10 Rekomendasi Alat Ukur Gula Darah untuk Bantu Anda Mengecek Kadar Gula Darah (2021)

10 Rekomendasi Alat Ukur Gula Darah untuk Bantu Anda Mengecek Kadar Gula Darah (2021)

Mereka yang menderita diabetes tentu wajib mengecek kadar gulanya secara berkala. Tentu merepotkan jika Anda harus pergi ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mengecek darah. Maka dari itu, ada baiknya Anda memiliki sendiri glukometer alias alat untuk mengecek gula darah. Simak tips memilihnya dan cek rekomendasi dari kami!

Mengenal Alat Ukur Gula Darah

Bagi Anda yang menderita diabetes atau mungkin memiliki keluarga dengan keluhan diabetes dan harus selalu menjaga kadar gula darah, maka ada baiknya memiliki alat sendiri untuk mengecek kadar gula darah. Glukometer merupakan sebuah alat digital yang bisa membantu Anda agar lebih mudah menghitung kadar glukosa di dalam darah. Hadir dalam ukuran yang kecil, alat ini mudah dibawa kemana saja sehingga bisa digunakan kapan saja dibutuhkan.

Dengan rutin memeriksa kadar gula darah maka Anda bisa mengendalikan kadar gula darah agar selalu normal. Ini juga akan sangat berpengaruh pada mereka yang ingin melakukan pengobatan diabetes melitus. Beberapa kali dalam sehari harus periksa darah untuk mengetes naik turunnya kadar gula darah. Maka dari itu akan lebih baik jika memiliki glukometer sendiri di rumah.

Glukometer bisa secara akurat menampilkan kadar gula darah. Kendati demikian akurasi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah cara penggunaannya. Pastikan Anda paham bagaimana cara memakainya sehingga bisa menghasilkan hasil yang akurat. Hindari mengambil sampel darah pada jari yang kotor. Usahakan untuk mengambil darah dari ujung jari yang steril dari sisa makanan, minuman, pelembap, dan lain sebagainya karena bisa memengaruhi hasil pemeriksaan glukometer.

Akurasi tes gula darah juga akan dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Kelembapan dan suhu sekitarnya bisa memengaruhi pengukuran alat pengukur gula darah. Hati-hati saat memakai strip pengukur. Ada kalanya kita membeli strip yang lebih murah namun ternyata malah membuat hasil pengukuran gula darah kurang efektif. Nah, pastikan stripnya sesuai dengan glukometer dan belum habis masa berlakunya, ya.

Tips Memilih Alat Cek Gula Darah

Pilih yang Mudah Digunakan

Ketika memutuskan untuk memiliki glukometer sendiri di rumah, maka pertimbangkan untuk membeli alat yang mudah digunakan. Di pasaran ada banyak jenis glukometer. Kita bisa memilih yang mana saja yang kita inginkan. Setiap merek memiliki kelebihan tersendiri dan fitur tersendiri. Namun, karena untuk dipakai sendiri di rumah, maka pertimbangkan untuk memakai yang paling mudah dioperasikan dan dirawat.

Pastikan indikatornya bisa terlihat dengan jelas. Pilih juga yang stripnya mudah didapatkan. Selain itu, pastikan memilih yang ukurannya kecil sehingga mudah dibawa kemana saja. Dengan begini, Anda akan mudah mengecek gula darah meski Anda sedang bepergian sekali pun.

Pilih yang Bisa Menyimpan Informasi

Utamakan memilih alat ukur gula darah yang bisa menyimpan informasi. Beberapa jenis alat glukometer ada yang bisa melacak waktu dan tanggal tes, hasil tes, dan lain sebagainya. Ada juga yang dirancang agar bisa berbagi hasil secara real time dengan dokter melalui aplikasi yang ada pada smartphone. Nah, jika glukometer yang Anda beli hadir dengan fitur ini tentu Anda jadi lebih mudah mengunduh hasil pengetesan ke komputer. Ini bisa jadi acuan dokter Anda dalam menentukan langkah pengobatan selanjutnya.

Cek Aneka Fiturnya

Makin berkembang teknologi, maka makin banyak dan menarik fitur yang ditawarkan. Begitu pula pada perkembangan glukometer. Sekarang ini, sudah ada beragam fitur yang tersemat dalam glukometer. Ini akan memudahkan Anda memakainya dan juga mengoperasikannya.

Ada fitur audio atau alarm yang bisa disematkan. Ini berfungsi untuk menunjukkan bahwa hasilnya telah keluar. Dengan begini, Anda tidak perlu berlama-lama menatap layar demi menunggu hasil. Ada juga fitur menyala sehingga layar akan menyala saat Anda melakukan pengecekan gula darah di ruangan minim cahaya.

Fitur lain yang kadang disematkan dalam glukometer adalah sambungan USB dan software khusus. Ini berfungsi agar Anda dan dokter bisa memonitor gula darah dengan mudah pada komputer atau laptop.

Pilih yang Cepat Menunjukkan Hasil

Tentu saja kita ingin hasil pengecekan gula darah lebih cepat diketahui. Oleh karena itu, pastikan agar Anda memilih alat yang bisa dengan cepat menunjukkan hasilnya. Kebanyakan produk mengklaim mampu memperlihatkan hasil tes gula darah dalam 5 hingga 10 detik. Makin cepat waktu hasil keluar, maka makin bisa menghemat waktu Anda.

Ini Dia Alat Ukur Gula Darah yang Bisa Anda Pakai di Rumah

OneTouch Ultra Plus Flex

OneTouch Ultra Plus Flex bisa menjadi rekomendasi pertama untuk Anda. Produk yang satu ini hadir dengan teknologi ColorSure dan notifikasi audio. Ini memudahkan Anda mengontrol gula darah secara cepat dan akurat. Hasil pemeriksaan bisa dicek dengan mudah. Jika hasil berada di area biru, artinya gula darah terlalu rendah. Jika hasil berada di warna hijau, artinya gula darah normal. Sementara, jika hasil berada di warna merah, artinya gula darah Anda sedang tinggi.

Anda juga bisa mengetahui hasil dari notifikasi audio atau alarm yang berbunyi. Produk ini juga bisa menyimpan data dari hasil pemeriksaan. Desainnya ringkas dan ramping sehingga mudah dibawa saat bepergian. Produk yang satu ini bisa terhubung dengan aplikasi smartphone juga sehingga lebih mudah untuk mengetahui hasil kadar gula darah.

Harga Rp. 270.000-550.000

AutoCheck Multi-Monitoring System 3 in 1

AutoCheck Multi-Monitoring System 3 in 1 ini sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang membutuhkan glukometer. Produk ini bisa membantu Anda melakukan pemeriksaan rutin untuk kolesterol, gula darah, dan asam urat. Harganya terjangkau sehingga Anda bisa berhemat dengan memiliki alat yang satu ini.

Produk ini mudah dioperasikan dan tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Ada sistem canggih auto strip recognition sehingga Anda bisa lebih cepat melakukan pergantian mode uji. Pada alat ini juga ada fitur penyimpanan hasil pengukuran. Untuk mengukur kadar gula dibutuhkan waktu 5 detik. Sementara untuk mengukur asam urat butuh waktu 15 detik dan untuk kolesterol butuh waktu 26 detik.

Dalam satu paket isiannya sudah lengkap. Ada check strip untuk mengecek kondisi GCU meter. Ada juga 1 pen lancing device, jarum lancet, dan 10 strip pengecek asam urat. Selain itu terdapat 5 strip pengecekan kolesterol, baterai CR2032 lithium, dan tas penyimpanan.

Harga Rp. 195.000-391.000

Bayer Ascensia Contour Plus

Bayer Ascensia Contour Plus merupakan rekomendasi produk selanjutnya. Alat ukur gula darah yang satu ini mampu menghadirkan hasil yang akurat. Akurasinya sangat tinggi mencapai 99%. Dengan alat yang satu ini maka Anda lebih mudah mengecek gula darah dengan cepat.

Produk ini hadir dengan fitur alarm untuk mengingatkan saatnya pengecekan gula darah. Alat juga dilengkapi dengan fitur second-chance sampling yang bisa memberitahukan jika darah sampel pertama dirasa kurang cukup. Dengan memori yang besar, maka bisa digunakan hingga 800 kali. Dalam pembelian sudah lengkap dengan lancing device, 5 lancet, cooler bag, dan juga 25 buah strip uji glukosa darah.

Harga Rp. 200.000-544.000

GlucoDr. Auto AGM 4000

Gluco Dr Auto AGM4000 tentu bisa jadi pilihan selanjutnya untuk alat ukur gula darah. Pengukuran kadar gula darah bisa dilakukan dalam waktu hanya 5 detik saja. Sedangkan darah yang dibutuhkan sebanyak 0,5 mikroliter saja untuk mengetesnya. Produk ini juga bisa menampilkan hasil kadar gula darah dalam rentang 10 - 900 mg/dL.

Ukuran alatnya kecil, yakni hanya 49 x 93,5 x 17,5 mm dengan berat 40 gram. Ini membuat Anda jadi mudah membawanya kemana saja. Alat ini bisa tahan hingga pemakaian 1000 kali. Desainnya simpel dengan layar LCD besar sehingga memudahkan untuk dibaca. Kapasitas memorinya besar sehingga bisa digunakan hingga 5 orang. Dengan teknologi auto coding, produk ini juga bisa dipakai mentransfer data melalui USB. Alat ini juga memiliki tombol pelepas strip otomatis.

Harga Rp. 185.000-250.000

EasyTouch GCU

EasyTouch GCU ini merupakan rekomendasi yang sayang untuk Anda lewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan garansi seumur hidup. Pengukuran yang bisa dilakukan juga sangat beragam sehingga alat ini bisa dibilang multifungsi. Anda tidak hanya bisa mengecek gula darah, namun juga bisa mengukur kadar kolesterol dan asam urat dalam darah.

Dengan alat ini, Anda bisa melakukan pencatatan hingga 200 untuk gula darah, 50 untuk asam urat, dan 50 lagi untuk kolesterol. Dengan memori besar, Anda bisa melihat rata-rata kadar glukosa pada minggu pertama, kedua, hingga hari ke-28. Produk buatan Taiwan ini kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dalam pembelian sudah lengkap dengan 20 jarum lancet, 1 pen lancing device, 10 strip pengecekan asam urat, 2 strip pengecekan kolesterol, 2 baterai AAA, dan tas penyimpanan.

Harga Rp. 143.000-235.000

FreeStyle Optium Neo

Anda juga bisa menggunakan FreeStyle Optium Neo. Produk yang satu ini bisa membantu Anda menjaga kadar gula dan keton dalam darah. Alat ini cukup akurat sehingga akan membantu Anda yang menderita diabetes tipe 1. Adanya fitur insulin logging bisa memberitahu Anda mengenai kadar insulin dalam darah.

Dengan memakai produk ini maka Anda hanya butuh 0,6 mikroliter darah saja. Test strip telah dibungkus dengan foil sehingga bisa terlindung dari udara dan juga kelembapan. Dalam paket pembelian lengkap dengan kabel USB, 25 strip pengecekan gula darah, 10 jarum lancet, 1 pen lancing device, dan tas penyimpanan.

Harga Rp. 280.000-450.000

Nesco MultiCheck GCU 3 in 1

Nesco MultiCheck GCU 3 in 1 juga merupakan produk lain yang bisa dimiliki. Alat yang satu ini mudah dibaca hasilnya sehingga cocok untuk para pemula. Dengan alat ini maka Anda bisa mengecek kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah. Produk ini bisa otomatis hidup saat test strip dipasang dan otomatis mati jika mendeteksi tidak adanya aktivitas penggunaan.

Layar LCD cukup besar sehingga Anda mudah saat membaca hasilnya. Produk ini multifungsi dan bisa mengecek dalam waktu 10 detik saja. Paket pembelian lengkap dengan 10 strip pengecekan gula darah, 1 pen lancing device, check strip untuk mengecek kondisi GCU meter, 2 strip pengecekan kolesterol, 20 jarum lancet, 10 strip pengecekan asam urat, baterai AAA 2 buah, dan juga tas.

Harga Rp. 139.500-500.000

OneTouch Ultra Easy

OneTouch Ultra Easy ini adalah rekomendasi kami selanjutnya. Alat yang satu ini hadir dengan cara kerja yang mudah, cukup sekali sentuh saja. Anda juga tak akan menunggu lama untuk tahu hasilnya. Cukup 5 detik sebelum hasilnya keluar. Hasil bisa dilihat dari layar LCD dengan jelas. Alat ini ramping sehingga mudah dibawa kemana saja. Ada tombol gulir dua arah untuk navigasi sederhana. Produk ini bisa menampung hingga 500 hasil tes.

Harga Rp. 405.000-770.000

GlucoDr. AGM-2200

GlucoDr. AGM-2200 merupakan produk lainnya yang bisa kamu gunakan. Alat yang satu ini bisa dipakai kapan saja dibutuhkan. Produk ini bisa menyimpan data sehingga Anda bisa melakukan pengecekan dengan lebih teliti. Sampel yang dibutuhkan sebanyak 2 mikroliter, namun waktu pengecekannya sedikit lebih lama. Prodk yang satu ini mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekali pun. Anda bisa membawanya kemana saja dengan mudah.

Harga Rp. 500.000-580.000

Sinocare Safe AQ Smart Blood Glucose Monitor

Sinocare Safe AQ Smart Blood Glucose Monitor ini adalah rekomendasi selanjutnya. Desainnya dan ukurannya membuatnya mudah dibawa kemana saja. Alat ini hanya butuh sampel darah sebanyak 0,6 mikroliter untuk menunjukkan kadar gula darah dengan akurat. Produk ini juga bisa digunakan hingga 1000 kali.

Dengan kapasitas simpan 10 hasil tes, maka Anda bisa lebih mudah memantau gula darah. Produk ini memiliki fitur strip ejector, auto test, dan trace blood. Waktu yang dibutuhkan untuk mengukur hanya 5 detik.

Harga Rp. 314.000-909.500
From our editorial team

Perhatikan Waktu Pengecekan Gula Darah

Setiap penderita diabetes tentu ingin mengecek dan memantau kadar gula darah agar seimbang. Nah, jadwal setiap orang tentu berbeda bergantung dari parah tidaknya diabetes yang diderita, usia, kesehatan fisik, dan lain sebagainya. Umumnya, Anda harus memakai alat tes gula darah beberapa kali sehari, seperti saat berolahraga, sebelum makan, tidur, dan lain sebagainya. Jika Anda diharuskan memakai suntik insulin, maka setidaknya Anda akan butuh mengecek gula darah 3 kali sehari.

Tag