7 Tips Cheat Day dan 7 Rekomendasi Makanan yang Aman untuk Cheat Day (2021)

7 Tips Cheat Day dan 7 Rekomendasi Makanan yang Aman untuk Cheat Day (2021)

Di rumah saja selama pandemi bikin kita jadi banyak ngemil dan banyak makan. Akibatnya, berat badan jadi naik drastis. Jangan biarkan berat badan terus naik dan bikin aneka penyakit jadi mendekati kamu. Mulailah diet sekarang juga. Supaya lebih semangat diet, selipkan cheat day juga ya. Intip tips cheat day dari kami dan juga rekomendasi makanan yang aman dikonsumsi saat cheat day!

Diet jadi Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih sangat menyusahkan. Kita jadi malas bergerak aktif. Selain itu, saat memilih baju juga jadi kesulitan karena bikin tampilan kita tampak kurang menarik. Berat badan yang berlebih juga bikin kita jadi rentan terserang berbagai penyakit yang membahayakan, mulai dari diabetes, sakit jantung, dan lain sebagainya.

Cara ampuh menurunkan berat badan adalah dengan diet. Dalam diet pun ada aturannya, bukan asal mengurangi makan sebanyak mungkin. Diet ekstrim dengan tidak makan suatu nutrisi atau mengurangi porsi dengan ekstrim malah berdampak buruk. Ini hanya akan bikin kamu jadi lebih kalap dan ingin makan lebih banyak.

Lakukan diet sehat saat ingin menurunkan berat badan. Tetap konsumsi aneka kebtuuhan tubuh namun batasi porsinya. Hitung kebutuhan kalori dengan benar agar tubuh masih bisa mendapatkan kalori yang dibutuhkan untuk mengolah makanan menjadi energi yang bisa dimanfaatkan untuk beraktivitas dalam keseharian.

Diet sehat juga bisa dilakukan dengan mengatur jenis makanan yang dikonsumsi. Selain itu, imbangi juga diet dengan olahraga supaya kalori tubuh cepat terbakar dan tidak menumpuk menjadi lemak tubuh.

Cheating Day Bantu Dietmu Makin Sukses

Ketika menjalani diet, kita mengenal istilah cheat day. Maksud dari istilah tersebut adalah kita bebas mengonsumsi makanan apa saja. Cheat day artinya kamu bisa membolos dari diet yang sedang dijalani. Cheat day dibatasi seminggu sehari saja. Kamu bisa tentukan hari dimana kamu boleh bolos diet dalam seminggu. Sebenarnya, perlukah ada cheat day dalam diet kita?

Kesannya curang jika kita membolos diet. Namun, cheat day juga bisa berguna supaya kita jadi lebih semangat menjalankan diet. Ini juga bisa jadi alternatif agar kita bisa tetap disiplin menjalani pola makan sehat harian. Saat cheat day kamu bisa berhenti sejenak menghitung kalori. Ini bisa jadi waktu kamu untuk mereset otak agar kembali segar dan kembali memperhatkan pola makan dengan ketat usai cheat day.

Tips Cheating Day agar Diet Tetap Aman

Tentukan Hari dan Jam Khususnya

Agar diet tetap aman, kamu bisa mulai menentukan cheat day yang ingin kamu lakukan. Kamu bisa memilih untuk cheat day di hari-hari spesial saja, misalnya hari ulang tahun, saat reuni dengan teman, atau saat sedang hari besar nasional.

Setelah menentukan harinya, saatnya kamu menentukan jamnya. Meski cheat day, bukan artinya kamu bebas makan seharian penuh. Dikhawatirkan kamu malah mengonsumsi kalori berlebihan jika tidak dibatasi jamnya. Maka dari itu, tentukan jamnya misalnya di sore hari saja atau di pagi hari saja. Setelah jam cheat day, kamu bisa kembali ke jadwal diet kamu sehingga kalori kamu jadi lebih terkontrol.

Konsumsi Makanan Sehat

Judulnya memang cheat day, namun ingatkan dirimu sendiri bahwa makanannya haruslah tetap makanan sehat. Pastikan kamu tetap mengonsumsi protein dan serat dalam jumlah yang cukup. Mencukupi protein dan serat akan bikin kamu jadi lebih cepat kenyang. Selain itu, kamu juga jadi terhindar dari kecenderungan makan berlebihan.

Modifikasi Makanan Favoritmu

Utamakan untuk menyantap makanan favorit saat kamu cheat day. Kamu boleh mengonsumsi pizza, burger, atau aneka junk food dan fast food favoritmu. Kendati demikian, tetap batasi porsinya dan jangan lupa diri. Batasi pilihan menunya sehingga kamu bisa lebih menikmati dan fokus pada makanan tersebut. Pastinya cheat day akan lebih berkesan jika kamu memakan makanan kesukaan yang selama ini jadi pantangan diet kamu.

Jika ingin cheat day dengan lebih aman, kamu bisa menyiasati makanan yang kamu konsumsi. Kamu bisa modifikasi makanan favorit kamu. Misalnya, kamu suka makan mi, ganti mi instan dengan mi shirataki yang lebih rendah kalori. Atau misalnya kamu penggemar es krim, pilih es krim yang rendah kalori.

Ajak Teman untuk Mengingatkan

Cheat day bisa jadi sangat berbahaya jika dilakukan sendirian. Ini bisa bikin kamu kalap saat makan. Untuk mencegahnya, kamu bisa ajak teman atau sahabatmu. Ajak mereka jajan makanan yang sangat ingin kamu beli saat cheat day. Minta mereka mengingatkan kamu jika kamu terlihat mulai kalap makan. Dorongan moril dari sahabat dan teman biasanya bisa lebih ampuh menyadarkan kamu untuk tidak terlalu banyak makan dan tetap melakukan diet dengan teratur.

Perhatikan Porsi dan Makan Perlahan

Perhatikan porsi makan kamu selama cheat day. Ini karena cheat day yang aman pada dasarnya sama dengan saat kamu melakukan diet. Bedanya, kamu bisa makan menu yang selama ini dipantang untuk diet. Hindari porsi besar dalam sekali makan. Kamu bisa makan sedikit tapi sering. Ini akan lebih baik kalau dibandingkan dengan kalap makan sekali dalam jumlah besar. Perut jadi mudah begah dan sistem metabolisme tubuh jadi melambat jika kamu makan kekenyangan karena kalap.

Ada baiknya kamu makan secara perlahan. Cara makan kamu akan mempengaruhi diet kamu juga. Meski sedang cheat day, jangan makan terburu-buru. Kunyah makanan secara perlahan dan benar-benar nikmati rasa makanannya. Mengonsumsi makanan perlahan bisa bikin kamu lebih cepat merasa kenyang. Hal ini juga bisa membantu hormon leptin agar mengirim sinyal pada otak guna menimbulkan rasa kenyang dan senang usai makan.

Pastikan Tetap Rileks dan Mood Terjaga

Namanya cheat day, kamu bisa mencoba merilekskan pikiran kamu agar tidak selalu fokus pada diet. Tetap tenang dan pastikan agar mood kamu terjaga dengan baik. Untuk tetap rileks dan agar mood tetap bagus, kamu bisa mencoba bepergian atau berlibur. Atau bisa juga mencoba melakukan hobi yang lama tidak kamu lakukan, seperti melukis, membaca novel, dan lain sebagainya. Dengan berlibur atau melakukan hobi, maka pikiran kamu tidak akan terlalu fokus pada makan saja. Kamu akan bisa mengontrol nafsu makan dengan baik dan bisa cheat day dengan nyaman tanpa berlebihan.

Tetap Olahraga

Pastikan untuk tetap berolahraga dengan teratur meski sedang cheat day. Jangan mentang-mentang cheat day lalu kamu santai dan enak-enakan makan enak tapi lupa olahraga. Apalagi jika kamu ternyata mengonsumsi makanan yang cenderung lebih banyak kalorinya pada saat cheat day. Imbangi dengan olahraga supaya bisa membakar kelebihan kalori tersebut agar tak jadi lemak.

Ini Dia Makanan yang Aman Kamu Konsumsi Saat Cheat Day

Pod Chocolate - 80% Bali Extra Dark Chocolate Bar

Salah satu makanan yang banyak diinginkan saat diet adalah cokelat. Kamu bisa loh makan cokelat sepuasnya pada saat cheat day. Bedanya, agar lebih sehat, kamu bisa pilih dark chocolate ketimbang cokelat biasa. Cokelatnya bisa dimakan langsung atau bisa juga dilelehkan dulu untuk dikonsumsi bersama aneka buah segar. Dark ccocolate alias cokelat hitam kaya akan antioksidan sehingga bisa memberi sinyal kenyang ke otak lebih cepat dan bisa memuaskan nafsu untuk makan cokelat.

Kamu bisa konsumsi .Pod Chocolate - 80% Bali Extra Dark Chocolate Bar. Produk yang satu ini memiliki rasa cokelat yang kaya dengan tekstur lembut dan creamy. Ada rasa pahit namun ini tetap bikin cokelat terasa nikmat dikonsumsi. Cokelat batangan ini terbuat dari biji kakao dan cocoa butter asli yang kaya mineral sehingga mampu membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Untuk anda pecinta Dark Chocolate dengan sedikit rasa manis, 80% Bali Extra Dark Chocolate adalah pilihan yang pas! Cokelat dengan rasa yang sangat lembut, creamy serta pahit namun tetap nikmat untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 19.960-39.000

Snello Gelato - Bubble Gum

Makan es krim saat cheat day? Boleh banget, dong! Kamu bisa lirik Snello Gelato - Bubble Gum sebagai pilihan kamu. Es krim yang satu ini hadir dalam bentuk gelato dengan tekstur lembut yang enak banget. Produknya low fat karena dibuat tanpa cream. Gelato ini juga less sugar karena memakai gula diet yang lebih aman. Bahan-bahan lainnya juga premium dan alami sehingga lebih rendah kalori.

Produk ini hanya mengandung 50 sampai 80 kalori saja per cup. Tentu ini aman untuk kamu yang sedang diet. Rasanya enak dan pastinya kamu jadi menikmati banget saat cheat day kamu. Selain rasa bubble gum, kamu bisa juga coba rasa lainnya seperti japanese matcha, sweet vanila, strawberry blas, hingga double chocolate. Setiap rasa memiliki kalori yang berbeda-beda dan ini bisa kamu lihat pada kemasannya, ya.

Harga Rp. 16.500

NUDE BAKE Vegan Low GI Bread

Selama diet, mungkin kita juga menghindari beberapa olahan dengan karbohidrat tinggi seperti roti. Saat cheat day, kamu bisa konsumsi roti yang satu ini. Ada NUDE BAKE Vegan Low GI Bread yang aman untuk kamu konsumsi. Roti tawar yang satu ini diet friendly, loh.

Tekstur rotinya lembut dan tidak bikin seret di tenggorokan. Roti ini bisa kamu jadikan menu sarapan bersama selain, jadi sandwich, atau jadi roti bakar.

Roti dibuat tanpa tambahan gula dan pemanis apapun. Roti juga dibuat tanpa telur, susu, minyak, dan butter. Roti memakai hi fiber yang halal. Dalam satu pak isinya 8 slice roti dengan kalori per slice adalah 105 kalori.

Harga Rp. 34.000-46.000

Ashitaki Mi Instan

Ashitaki Mi Instan ini juga cocok jadi menu saat kamu sedang cheat day. Produk yang satu ini bisa diolah jadi mi yang enak dan bikin nagih. Mi ini rendah kalori karena terbuat dari seledri Jepang dan juga terbuat dari konnyaku. Ini cocok dikonsumsi yang sedang diet dan mereka yang ingin tubuh ideal.

Mi initinggi serat dan rendah lemak. Selain itu, mi juga rendah karbohidrat dan rendah kolesterol. Mi dibuat tanpa pengawet dan kaya akan protein, kalsium, dan vitamin B12.

Untuk mengolahnya, cukup didihkan 500 cc air lalu rebus selama 4 menit. Masukkan bumbu ke dalam mangkuk. Tiriskan mi lalu tuang ke mangkuk dan aduk rata bersama bumbu.

Kamu bisa coba aneka rasanya mulai dari mi goreng original, mi goreng ala Jepang, mi rebus soto, mi bulgogi, mi creamy sauce, mi veggie, hingga mi kari pedas.

Harga Rp. 16.200-24.000

CRISPY SALAD - Keripik Sayur

Keripik kentang merupakan camilan yang sangat menggoda. Ini tentu pantang dimakan saat diet. Kamu bisa memakan keripik kentang saa cheat day. Namun, untuk lebih amannya, kamu bisa pilih keripik sayur saja. Lirik produk CRISPY SALAD - Keripik Sayur yang banyak pilihannya.

Produk ini menghadirkan aneka keripik sayur dalam bentuk yang mirip sayuran asli. Keripiknya dibuat tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna, dan tanpa bahan kimia. Pembuatan keripik juga bebas trans fat, MSG, dan tambahan gula. Produk gluten free ini cocok dikonsumsi untuk yang vegetarian dan juga untuk kamu yang sedang diet.

Ada variasi keripik broccoli dengan tambahan bumbu garam pink himalaya. Keripik dikemas dalam berat 20 gram dengan masa tahan 3 bulan. Kamu juga bisa lirik varian carrot yang terbuat dari wortel, minyak kelapa, dan garam pink himalaya. Dikemas dalam ukuran 60 gram dengan masa tahan 6 bulan.

Pilihan lainnya ada keripik edamame yang terbuat dari edamame, minyak kelapa, dan garam himalaya. Beratnya 75 gram dan memiliki masa tahan 6 bulan. Kamu juga wajib coba mixed tuber yang terbuat dari talas, ubi, kentang, minyak kelapa, dan garam pink himalaya. Dikemas dalam ukuran 60 gram dengan masa tahan 6 bulan.

Lainya ada keripik okra yang terbuat dari okra dan minyak kelapa dengan bumbu cabe murni dan garam pink himalaya. Beratnya 20 gram dengan masa tahan 6 bulan. Terakhir ada varian keripik potato dengan bahan kentang, garam pink himalaya, dan minyak kelapa. Beratnya 40 gram dengan masa tahan 6 bulan.

Harga Rp. 26.000-57.000

Rosalie Cheese - Wheat Crackers

Biskuit keju juga bisa sangat mnggoda saat kamu diet. Makanan klasik ini bisa memenuhi keinginan kamu untuk ngemil saat diet. Camilan ringan ini kalorinya rendah dan cocok untuk cheat day. Untuk produknya kamu bisa pilih Rosalie Cheese - Wheat Cracker. Keripik yang satu ini terbuat dari tepung gandum, minyak zaitun, ragi, dan garam. Dikemas dalam ukuran 80 gram, produk ini cocok untuk 2 kali makan atau sekali makan saat cheat day. Keripik ini sudah memiliki PIRT sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 28.000-48.000

Genki Plant Kacang Almond / Almond Whole Natural - 250 g

Genki Plant Kacang Almond / Almond Whole Natural - 250 g merupakan pilihan lain yang enak untuk diet. Kacang yang satu ini bisa jadi sumber zinc, potasium, dan magnesium. Almond juga kaya akan vitamin E yang baus untuk otak, pembuluh, darah, kesehatan kulit, dan bisa membantu sistem pernafasan.

Kacang almond ini memiliki asam oleic dan palmitoleic yang akan membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, serat dalam kacang almond ini bisa membantu mengontrol gula darah. Kacang ini dibekali PIRT jadi aman untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 38.000-63.200
From our editorial team

Tetap Semangat Diet

Saat menjalankan diet, jangan sampai kamu setengah-setangah menjalankannya. Diet yang naggung hanya akan berujung kegagalan. Kamu wajib tetap semangat dan memegang erat komitmen diet kamu. Dengan komitmen, maka kamu tidak akan tergiur untuk makan berlebihan saat diet ataupun saat cheat day. Ketika cheat day tiba, jika kamu tetap komitmen diet, tentunya kamu akan tetap sadar dan tidak akan makan secara berlebihan. Jangan terbawa emosi dan nafsu, ingat pada niat awal diet kamu dan jalani dengan senang hati.

Tag