Ketahui 10 Rekomendasi Makanan Rendah Kolesterol untuk Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh (2018)

Ketahui 10 Rekomendasi Makanan Rendah Kolesterol untuk Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh (2018)

Demi menjaga kesehatan, sebaiknya Anda bisa menjaga pola makan yang sehat agar kandungan kolesterol tidak terlampau tinggi. Perbanyak mengkonsumsi kacang-kacangan dan sayuran karena jenis makanan ini tidak mengandung kolesterol sama sekali. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung kolesterol rendah yang bisa Anda coba.

Banyak orang yang bergidik ngeri mendengar kata kolesterol. Tidak heran, pasalnya kolesterol jahat merupakan biang dari berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung koroner hingga stroke. Sejatinya, kolesterol merupakan kandungan lemak atau steroid lipid yang ada di dalam darah. Fungsinya untuk meningkatkan kinerja membran sel dan produksi hormon. Namun, tidak bisa dipungkiri, kolesterol tetap dibutuhkan oleh tubuh sekalipun ada dampak buruknya. Untuk itulah, sebaiknya Anda harus selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi agar bisa mendapatkan kolesterol yang baik. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan kolesterol lebih dari 200 mg per harinya. Nah, berikut beberapa rekomendasi makanan rendah kolesterol untuk membantu Anda menjaga kesehatan tubuh.

1. Minyak Zaitun

Selain bagus untuk kecantikan dan pengganti minyak yang baik untuk kesehatan, ternyata minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang berfungsi menurunkan kadar lipoprotein kolesterol LDL. Minyak zaitun juga bisa meningkatkan kolesterol baik yaitu HDL. Anda bisa memadukan minyak zaitun dengan beberapa makanan lainnya seperti sayuran dan diolah menjadi salad, serta makanan lainnya. Minyak ini juga bisa Anda jadikan sebagai pengganti mentega saat menggoreng popcorn atau membuat tumisan untuk mengurangi resiko penyakit kolesterol tinggi.

2. Margarin dari Tumbuh-tumbuhan

Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan dengan margarin, maka Anda bisa memilih margarin yang berasal dari tumbuhan. Margarin ini ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Umumnya, margarin memiliki kandungan lite yang berfungsi untuk merubah kandungan lemak menjadi energi atau tenaga yang berperan baik untuk kesehatan jantung Anda. Maka, pilihlah margarin tumbuhan sebagai pilihan Anda ketika memasak.

3. Kacang Polong dan Kedelai

Selain bagus untuk diet, kacang-kacangan juga bagus untuk menjaga nutrisi tubuh agar tetap stabil. Ternyata, kacang bisa menjaga jantung Anda dari serangan kolesterol yang tinggi. Karena ini termasuk makanan yang ringan, Anda bisa memakan kacang polong atau kacang kedelai setiap hari atau bisa juga setiap 4 kali dalam seminggu. Untuk jumlah porsi sebaiknya dengan mengikuti saran nutritionist atau dokter, maksimal satu genggam atau sekitar 1 cangkir per hari.

4. Yoghurt Rendah Lemak

Yoghurt merupakan salah satu makanan fermentasi yang sangat disukai oleh banyak orang. Ada banyak varian rasa dari yoghurt sendiri. Biasanya, yoghurt disajikan bersama ekstrak buah, atau sudah menjadi 1 rasa dalam yoghurt tersebut. Yoghurt memiliki kandungan susu yang bebas lemak serta ada sedikit kejunya. Anda bisa memilih yoghurt yang rendah lemak agar protein dalam tubuh Anda bisa tercukupi secara maksimal. Bahkan, bagi Anda yang memiliki penyakit anemia atau kurang darah, Anda disarankan mengkonsumsi yoghurt secara rutin. Salah satu varian yogurt yang paling populer untuk kesehatan adalah Greek Yogurt atau Yogurt Yunani yang rasanya plain atau tawar.

5. Buah dan Sayur

Pilihlah buah dan sayur yang memiliki antioksidan tinggi. Buah dengan antioksidan yang tinggi sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, dapat memaksimalkan kebutuhan kolesterol dalam tubuh agar tidak melonjak drastis. Buah kaya antioksidan dapat Anda dapatkan pada buah yang kaya vitamin C seperti anggur, lemon, stroberi, blueberry, blackberry. Selain buah tersebut, Anda juga bisa memilih buah beta carotene aprikot, persik, dan mangga yang kaya antioksidan. Untuk sayurannya, Anda bisa memilih sayuran brokoli dan kubis Cina. Sayuran yang juga baik untuk kesehatan jantung adalah bayam, kol, serta brokoli. Sayuran dan buah tentu sangat penting bagi keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Maka dari itu, pastikan untuk mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin setiap hari.

6. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan pada setiap masakan. Tanaman ini juga terkenal sebagai tanaman obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit manusia. Ternyata, bawang putih juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda, lho! Anda bisa mengkonsumsi secara langsung dan bisa juga dicampur ke dalam masakan. Meski aromanya menyengat, namun setelah dijadikan bumbu masakan, aroma tersebut berubah menjadi harum yang menggoda selera. Bagi Anda yang sedang melaksanakan diet, Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai tambahan makanan Anda dalam menjalani diet sehat.

7. Gandum

Siapa yang tidak suka gandum dan oat? Kedua makanan ini sangat baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan serat tinggi. Gandum dan oat juga bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh bila Anda mengkonsumsi setiap hari. Anda bisa mengubah sarapan Anda menjadi roti gandum atau semangkok oat setiap pagi agar kadar kolesterol Anda bisa menurun secara perlahan. Gandum yang kaya serat juga disarankan para ahli kesehatan untuk dikonsumsi secara teratur untuk membantu detoksifikasi tubuh.

8. Ikan

ikan juga dinilai memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh, dari anak-anak hingga orang dewasa. Ikan dipercaya dapat membuat tubuh Anda terhindar dari penyakit serangan jantung. Ada banyak jenis ikan yang mengandung nutrisi baik. Ikan salmon, tuna dan sarden memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan terutama penyakit kardio dan jantung koroner.

9. Daging Rusa dan Unta

Anda pasti kaget untuk makanan yang satu ini. Ternyata, daging rusa dan juga unta memiliki kandungan yang rendah lemak. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini beberapa kali dalam seminggu. Anda bisa mencobanya di rumah atau beli di restoran yang menyediakannya.

10. Asam Lemak Omega 3

Anda bisa memilih vitamin dengan kandungan Omega 3 atau makanan lainnya yang kaya omega 3. Omega 3 bisa mengurangi kandungan kolesterol pada tubuh. Anda bisa menemukan makanan yang kaya omega 3 pada telur atau daging.

From our editorial team

Olah makanan dengan cara sehat

Itulah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi agar terhindar dari penyakit kolesterol. Namun, jangan lupa bahwa makanan mengandung kolesterol juga dibutuhkan agar nutrisi tubuh tetap seimbang. Anda bisa mengolah beberapa makanan di atas dengan cara yang sehat pula seperti direbus ataupun dikukus. Pilihlah minyak goreng yang baik ketika ingin menggoreng makanan seperti minyak zaitun atau virgin oil. Selain itu, kurangi konsumsi gorengan, fast food, seafood dan makanan lainnya yang tinggi lemak agar kesehatan selalu terjaga ya.