10 Rekomendasi Aroma Terapi Bakar dengan Wangi yang Menenangkan

10 Rekomendasi Aroma Terapi Bakar dengan Wangi yang Menenangkan

Bukan rahasia lagi bahwa penggunaan aroma terapi mampu menciptakan rasa rileks pada tubuh dan memberikan ketenangan pikiran. Berbagai pilihan aroma terapi bisa Anda jadikan pilihan, termasuk aroma terapi bakar berupa dupa atau lilin. Berikut adalah 10 pilihan aroma terapi bakar terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan untuk meningkatkan mood sehari-hari.

Aroma Terapi Bakar, Pilihan Praktis dan Menenangkan

Padatnya aktivitas sehari-hari tak bisa dipungkiri membuat sebagian orang mudah mengalami penurunan mood. Suasana hati yang buruk berkepanjangan tentu akan membuat Anda mudah merasa stres. Sebenarnya ada berbagai upaya yang bisa dipilih untuk meningkatkan mood, mulai dari istirahat yang cukup, makan makanan enak, hingga meditasi.

Saat beristirahat atau melakukan meditasi di rumah, penggunaan aroma terapi rupanya mampu membantu meningkatkan mood. Berbeda dengan pengharum ruangan, aroma terapi umumnya memiliki wangi yang lembut dan menenangkan. Aroma terapi pun hadir dengan berbagai bentuk, mulai dari aroma terapi bakar seperti lilin dan dupa, atau aroma terapi berbahan minyak yang membutuhkan diffuser. Aroma terapi bakar banyak disukai karena dinilai lebih mudah digunakan.

Manfaat Aroma Terapi Bakar bagi Tubuh

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang cukup adalah salah satu kunci untuk mendapatkan suasana hati baik dan tubuh yang segar setiap harinya. Sayangnya, banyak orang yang sulit untuk tidur lebih nyenyak. Masalah tidur, seperti insomnia, cemas, atau restless leg syndrome membuat istirahat menjadi kurang berkualitas.

Salah satu cara mengatasi masalah tidur adalah dengan menggunakan aroma terapi. Aroma menenangkan dari aroma terapi bakar akan membuat seseorang lebih tenang. Suasana pun menjadi lebih nyaman, sehingga lebih mudah untuk tidur nyenyak.

Meredakan Nyeri

Rasa nyeri pada otot, sendi, atau bahkan sakit kepala tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Biasanya sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi obat pada kondisi tersebut, karena dianggap sebagai rasa sakit yang ringan. Rupanya, rasa nyeri ringan tersebut bisa diredakan dengan menggunakan aroma terapi.

Anda cukup menyalakan aroma terapi bakar agar otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks. Aroma yang disarankan untuk meredakan nyeri sendi, antara lain jahe, kunyit, dan jeruk. Sementara untuk sakit kepala, Anda bisa memilih aroma mint atau rosemary.

Mengurangi Mual

Manfaat aroma terapi berikutnya adalah mampu meredakan rasa mual dan juga baik untuk pencernaan. Anda yang kerap mengalami mual karena kehamilan, penyakit asam lambung, atau bahkan kram perut saat haid dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan aroma terapi.

Aroma terapi seperti jahe dan kunyit bisa dipilih untuk mengatasi rasa mual. Selain itu, Anda juga bisa memilih aroma anggur, daun mint, eukaliptus, kamomil, dan lemon. Selain mampu mengatasi rasa mual, aroma terapi juga bisa meredakan nyeri perut.

Mengatasi Stres

Stres telah menjadi masalah umum yang dialami banyak orang, terutama di daerah perkotaan dengan aktivitas yang padat. Stres yang berlebih dapat berdampak buruk, bahkan menyebabkan kecemasan. Bagi Anda yang tengah mengalaminya, aroma terapi bakar mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasinya.

Aroma terapi dipercaya mampu memberikan efek relaksasi dan mengendalikan sistem saraf simpatis yang bertanggung jawab pada respon stres. Salah satu aroma yang bisa Anda jadikan pilihan adalah lavender karena mampu memberikan efek yang menenangkan.

10 Aroma Terapi Bakar dengan Wangi yang Menenangkan

Nippon Kodo Aromaterapi

Produk aroma terapi pertama yang direkomendasikan adalah Nippon Kodo Aromaterapi. Dupa wangi ini merupakan produk best seller yang cocok untuk penggunaan sehari-hari. Diproduksi sejak tahun 1960 di Jepang, dupa ini telah dicintai penggunanya di seluruh duni selama lebih dari 40 tahun.

Nippon Kodo Aromaterapi terbuat dari bahan-bahan berkualitas, seperti kayu beraroma atau wewangian bunga yang alami. Aroma terapi bakar ini hadir dengan wangi kuat yang dapat membantu menghilangkan bau apek ruangan dan cocok menemani saat meditasi, yoga, bersantai, atau relaksasi. Dupa yang juga bisa digunakan untuk kegiatan ritual ini hadir dengan aroma jasmine, rose, lavender, amber, green tea, vanila, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 145.000-156.000

Kaori Lilin Aromaterapi Soy Wax Scented Candle with Dried Flower

Tak hanya dupa, Anda juga bisa memilih aroma terapi bakar berupa scented candle atau lilin beraroma. Salah satu produk yang bisa Anda pilih adalah Kaori Lilin Aromaterapi Soy Wax Scented Candle with Dried Flower. Lilin ini terbuat dari 100% premium soy wax yang berkualitas.

Produk keluaran Kaori Project ini memiliki burn time sekitar 17 jam. Beberapa pilihan aroma yang tersedia, antara lain lemon, jasmine, rose, lavender, vanila, dan green tea. Dengan aroma-aroma yang menenangkan, aroma terapi bakar ini dapat mengatasi insomnia, mengurangi stres, dan mempertahankan konsentrasi.

Harga Rp. 25.999-27.550

Miniso Lilin Aroma Terapi Botanic Scented Candle Air Freshener

Miniso juga memiliki produk aroma terapi bakar pilihan, yaitu Miniso Lilin Aroma Terapi Botanic Scented Candle Air Freshener. Produk ini terbuat dari parafin dan essence berkualitas, sehingga memberikan suasana dan aroma yang menenangkan.

Penggunaan di rumah juga memberikan suasana yang romantis dan hangat. Seperti namanya, Miniso Lilin Aroma Terapi Botanic Scented Candle Air Freshener hadir dengan aroma-aroma khas botanic. Beberapa pilihan aroma yang tersedi, antara lain green tea, coffee, vanilla, berries, ylang ylang, coconut, grapefruit, lavender.

Harga Rp. 25.900-58.167

Terralights Lilin Aromaterapi Scented Candle

Bagi Anda yang tengah mencari hadiah menarik untuk orang tersayang, Terralights Lilin Aromaterapi Scented Candle bisa menjadi pilihan. Aroma terapi bakar ini terbuat dari 100% natural vegetable wax yang tidak beracun. Lilin dengan burning hours sekitar 15 jam ini memiliki sumbu berupa sumbu kayu.

Terralights Lilin Aromaterapi Scented Candle menggunakan palm wax yang tidak mengandung bahan kimia dan lebih tahan lama. Produk keluaran Teralight ini menggunakan fragrance oil premium yang natural, sehingga lebih aman. Berbagai pilihan aroma yang tersedia, antara lain cherry blossom, blooming lilac, sweet jasmine, strawberry, choco milk, bubblegum, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 25.000-119.682

Premiere Beaute Candy World Candle Lilin Scented Aromaterapi

Produk berikutnya yang masuk daftar rekomendasi adalah Premiere Beaute Candy World Candle Lilin Scented Aromaterapi. Aroma terapi bakar ini terbuat dari bahan alami yang aman. Lilin ini juga terjangkau untuk ukuran produk dengan kualitas dari merek mewah.

Premiere Beaute Candy World Candle Lilin Scented Aromaterapi sangat cocok untuk relaksasi dan sebagai pengharum ruangan. Berasal dari perfumer terkenal Prancis, lilin aroma terapi ini memiliki wangi yang berbeda pada tiga tingkatannya, yaitu top, heart, dan base. Beberapa aroma yang tersedia, termasuk small tea green, tapered white, circular blue, yellow volcano, lemon scented, candy world blue, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 21.900-39.900

Dupa Hio Aromaterapi Cendana 5 Jam

Rekomendasi aroma terapi bakar berikutnya adalah Dupa Hio Aromaterapi Cendana 5 Jam. Dupa harum ini cocok dijadikan pengharum ruangan atau menemani Anda ketiga meditasi, relaksasi, atau yoga. Aroma cendana yang dihasilkan memberikan ketenangan dan keharuman alami di dalam rumah.

Setiap pouch Dupa Hio Aromaterapi Cendana 5 Jam berisi 5 stick dupa. Setiap stick memiliki panjang sekitar 39 cm. Seperti namanya, dupa wangi ini memiliki lama pembakaran sekitar 5 jam.

Harga Rp. 7.990-8.500

Leolle Dupa Aromaterapi Bali Pengharum Ruangan Unik

Leolle Dupa Aromaterapi Bali Pengharum Ruangan Unik adalah produk aroma terapi bakar berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini terbuat dari bubuk kayu dan minyak atsiri spesial racikan dari Leolle Bali. Dupa ini cocok dijadikan pengharum ruang tamu, kamar tidur, mauun kamar mandi, untuk memberikan kesan rileks.

Leolle Dupa Aromaterapi Bali Pengharum Ruangan Unik hadir dengan empat pilihan aroma yang sesuai dengan kegunaannya, yaitu relax, peace of mind, love, dan meditation. Setiap pembelian produknya akan dibekali dengan tempat dupa berbentuk daun yang terbuat dari tanah liat serta book mark dengan foto batu ukir Borobudur.

Harga Rp. 15.000-30.000

Geamoore Lilin Aromaterapi

Produk aroma terapi bakar berikutnya adalah Geamoore Lilin Aromaterapi. Lilin dalam gelas ini mengandung bahan pewangi yang dapat digunakan sebagai refreshing, relaxing, dan meredakan sakit kepala. Tak hanya menenangkan, aromanya juga mampu meningkatkan mood Anda.

Geamoore Lilin Aromaterapi hadir dengan tujuh varian aroma, yaitu musk, cocoa coffee, lemongrass, mint, vanilla, green tea, dan lavender. Setiap aromanya memiliki manfaat utama tersendiri, misalnya lavender untuk ketenangan, musk untuk suasana romantis, green tea untuk memberi efek rileks, atau mint yang menyegarkan pikiran.

Harga Rp. 13.500-1.500

FEL.STUDIO Scented Candle

FEL.STUDIO Scented Candle adalah aroma terapi bakar berikutnya yang direkomendasikan. Lilin ini terbuat dari 100% organic soybean wax yang berkualitas premium. Berbeda dengan pengharum ruangan yang memiliki aroma kuat, lilin ini dirancang memiliki aroma lembut.

Aromanya yang lembut sangat cocok untuk relaksasi dan memberikan kesan yang nyaman serta menenangkan. Lilin keluaran FEL.STUDIO ini akan mengeluarkan aroma saat pembakaran sempurna. Berbagai pilihan aroma yang tersedia, antara lain lavender, coffee, baccarat, vanilla, lemongrass, rose blossom, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 37.500-115.000

Lit.Tlera Lilin Aromatherapy

Aroma terapi bakar terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Lit.Tlera Lilin Aromatherapy. Produk ini sangat cocok dijadikan pilihan kado, karena visualnya yang cantik di samping aromanya yang menenangkan. Lilin ini terbuat dari kombinasi bee wax, soy wax, dan palm wax premium.

Menggunakan triple dose fragrance membuat aromanya tiga kali lepih kuat dari aroma terapi pada umumnya. Produk ini memiliki burn time sekitar 10 jam. Berbagai varian yang tersedia, antara lain peaceful yang merupakan kombinasi eucalyptus dan lavender, joyful kombinasi eucalyptus dan rose, kindness kombinasi ginger dan lavender, loveliness kombinasi ginger dan cherry blossom, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 19.900-79.500
From our editorial team

Tips Menggunakan Lilin Aroma Terapi

Memilih lilin sebagai aroma terapi bakar tentu memerlukan perhatian khusus. Sebab, Anda perlu mematikan api ketika sumbu telah terbakar habis. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan lilin aroma terapi. Pertama, potong sumbu sebelum digunakan apabila dirasa terlalu panjang. Anda juga bisa memotong sumbu yang menghitam sebelum penggunaan berulang untuk menghindari api yang besar. Kemudian, apabila muncul asap hitam, segera matikan lilin aroma terapi.