10 Rekomendasi Yoghurt Plain yang Enak dan Menyehatkan untuk Tubuh (2021)

10 Rekomendasi Yoghurt Plain yang Enak dan Menyehatkan untuk Tubuh (2021)

Di antara makanan dan minuman sehat, yoghurt menjadi salah satu yang paling banyak difavoritkan. Yoghurt bisa mengenyangkan dan bisa membantu program diet kita. Ada banyak kandungan nutrisi dan juga bakteri baik di dalam yoghurt yang bisa menyehatkan tubuh. Nah, yuk coba konsumsi yoghurt plain yang enak. Simak rekomendasinya dari kami!

Sekelumit Sejarah Yoghurt, Susu Fermentasi yang Menyehatkan

Susu adalah salah satu minuman menyehatkan yang dikonsumsi banyak orang. Agar tidak membosankan, susu diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Yoghurt merupakan olahan susu yang populer. Yoghurt banyak jadi minuman atau camilan sehat bagi mereka yang ingin berdiet atau ingin hidup lebih sehat. Rasa asam dan segar dari yoghurt membuatnya bikin nagih untuk dikonsumsi setiap hari. Yoghurt dikenal memiliki kandungan bakteri baik. Ini membuatnya tak kalah menyehatkan dari susu. Lalu bagaimanakan awal mula yoghurt dikenal?

Yoghurt awalnya ditemukan para penggembala 5000 tahun sebelum Masehi. Kala itu, mereka membawa cairan susu untuk bekal minum dalam perjalanan. Cairan susu tersebut dimasukkan dalam kantong dari lambung domba. Kantong susu tersebut diletakkan di punggung unta. Saat cuaca terik dan kantong susu terguncang, maka susu berubah menjadi kental dan memiliki rasa asam. Hal ini terjadi karena bakteri dari kantong bercampur dengan susu. Selanjutnya, suhu panas dan proses pengadukan dimana unta berjalan bergoyang-goyang membuat susu berubah jadi yoghurt yang asam.

Dari cara tersebut, kemudian susu mulai diawetkan secara sengaja. Dan pada tehun 2000 sebelum Masehi, yoghurt sudah populer di Persia dan India untuk jadi salah satu bahan masakan. Sementara itu, tahun 1072, bangsa Turki menjadikan yoghurt sebagai obat diare. Mereka juga berinovasi dan menjadikan yoghurt sebagai masker untuk menenangkan kulit yang kepanasan akibat sinar UV.

Di Eropa, yoghurt mulai dikenal sejak Sultan Suleiman yang Agung dari Kerajaan Ottoman mengutus tabib menjenguk Raja Francis I yang mengalami diare pada tahun 1542. Kala itu, tabib memberikan obat berupa yoghurt. Dan sejak saat itu, masyarakat Eropa pun mengonsumsi yoghurt.

Dari tahun ke tahun, para ilmuan makin memperdalam penelitian dan akhirnya menemukan bahwa yoghurt mengandung asam laktat yang mampu meningkatkan kerja enzim galaktosidase. Bakteri tersebut efektif meredakan masalah pencernaan dan meningkatkan kualitas nutrisi makanan yang diserap tubuh.

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

Membantu Menstabilkan Berat Badan

Yoghurt memiliki manfaat yang berlimpah untuk tubuh. Salah satunya adalah mampu menstabilkan berat badan. Dalam yoghurt terdapat vitamin B2 dan B12. Vitamin tersebut akan membantu mengolah karbohidrat dalam tubuh untuk menjadi energi. Jika sudah diolah maka tidak ada tumpukan karbohidrat yang menumpuk menjadi lemak.

Mengonsumsi yoghurt mampu membuat kita kenyang lebih lama. Ini karena dalam yoghurt memiliki kandungan serat tinggi. Untuk kamu yang sedang diet, yoghurt bisa jadi camilan untuk mengganjal lapar dalam waktu yang lama.

Banyaknya serat dalam yoghurt selain bisa mengenyangkan juga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bakteri probiotik dalam yoghurt mampu menyeimbangkan mikroflora pada usus agar kesehatan pencernaan bisa terjaga dengan baik. Saat pencernaan kita lancar, maka berat badan tubuh juga bisa terjaga dengan baik.

Menyehatkan Tulang

Yoghurt juga bisa menyehatkan tulang jika dikonsumsi rutin. Makanan ini kaya akan kalsium dan juga vitamin D yang baik untuk tulang. Kalsium bisa menjaga kepadatan tulang. Zat ini juga akan memperkuat tulang agar tidak mudah rapuh.

Konsumsi yoghurt akan membantu kita menurunkan risiko osteoporosis. Ini karena dalam yoghurt terdapat fosfor, magnesium, dan kalium yang bisa membantu kalsium bekerja lebih baik menguatkan tulang. Selain itu, asam laktat dalam yoghurt juga bisa melindungi gusi dari infeksi dan membuat gigi semakin kuat.

Menurunkan Tekanan Darah

Yoghurt bisa juga digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah melebihi rata-rata yakni sekitar 130/80. Saat darah tinggi, maka kinerja jantung jadi terancam karena darah akan terpompa lebih cepat ke dalam tubuh. Jika sudah begini, tubuh terancam terserang gagal ginjal hingga gagal jantung.

Rutinlah mengonsumsi yoghurt plain sebanyak 2 sampai 3 porsi sehari. Dalam yoghurt terdapat kalium dan natrium yang bisa melindungi jantung dan bisa menurunkan tekanan darah. Kalium yang tinggi bisa menyeimbangkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Memperkuat Sistem Imun

Sistem kekebalan tubuh kita kerap kali menurun karena perubahan cuaca, aktivitas yang bertumpuk, dan lain sebagainya. Saat kekebalan tubuh menurun maka kita jadi lebih mudah terserang penyakit. Karena itu, alangkah baiknya jika kita mengonsumsi yoghurt secara rutin. Di dalam yoghurt terdapat magnesium, selenium, dan zinc. Ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan ketika sakit.

Ini Dia Pilihan Yoghurt Plain yang Enak untuk Kamu Konsumsi

Heavenly Blush Greek Classic Yogurt

Heavenly Blush Greek Classic Yogurt ini adalah rekomendasi yoghurt plain yang menyehatkan untuk kamu. Produk ini bisa jadi menu sarapan sehat yang mengenyangkan lebih lama. Yoghurt yang satu ini cocok dibawa kemana saja sehingga bisa langsung disantap saat lapar. Produk ini kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan.

Selain bisa mengonsumsinya langsung, kamu juga bisa mencampurnya dengan jus buah agar rasanya lebih enak. Yoghurt dengan tekstur creamy ini tidak eneg karena memiliki kadar manis yang tidak berlebihan.

Harga Rp. 15.000-58.000

Yummy Yoghurt Plain

Jangan lewatkan juga untuk mencoba Yummy Yoghurt Plain. Produk yang satu ini kaya akan kalsium yang bisa menguatkan tulang. Selain itu, yoghurt ini juga bisa mengurangi nafsu makan karena kita merasa kenyang lebih lama. Konsumsi yoghurt yang satu ini juga bisa mencegah obesitas dan menjaga berat badan tetap seimbang. Dikemas dalam ukuran 500 gram, produk ini cocok untuk kamu yang sedang diet.

Yoghurt ini hadir dengan rasa yang enak. Rasa manisnya tidak berlebihan dan asamnya juga tidak mengganggu. Kamu bisa mengonsumsinya langsung dan bisa juga mencampurnya dengan buah-buahan segar. Teksturnya yang creamy membuatnya cocok dikonsumsi dalam keseharian sebagai pengganti susu diet.

Harga Rp. 9.500-52.000

Elle & Vire Plain Sweet

Elle & Vire Plain Sweet menjadi rekomendasi selanjutnya dari kami. Yoghurt yang satu ini hadir dengan tekstur krim kental yang lezat. Produk ini memiliki rasa asam manis buah sehingga rasa asamnya tidak begitu mengganggu. Kamu bisa menjadikannya menu camilan sehat untuk diet. Produk ini bebas lemak sehingga aman dikonsumsi. Terbuat dari susu sapi segar yang berkualitas, 2 cup kecil yoghurt ini kalsiumnya setara dengan segelas susu.

Harga Rp. 18.600-37.000

Biokul Natural Set Yogurt

Biokul Natural Set Yogurt tentu cocok untuk jadi camilan sehat kamu. Produk yang satu ini hadir dengan rasa yang cukup asam dengan tekstur yang creamy. Yoghurt ini bisa dikonsumsi saat sedang diet. Produk ini cocok digunakan untuk aneka makanan selain bisa dikonsumsi langsung. Uniknya lagi, kamu juga bisa memakainya sebagai lulur ataupun masker wajah.

Harga Rp. 39.000-117.000

Cimory Plain Yogurt

Kamu bisa lirik Cimory Plain Yogurt sebagai pilihan. Produk yang satu ini adalah produk lokal yang dikenal akan susu dan juga yoghurtnya. Produk yoghurt Cimory dibuat dari susu sapi segar peternakan sendiri yang sudah melalui proses fermentasi dengan teknologi tinggi. Ini membuat kualitas dan kesegaran produknya jadi lebih terjamin.

Minuman dengan rasa segar ini cocok dinikmati dalam keseharian. Bakteri baik di dalamnya baik untuk memelihara kesehatan pencernaan. Asam laktat dan serat dalam yoghurt akan membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Produk ini juga kaya vitamin A, D, B2, dan B12. Ini membuatnya makin bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencukupi nutrisi tubuh.

Harga Rp. 5.800-11.000

Swiss Premium Yogurt Plain

Swiss Premium Yogurt Plain adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini dibuat dari susu berkualitas Swiss yang sudah terkenal. Yoghurt ini memiliki rasa yang enak dan tidak bikin eneg meski ini tergolong sebagai plain yoghurt. Gunakan sebagai menu sarapan sehat atau camilan sehat kala lapar.

Produk ini memakai 3 kultur bakteri yaitu Streptococcus thermophilus, Lactobacillus bulgaricus, dan Lactobacillus acidophilus sehingga bisa menambah khasiat yoghurt dan juga menambah cita rasanya agar lebih enak. Produk ini juga memakai proses heat-treated fermented dairy solids sehingga produk tetap steril hingga dikonsumsi. Protein susunya lebih mudah dicerna sehingga lebih cepat terserap tubuh.

Harga Rp. 20.000-180.000

Ivenet Finger Yogurt Plain

Ivenet Finger Yogurt Plain adalah produk lain yang bisa jadi andalan kamu. Semua usia bisa mengonsumsinya. Tidak hanya orang dewasa, namun anak-anak hingga bayi pun akan aman mengonsumsi yoghurt yang satu ini. Untuk bayi, sebaiknya diberikan pada saat usianya 7 bulan. Produk dengan metode freeze drying ini bisa menjaga kebaikan nutrisi di dalamnya.

Yoghurt yang satu ini hadir dengan bentuk bulat seperti permen. Produk ini diklaim mampu melatih anak untuk menguatkan otot kecil pada tangan, jari-jari, serta perkembangan motoriknya. Yoghurt hadir dengan probiotik dan buah-buahan yang baik untuk tubuh. Rasa plain ygohurt ini tidak bikin eneg.

Harga Rp. 49.000-54.000

Greenfields Original Yogurt

Greenfields Original Yogurt adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini cocok untuk kamu jadikan campuran salad buah. Namun, jangan salah, kamu juga bisa mengonsumsinya secara langsung karena rasanya tidak eneg meski rasanya tawar.

Yoghurt ini hadir dengan tekstur creamy dan lembut. Kamu bisa menjadikannya camilan pengganjal lapar. Produk ini kaya akan kultur probiotik serta serat probiotik. Kandungan ini bisa membuat kamu terbebas dari aneka masalah pencernaan.

Harga Rp. 12.000-91.500

Kin Bulgarian Yogurt Original

Kin Bulgarian Yogurt Original adalah rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan kultur bakteri Lactobacillus bulgaricus asal Bulgaria. Dengan ditambahkan resep tradisional asal Bulgaria, minuman yoghurt ini makin enak rasanya. Produk ini banyak dikonsumsi masyarakat untuk bikin lebih sehat dan awet muda. Kandungan probiotiknya bisa memperlancar pencernaan dan juga menjaga berat badan tubuh tetap ideal.

Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung. Selain itu, bisa juga dicampurkan dengan salad buah atau lainnya. Produk siap minum ini dikemas dalam ukuran 200 ml dengan kandungan gula 17 gram dan lemak 2 gram.

Harga Rp. 8.600-11.600

Heavenly Blush Yoguruto Yogurt Drink Original

Heavenly Blush Yoguruto Yogurt Drink Original ini merupakan rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini rendah gula namun tetap lezat untuk dikonsumsi. Rasa asam dan manisnya tidak bikin eneg. Yoghurt plain ini mudah dibawa kemana saja untuk dikonsumsi kapan saja kamu butuh camilan sehat untuk mengganjal lapar. Produk yang satu ini juga bisa menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium sebesar 360 mg bisa membantu memenuhi kebutuhan harian kamu.

Harga Rp. 7.600-12.900
From our editorial team

Kandungan Lemak Dalam Yoghurt tidak Perlu Dikhawatirkan

Beberapa dari kita, utamanya yang sedang diet, pasti merasa bahwa sebaiknya mengurangi jumlah lemak yang masuk ke tubuh. Ini membuat kita sangat berhati-hati memilih produk untuk dikonsumsi dan mengecek semua produk yang akan masuk ke dalam mulut. Yoghurt terkadang juga mengandung lemak. Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir berlebihan dengan kandungan lemak dalam yoghurt. Ini karena lemak dalam yoghurt tergolong lemak jenuh yang tidak selalu berbahaya. Jumlah lemak dalam yoghurt juga tidak terlalu tinggi. Jadi, asalkan kamu mengonsumsinya dengan bijak, maka tidak akan menimbulkan bahaya berlebih.

Tag