Mau Yoga di Rumah? Siapkan Saja 8 Rekomendasi Perlengkapan Yoga Ini

Mau Yoga di Rumah? Siapkan Saja 8 Rekomendasi Perlengkapan Yoga Ini

Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya dari makanan, tetapi juga menjaga fisik. Olahraga sangat penting untuk memberikan kesegaran tubuh dan kesehatan pikiran. Olahraga juga tidak perlu terlalu yang berat-berat. Yoga merupakan olahraga ringan yang mampu menyehatkan tubuh dan pikiran. Selain itu, yoga juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Yoga Adalah Olahraga yang Sangat Praktis dan Tidak Membutuhkan Peralatan yang Rumit

Dari sekian banyak jenis olahraga, yoga adalah salah satu yang paling banyak diminati wanita. Olahraga yang satu ini tergolong sebagai olahraga yang praktis. Tak butuh banyak alat yang rumit dan pastinya mudah dilakukan.

Berasal dari negara India, olahraga ini awalnya diciptakan untuk memperbaiki teknik pernapasan. Yoga juga dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Dalam yoga terdapat rangkaian gerakan yang membuat kamu bisa mendapat ketenangan jiwa dan bisa membuat tubuh lebih rileks. Pada sebuah penelitian, yoga terbukti bisa mengeluarkan enzim antioksidan pada tubuh hingga merangsang sistem saraf.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan terus naik dan susah turun? Coba deh lakukan yoga dengan rutin. Beberapa peneliti telah memercayai bahwa yoga bisa menurunkan berat badan, utamanya untuk mengecilkan bagian tubuh yang berlemak. Ada beberapa gerakan yang mengombinasikan postur tubuh sehingga membuat kita bisa mengeluarkan kalori lebih banyak.

Kendati demikian, kalori yang hilang juga bergantung kepada frekuensi dan intensitas gerakan yoga yang dilakukan. Kamu yang ingin melangsingkan tubuh bagian perut juga bisa melakukan yoga. Ini jauh lebih efektif daripada lari. Lakukan beberapa gerakan yoga seperti bow pose karena bisa memperlancar sirkulasi darah dan membakar lemak dalam perut.

Memperbaiki Postur Tubuh

Bagi para pekerja kantoran, keluhan yang diderita hampir sama. Sering pegal di bagian punggung dan lemak menumpuk di perut serta paha. Pekerja kantoran yang terlalu lama duduk biasanya memiliki postur tubuh yang buruk. Ini karena kadang posisi duduknya salah sehingga jadi bungkuk.

Perbaiki postur tubuh dengan melakukan yoga. Olahraga yang satu ini akan mencegah terjadinya penyakit kelainan tulang seperti lordosis atau skoliosis. Di samping itu, yoga juga bisa mengembalikan kesegaran tubuh dan meningkatkan mood.

Menghilangkan Stres

Banyak hal di sekitar kita yang kadang bikin kita stres berlebihan. Mulai permasalahan kerja, rumah tangga, hingga keuangan kadang bikin kita jadi khawatir dan sulit tidur. Stres merupakan tekanan batin yang bisa merusak mood dan juga kesehatan tubuh.

Hilangkan stres dengan cara melakukan yoga. Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan. Hal ini bisa meningkatkan kualitas mental dan fisik pelakunya. Tubuh akan jadi lebih rileks karena produksi stres hormon berkurang. Pikiran negatif dan mood buruk juga menghilang saat tubuh jadi lebih rileks.

8 Rekomendasi Alat-alat Perlengkapan Yoga yang Bisa Dimiliki di Rumah

Matras Yoga

Sumber gambar blibli.com

Jika kamu mengikuti kelas yoga maka kamu bisa tenang soal peralatan karena peralatan yoganya biasanya sudah disediakan. Namun, saat hendak berlatih sendiri di rumah, tentu kamu butuh peralatan yang lengkap agar bisa menunjang olahraga yoga tersebut. Salah satu alat yang kamu butuhkan adalah matras yoga. Perhatikan ketebalan dan kualitas bahannya saat membeli supaya lebih awet, ya.

Kettler Matras Yoga ini hadir dalam ketebalan 8 mm. Kamu bisa memilihnya sebagai matras yoga untuk berlatih di rumah. Bahannya dari PVC yang antislip. Cocok untuk yoga, pilates, dan senam. Ada tas sebagai wadah penyimpanan sehingga tak mudah kotor. Desainnya comfy bikin kamu makin semangat berolahraga. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 875.000.

Balok Yoga

Sumber gambar garudaelektronik.id

Jangan patah semangat kala pertama kali melakukan yoga. Bisa jadi ada banyak postur yang sulit dilakukan. Meski demikian, jika kamu tekun berlatih, lama kelamaan pasti bisa melakukannya. Kamu bisa memakai alat bantu berupa balok yoga. Bahan balok biasanya beragam dari busa hingga kayu. Pilih yang paling membuat kamu nyaman untuk berolahraga, ya.

Balok Yoga Brick Block Bata Foam Senam Gym Fitness Mat Exercise ini cocok kamu pilih. Produk ini bahannya berkualitas tinggi. Hadir dengan ukuran 2,.5 cm x 14,5 cm x 8 cm sehingga nyaman dipakai yoga. Berbahan PVC EVA yang meski lembut namun kokoh kala dipakai. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 101.250.

Yoga Strap

Sumber gambar blibli.com

Saat melakukan gerakan yoga terutama pose duduk, ada kalanya posisi kita kurang sempurna. Untuk itu, diciptakan alat bernama yoga strap. Ini merupakan sebuah tali pendukung yang bisa menyempurnakan postur dan bisa membantu menahan posisi tangan dan kaki supaya tidak berubah. Ada dua macam strap yoga, yakni strap belt yang bentuknya memanjang seperti ikat pinggang dan yang satunya adalah strap dua lingkaran.

Liveup Sports Yoga Strap Blue merupakan alat yang bisa kamu pakai untuk mendukung kegiatan yoga kamu. Berbahan paduan katun dan poliester, alat ini begitu kuat. Bisa dibersihkan dengan cara dicuci. Untuk penyimpanan bisa digulung hingga menjadi kecil. Alat ini ukurannya 183 x 3,8 cm dan bisa dibeli di Blibli pada harga Rp 48.000.

Resistance Band

Sumber gambar blibli.com

Satu lagi alat yang kamu butuhkan untuk yoga. Resistance Band merupakan alat berbahan karet yang bisa menambahkan beban pada gerakan workout. Hadir dalam ukuran kecil sehingga mudah dibawa. Seperti sebuah dumbell, alat ini ukurannya beragam dan varian daya renggangnya juga berbeda.

Produk 52Sports Yoga Elastic Band 200 cm ini adalah karet elastis untuk yoga yang bisa kamu pilih. Berbahan katun asli, alat ini daya elastisitasnya tinggi dan memiliki ketahanan penuh. Kamu bisa berlatih untuk merenggangkan otot pada punggung dan bagian tubuh lainnya. Begitu ringan dan mudah dibawa. Alat ini mudah disimpan dan bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 560.000.

Pakaian Yoga

Sumber gambar blibli.com

Saat melakukan olahraga tentu kita harus memakai pakaian yang sesuai untuk mendukung aktivitas kita. Begitu juga saat melakukan yoga, kamu bisa memakai pakaian yoga supaya hasilnya lebih maksimal. Usahakan bahan pakaiannya nyaman untuk melakukan aneka gerakan yoga. Kamu juga butuh pakaian yang bisa menyerap keringat dengan cepat sehingga tak menimbulkan bau kala berolahraga.

NIKE Women New South Wales Club Logo 2 Legging ini hadir dalam warna hitam. Berbahan katun dan desainnya nyaman. Memiliki karet di bagian pinggang sehingga tak mudah terlepas. Ada logo NIKE di bagian bawah sehingga bikin kamu jauh lebih percaya diri. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 399.000.

Gym Ball

Sumber gambar blibli.com

Kamu juga akan membutuhkan gym ball untuk berlatih yoga di rumah. Bola ini ukurannya besar dan elastis. Bisa untuk berbagai latihan dengan ukuran diameter 35 sampai 85 cm. Bola perlu diisi udara agar bisa digunakan untuk latihan. Cocok untuk melatih keseimbangan dan bisa membantu memperkuat otot perut dan punggung bagian bawah.

Kettler Gym Ball Alat Fitness ini perlu kamu miliki. Bola gym yang satu ini ukuran diameternya 65 cm. Dirancang elastis guna membantu melatih kebugaran dan juga memperkuat otot perut. Cocok untuk yoga dan juga pilates. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 324.000.

Aplikasi Yoga

Sumber gambar telset.id

Selain mengikuti kelas yoga, kamu juga bisa download aplikasi yoga untuk kamu terapkan sendiri di rumah.

Daily Yoga merupakan salah satu aplikasi yoga gratis untuk ponsel Android. Mampu menginspirasi untuk melakukan yoga dengan ratusan kelas yoga dan meditasi lengkap dengan video. Ada beberapa kelas dengan berbagai kategori dari Meditate with Gurus hingga Stress Relief.

Lainnya adalah Yoga Fitness Training App yang bisa kamu coba. Aplikasi ini memiliki desain yang rapi dan instruksinya mudah diikuti. Ada tiga tingkatan yang bisa kamu pilih. Selain itu, ada tips kesehatan untuk kamu yang selalu diperbarui. Sederhana dan mudah digunakan, aplikasi ini gratis di Play Store.

Roller Yoga

Sumber gambar blibli.com

Foam roller juga akan kamu perlukan untuk yoga, loh. Alat ini bisa membantu menghilangkan selulit. Namun, tentu saja perlu konsisten supaya selulit bisa hilang.

Reebok Short Round Foam Roller Aksesoris Fitnes ini hadir dalam warna abu-abu. Roller foil ini cocok untuk yoga, fisioterapi, hingga melatih keseimbangan. Hadir dalam ukuran 45 cm untuk membantu pembentukan otot tubuh. Mudah dibersihkan dan memiliki konstruksi sel dekat yang memastikan agar rol busa bisa kembali ke bentuk semula. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 797.000.

From our editorial team

Sehat dengan Olahraga Ringan

Membentuk tubuh yang sehat tidak perlu orahraga berat. Olahraga ringan seperti yoga justru lebih memberikan manfaat yang cukup besar di dalam tubuh. Selain yoga memberikan kesehatan tubuh, yoga juga bisa menghilangkan stres. Apabila dilakukan secara teratur dapat melancarkan aliran darah.

Tag