10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik Agar Kamu Lebih Cepat Pulih dari Flu! (2021)

10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik Agar Kamu Lebih Cepat Pulih dari Flu! (2021)

Tak ada yang ingin terserang flu, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Maka dari itu, tetap jalankan pola hidup sehat dan segera atasi dengan benar saat ada gejala sakit flu. Simak tips mengatasi flu dari kami. Selain itu, kami juga menghadirkan tips memilih obat flu terbaik dan juga rekomendasinya untuk kamu. Tetap jaga kesehatan, ya!

Waspada Flu, Kenali Gejalanya dan Obati Sebelum Parah

Flu merupakan sebuah penyakit yang umum dialami siapa saja. Penyebabnya adalah virus yang menyerang saluran pernapasan bagian atas. Flu bisa menular dengan mudah karena virus bisa berpindah dari tangan dan hidung. Flu bisa cepat disembuhkan asalkan penanganannya cepat dan tepat.

Saat terserang flu kita akan mendapati berbagai gejala. Diantaranya, hidung tersumbat, bersin, hidung berair, sakit kepala, nyeri tenggorokan, lemas, demam ringan, hingga batuk. Gejala flu ini tentu sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Konsentrasi jadi menurun dan tubuh jadi cepat lelah. Kepala terasa berat dan rasanya ingin tiduran saja. Ini bikin kita jadi kurang produktif.

Jika sudah muncul gejala, kamu bisa melakukan terapi tanpa obat agar kondisi lebih cepat membaik. Salah satu caranya adalah perbanyak asupan cairan dengan minum air putih atau air hangat untuk mengurangi rasa kering di tenggorokan, mengencerkan dahak, dan bisa menurunkan demam. Jangan lupa konsumsi makanan bergizi yang tinggi kalori dan protein agar daya tahan tubuh terjaga.

Cara lainnya adalah dengan mandi air hangat dan berkumur air garam agar cepat pulih. Kamu bisa juga memasang humidifier dalam ruangan sehingga pernafasan kamu bisa terbantu agar lebih lega.

Jika cara pengobatan non obat ini belum juga mempan, maka kamu bisa mengonsumsi obat. Flu bisa sembuh dengan menggunakan obat yang memiliki bahan tertentu. Pemilihan obat harus cermat dan sesuai dosis agar lebih cepat sembuh.

Tips Memilih Obat Flu

Sesuaikan dengan Gejala

Ketika akan mengonsumsi obat flu, kamu wajib menyesuaikan pilihan obatnya dengan gejala yang terjadi. Ini supaya hasilnya lebih efektif dan kamu bisa sembuh dalam waktu lebih cepat. Ada dua jenis obat flu yang ada di pasaran, ada obat untuk flu saja dan ada obat untuk flu dan batuk.

Jika masih dalam tahap awal flu yakni seperti bersin-bersin dan nyeri tenggorokan, maka kamu cukup membeli obat yang bisa mengobati berbagai gejala flu. Pilih obat yang berperan langsung ke pusat gejala. Ini supaya flu tak bertambah parah dan menjalar hingga menyebabkan batuk.

Namun, jika kamu sudah terlanjur flu disertai batuk, maka pilih obat yang bisa menyelesaikan kedua masalah tersebut. Sekarang ini sudah ada banyak merek obat yang bisa menyelesaikan flu dan batuk sekaligus. Dengan begini, kamu tak perlu minum dua macam obat yakni obat batuk dan obat flu. Cukup satu jenis obat saja untuk mengatasi kedua penyakit tersebut.

Pilih Bentuk Obatnya

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih obat flu adalah bentuk obatnya. Tak semua dari kita bisa meminum obat dalam bentuk kapsul atau tablet. Maka dari itu, obat bentuk sirop bisa menjadi pilihan. Selain itu, ada juga obat berbentuk puyer yang bisa jadi pilihan.

Dari segi efektivitas, masih belum ada bukti apakah bentuk obat bisa mempengaruhi cepat sembuhnya penyakit kita. Maka dari itu, kamu boleh meminum obat bentuk apapun yang sekiranya nyaman dan mudah untuk dikonsumsi.

Kenali Bahan yang Ada dalam Obat Flu

Di dalam obat flu ada berbagai macam bahan. Kamu wajib tahu kegunaan tiap bahan tersebut. Ini supaya kamu bisa memilih obat flu yang tepat untuk mengatasi gejala yang timbul pada dirimu sendiri.

Bahan utama dan paling umum pada obat flu adalah parasetamol. Ini adalah bahan analgesik ringan yang biasa ada pada obat pereda sakit kepala ataupun rasa sakit ringan lain. Bahan ini juga bisa menurunkan panas tubuh dan demam ringan.

Bahan berikutnya adalah dekongestan yang bisa mengobati hidung tersumbat saat flu. Bagi mereka yang memiliki penyakit hipertensi, jantung, dan diabetes, wajib waspada sebelum mengonsumsi obat dengan dekongestan. Sebaiknya bertanya dulu pada dokter.

Antihistamin juga kerap dimasukkan dalam bahan obat flu. Bahan yang satu ini bisa bekerja efektif menyembuhkan flu akibat alergi. Namun, kamu wajib hati-hati saat mengonsumsinya karena bisa menyebabkan kantuk dan menghilangkan fokus.

Terakhir, ada bahan ekspektoran yang umum ada dalam obat flu. Bahan ini membantu kita mudah mengencerkan dahak dan mengeluarkannya. Ekspektoran juga bisa meningkatkan sekresi cairan sehingga kita bisa bernafas lebih lega.

Tips Terhindar dari Flu yang Berujung Batuk

Penyakit flu umumnya selalu disertai dengan batuk. Kurang istirahat, makan sembarangan, dan minum obat yang tidak teratur bisa bikin kita jadi terserang batuk lebih mudah saat kita sudah flu. Maka dari itu, perhatikan apa saja yang wajib kamu lakukan agar flu tidak berujung batuk.

Pertama, rutinlah mencuci tangan dengan sabun. Jangan lupa gunakan hand sanitizer saat tak ada air untuk mencuci tangan. Usahakan memakai masker kemanapun kamu pergi.

Konsumsilah makanan sehat, perbanyak buah dan juga sayur. Selain itu, perbanyak juga minum air putih. Jaga kebersihan ruangan atau rumah. Gunakan juga penyaring udara atau pelembap udara dalam ruangan agar flu lebih cepat sembuh.

Selain itu, hindari perokok atau jika kamu merokok, berhentilah merokok. Hindari juga mengonsumsi makanan yang digoreng dan minuman yang dingin. Dengan menerapkan beberapa tips ini, dijamin kamu jadi lebih aman dari batuk.

Ini Dia Rekomendasi Obat Flu yang Ampuh

Ultraflu

Ultraflu merupakan solusi tepat untuk menangani flu dan gejalanya. Kamu bisa mudah mendapatkannya di warung-warung terdekat. Harganya murah dan pastinya ampuh menyembuhkan flu dalam waktu dekat. Obat ini akan meredakan bersin, hidung tersumbat, hingga panas dalam dan demam yang terjadi akibat flu.

Ultraflu mampu meredakan flu karena alergi. Di dalamnya terkandung bahan seperti parasetamol, chlorpheniramine maleate, dan juga phenylpropalamine. Obat ini bisa menyebabkan kantuk usai dikonsumsi agar kamu bisa beristirahat dengan lebih nyenyak dan flu bisa lekas sembuh. Kandungan antihistamin yang menyebabkan kantuk membuat kamu tak boleh mengonsumsi obat ini jika akan berkendara. Dikemas dalam bentuk strip, satu kaplet berisi 4 tablet.

Harga Rp. 2.900-3.200

Procold

Procold merupakan obat yang telah teruji klinis khasiatnya. Di dalam obat ini ada kandungan klorfeniramin maleat, pseudoefedrin HCl, dan parasetamol. Ketiga bahan tersebut akan menyembuhkan gejala bersin, demam, hidung tersumbat, dan juga sakit kepala akibat flu.

Saat baru merasakan gejala flu, kamu bisa mengonsumsi obat yang satu ini. Produk ini juga hadir dalam dosis yang pas dan efektif sehingga tak berlebihan untuk digunakan. Dikemas dalam strip yang pas untuk konsumsi 2 hari. Untuk dewasa dan anak di atas 12 tahun konsumsi 3 x sehari masing-masing 1 kaplet. Sementara anak-anak cukup konsumsi ½ kaplet.

Ada efek samping juga yang dihadirkan obat ini. Beberapa diantaranya adalah mengatuk, gangguang pencernaan, dan retensi urin. Hindari memakainya untuk pemakaian jangka panjang karena bisa merusak hati.

Harga Rp. 3.300-6.000

Decolgen Flu

Decolgen Flu memiliki bahan yang bersifat analgesik, antipiretik, dan antihistamin. Obat ini mampu mengobati gejala awal flu yang ditandai dengan hidung mampet, demam, sakit kepala, dan bersin-bersin. Usai meminumnya, demam bisa cepat reda karena obat mengandung parasetamol yang bisa berperan sebagai penurun panas dan analgesik.

Flu dan demam akan langsung tuntas karena di dalamnya juga ada dekongestan. Produk telah melewati proses uji lab dan dinyatakan aman dikonsumsi segala usia asal sesuai aturan. Tablet ini bisa dikonsumsi 1 tablet 3 sampai 4 kali sehari untuk dewasa. Dan ½ tablet untuk anak-anak atau sesuai petunjuk dokter. Konsumsilah obat seusai makan. Satu strip berisi 4 tablet.

Harga Rp. 1.900-2.600

Tolak Angin Flu

Tolak Angin Flu merupakan obat dalam bentuk cair yang mudah diserap tubuh. Ini cocok untuk kamu yang kerap kesulitan dalam meminum obat bentuk kapsul atau tablet. Kemasannya praktis dalam sachet, sehingga kamu tinggal sobek ujungnya dan minum siropnya.

Jamu dalam bentuk cair ini mudah dibawa kemana saja. Produk ini bisa juga dicampur dengan setengah gelas air hangat. Dibuat tanpa antihistamine sehingga lebih aman dikonsumsi. Obat ini berbahan aneka ekstrak tanaman Valerian yang dapat menyebabkan kantuk. Ini bisa bikin kamu tidur lebih nyenyak dalam waktu lama agar bisa beristirahat maksimal.

Harga Rp. 32.000-35.000

INZA

INZA adalah obat yang bisa mangatasi flu dengan cepat. Obat ini bisa ditemukan di mana saja, muali dari warung kecil hingga apotek. Produk yang diproduksi Konimex ini akan meredakan demam, bersin, sakit kepala, dan hidung tersumbat. Di dalamnya ada analgesik, antihistamin, dan dekongestan.

Setiap kaplet mengandung parasetamol, pseudoefedrin, dan klorfeniramina maleat. Konsumsilah obat ini sesudah makan. Produk ini cocok untuk anak usia 6 hingga 12 tahun dengan konsumsi 3 x sehari ½ kaplet. Untuk dewasa konsumsi 3 x sehari 1 kaplet.

Harga Rp. 2.100-2.500

Mixagrip Flu

Mixagrip Flu bisa membantu kamu sembuh dari flu dengan lebih cepat. Selain menjaga kualitas tidur, kamu juga wajib minum obat agar cepat pulih. Ada antihistamin pada obat ini yang bisa membantu tidur dengan lebih nyenyak. Hindari berkendara atau melakukan aktivitas berat saat usai mengonsumsi Mixagrip Flu ini.

Dikemas dalam kemasan strip berisi 4 kaplet. Untuk meminumnya cukup 3 kaplet sehari. Konsumsilah sesudah makan. Dosisnya 1 kaplet sekali minum.

Harga Rp. 2.000-2.500

Panadol Soluble Tablet

Panadol Soluble Tablet adalah obat yang bisa larut dalam air. Kamu bisa menikmati rasa lemon yangmenyegarkan dari obat ini. Berbentuk tablet effervescence, kamu tinggal melarutkan 1 tablet ke dalam setengah gelas air hangat. Tunggu obatnya tercampur pada air lalu minum segera.

Gejala flu seperti nyeri, demam, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan sakit kepala bisa reda dengan cepat. Untuk sekali penggunaan cukup 1 sampai 2 tablet. Konsumsilah setiap 4 sampai 6 jam. Dalam satu kemasan berisi 20 tablet effervescence. Produk ini mengandung antihistamin sehingga bisa menyebabkan kantuk.

Harga Rp. 6.000-24.000

Sambucol Cold & Flu Liquid

Sambucol Cold & Flu Liquid cocok untuk kamu yang gemar minum obat dalam bentuk sirop. Produk yang satu ini mudah dikonsumsi anak-anak hingga dewasa. Dengan rasa yang enak sehingga kamu tak tersiksa saat minum obat.

Untuk meminumnya cukup 1 sendok teh sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Dalam satu botol berisi 120 ml. Produk ini aman dikonsumsi untuk yang ingin bekerja atau berkendara jauh. Ini karena obatnya dibuat tanpa antihistamin jadi tak menyebabkan kantuk.

Harga Rp. 120.000-180.000

HerbaCOLD

HerbaCOLD adalah obat dengan double action yang ampuh atasi flu. Ini bisa juga mengobati sakit tenggorokan yang menyertai flu. Terbuat dari bahan tanaman herbal bernama mahkota dewa dan habbatussauda, produk yang satu ini kaya akan silfamin. Zat tersebut akan meringankan sakit pada saat flu seperti nyeri, sakit kepala, bersin-bersin, dan lainnya. Untuk pemakaiannya cukup 3 sampai 4 tablet sehari. Dalam satu botol berisi 30 tablet. Konsumsilah obat ini sesudah makan.

Harga Rp. 14.000-18.000

Panadol Flu & Batuk

Panadol Flu & Batuk bisa juga jadi andalan kamu yang sudah terlanjur sakit flu disertai batuk. Obat yang satu ini akan meredakan gejala seperti sakit tenggorokan, bersin-bersin, hidung tersumbat, kepala pusing, dan lain sebagainya akibat flu. Kamu bisa tenang mengonsumsinya karena obatnya tidak menimbulkan rasa kantuk. Ini membuat kamu bisa tetap menjalankan aktivitas. Obat juga aman untuk orang yang mengalami gangguan lambung.

Harga Rp. 12.000-15.000
From our editorial team

Konsultasikan ke Dokter Jika Tak Kunjung Sembuh

Flu memang tergolong penyakit ringan dan bisa cepat sembuh sendiri. Namun, jika sudah diobati dan tidak ada perubahan selama 3 hari pengobatan, maka kamu wajib segera mengunjungi dokter. Apalagi jika ada gejala sakit tenggorokan yang makin parah dan terasa lebih dari 2 hari. Kamu juga wajib periksa ke dokter jika ada geala seperti sakit kepala, demam, mual, dan muntah. Selain itu, jika nyeri otot tak kunjung reda usai 10 hari maka berkunjung ke dokter adalah pilihan yang tepat. Semakin cepat ke dokter maka semakin baik agar penyakit bisa tertangani dengan lebih baik.

Tag