Rekomendasi Vitamin Penambah Darah untuk Menjaga Kesehatan Tubuh (2020)

Rekomendasi Vitamin Penambah Darah untuk Menjaga Kesehatan Tubuh (2020)

Sumber gambar unsplash.com

Zat besi adalah elemen yang sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Kekurangan zat besi menyebabkan kurangnya oksigen dalam darah. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi vitamin penambah darah agar aktivitas tetap lancar.

Kurang Darah Bisa Mengganggu Aktivitas

Sumber gambar www.womenfitness.net

Kekurangan darah atau anemia adalah penyakit yang bisa mneyerang siapa saja. Banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka mengalami kekurangan darah sehingga tidak melakukan apa-apa untuk mengobatinya. Padahal kurang darah bisa mengganggu aktivitas lho.

Tubuh yang kekurangan darah membuat tubuh terasa lemas, mudah mengantuk, pusing, pandangan berkunang-kunang, dan wajah terlihat pucat. Jika tidak diobati, kurang darah bisa mengganggu fokus dalam bekerja dan belajar. Pada anak-anak, anemia bisa mengganggu tumbuh kembang mereka.

Anemia yang tidak ditangani bisa menyebabkan gagal jantung bila dibiarkan terus menerus. Oleh karena itu, konsumsi vitamin penambah darah untuk mencegah terjadinya anemia secara berkepanjangan.

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Darah

Tubuh Mudah Lelah

Sumber gambar elitecarehouston.com

Mudah merasa lelah menjadi tanda kekurangan darah yang paluing umum dirasakan. Kelelahan ini muncul karena tubuh kekurangan hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang bertugas mengikat oksigen dan mengankutnya ke seluruh tubuh.

Apabila tubuh kekurangan oksigen, maka semua sela dan jaringan yang ada di dalam tubuh juga mengalami kekurangan oksigen. Hal ini membuat jantung bekerja ekstra keras untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh. Inilah yang kemudian membuat tubuh cepat merasa lelah.

Sering Pusing dan Sakit Kepala

Sumber gambar insider.com

Jika Anda sering merasa pusing dan sakit kepala, bisa jadi itu merupakan gejala anemia. Kurangnya hemoglobin dalam darah membuat tubuh kekurangan oksigen. Bagian otak mendapatkan suplai oksigen yang tidak mencukupi sehingga membuat Anda pusing dan sakit kepala, terutama saat berbaring atau duduk.

Kekurangan darah juga bisa menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di otak dan menekan bagian lainnya, sehingga menyebabkan sakit kepala.

Kulit Terlihat Pucat

Sumber gambar www.mydr.com.au

Seseorang yang kekurangan darah akat terlihat pucat kulitnya. Ini karena kekurangan hemoglobin yang memberi warna merah pada darah. Rona kulit dipengaruhi oleh kelancaran peredaran darah. Sehingga ketika sirkulasi darah menjadi tidak lancar karena anemia, warna kulit akan menjadi pucat. Hal ini biasanya terjadi pada penderita anemia sedang hingga berat.

Jantung Berdebar dan Sesak Napas

Sumber gambar www.lifebuoy.co.id

Anemia atau kurang darah disebabkan oleh kurangnya zat besi yang ada di tubuh. Ini menyebabkan sensasi jantung yang berdebar keras. Ketika tubuh kekurangan darah, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

Kurangnya kadar oksigen dalam darah juga menyebabkan laju pernapasan meningkat. Sama seperti jantung, paru-paru juga berusaha keras untuk menampung oksigen sehingga menyebabkan dada terasa sesak meski hanya melakukan kegiatan ringan saja.

Tangan dan Kaki Terasa Dingin

Sumber gambar www.medicalnewstoday.com

Kurangnya zat besi dalam darah yang menyebabkan anemia membuat tangan dan kaki seseorang terasa dingin. Ini merupakan akibat dari kurangnya suplai oksigen dari jantung hingga ke tangan dan kaki. Sebagian penderita anemia bahkan lebih mudah merasa kedinginan karena hal ini.

Makanan Tinggi Zat Besi untuk Menambah Darah

Daging Merah

Daging merah menjadi sumber zat besi yang baik dikonsums oleh penderita anema. Dalam setiap 100 gram daging merah tanpa lemak memiliki kandungan sekitar 2 mg zat besi. Orang yang mengkonsumsi cukup daging merah terbukti memiliki peluang lebih kecil untuk menderita kekurangan zat besi.

Ikan

Sumber gambar mydrtuna.com

Makanan berikutnya yang kaya akan zat besi adalah ikan. Mulai dari ikan sarden, tuna, salmon, ikan kembung, hingga ikan air tawar adalah sumber zat besi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Dalam 85 gram tuna mengandung 1,5 mg zat besi. Tidak hanya itu, ikan juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti omega 3, protein, vitamin B3, selenium, dan vitamin B12.

Bayam

Sumber gambar food.ndtv.com

Bayam menjadi sumber zat besi yang dipilih oleh kaum vegetarian. Kandungan zat besi dalam sayur bayam cukup tinggi. Di setiap 100 gram bayam, misalnya, terdapat 2,7 mg zat besi. Bayam juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin E, serat, dan kalsium.

Rekomendasi Vitamin Penambah Darah yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Tonikum Bayer Multivitamin, Mineral, dan Zat Besi

Produk vitamin penambah darah yang direkomendasikan pertama adalah Tonikum Bayer Multivitamin, Mineral, dan Zat Besi. Produk ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih dipercaya oleh konsumen hingga saat ini. Multivitamin yang satu ini kaya akan kandungan zat besi, mangan, kalsium, zinc, vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12.

Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya bekerja sebagai penstabil serta membantu mnejaga daya tahan tubuh. Penuhi kebutuhan multivitamin harian Anda agar tubuh tetap fit dan sehat dalam menjalani berbagai aktivitas yang padat. Aman dikonsumsi oleh wanita hamil, wanita menstruasi, serta anak pada masa pertumbuhan.

Harga Rp. 15.000-50.000

Nutrimax Vital Suplemen Kesehatan

Konsumsi vitamin yang mengandung zat besi sangat penting untuk mencegah serangan anemia. Nutrimax Vital Suplemen Kesehatan adalah multivitamin yang mampu membantu memudahkan penyerapan zat besi sehingga mencukupi kebutuhan tubuh untuk membentuk hemoglobin. Ramah di lambung dan aman dikonsumsi penderita maag.

Manfaat dari multivitamin ini adalah membantu mengatasi anemia, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi gejala anemia, dan membantu proses tumbuh kembang anak. Konsumsi sebanyak 1 sampai 2 kapsul sehari membantu menjaga kesehatan sistem saraf, jantung, dan pembuluh darah dalam tubuh. Sangat penting untuk wanita hamil untuk mencegah anemia. Pastikan minum multivitamin ini setelah makan setiap hari.

Harga Rp. 150.000-350.000

NOW Food Iron 36 mg Double Strength

Berikutnya ada rekomendasi NOW Food Iron 36 mg Double Strength yang cocok sebagai multivitamin yang dikonsumsi sehari-hari. Produk non GMO ini dibalut dalam kapsul vegan yang aman dikonsumsi siapa saja.

Kaya akan kandungna iron atau zat besi yang memiliki peran penting dalam memproduksi energi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan sistem saraf. Zata besi menjadi komponen penting dari hemoglobin, memastikan suplai oksigen ke seluruh tubuh tercukupi. Dalam setiap kapsulnya mengandung 2 kali lebih banyak kandungan zat besi untuk mencukupi kebutuhan harian.

Konsumsi satu kapsul setiap hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian tubuh.

Harga Rp. 300.000-450.000

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Produk yang satu ini adalah vitamin yang wajib dikonsumsi oleh setiap ibu hamil dan ibu menyusui di luar sana. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dan menunjang tumbuh kembang si kecil. Tinggi kandungan DHA, vitamin, dan mineral selama masa hamil dan menyusui.

Dosis multivitamin ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan para ibu hamil dan menyusui di Indonesia. Mampu mendukung penuh perkembangan bayi pada 1000 hari pertama masa kehidupannya. Meski terbuat dari minyak ikan, kapsul vitamin ini sama sekali tidak berbau sehingga tidak menyebabkan mual dan muntah pada ibu hamil dan ibu menyusui.

Harga Rp. 150.000-450.000

Sangobion VITA-TONIK

Sangobion VITA-TONIK menjadi produk vitamin penambah darah berikutnya yang direkomendasikan. Produk suplemen ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia yang kekurangan zat besi. Hadir dalam bentuk sirup dengan rasa cranberry yang unik, cocok untuk dikonsumsi segala usia.

Dalam setiap 15 mg larutan vitamin mengandung 113 mg efrrazone, 15 mg zat besi, dan kandungan vitamin B yang lengkap. Konsumsi 2 sendok makan dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan zat besi harian tubuh.

Harga Rp. 20.000-80.000

Iron Melts Chewable Dietary Supplements

Iron Melts Chewable Dietary Supplements adalah suplemen makanan yang kenyal dan mudah dikunyah. Dengan rasa strawberry yang pasti disukai oleh anak-anak. Multivitamin ini bisa dikonsumsi oleh segala usia. Kaya akan kandungan besi, folic acid, dan vitamin B12 yang mudah larut dan meleleh di mulut. Bekerja membantu penyerapan zat besi secara maksimal, aman untuk tubuh.

Manfaat dari produk ini adalah menjaga kesehatan jantung, menekan resiko stroke, membantu pembentukan hemoglobin, dan membantu pembentukan serta pemeliharaan otot. Cukup konsumsi satu sampai 2 tablet sehari untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Harga Rp. 200.000-350.000

Nature's Bounty Gentle Iron

Selanjutnya ada rekomendasi produk bernama Nature's Bounty Gentle Iron. Kapsul vitamin ini terbuat dari bahan sayur-sayuran yang mudah terserap tubuh, dapat dikonsumsi oleh kaum vegan dan vegetarian. Bekerja memaksimalkan produksi sel darah merah dalam tubuh sekaligus sebagai suplemen mineral harian Anda.

Diperkaya kandungan asam folat, vitamin B12, dan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Produk ini telah teruji secara klinis di laboratorium sehingga aman untuk segala usia. Dapatk dijadikan vitamin harian untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.

Harga Rp. 200.000-450.000

Nature's Plus Iron Tablets 40 mg

Nature's Plus Iron Tablets 40 mg adalah suplemen penambah darah yang baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Satu botol berisi 90 kaplet yang aman dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh. Suplemen mineral ini berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh dan mendorong pembentukan energi.

Membantu pembentukan hemoglobin, membantu mendukung kerja enzim, serta menjaga kesehatan pencernaan, rambut, mata, kulit, dan kuku. Multivitamin ini tidak dianjurkan untuk penderita gangguan lambung. Cukup konsumsi 1 tablet sehari untuk orang dewasa.

Harga Rp. 150.000-300.000

Blackmores Bio Iron Advanced

Satu lagi rekomendasi produk vitamin penambah darah yang baik dikonsumsi oleh segala usia. Blackmores Bio Iron Advanced mengandung formula zat besi yang dibutuhkan tubuh. Mampu mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh dan menjaga tubuh teta sehat dan segar. Mengaurangi rasa lelah akibat kekurangan zat besi dan anemia.

Selain itu, produk ini juga bekerja meningkatkan kekebalan tubuh. Mengandung vitamin B, vitamin C, dan betakroten yang dapat diserap tubuh secara maksimal. Multivitamin ini cocok dikonsumsi oleh kaum vegan dan vegetarian. Bisa dikonsumsi baik oleh dewasa maupun anak-anak sesuai dengan petunjuk dokter.

Harga Rp. 200.000-400.000

Nature Made Iron Supplement

Terakhir ada rekomendasi produk bernama Nature Made Iron Supplement sebagai vitamin penambah darah harian tubuh. Mengandung 65 mg iron di setipa kapsulnya untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian tubuh.

Dengan konsumsi multivitamin ini secara rutin, tubuh kembali berenergi dan siap menjalani segala aktivitas harian. Tidak mengandung pewarna dan perasa buatan, serta bebas gluten. Vitamin ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa setelah makan.

Harga Rp. 300.000-500.000
From our editorial team

Menjaga Kesehatan di Musim Pandemi Itu Sangat Penting

Di musim pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan menjadi hal yang lebih penting dibandingkan apapun. Terlebih lagi dengan segudang aktivitas yang tetap harus berjalan. Rekomendasi vitamin penambah darah dari BP-Guide di atas bisa menjadi supplemen untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Jangan lupa konsumsi setiap hari ya!

Tag