Jadwal Padat tetapi Ingin Berolahraga? 9 Rekomendasi Perlengkapan Ini Bisa Membantu Anda untuk Fitness di Rumah

Jadwal Padat tetapi Ingin Berolahraga? 9 Rekomendasi Perlengkapan Ini Bisa Membantu Anda untuk Fitness di Rumah

Karena kesibukan yang tinggi, terkadang Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga secara rutin di gym. Padahal, olahraga rutin bisa menjaga metabolisme tubuh, menghindari risiko penyakit jantung, dan menjauhkan dari berbagai penyakit, lho. Nah, Anda pun bisa melakukannya di rumah dengan memiliki peralatan fitness. Jadi, sibuk bukan menjadi alasan lagi untuk tidak berolahraga.

Mudahnya Memiliki Alat Fitness Sendiri di Rumah

Kalau sudah urusan fitness, semua orang pasti ingin melakukannya. Namun, keinginan terkadang berbeda dari realita. Biasanya karena menyediakan waktu di tengah kesibukan untuk fitness memang sulit. Walaupun Anda sudah mendaftar latihan di gym sekalipun, tetap saja rasa malas itu muncul.

So, mengapa tidak mencoba untuk fitness sendiri di rumah saja? Mungkin Anda berpikir akan butuh banyak biaya untuk bisa punya alat-alat fitness yang ada di pusat kebugaran. Namun, saat ini ada berbagai alat fitness sederhana yang bisa Anda miliki. Jadi saat ini, jangan khawatir jadwal padat. Beli sendiri alat fitness lalu fitness sendiri di rumah

Supaya Fitness Makin Oke, Lakukan Latihan Dasar Ini

Sumber gambar selfdefenserx.com

Bagi Anda yang baru memutuskan ingin nge-gym, mungkin masih bingung latihan apa yang mesti dilakukan dan bagaimana cara melakukan latihan tersebut. Setidaknya ada lima latihan dasar yang bisa Anda lakukan, yaitu squats, lunges, push up, pull-up, dan treadmill running.

Lima Latihan Dasar Fitness

  • Gerakan squats, berfungsi untuk membentuk tubuh bagian bawah. Selain membentuk otot kaki, squat juga dapat meningkatkan keseimbangan, kelenturan, dan metabolisme tubuh. Gerakan Lunges, Lunges juga sangat bagus untuk meningkatkan keseimbangan. Lebih dari itu, lunges juga membuat koordinasi tubuh semakin bagus dan tentunya bisa meningkatkan kelenturan pinggul. Push ups, baik untuk membentuk otot dada dan lengan. Push-up juga dapat melatih otot jantung dan mencegah osteoporosis. Pull-up, juga sangat bagus untuk kesehatan jantung dan melatih keseimbangan tubuh, selain bisa melatih otot bagian atas tubuh Anda. Berlari dengan treadmill adalah salah satu latihan kardio yang sangat baik untuk membakar lemak. Selain melatih otot kaki, berlari juga membantu metabolisme dan meredakan stress.

9 Perlengkapan Fitness Oke untuk Anda yang Suka Olah Tubuh Sendiri di Rumah

Matras

Sumber gambar indonesia.forwiki.co

Jika Anda penyuka yoga, matras yoga merupakan salah satu perlengkapan yang tidak bisa dikesampingkan dalam rutinitas yoga atau meditasi Anda. Matras yoga berfungsi menjaga pijakan Anda agar tetap mantap selama melakukan gerakan yoga, sekaligus melindungi Anda dari benturan ketika tergelincir.

Dengan menggunakan matras, Anda bisa lebih nyaman berlama-lama ketika melakukan yoga. Anda bisa mencoba Kettler Matras Yoga 6mm TPE Premium sebagai pilihan. Terbuat dari bahan TPE berkualitas, matras ini nyaman dan anti slip saat Anda gunakan. Produk ini bisa Anda dapatkan di Lazada dengan harga Rp 599.000.

Jump Rope

Sumber gambar www.blibli.com

Jump rope (lompat tali skipping) adalah cara fitness di rumah yang murah meriah. Olahraga ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan paru, sekaligus melatih kekuatan otot kaki. Skipping juga baik sebagai alternatif kardio untuk membakar lemak. Anda bisa mencoba ClubFIT Heavy Jump Rope yang dirancang kompak dan ringan. Alat ini mudah Anda bawa kemana saja. Dapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 625.0000.

Gymnastic Ball

Sumber gambar www.tokopedia.com

Gymnastic Ball (bola fitness) merupakan alat fitness yang luwes. Segala usia bisa menggunakannya. Bola fitness ini baik untuk latihan kardio, kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh. Bagi Anda yang mencari gymnastic ball, Gym Ball Kettler 75cm keluaran Jerman ini sudah pasti tidak diragukan lagi kualitasnya. Dibuat dari material yang bermutu tinggi, produk ini akan memberikan hasil optimal bagi Anda. Dapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 190.000.

Push Up Bar

Sumber gambar www.blibli.com

Jika Anda ingin push up yang lebih mantap, coba lakukan dengan push bar. Alat ini mengurangi ketidaknyamanan pada pergelangan tangan serta membantu membentuk otot dada Anda.

Bila Anda membutuhkan push-up bar portable yang berkualitas dengan harga terjangkau, coba saja Piwieshop Power Sport Push Up Bar. Produk ini didesain ergonomis yang akan selalu nyaman untuk digunakan. Desainnya modern dan dibuat dari bahan berkualitas. Selain untuk meningkatkan otot dada, alat ini membantu meningkatkan massa tulang dan membantu melancarkan metabolisme. Anda bisa mendapatkannya di blibli.com dengan harga Rp150.000.

Roller Pro

Sumber gambar www.blibli.com

Untuk melemaskan otot setelah fitness, gunakan roller foam. Roller foam berbentuk gulungan busa empuk berkualitas. Roller foam juga bisa digunakan sebelum Anda berolahraga guna mencegah cedera. Kegunaan lain roller foam adalah sebagai alat bantu yoga untuk melatih keseimbangan tubuh.

Satu pilihan roller foam yang bisa Anda pilih adalah OEM Foam Roller. Produk ini terbuat dari material EVA yang aman. Berfungsi untuk mengurangi nyeri pada otot setelah lari atau angkat beban dan membantu sakit punggung untuk yang terlalu banyak duduk. OEM Foam Roller yang dapat Anda beli di blibli.com seharga Rp 215.000.

Dumble Bell

Sumber gambar www.blibli.com

Dumble Bell (dumbell) adalah versi kecil dari alat angkat beban. Bobot dumbell pun bervariasi, antara 0,5 kg -10 kg. Alat ini membantu Anda membentuk otot lengan dan bahu. Latihan dengan dumbell juga bisa dikombinasikan dengan sit up, bench press, hingga squat untuk memaksimalkan hasil yang Anda inginkan.

Untuk Anda yang mencari set dumbell yang berkualitas, mungkin pilihan Anda akan jatuh kepada BFIT Rubber Dumbbell Set. Satu set terdiri dari 4 buah rubber plate 2,5 kg dan 4 buah rubber plate 1,25 kg. Produk ini dapat dibeli di blibli.com dengan harga Rp 1.675.000.

Resistance Band

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot, gunakan resistance band. Alat ini berupa seutas tali karet elastis. Tingkat elastisitas alat ini bermacam-macam, mulai dari rendah ke tinggi. Semakin tinggi elastisitasnya, semakin sulit alat ini dibentangkan sehingga otot Anda harus bekerja keras untuk menariknya.

Resistance band yang bisa menjadi rekomendasi Anda adalah Expander LP Supports Resistance Tube. Produk ini terbuat dari bahan karet berkualitas dan memiliki bentuk tabung. Beban maksimal yang bisa ditahannya antara 4,5kg – 7kg, dengan rentang maksimal hingga 300% dari panjang semula. Ada fitur anchor sebagai pengait sehingga Anda bisa berlatih sendiri. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 149.000.

Yoga Set

Sumber gambar www.blibli.com

Yoga semakin hari memang semakin populer bukan hanya sebagai olahraga, melainkan sudah menjadi gaya hidup. Keberadaan yoga dan manfaatnya untuk kesehatan memang tidak dapat lagi dipungkiri. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk segala umur. Selain menyehatkan tubuh yoga juga dinilai dapat menenangkan dan menyegarkan pikiran. Konon, umur juga bertambah panjang karena yoga.

Bagi Anda yang ingin mulai berniat menggeluti yoga, Liveup Sports Yoga Set bisa menjadi pilihan bagus. Satu set lengkap peralatan yoga ini berisi yoga mat berbahan PVC bertekstur anti-slip, 2 yoga brick, 1 yoga strap, 1 gym ball, dan 1 pompa kaki. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 542.000.

Treadmill

Sumber gambar www.tokopedia.com

Berjalan atau berlari adalah bagian yang tak terpisahkan dari fitness. Oleh karena itu, treadmill juga penting Anda miliki di rumah. Treadmill berguna untuk latihan kardio seperti berjalan atau berlari yang efektif untuk Anda yang ingin membakar lemak. Harga treadmill terbilang cukup lumayan mahal. Namun, memiliki treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk kesehatan Anda.

Salah satu produk yang dapat Anda pilih adalah Treadmill listrik Total Fitness TL-607. Produk ini memiliki fitur 12 program otomatis. Selain untuk berjalan dan berlari, alat ini juga memiliki fungsi sit-up dan getar. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 4.200.000.

From our editorial team

Berolahraga dengan Alat-alat Fitness untuk di Rumah

Dengan rekomendasi alat-alat fitness di atas, rasanya Anda tidak punya alasan lagi untuk malas berolahraga. Lakukan pula kegiatan ini secara rutin dan dibarengi dengan gaya hidup yang sehat agar tubuh menjadi bugar dan siap menghadapi aktivitas sehari-hari.

Tag