Ingin Kebutuhan Protein Terpenuhi? Ini Rekomendasi Suplemen untuk Mencukupi Kebutuhan Protein Pengganti Makanan (2020)

Ingin Kebutuhan Protein Terpenuhi? Ini Rekomendasi Suplemen untuk Mencukupi Kebutuhan Protein Pengganti Makanan (2020)

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Gizi juga menjadi faktor pembentukan tubuh yang sempurna. Misalnya, protein bisa membuat otot tubuh berisi dan membentuk postur yang ideal bahkan sempurna.

Berapa Kebutuhan Protein untuk Orang Dewasa Per Hari?

Bukan rahasia lagi bahwa protein adalah salah satu kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berperan dalam pembentukan jaringan tubuh, protein juga berperan dalam membangun otot dan sumber energi selama aktivitas. Tak hanya itu, protein juga berperan dalam memelihara fungsi kognitif otak dan produksi hormon.

Memiliki berbagai peran penting bagi tubuh, maka asupan protein tentu harus dicukupi. Lantas, berapa kebutuhan harian protein bagi manusia? Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), angka kecukupan protein per hari bagi wanita adalah 56-59 gram, sedangkan pria 62-66 gram. Akan tetapi, kebutuhan ini pun berbeda-beda pada setiap individu, tergantung pada berat badan serta aktivitas masing-masing.

Kebutuhan nutrisi juga dapat dilihat dari usia tiap individu. Kondisi kehamilan juga meningkatkan kebutuhan protein harian seseorang. Kebutuhan akan protein ini sudah seharusnya dipenuhi untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Asupan Protein Bisa Kita Peroleh dalam Bentuk Bubuk Protein

Untuk memenuhi asupan nutrisi harian, makan makanan bergizi adalah kunci utamanya. Begitu pula dengan asupan protein. Banyak bahan makanan yang mengandung sumber protein, misalnya, daging, telur, susu, dan ikan yang termasuk dalam protein hewani. Kemudian, kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati.

Dewasa ini, semua sumber nutrisi telah diformulasi dalam produk sederhana berupa suplemen. Begitu pula dengan kehadiran bubuk protein yang merupakan suplemen makanan untuk menambah asupan protein dalam tubuh. Secara garis besar ada 3 jenis bubuk protein berdasarkan bentuknya, yaitu protein konsentrat, protein isolate, dan protein hidrosilat. Lantas apa beda ketiganya?

Protein konsentrat merupakan jenis protein yang diekstraksi dari makanan utuh dengan kandungan protein murni 50-80%, sisanya adalah lemak dan karbohidrat. Sedangkan, protein isolate memiliki kandungan protein murni yang lebih tinggi, yaitu 90-95% karena melalui penyaringan ekstra. Protein hidrosilat adalah jenis protein yang paling cepat diserap oleh tubuh, karena diproduksi dengan panas yang tinggi dan bantuan enzim tertentu.

Ada Beberapa Jenis Protein Powder yang Bisa Ditemukan di Pasaran

Whey Protein

Berbicara tentang bubuk protein, ada berbagai jenis yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah whey protein yang banyak terkandung di susu. Terbuat dari susu sapi, whey protein memiliki berbagai banyak manfaat. Mampu membantu pembentukan otot, whey protein juga memperbaiki komposisi tubuh.

Whey protein sangat mudah dicerna oleh tubuh dan mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Kaya akan kandungan BCAA, whey protein juga berperan dalam pemulihan otot pasca latihan. Keunggulan dari whey protein adalah meningkatkan proses protein sintesis otot hingga 31% lebih tinggi dari protein kedelai. Meski begitu, kelemahan whey protein adalah kandungan laktosa yang dimiliki, karena beberapa orang tidak bisa mengonsumsinya.

Casein Protein

Selain whey protein, dalam susu juga ditemukan casein protein. Protein ini memiliki waktu yang cukup lama untuk dicerna. Meski kurang efektif dalam pemulihan otot pasca latihan, casein protein optimal dikonsumsi sebelum tidur. Berbeda dengan whey protein, casein protein berguna untuk mencegah hancurnya otot dan membantu peningkatan kekuatan otot.

Mampu memperlambat pengosongan lambung, casein protein juga dapat memperlambat penyerapan asam amino dalam darah. Pemaparan otot yang secara bertahap inilah yang mampu mengurangi terpecahnya protein dalam otot. Casein protein juga lebih berpotensi untuk meningkatkan massa otot pria yang mengalami kelebihan berat badan dibandingkan whey protein.

Soy Protein

Jenis protein selanjutnya adalah soy protein, atau protein kedelai. Soy protein bisa menjadi alternatif bagi Anda yang merupakan seorang vegan atau vegetarian.

Terbuat dari biji-bijian, protein ini mengandung banyak asam amino esensial yang bermanfaat bagi tubuh. Selain menunda lapar, soy protein juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah. Sebagai protein nabati, kacang kedelai mengandung asam amino esensial dalam jumlah cukup dan berkualitas.

Soy protein cocok untuk Anda yang telah melakukan diet jenis keto atau vegetarian. Selain itu, produk whey protein juga menjadi alternatif bagi Anda yang alergi pada protein susu. Tak kalah dengan protein susu, soy protein memiliki kandungan juga berperan dalam sintesis protein otot, menurunkan kadar kolesterol, dan membentuk massa tulang.

Rice Protein

Pilihan protein nabati berikutnya adalah protein beras. Terbuat dari asam amino pada beras cokelat atau merah, protein beras memiliki segudang manfaat dan keunggulan dibanding protein lainnya.

Meski bukan termasuk ke dalam protein lengkap dan tidak mengandung cukup asam amino, protein beras dikenal hypoallergenic, sehingga menurunkan risiko terjadinya alergi.

Protein beras juga diperkaya dengan nutrisi lain, seperti serat, karbohidrat, dan vitamin B kompleks. Protein beras atau rice protein juga membantu pembentukan massa otot dan pemulihan otot.

Pea Protein

Jenis protein yang terakhir adalah pea protein atau protein kacang. Protein nabati ini mengandung semua asam amino esensial, sehingga disebut sebagai salah satu sumber protein lengkap. Sama seperti soy protein, pea protein juga kerap dipilih sebagai alternatif bagi para vegan atau pemilik intoleransi terhadap protein susu.

Bubuk protein kacang terbuat dari kacang spling kuning yang tinggi serat dan mengandung asam amino esensial, termasuk BCAA. Jenis protein ini diserap tubuh lebih lama dari whey protein, sehinga mampu melepas hormon kenyang. Efektivitasnya dalam meningkatkan massa otot pun tak perlu diragukan lagi.

Rekomendasi Suplemen untuk Mencukupi Kebutuhan Protein Pengganti Makanan

Optimum Nutrition Whey Gold Standard 5 lbs ON WGS Protein

Optimum Nutrition Whey Gold Standard 5 lbs ON WGS Protein 5lbs 5lb lb Isolate adalah suplemen protein pengganti makanan yang berkualitas premium. Produk ini efektif dalam membentuk tubuh dengan diimbangi latihan yang teratur.

Whey yang diproduksi oleh Optimum Nutrition ini diformulasi khusus, sehingga memiliki berbagai manfaat. Mampu meingkatkan daya tahan tubuh, suplemen ini juga mampu memulihkan cedera otot dengan cepat. Tak hanya itu, suplemen juga dapat menambah massa otot tanpa adanya kadar lemak.

Terbuat dari 100% whey isolate murni larut air, produk ini juga diperkaya dengan BCAA dan glutamine. Memiliki rasa yang nikmat, suplemen ini juga tidak mengandung pemanis buatan, sehingga lebih aman dikonsumsi.

Harga Rp. 750.000-880.000

Evolene Whey Protein

Suplemen pelengkap kebutuhan protein berikutnya yang bisa dipilih adalah Evolene Whey Protein 228 gram 6 sachet. Produk yang tinggi protein dan rendah lemak ini mampu membantu pembentukan otot tubuh.

Diformulasi khusus, produk whey ini mengandung 25 gram protein, 4 gram karbohidrat, dan 1 gram lemak pada tiap sachetnya. Kandungan tiap sachetnya pun setara dengan 100 gram dada ayam, 100 gram ikan dory, 5 butir telur, atau 150 gram tempe.

Susu protein yang telah lulus uji BPOM ini mampu mencukupi kebutuhan protein harian. Tak hanya itu, produk dari Evolene ini juga bermanfaat dalam perkembangan otot tubuh dengan baik. Rendah kalori, suplemen ini efektif dalam mencegah terkikisnya otot selama diet.

Harga Rp. 97.000-160.100

Susu Whey Protein Isolate WPI 90

Susu Whey Protein Isolate WPI 90 adalah suplemen dengan whey yang paling murni. Memiliki Protein Efficiency Ratio (PER) yang tinggi, produk ini juga memiliki kandungan protein yang komplet.

Produk ini diformulasi khusus dengan 100% whey, 90% protein, dan 0% filler. Tanpa pemanis buatan, susu whey protein ini hadir dengan varian plain unflavored atau tawar. Cocok bagi Anda yang memiliki perut sensitif, whey isolate memiliki kandungan laktosa yang sangat rendah.

Rendah kalori dan lemak, susu ini sangat pas sebagai minuman setelah latihan. Tak hanya itu, Susu Whey Protein Isolate WPI 90 juga ideal untuk pembentukan otot bebas lemak. Produk ini sangat mudah larut dan juga mudah diserap tubuh.

Harga Rp. 138.000-182.000

Scitec Amino 1000tab

Scitec Amino 1000tab adalah suplemen protein yang diformulasi dari asam amino esensial dan rantai cabang asam amino. Suplemen berbentuk tablet ini diproduksi dari protein whey hydrolyzed berkualitas tinggi untuk memastikan hasil yang optimal.

Mengandung BCAA yang tinggi, produk ini efektif dalam membantu pembentukan massa otot. Mampu meningkatkan ketahanan otot pada saat latihan, produk ini juga membantu pemulihan otot setelah latihan.

Dalam satu botol produk ini berisi 1000 tablet, sehingga Anda tak perlu sering-sering mengeluarkan uang untuk membeli produk ini. Untuk cara pemakaiannya, disarankan untuk mengonsumsi 1-3 tablet sebelum dan sesudah latihan, serta sebelum tidur.

Harga Rp. 743.000-1.302.000

Mass Tech Masstech 22lbs Muscletech

Mass Tech Masstech 22lbs Muscletech adalah produk yang dikembangkan dari gainer sebelumnya, seperti Mass Tech Elite dan Premium Mass. Formulasi terbaru dari Muscletech ini dirancang khusus untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam menambah berat badan.

Formulasi terbaru suplemen ini memiliki 63 gram protein, 1000 kalori, 5 gram BCAA, 5 gram omega, 10 gram creatine, dan 168 gram karbohidrat pada tiap penyajiannya. Susunan nutrisi tersebut meningkatkan stamina, pertambahan massa otot, dan menjaga tubuh selalu dalam kondisi anabolik.

Suplemen ini juga diperkaya dengan 3 gram alanine pada tiap penyajian yang memberikan cadangan energi dan membantu sintesa protein. Kandungan kalorinya pun berasal dari protein berkualitas tinggi, karbohidrat cepat cerna, dan juga lemak baik untuk memaksimalkan pertambahan massa otot.

Harga Rp. 1.190.000-1.220.000

Platinum 100% Casein 1.82 lbs (824g) Protein USA Import

Mau suplemen protein dengan rasa yang lezat? Anda bisa mencoba produk Platinum 100% Casein 1.82 lbs (824g) Protein USA Import. Tidak hanya tinggi protein, suplemen ini juga memiliki rasa yang disukai.

Bahan utama produk ini adalah micellar casein atau protein lambat cerna yang berkualitas platinum. Efektif dalam memenuhi kebutuhan otot, produk keluaran MuscleTech ini mengandung 24 gram protein murni.

Diproses dengan teknologi mikro filter pada suhu dingin, membuat susu ini memiliki kadar lemak dan laktosa yang rendah. Produk ini juga diperkaya dengan 5.2 gram BCAA dan 4.9 glutamine. Dengan formulasi tersebut, produk ini membantu menjaga otot hingga 8 jam.

Harga Rp. 312.500-743.900

Cellucor Whey Cor Performance Whey 5LBS

Cellucor Whey Cor Performance Whey 5LBS merupakan suplemen yang memberikan supply protein untuk otot. Dibuat untuk menunjang pembentukan otot, suplemen ini baik dikonsumsi sebelum sarapan, latihan fisik, serta sesudah latihan fisik.

Suplemen berprotein tinggi ini diformulasi dari dua macam protein premium, yaitu protein whey isolate dan protein whey concentrate. Memiliki sedikit kandungan lemak dan karbohidrat, produk ini diperkaya dengan digestive enzyme untuk meningkatkan manfaatnya. Tak hanya itu, suplemen ini juga mengandung BCAA dan glutamine yang tinggi.

Produk yang dibuat dengan formula whey matrix ini bisa dikonsumsi 2-3 kali sehari. Caranya pun mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok suplemen ke dalam 5 oz air dingin. Memiliki rasa yang lezat, Cellucor Whey Cor Performance Whey 5LBS cocok dijadikan sebagai suplemen pilihan.

Harga Rp. 790.000-1.319.000

L-Men Platinum 800gr

Siapa yang tak kenal dengan brand L-Men? Produk ini juga memiliki suplemen protein unggulan, yaitu L-Men Platinum 800gr. Suplemen dengan kandungan protein whey sangat tinggi ini membantu meningkatkan volume otot.

Mengandung 25 gram protein whey tiap penyajian, produk ini mengandung whey protein isolate yang cepat diserap untuk pertumbuhan massa otot yang optimal. Produk ini diperkaya L-Carnitine dan L-glutamine yang membantu pembakaran lemak menjadi energi serta mengoptimalkan pembentukan otot pasca latihan.

Vitamin B-complex yang terkandung di dalamnya mampu membantu peningkatan metabolisme dan juga penyerapan asam amino.Produk keluaran L-Men ini cocok untuk Anda yang memiliki lactose intolerance. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi suplemen ini 2 kali sehari, di antara sarapan dan makan siang, serta seusai latihan.

Harga Rp. 384.900-766.000

Wondermeal Suplemen Protein

Wondermeal Suplemen Protein adalah suplemen protein yang mengandung bahan esensial dan alami untuk menunjang kesehatan tubuh. Tersedia dalam kemasan botol seberat 455 gram, produk ini terbuat dari tumbuhan dan whey berkualitas tinggi.

Suplemen ini efektif dalam menjaga muscle tone dan perkembangannya, terutama bagi Anda yang memang aktif secara fisik. Makanan tambahan dengan protein kualitas premium ini juga membantu penyerapan protein dan asam amino secara cepat, sehingga mengoptimalkan pembentukan otot.

Produk ini diperkaya dengan mineral penting kromium pikolinat yang memicu efisiensi metabolisme gula, sehingga mampu menyeimbangkan kadar gula darah. Kandungan serat dan antioksidannya juga membantu asimilasi protein dalam tubuh.

Harga Rp. 358.000-615.000

Purely Inspired Organic Protein 100% Plant-Based Nutritional Shake French Vanilla 1.50 lbs (680 g)

Purely Inspired Organic Protein 100% Plant-Based Nutritional Shake French Vanilla 1.50 lbs (680 g) adalah produk suplemen protein berikutnya yang memiliki fitur formula organik. Menggunakan bahan-bahan yang sehat dan murni, suplemen ini hadir tanpa pemanis buatan.

Suplemen protein yang ramah vegan ini bebas gluten, GMO, dan telah memiliki sertifikat organik USDA. Dengan 20 gram bubuk protein nabati, protein ini termasuk protein kacang organik dan beras merah organik. Mengandung 7 gram serat dan 2 gram gula, membuat produk ini baik untuk pencernaan.

Harga Rp. 575.000-846.000
From our editorial team

Lengkapi Asupan Protein untuk Menyempurnakan Bentuk Tubuh

Protein bukan sekadar zat gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, tetapi juga sebagai pendorong penambahan massa otot. BIasanya dibutuhkan oleh laki-laki yang ingin meyempurnakan bentuk tubuh, tetapi berkemungkinan pula dibutuhkan oleh perempuan. Pilih jenis protein yang sesuai dengan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus menambah massa otot.

Tag