.000-199.000

Gunakan Pelembap

Kecantikan wajah kamu akan lebih terjaga jika kamu rutin memakai pelembap. Produk pelembap wajah mampu merawat kulit dan mencegahnya dari kekeringan. Wajah yang terlalu kering akan membuat tekstur wajah jadi kasar dan perih. Kulit kering juga jadi mudah gatal dan bikin kita jadi tak nyaman karena warnanya jadi kemerahan karena iritasi.

Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Ini supaya pelembap bisa bekerja maksimal dan bisa memenuhi kebutuhan kulit kamu. Pelembap akan menutrisi kulit dengan baik sehingga kesehatannya terjaga. Kulit jadi lebih terhidrasi, sehat, kenyal, dan tampak awet muda.

Pelembap bukan hanya untuk kamu yang memiliki kulit kering saja, ya. Kamu yang memiliki kulit berjerawat dan kulit berminyak pun wajib pakai pelembap. Gunakan pelembap khusus untuk kulit berjerawat dan berminyak agar bisa membantu mengontrol tumbuhnya jerawat dan bisa menyerap kelebihan minyak di wajah.

Cerave Moisturizing Cream

Cerave Moisturizing Cream bisa kamu andalkan untuk membantu melembapkan kulit wajahmu. Ada kemasan tube dan juga jar dengan isian mulai dari 56 ml, 236 ml, hingga 340 ml yang bisa kamu pilih. Pelembap yang satu ini telah teruji secara dermatologis sehingga mampu menghidrasi kulit dengan maksimal. Produk juga bisa membantu mengatasi kulit yang sedang kering dan iritasi.

Pelembap dalam bentuk krim ini bisa mengembalikan efek proteksi alami terhadap kulit. Terbuat dari 3 bahan esensial, produknya bisa merawat kulit dengan baik. Bebas pewangi dan juga bebas bahan kimia berbahaya, produk ini aman digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Harga Rp. 53.000-465.000

Eksfoliasi Kulit Secara Teratur

Lakukan eksfoliasi kulit wajah secara teratur. Eksfoliasi sangat penting untuk dilakukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan juga bakteri pada kulit wajah. Rutin eksfoliasi bisa mencerahkan kulit. Selain itu, ini juga bisa membersihkan pori-pori tersumbat agar jerawat dan komedo tidak muncul di wajah.

Untuk eksfoliasi kulit, kamu bisa gunakan face scrub. Produk semacam ini bisa digunakan seminggu sekali. Hindari terlalu sering memakai scrub karena bisa bikin wajah terlalu kering atau iritasi. Maka dari itu, cukup seminggu sekali atau seminggu dua kali saja agar kesehatan kulit wajah lebih terjaga.

Love Beauty & Planet Murumuru Butter & Rose Face Scrub

Love Beauty & Planet Murumuru Butter & Rose Face Scrub akan membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Produk ini terbuat dari bahan-bahan natural dan kemasan yang ramah lingkungan. Kandungan utamanya berupa ekstrak kelapa, vegetable oil, dan ekstrak beras. Bahan-bahan tersebut akan membantu kamu memiliki kulit yang tidak hanya cerah namun juga glowing.

Aromanya segar dan tidak mengganggu sama sekali. Scrub ini bisa kamu gunakan seminggu sekali atau dua kali tergantung dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu. Produk ini akan mengangkat kotoran dengan lembut tanpa membuat kulit kering. Scrub ini bebas paraben dan pewarna sehingga kamu tidak perlu was-was memakainya.

Harga Rp. 63.000-118.000

Gunakan Masker Wajah

Sebelum pandemi, mungkin banyak dari kita yang merasa tidak punya waktu untuk memakai masker wajah. Padahal masker wajah sangat wajib digunakan setidaknya seminggu sekali untuk membantu wajah terbebas dari kusam. Nah, saat PPKM seperti sekarang, kamu bisa gunakan masker wajah secara rutin untuk merawat kecantikan wajah.

Kamu bisa memakai masker dalam bentuk apa saja. Di pasaran ada masker bentuk bubuk, peel off, gel, hingga sheet mask. Gunakan sesuai kebutuhan dan keinginan kamu.

Penggunaan masker tidak hanya bisa membebaskan kulit wajah dari kusam. Masker juga bisa melembapkan kulit dan juga menghaluskan tampilan pori-pori kulit. Dengan rutin memakai masker, maka wajah terhidrasi dengan baik dan tampak lebih sehat.

Masker juga bisa mengurangi tampilan garis halus yang menunjukkan penuaan dini. Selain itu, warna kulit juga bisa lebih merata karena masker bisa mengurangi hiper-pigmentasi kulit.

Garnier Serum Mask Hydra Bomb Sakura White

Garnier Serum Mask Hydra Bomb Sakura White jadi andalan banyak wanita untuk merawat kecantikan kulitnya. Masker yang satu ini hadir dengan kandungan serum selama satu minggu. Bentuknya praktis yakni berupa sheet mask sehingga lebih mudah digunakan.

Masker ini kaya akan essence yang bisa melembapkan kulit dan mencerahkan kulit. Ada juga esktrak sakura dan hyaluronic acid yang bisa meratakan warna kulit dan membuat warna kulit lebih merona bebas kusam.

Harga Rp. 9.900-24.000

Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Untuk menjaga kecantikan selama pandemi, kamu juga butuh istirahat yang cukup. Hindari begadang agar kulit bisa beristirahat dan bisa beregenerasi dengan baik. Kurang tidur bisa bikin kulit jadi kusam, cepat keriput, dan tampak kelelahan. Usahakan kamu memiliki jadwal tidur yang pasti setiap malamnya.

Pastikan juga tidurmu berkualitas. Tidur yang berkualitas artinya kamu bisa tidur dengan lelap. Dengan begini tubuh bisa menghasilkan kolagen dan elastin agar bisa membuat kulit jadi lebih awet muda. Tidur yang berkualitas juga bisa membuat hormon stres kita jadi terkendali dengan baik.

Untuk tidur berkualitas, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Contohnya, kenakan pakaian yang nyaman, gunakan bantal yang pas, atur cahaya lampu atau matikan lampu, dan lain sebagainya.

Bantal Memory Foam Contour Pillow with Cooling Gel

Buat tidur kamu jadi lebih nyenyak dengan Bantal Memory Foam Contour Pillow with Cooling Gel. Produk yang satu ini dijamin nyaman digunakan. Bantal ini bebas alergi dan juga tungau. Produk ini juga efektif untuk mengurangi dengkuran pada saat tidur. Desain bantal bagian leher lebih tinggi sehingga kepala bisa mendapatkan support yang maksimum dan lebih enak. Paginya, kamu bisa bangun tanpa keluhan pegal-pegal.

Bantal memory foam ini memakiai teknologi terbaru dari Jerman. Bagian pori-pori bantalnya kecil sehingga tidak akan ada sarang debu dan bakteri. Ini juga cocok untuk kamu yang memiliki masalah leher dan tulang punggung. Bantal hadir dalam ukuran 50 x 30 cm.

Harga Rp. 179.000-258.000

Lindungi Kulit dari Blue Light

Di rumah saja selama pandemi memang bikin kita sangat akrab dengan gadget. Banyak aktivitas dialihkan secara online membuat kita jadi harus lebih sering menatap layar gadget kita. Padahal, menatap layar terlalu lama memiliki dampak kurang baik terhadap kesehatan mata, kulit, dan tubuh. Mata jadi lebih cepat terasa panas dan pedas, kulit jadi terasa kusam dan kering, serta tubuh jadi mudah lelah karena minim bergerak aktif.

Untuk urusan kulit, gadget mampu membuat kulit jadi kusam karena ada pancaran blue light dari gadget yang kita gunakan. Blue light ada pada televisi, laptop, hingga handphone. Kita mungkin tidak merasakannya, namun jika terpapar terlalu lama maka bisa menghancurkan kolagen. Selain itu, pancaran blue light juga bisa menghasilkan radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Untuk itu, jika kamu tidak ingin kulit jadi kusam, gunakan skincare yang memiliki kemampuan untuk melindungi dari blue light, ya.

Paket Wardah Lightening Series 7in1

Paket Wardah Lightening Series 7in1 bisa jadi andalan kamu untuk melindungi kulit wajah cantikmu dari paparan blue light. Kaya akan advanced niacinamide, rangkaian produk Wardah yang satu ini akan melindungi kulit dengan maksimal dan juga bisa mencerahkan kulit. Katakan selamat tinggal pada wajah kusam karena blue light.

Dalam satu paket, kamu akan mendapatkan 7 buah produk. Ada cleansing milk, micellar gentle wash, dan exfoliating scrub. Kamu juga akan mendapatkan face toner, serum, day cream, dan night cream.

Harga Rp. 182.000-201.000

Gunakan Lip Balm dan Lip Scrub

Merawat bibir juga termasuk dalam rutinitas kecantikan yang wajib kamu lakukan. Gunakan lip balm dan juga lip scrub selama masa pandemi ini. Saat masa pandemi, beberapa dari kita mungkin sudah jarang memakai lipstik karena tidak ingin lipstik menempel pada masker. Atau ada pula dari kita yang memakai lipstik waterproof namun sulit dihapus. Pemakaian lipstik semacam ini bisa membuat bibir jadi lebih cepat menghitam.

Untuk mengembalikan warna alami bibir dan membuat bibir lebih sehat, kamu bisa gunakan lip balm dan lip scrub. Kedua produk bibir ini akan membuat bibir tampak lebih sehat, bebas kering, dan pecah-pecah. Bibir yang sehat bikin kamu jadi lebih cantik meski kamu hanya memakai sedikit makeup saja..

Luxcrime Duo Lipcare

Luxcrime Duo Lipcare adalah pilihan tepat untuk membantu merawat kesehatan bibirmu. Produk ini unik karena ada dua produk di dua ujungnya. Ujung satunya adalah lipscrub yang bisa mengangkat sel kulit mati dan bisa membantu mencerahkan bibir. Sementara itu, ujung satunya adalah tinted lip balm yang bisa melembapkan bibir dan bisa memberikan warna yang lembut pada bibirmu.

Dengan kandungan SPF 15, lip product ini akan melindungi bibirmu dengan maksimal selama kamu beraktivitas. Kamu bisa merasakan bibirmu terasa nyaman sepanjang hari.

Harga Rp. 103.000-138.000
From our editorial team

Olahraga dan Diet Sehat Bantu jaga Kecantikan

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kecantikan wajah selama pandemi adalah rutin berolahraga dan melakukan diet sehat. Dengan berolahraga rutin maka sirkulasi darah ke kulit jadi meningkat. Ini juga bisa membuat nutrisi tersebar sempurna dan kulit jadi lebih terhidrasi. Olahraga juga bisa merangsang produksi kolagen sehingga kulit jadi lebih kenyal dan sehat. Jangan lupa juga untuk dier sehat. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah segar serta cukupi kebutuhan mineral harian. Hindari atau kurangi makanan berlemak dan juga makanan yang berminyak. Dengan begini, kulit jadi lebih cerah dan glowing.