Rekomendasi Alat Olahraga Praktis Terbaru di Tahun 2018 untuk Anda yang Ingin Berlatih di Rumah

Rekomendasi Alat Olahraga Praktis Terbaru di Tahun 2018 untuk Anda yang Ingin Berlatih di Rumah

Tak ada alasan untuk tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Karena pada dasarnya olahraga bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah. Praktisnya Anda bisa membeli peralatan olahraga berikut yang didesain sederhana. Alat olahraga ini di desain ergonomis dan praktis sehingga mudah disimpan di dalam rumah. Berikut beberapa rekomendasinya.

Saat cuaca sedang mendung atau turun hujan, rasanya sangat enggan untuk pergi ke tempat gym. Jangankan untuk berolahraga di tempat gym, untuk keluar rumah saja sudah malas. Tetapi, jangan biarkan kebugaran Anda menjadi taruhan, karena berolahraga itu sebenarnya praktis dan bisa di mana saja. Termasuk di ruang tamu atau di ruang tidur. Ruang latihan memang tak seperti di tempat gym dengan cermin besar atau perlengkapan fitness yang lengkap, namun yang paling penting adalah Anda tetap bisa menjaga kebugaran di rumah sendiri tanpa perlu repot terjebak macet saat keluar rumah. Berikut ini beberapa peralatan olahraga yang praktis dan bisa membantu Anda mengeluarkan keringat tanpa perlu meninggalkan rumah:

1. Adjustable Dumbbells

Sumber gambar ecs7.tokopedia.net

Bentuk dan perkuat otot-otot lengan Anda dengan memiliki sepasang dumbbell yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan ini. Selain itu, dumbbell ini juga dilengkapi dengan rak penyimpanan yang praktis dan ringkas untuk disimpan di bawah kolong tempat tidur, di belakang sofa atau di atas lemari. Bentuknya yang compact, tidak memakan tempat di rumah. Jadi, Anda akan selalu bisa menjaga kebugaran kapan saja di rumah.

Rekomendasi BP-Guide:
Bowflex SelectTech 552i. Bowflex merupakan brand asal Amerika yang telah memproduksi peralatan fitness sejak tahun 1986. Adjustable dumbbell besutan Bowflex ini dipatok senilai 1.990.000 IDR dengan berat minimal 2kg dan berat maksimal 24kg. Dapatkan segera di Tokopedia

2. Mini Loop/Resistance Band

Sumber gambar homegym.sg

Resistance bands adalah aksesori olahraga di rumah yang sangat direkomendasikan. Bentuknya kecil, portabel namun sangat efektif untuk mengeluarkan keringat. Kenapa? Karena resistance bands bisa digunakan untuk membuat latihan yang sederhana lebih menantang. Dengan tiga variasi level ketahanan untuk olahraga dan latihan peregangan atau memperkuat otot. Simak video berikut untuk mengetahui contoh-contoh latihan yang bida dilakukan dengan menggunakan resistance bands.

Rekomendasi BP-Guide:
Mini Resistance Band dari TTCZ. Dengan harga 32.500 IDR dan 274 ulasan 5 bintang di Tokopedia (9/27/2018), resistance band ini ringan untuk kantong tetapi menantang untuk tubuh.

3. Matras Yoga

Melakukan berbagai gerakan yoga yang menantang tidak bisa hanya bertumpu pada lantai yang keras atau karpet yang licin. Berinvestasilah pada matras yoga istimewa yang anti selip ini. Anda bisa melakukan berbagai pose yoga dengan percaya diri dan mantap tanpa khawatir terpeleset. Matras ini juga memberikan kenyamanan saat Anda melakukan gerakan push up atau peregangan saat senam lantai.

Rekomendasi BP-Guide:
Yoga mat dari Arysfa Shop di Tokopedia. Yoga mat yang dihargai 75.000 IDR per pc ini tersedia dalam 8 warna dan dilengkapi dengan tas jaring untk menyimpan matras yoga tersebut. Happy yoga!

4. Adjustable Kettlebell

Latihan olahraga menggunakan kettlebell yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan adalah cara yang bagus menjaga kebugaran di rumah. Item olahraga yang satu ini bisa dibeli dengan mudah secara online di berbagai situs belanja seperti Tokopedia. Dilengkapi dengan 6 keping beban (2.25 kg/ keping) dalam satu kettlebell, alat ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan beratnya sesuai kebutuhan mulai dari 4 kg hingga 20 kg tergantung latihan yang diinginkan.

5. Soft Medicine Ball

Dibandingkan medicine ball yang konvensional, soft medicine ball ini lebih empuk dan lembut karena terbuat dari kulit. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir akan rusaknya dinding atau lantai apabila soft medicine ball ini dilempar/dijatuhkan. Tersedia bobot bola mulai dari 2 kg hingga 20 kg di Tokopedia

Apabila Anda ingin medicine ball biasa yang murah, medicine ball 5kg merk ROX seharga 120.000 IDR ini bisa menjadi pilihan Anda.

6. Tali Skipping

Alat olahraga yang praktis dan patut untuk dimiliki di rumah adalah tali skipping untuk lompat tali. Lompat tali membantu Anda untuk meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah sekaligus menguatkan kaki. Pastikan Anda membersihkan area yang akan dijadikan tempat olahraga lompat tali dari perabotan atau barang pecah belah. Untuk meningkatkan intensitas latihan, silangkan kaki di antara lompatan, double under atau menekuk satu kaki saat melompat.

Rekomendasi BP-Guide:
Kettler Speed Rope Tali skipping ini sangat simpel dan praktis sehingga mudah dibawa ke mana saja. Terbuat dari bahan sintetis dan mudah diputar dengan kecepatan tinggi. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli seharga 120.000 IDR

7. Rol Busa (Foam Roller)

Seringkali sangat sulit untuk tetap bisa termotivasi berolahraga dengan sesi intensitas tinggi di rumah. Alih-alih mengangkat dumbbell atau mengencangkan perut dengan sit up, Anda bisa mencoba rol busa ini sebagai alat yang praktis saat latihan. Rol bisa membantu mempersiapkan otot-otot Anda sebelum latihan yang lebih intens keesokan hari di tempat gym. Bentuk rol busa yang kaku memiliki tiga zona tekanan yang berbeda. Memungkinkan Anda untuk menghindari nyeri otot, cedera dan membantu meningkatkan fleksibilitas di area paha bagian belakang. Selain itu, Anda juga merasakan peregangan otot yang lebih baik di bagian punggung, paha depan dan masih banyak lagi. Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan rol busa dengan berbaring di depan TV dan berguling.

Rekomendasi BP-Guide:
Foam Roller cocok untuk Anda yang ingin menikmati olahraga sendiri di rumah. Membantu menurunkan tegangan otot baik sebelum maupun sesudah melakukan latihan lain. Alat ini juga bermanfaat untuk membantu Anda mengurangi selulit. Dapatkan produk ini di Blibli seharga 564.000 IDR

8. Bola Latihan

Bola latihan adalah pilihan sempurna untuk latihan kebugaran di rumah. Anda dapat melakukan latihan inti sekaligus melatih keseimbangan dan stabilitas tubuh. Sama seperti dumbbell, bola ini juga serbaguna. Bisa dijadikan alat angkat beban, atau digunakan untuk membantu latihan push up, peregangan kaki dan punggung, dan masih banyak lagi. Anda bahkan bisa menggunakan bola ini sebagai tempat duduk sembari menonton TV atau bekerja dengan laptop agar membantu mengurangi nyeri punggung yang kerap mengganggu.

Rekomendasi BP-Guide:
Bola Yoga GymBall Fitness Pilates bisa digunakan untuk yoga, pilates, fitness, gym, bahkan ibu hamil. Bahannya yang lentur, empuk, anti slip dan tidak mudah pecah jika dipakai sesuai kegunaan. Anda bisa mengkombinasikan dengan banyak gerakan peregangan atau yoga agar lebih sempurna. Yuk, segera miliki produk ini di Tokopedia dengan harga murah hanya 63.000 IDR

9. Papan Langkah

Papan langkah sangat ideal untuk berolahraga di rumah karena dapat dipakai beragam aktivitas olahraga. Misalnya saja untuk kegiatan kardio seperti langkah aerobik, atau dapat dijadikan alat beban. Anda bisa menambah intensitas latihan dengan menempatkannya di bidang yang miring, menurun, atau bangku datar.

Rekomendasi BP-Guide:
Winmax Aerobic Step cocok untuk Anda yang senang aerobic. Tinggi rendah LiveUp Sports Aerobic Step dapat diatur sesuai keinginan. Bahkan tinggi adjustable bisa 10cm atau 15cm sesuai kebutuhan latihan. Anda pun bisa melakukan banyak variasi gerakan selama aerobic. Miliki segera produk ini di Tokopedia dengan harga 525.000 IDR

10. Adjustable Weight Bench

Kursi yang unik ini dirancang untuk menjaga latihan kebugaran Anda di rumah dengan mudah. Jika Anda senang dengan aerobik atau mengangkat beban, Anda tinggal menyesuaikan sudut kemiringan kursi ini. Anda dapat menggunakannya untuk melatih dada, punggung atau melatih perut dan dip trisep. Ada berbagai pilihan sudut kemiringan bahkan hingga datar.

Rekomendasi BP-Guide:
Adjustable Bench dari Bukalapak. Memiliki sandaran yang empuk dan bisa diatur kemiringannya, flat, incline, decline bahkan tegak lurus. Mampu menahan beban +/- 200 Kg dengan beragam fungsi yang bisa menunjang aktivitas fitness Anda di rumah. Sebelum kehabisan yuk, miliki segera produk ini dengan harga 2.350.000 IDR

11. Resistance Bands dan Tubes

Mungkin di rumah Anda sudah punya dumbbell, jadi tampaknya alat olahraga lain tidak begitu penting. Namun, resistance bands berbeda, alat ini akan menjadi sarana tambahan yang bagus untuk latihan kekuatan otot Anda. Resistance bands bersifat portabel dan bisa dijadikan alat latihan di mana pun Anda pergi. Ukurannya juga kecil dimuat di dalam koper atau hand bag. Bonusnya lagi, resistance bands menawarkan jenis resistensi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Sehingga otot-otot akan tetap terlatih serta membantu Anda untuk menjaga berat badan yang ideal.

Rekomendasi BP-Guide:
Resistance Band dari Tokopedia. Alat untuk latihan otot ini terbuat dari tabung lateks yang digunakan untuk pelatihan. Bahannya ringan, peralatan olahraga portabel dan menghemat ruang. Bantalan busanya juga kuat dan disertai dengan klip. Miliki segera produk ini dengan harga 225.000 IDR

12. Sarung Tangan Angkat Beban

Salah satu efek samping mengangkat beban, selain otot tubuh yang kekar dan kuat, adalah tangan Anda kadang-kadang bisa menjadi lebih kasar bahkan kapalan. Untuk melindungi tangan Anda saat berlatih angkat beban, manfaatkan alat berupa sarung tangan yang dirancang khusus untuk angkat beban. Grip tangan akan lebih kencang dan nyaman saat Anda berlatih.

Rekomendasi BP-Guide:
Pro Fitness Gloves dari Tokopedia. Tersedia warna hitam abu-abu dengan aksen biru. Terdapat lubang angin sehingga tidak panas saat digunakan selama latihan. Tersedia 3 ukuran yaitu M (Lingkar telapak tangan 18cm-20cm), L (Lingkar telapak tangan 21cm-23cm) dan XL (Lingkar telapak tangan 24cm-26cm). Yuk, miliki segera produk ini dengan harga 145.000 IDR

13. Gliding Discs

Bentuknya memang sedikit unik dan nyeleneh jika ditempatkan di dalam ruang fitness di rumah, tapi percayalah alat olahraga ini praktis dan berguna. Berupa cakram kecil yang bentuknya mirip seperti Frisbees. Alat ini bisa Anda manfaatkan untuk sejumlah latihan agar telapak kaki dan tangan lebih nyaman dan kokoh menjadi tumpuan

Rekomendasi BP-Guide:
Lot Round Shape Gliding Discs Core Sliders Dual Sided dari Tokopedia. Tersedia warna biru, merah dan hitam. Terbuat dari bahan busa dan ABS dengan ukuran 17,8 cm. Dalam setiap pembelian Anda akan mendapat sepasang dengan warn yang sama. Yuk, miliki segera produk ini dengan harga 215.000 IDR

14. Adjustable Ankle Weights

Sepasang ankle weights yang bobotnya bisa disesuaikan ini berbobot 1,5 kg-2,5 kg dapat membantu menjaga dan melatih otot stabilitas tubuh bagian bawah seperti paha dalam dan luar. Anda bisa melakukan gerakan seperti mengangkat kaki atau berjalan dan berlari. Latihan lain yang ideal untuk melatih otot tubuh bagian bawah antara lain squat jump atau lompat jongkok. Sesuaikan bobot ankle weight dengan intensitas latihan agar kaki Anda bisa berlatih secara bertahap.

Rekomendasi BP-Guide:
Adjustable Ankle Weight 2.5KG/PAIR Kettler dari Tokopedia. Pemberat berupa potongan besi ini bisa dibuka dan dipakai. Pemberatnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan ankle wights baik untuk kaki atau tangan. Yuk, miliki segera produk ini dengan harga 279.000 IDR

From our editorial team

Olahraga bisa dilakukan setiap waktu

Peralatan fitness di rumah memang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna melakukan olahraga di rumah. Untuk itu peralatan olahraga praktis ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang tidak memiliki waktu untuk sekedar ke gym. Anda bisa melakukan olahraga di setiap waktu tanpa perlu repot menjadi member di tempat gym. Anda tidak perlu lagi membayar mahal untuk sekedar mendapatkan fasilitas fitness. Selamat berolahraga.

Tag