Tulang Lebih Sehat dan Kuat dengan 10 Rekomendasi Suplemen Kalsium Terbaik (2020)

Tulang Lebih Sehat dan Kuat dengan 10 Rekomendasi Suplemen Kalsium Terbaik (2020)

Tubuh kita membutuhkan banyak mineral dan vitamin. Setiap mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh bisa dengan mudah diperoleh lewat berbagai makanan dan minuman. Namun, ada kalanya kita juga butuh suplemen yang bisa menunjang kebutuhan mineral kita. Salah satunya adalah kalsium yang banyak dibutuhkan mereka yang mengalami gejala pengeroposan tulang. Simak rekomendasinya dari kami!

Mengenal Suplemen Kalsium dan Jenis-jenisnya

Kalsium merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Kalsium bisa kita dapatkan dari aneka bahan makanan seperti keju, yoghurt, kale, brokoli, dan lain sebagainya. Kalsium juga dikenal mudah didapatkan dari susu hingga es krim. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi ikan kalengan yang bisa dikonsumsi beserta tulangnya seperti contohya ikan sarden.

Bagi kamu yang merasa kurang tercukupi kebutuhan kalsiumnya maka bisa mengonsumsi suplemen kalsium. Namun tentu kamu tidak bisa asal beli suplemen kalsium saja. Ini karena ada banyak jenis suplemen kalsium yang memiliki kandungan yang berbeda-beda.

Ada jenis kalsium karbonat yang mengandung 40 persen kalsium elemental. Lalu ada juga jenis kalsium glukonat yang mengandung 9 persen kalsium elemental. Ada pula kalsoum laktat yang mengandung 13 persen kalsium elemental. Biasanya suplemen kalsium mengandung dua jenis alsium yakni kalsium karbonat dan kalsium sitrat.

Kalsium karbonat paling banyak digunakan dalam suplemen. Hal ini dikarenakan sifatnya yang mudah ditoleransi tubuh. Untuk mengonsumsinya harus dibarengi dengan makanan agar kalsium segera terserap ke dalam tubuh.

Kalsium karbonat berbeda dengan kalsium sitrat. Ini karena kalsium sitrat bisa terserap dengan baik meski tidak dibarengi dengan asupan makanan. Kendati demikian, untuk mengonsumsinya juga wajib di saat yang tepat, bukan asal saja.

Kapan Kita Butuh Suplemen Kalsium?

Tidak semua orang membutuhkan asupan suplemen kalsium. Seseorang bisa dikatakan membutuhkan suplemen kalsium pada kondisi-kondisi tertentu saja.

Salah satu yang membutuhkan suplemen kalsium adalah mereka yang alergi susu sapi. Kita tahu kandungan kalsium dalam susu sapi sangat tinggi. Jika kamu menderita alergi susu sapi, maka suplemen kalsium akan sangat berguna untuk membantu kamu mencukupi kebutuhan kalsium yang tidak bisa didapatkan dari susu.

Mereka yang butuh kalsium lainnya adalah orang yang menjalani diet vegan. Saat melakukan diet vegan tentu kebutuhan akan kalsium jadi susah didapatkan. Maka dari itu suplemen kalsium akan sangat membantu.

Kamu yang mengalami osteoporosis juga wajib mengonsumsi suplemen kalsium. Osteoporosis tidak hanya dialami orangtua saja. Selain itu, orang yang menjalani pengobatan jangka panjang dengan obat kortikosteroid juga akan membutuhkan suplemen kalsium.

Ini Dia Manfaat Suplemen Kalsium

Menurunkan Risiko Osteoporosis

Suplemen kalsium memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk menurunkan risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Para wanita yang mengalami menopause umumnya akan mengalami penurunan massa tulang. Ini karena kadar hormon estrogen di dalam tubuh berkurang. Suplemen kalsium bisa sangat berguna untuk membantu mempertahankan kepadatan tulang.

Menurunkan Lemak Tubuh

Suplemen kalsium juga bisa menurunkan lemak di tubuh. Dari beberapa riset yang dilakukan para ahli, asupan kalsium yang rendah bisa dikaitkan dengan indeks massa tubuh dan persentase lemak yang tinggi. Dalam riset Nutrition Journal, mereka yang obesitas dan mengonsumsi 600 mg kalsium dan 125 IU vitamin D justru sukses menurunkan lemak tubuh lebih banyak ketimbang mereka yang tidak mengonsumsinya. Tentu saja suplemen kalsium harus dibarengi dengan vitamin D untuk mengoptimalkan hasil yang ingin didapat.

Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Suplemen kalsium juga bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Sebuah penelitian dalam Archives of Internal Medicine mengungkapkan temuannya. Dalam riset tersebut dijabarkan bahwa kalsium dari produk suplemen atau susu bisa menurunkan risiko kanker usus besar.

Bahaya Kelebihan Suplemen Kalsium

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tentunya ada juga bahaya yang mengintai jika kamu kelebihan suplemen kalsium. Salah satu bahayanya adalah mengalami konstipasi. Mereka yang terlalu banyak suplemen kalsium bisa menderita konstipasi karena tidak semua orang bisa mentolerasi konsumsi suplemen kalsium secara rutin.

Selanjutnya, bahaya lain dari mengonsumsi suplemen kalsium adalah menderita batu ginjal. Konsumsi kalsium terlalu banyak atau sekitar 1300 mg bisa menyebabkan batu ginjal. Apalagi jika kurang minum air putih dan pola makannya tinggi garam.

Kebanyakan mengonsumsi suplemen kalsium juga bisa menyebabkan kram otot. Ini biasanya dialami oleh para lansia yang ototnya sudah mulai mengakumulasi kalsium. Untuk mengatasi masalah ini maka bisa mulai mengurangi dosis suplemennya.

Mengonsumsi suplemen kalsium dalam jumlah banyak juga bisa membuat kamu mengalami risiko keracunan vitamin D. Kadar vitamin D bisa lebih dari 100 ng/ml. Jika sudah seperti ini maka kalsium akan menumpuk dalam darah.

Butuh Suplemen Kalsium Terbaik? Ini Dia Rekomendasi BP-Guide!

Blackmores Calcimag Multi

Blackmores Calcimag Multi bisa menjadi rekomendasi pertama untuk kamu. Produk yang satu ini adalah suplemen yang mengombinasikan kalsium dengan magnesium dan vitamin D3. Suplemen ini bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tulang dari osteoporosis. Produk ini hadir dalam satu tablet yang mudah diserap oleh tubuh. Selain bisa membantu memelihara kesehatan, juga bisa mendukung kesehatan otot dan fungsi saraf.

Harga Rp. 117.000-155.000

Wellness Calcium Citrate

Ada juga produk Wellness Calcium Citrate yang bisa diandalkan. Suplemen kaslium ini hadir dalam kemasan botol berisi 120 tablet. Dengan produk ini maka tulang bisa lebih kokoh dan menurunkan risiko tulang rapuh atau keropos. Dalam produk ini ada kandungan tinggi kalsium yang bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi. Produk ini juga bisa digunakan para wanita menopouse yang produksi esterogennya menurun.

Daya serapnya yang tinggi bisa mengoptimalkan penyerapan kalsium dan menjaga kadar normalnya dalam darah. Produk ini juga akan bisa membantu ovarium untuk produksi estrogen dan bisa mengurangi risiko kanker usus.

Harga Rp. 138.000-300.000

Naturelo Bone Strength

Naturelo Bone Strength ini juga bisa jadi pilihan untuk kamu. Suplemen kalsium ini terbuat dari bahan alami yang bebas pengawet sehingga lebih aman untuk dikonsumsi tubuh. Di dalamnya juga terdapat vitamin C, vitamin K2, vitamin A, vitamin D3, vitamin E, dan lain sebagainya. Manfaatnya adalah bisa memperkuat tulang, gigi, dan mengurangi risiko osteoporosis. Selain bisa diminum langsung, suplemen ini juga bisa ditaburkan pada makanan atau minuman.

Harga Rp. 599.000-1.450.000

Sea-Quill Osteo-Cal

Ada juga produk Sea-Quill Osteo-Cal yang bisa kamu manfaatkan. Suplemen kalsium ini berisi 60 tablet. Formulanya cepat diserap tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan Ipriflavonedan Soy Isoflavone yang merupakan senyawa fitoestrogen yang sangat bermanfaat dalam melawan osteoporosis. Suplemen ini kaya akan vitamin D sehingga lebih cepat dibawa ke tulang dan gigi oleh darah. Produk ini tidak memiliki efek samping saat digunakan.

Suplemen ini berguna untuk merelaksasi saraf dan bisa juga membantu mengatasi gangguan tidur. Tekanan darah juga bisa tetap normal dengan konsumsi yang sewajarnya. Untuk dewasa dianjurkan 1 tablet 3 kali sehari.

Harga Rp. 223.000-405.000

Nature’s Health Coral Calcium

Nature’s Health Coral Calcium menjadi rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini berisi 90 tablet. Suplemen kalsium ini dibuat dari coral yang diambil dari laut dalam di pulau Okinawa, Jepang. Produk ini bisa menjaga kekuatan tulang dari risiko osteoporosis. Selain itu, juga bisa menjaga kesehatan jantung dan mengurangi serangan asma kronis.

Gunakan juga supleme kalsium ini untuk membantu pengobatan rematik, mencegah insomnia, dan mencegah keluhan kram otot. Suplemen yang satu ini juga bisa mengatasi masalah kerapuhan kuku, gelisah, dan kelelahan berlebihan. Partikel suplemen yang lebih kecil bisa diserap lebih cepat sekitar 15 menit dibandingkan dengan jenis kalsium lainnya. Produk ini tidak akan menimbulkan gangguan di pencernaan seperti konstipasi.

Harga Rp. 198.000-334.000

Blackmores Total Calcium Magnesium + D3

Blackmores Total Calcium Magnesium + D3 adalah rekomendasi kami selanjutnya. Suplemen kalsium ini bisa membantu penyerapan kalsium lebih cepat dan menjaga kadar vitamin D3 dalam tubuh untuk membuat tulang lebih kuat. Kandungannya tidak asam dan tidak menimbulkan efek samping seperti konstipasi.

Setiap tabletnya berisi kalsium dan dua vitamin penunjang kesehatan tulang dan sendi. Ada juga kandungan magnesium yang tinggi dalam produk ini untuk menjaga fungsi saraf dan kesehatan otot. Dalam satu botol ini berisi 60 butir suplemen kesehatan.

Harga Rp. 375.000-567.000

PURITAN ABSORBABLE CALCIUM 1200 MG PLUS VIT. D3

PURITAN ABSORBABLE CALCIUM 1200 MG PLUS VIT. D3 adalah produk lain yang bisa dikonsumsi. Suplemen kalsium yang satu ini bisa memelihara sistem kekebalan tubuh. Hadir dalam bentuk softgel cair, produk ini bisa diserap tubuh dalam waktu 30 menit saja. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin D yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Cukup konsumsi dua softgel setiap hari dengan makanan yang bergizi dan berimbang sehingga bisa lebih maksimal manfaatnya.

Harga Rp. 190.000-703.000

Nature's Health Nano Calcium Suplemen

Kamu juga bisa melirik Nature's Health Nano Calcium Suplemen. Produk yang satu ini bisa menjaga kesehatan tulang, gigi, dan gusi. Suplemen yang satu ini juga bisa mengatasi osteoporosis, membantu kesehatan jantung, dan mengatur denyut jantung. Tambahan vitamin D3 di dalamnya membantu penyerapan kalsium. Produk ini tidak dianjurkan untuk yang sakit pengapuran dan penderita batu ginjal.

Harga Rp. 200.000-400.000

Calcifar Plus

Calcifar Plus adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini baik untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Di dalamnya terdapat Calsium hydrogen phosphate dihydrate 500 mg dan juga vitamin D3 200 IU. Kandungan tersebut bisa melancarkan metabolisme kalsium dan bisa mencegah terjadinya pelemahan tulang. Produk yang satu ini juga bisa menjaga kadar kalsium dalam darah agar tercukupi.

Harga Rp. 2.500-35.000

Calcium Lactate

Calcium Lactate ini adalah rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini bisa mengatasi kekurangan kalsium pada ibu hamil dan menyusui. Para wanita yang sudah memasuki masa menopause juga bisa mengonsumsi produk ini. Produk ini akan bisa memelihara kesehatan tulang dan gigi serta memadatkan tulang sehingga risiko osteoporosis bisa diminimalkan.

Harga Rp. 12.000-35.000
From our editorial team

Suplemen Kalsium Sebaiknya Dibatasi

Sesuatu yang bagus jika terlalu banyak tentu akan menimbulkan efek samping juga. Sama juga dengan mengonsumsi suplemen kalsium. Suplemen ini hanya boleh dikonsumsi mereka yang membutuhkannya saja. Itupun harus sesuai resep dan anjuran dokter. Jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi maka ada efek samping seperti sendawa, kembung, hingga sembelit yang dialami. Meski efek sampingnya hanya sementara tetap saja akan mengganggu aktivitas tubuh. Maka dari itu, batasi konsumsi suplemen saat tidak dibutuhkan.

Tag