10 Rekomendasi Suplemen untuk Menurunkan Kolesterol dan Memelihara Kesehatan (2021)

10 Rekomendasi Suplemen untuk Menurunkan Kolesterol dan Memelihara Kesehatan (2021)

Saat kolesterol tinggi terdeteksi dalam tubuh, tentu kita jadi panik. Namun, ada cara untuk mengatasinya. Simak tips dari kami untuk menjalankan gaya hidup sehat agar kolesterol menurun. Jangan lupa juga konsumsi suplemen penurun kolesterol jika dirasa perlu. Cek rekomendasinya dari BP-Guide!

Mengenal Kolesterol dan Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi tubuh dan sangat bermanfaat. Adanya kolesterol bisa membuat asam empedu untuk membantu pencernaan. Kolesterol juga bisa membantu memproduksi vitamin D dan juga aneka hormon tertentu. Meski banyak manfaatnya, namun, jumlah kolesterol yang terlalu banyak juga bisa membahayakan. Ini juga akan meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke.

Kolesterol terbagi menjadi HDL dan LDL. Kolesterol baik yakni HDL bisa membersihkan lemak-lemak di dalam organ tubuh. Sementara itu, kolesterol jahat yakni LDL bisa membawa lemak dari hati ke dalam organ. Jika kadar LDL terlalu banyak maka bisa menyebabkan pengendapan di dalam pembuluh darah dan membahayakan kesehatan.

Kolesterol tinggi bisa disebabkan karena gaya hidup tak sehat, keturunan, kurang gerak, pola makan tidak sehat, hingga obesitas. Jika dibiarkan maka bisa membuat aliran darah tersumbat atau bisa terjadi serangan jantung. Penyakit lain yang mengintai saat kolesterol tinggi adalah stroke karena darah menggumpal dan menghalangi darah ke otak.

Ada beberapa ciri yang muncul jika kamu memiliki kolesterol tinggi. Salah satunya adalah nyeri di bagian dada. Ini bisa menunjukkan bahwa terjadi penumpukan plak di pembuluh darah jantung. Hal ini tentu bisa menghambat aliran darah menuju jantung.

Ciri lainnya adalah kamu jadi mudah lelah dan ada nyeri di bagian kaki. Ini menunjukkan aliran darah ke jaringan tubuh berkurang. Kaki jadi terasa berat dan nyeri saat dipakai berjalan atau beraktivitas.

Nyeri di bagian leher juga bisa menjadi ciri kolesterol tinggi. Ini terjadi karena ada penumpukan plak di pembuluh darah di bagian leher. Hal ini menghalangi aliran darah di leher menuju otak.

Tips Menurunkan Tingkat Kolesterol

Olahraga Rutin

Jangan lewatkan untuk selalu berolahraga rutin. Olahraga memang suatu kewajiban jika kita ingin memiliki tubuh yang bugar dan tidak mudah sakit. Selain itu, berolahraga rutin juga bisa membantu kita mencegah meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Kamu bisa melakukan aneka jenis olahraga, contohnya berenang, bersepeda, jogging, hingga angkat beban. Aktif bergerak akan membuat menurunnya plak yang menempel pada darah. Untuk para penderita kolesterol, sebaiknya melakukan olahraga selama 30 menit sebanyak lima kali per minggu. Rutin berolahraga ditambah dengan mengerjakan pekerjaan rumah atau aktifitas harian bisa bikin kondisi tubuh lebih bugar.

Pilih Makanan yang Tepat

Pilihlah makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Perbanyak makan sayur dan juga buah. Di dalam sayur dan buah kaya akan serat sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebaiknya kamu mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

Makanan lain yang harusnya kamu konsumsi saat kolesterol tinggi adalah makanan yang kaya omega 3 seperti salmon, tuna, sarden, biji chia, hingga ikan makarel. Omega 3 akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah dengan cepat.

Konsumsilah makanan atau minuman yang mengandung serat larut. Contoh makanannya adalah brokoli, apel, kacang merah, gandum, wortel, pir, lobak, ubi jalar, alpukat, dan lainnya. Kamu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus agar lebih mudah diserap tubuh.

Hindarilah konsumsi lemak trans terlalu tinggi. Lemak trans dalam jumlah kecil umumnya ditemukan dalam daging sapi, daging kambing, keju, dan susu. Kamu boleh mengonsumsi makanan dengan lemak trans berjumlah kecil dalam jumlah terbatas. Lain halnya dengan makanan seperti gorengan, kerupuk, keripik, dan aneka makanan cepat saji. Makanan tersebut tinggi lemak trans dan bisa berisiko meningkatkan kadar lemak jahat.

Jangan Makan Berlebihan

Jangan makan terlalu berlebihan. Makanlah hanya saat kamu lapar dan pastikan berhenti sebelum kamu terlalu kenyang. Perhatikan kalori yang masuk agar berat badan tidak cepat meningkat. Ini karena kenaikan berat badan berisiko meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk orang dewasa dengan aktivitas normal, maka kamu butuh 2.000 kalori per hari. Makan terlalu banyak kalori bisa bikin kamu berisiko kolesterol tinggi dan juga obesitas.

Konsumsi Suplemen untuk Turunkan Kolesterol

Cara lain untuk mengatasi kolesterol adalah mengonsumsi suplemen. Ada banyak suplemen kesehatan yang dijual di pasaran. Pilih suplemen terbaik untuk mengatasi kolesterol. Cek bahannya dan pastikan suplemennya aman untuk dikonsumsi. Jangan lupa cek tanggal kedaluwarsanya juga agar kamu yakin bahwa suplemen tersebut masih layak untuk dikonsumsi. Perhatikan aturan pakai suplemen agar hasil yang kamu dapat lebih maksimal.

Ini Loh, Suplemen Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol

Blackmores Ultimate Omega

Blackmores Ultimate Omega merupakan salah satu suplemen yang bisa kamu andalkan untuk menurunkan kolesterol. Tidak ada bau amis pada produk ini layaknya suplemen omega 3 pada umumnya. Dengan ekstrak vanila, aroma dan rasa suplemen jadi lebih enak dan tidak bikin eneg.

Suplemen ini kaya akan omega 3 seperti EPA dan DHA. Fungisnya selain untuk menurunkan kadar kolesterol jahat juga bisa menurunkankan risiko kematian akibat penyakit jantung. Suplemen ini bisa dikonsumsi anak-anak di atas usia 6 tahun hingga orang dewasa.

Harga Rp. 480.000-782.000

Puritan's Pride CO Q10

Puritan's Pride CO Q10 merupakan suplemen Coenzyme-Q10 yang bisa membantu proses metabolisme agar lebih optimal. Coenzyme-Q10 sebenarnya bisa diproduksi secara alami dalam tubuh. Namun, kebiasaan kita seperti, kurang olahraga, pola makan sembarangan, tingkat stres yang tinggi, hingga bertambahnya usia bisa membuat produksi Coenzyme-Q10 menurun.

Kamu bisa mengonsumsi suplemen dari Puritan ini guna mengoptimalkan suplai oksigen ke seluruh jaringan tubuh agar kesehatan jantung terjaga. Selain itu, suplemen juga bisa membantu terapi untuk penyakit tekanan darah tinggi, darah rendah, jantung koroner, hingga penyempitan pembuluh darah. Produk ini bisa mengoptimalkan produksi energi tubuh agar vitalitas meningkat.

Suplemen ini juga bisa bekerja untuk meningkatkan imunitas, utamanya pada penderita AIDS dan HIV. Kamu juga bisa mengonsumsinya sebagai antioksidan dan antiaging yang bisa melindungi DNA dan membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Produk ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Harga Rp. 175.000-597.000

NATURES PLUS RX Fiberific GI Relief (Simply Psyllium)

NATURES PLUS RX Fiberific GI Relief bisa menjadi pembersih usus yang terbaik. Suplemen ini akan mencegah konstipasi, kanker usus, dan bisa menyembuhkan wasir. Di dalamnya kaya akan psyllium seed husk yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Ada juga cellulose yang bisa menormalkan kadar gula darah. Selain itu, suplemen ini juga kaya akan lactobacillus plantarum yang bisa menggantikan enzim laktase untuk mencerna laktosa.

Suplemen ini juga hadir dengan kandungan papain yang bisa membantu mencerna protein. Ada juga bahan jahe di dalamnya yang bisa memperbaiki fungsi pencernaan dan membersihkan usus.

Harga Rp. 446.000-515.000

Vitamin B complex IPI

Vitamin B complex IPI tentu tidak bisa kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini mudah dikonsumsi. Kamu bisa menelannya langsung atau bisa juga mengunyahnya. Vitamin B ini bisa memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks di tubuh. Konsumsilah 3 kali sehari 1 tablet.

Vitamin B ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL. Namun, jika kamu menderita asam urat dan tukak lambung, sebaiknya konsultasi dulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

Harga Rp. 5.490-10.999

NOW Niacin

NOW Niacin adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan manfaat baik dari vitamin B3. Suplemen ini kualitasnya terjamin bagus. Cukup minum 1 kapsul setiap hari sesuai kebutuhan, namun harus digunakan di bawah pengawasan dokter. Suplemen ini kaya akan niacin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Harga Rp. 124.000-265.000

Nutrafor Chol

Nutrafor Chol adalah suplemen alami yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat, yakni dalam waktu 5 hari. Saat kolesterol terjaga, maka risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke bisa dikurangi. Di dalamnya terdapat kandungan red yeast rice extract yang bisa menghambat produksi kolesterol dalam organ hati. Zat ini juga bisa mencegah penebalan plak dalam pembuluh darah.

Selain itu, ada juga guggulipid extract yang bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Suplemen juga mengandung chromium picolinat yang bisa meningkatkan dan mengatur kerja hormon insulin.

Harga Rp. 19.500-115.000

Omepros Minicaps

Omepros Minicaps merupakan varian baru dari Omepros soft kapsul. Yang ini hadir dengan ukuran lebih kecil sehingga lebih mudah ditelan. Produk ini sudah bersertifikasi BPOM dan Halal MUI sehingga aman dikonsumsi.

Omepros bisa mengurangi kolesterol, mengurangi trigliserida, dan menormalkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Suplemen ini juga akan memelihara kesehatan pembuluh darah. Di dalamnya kaya asam lemak seperti omega 3, omega 6, omega 9, dan GLA. Ada juga aneka bahan alami seperti minyak salmon, minyak zaitun, vitamin E, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 20.000-203.000

Konilife Redaxin

Konilife Redaxin merupakan suplemen yang bisa mengurangi jumlah lemak darah dalam tubuh dan bisa meningkatkan jumlah trombosit. Produk ini hadir dalam botol dengan isi 30 kapsul. Kamu bisa mengonsumsi 2 kali per hari untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Harga Rp. 53.900-100.000

HEMAVITON CARDIO

HEMAVITON CARDIO adalah suplemen yang sudah berizin BPOM dan Halal MUI. Kamu bisa aman mengonsumsi suplemen ini untuk membantu mengurangi kolesterol. Produk ini kaya akan pitosterol yang bisa menangkal penumpukan kolesterol dalam darah. Ada juga vitamin dan mineral yang bisa menjadi antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Harga Rp. 16.800-50.000

Nigellive

Nigellive adalah rekomendasi suplemen dari kami. Produk ini dibuat dari tanaman herbal yang diracik modern. Suplemen ini bisa mengatasi diabetes, kolesterol, asam urat, gangguan pencernaan, hingga penyakit jantung. Konsumsilah 2 sampai 3 kapsul sehari. Produk ini kualitasnya bagus dan tidak perlu diragukan lagi.

Harga Rp. 48.500-58.000
From our editorial team

Konsultasilah dengan Dokter

Kita tentu ingin selalu sehat dan bebas dari berbagai penyakit. Salah satu caranya adalah mengonsumsi suplemen. Jika kamu memiliki kolesterol tinggi, maka ada baiknya kamu berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suatu suplemen. Hal ini bisa membuat kita mendapatkan hasil yang maksimal dan terhindar dari efek sampingnya.

Tag