10 Rekomendasi Aromaterapi untuk Ruangan yang Menenangkan (2021)

10 Rekomendasi Aromaterapi untuk Ruangan yang Menenangkan (2021)

Aromaterapi dikenal punya efek menenangkan dan bisa menghilangkan stres. Dengan menaruh aromaterapi di dalam ruangan, Anda juga bisa menjaga ruangan agar tetap harum dan nyaman. Simak rekomendasi aromaterapi ruangan dengan wangi menenangkan di artikel BP-Guide berikut ini!

Aromaterapi di Rumah Bisa Membuat Ruangan Tetap Wangi

Aromaterapi adalah istilah atau sebutan untuk salah satu jenis pengobatan alternatif yang menggunakan minyak esensial yang biasanya diekstrak dari tumbuh-tumbuhan. Hampir semua bagian tumbuhan yang bisa diekstrak menjadi minyak esensial aromaterapi ini, terutama bagian yang bisa mengeluarkan aroma wewangian seperti akar, daun, biji, serta bunga.

Aromaterapi diketahui bertujuan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan tanpa menggunakan obat. Praktik ini dikabarkan telah dilakukan sejak bertahun-tahun yang lampau oleh berbagai budaya di berbagai belahan dunia.

Manfaat Wewangian Aromaterapi

Meringankan Stres

Manfaat aromaterapi yang paling populer adalah untuk menghilangkan stres. Minyak esensial mengandung senyawa aromatik yang dikenal berfungsi sebagai relaksan, yaitu untuk membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan kecemasan.

Cara sederhana untuk mendapatkan manfaat relaksasi adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial yang memiliki sifat menenangkan pada air hangat, lalu mengaplikasikannya pada kulit atau menghirupnya.

Beberapa jenis aromaterapi terbaik untuk menghilangkan stres adalah lemon, lavender, pohon gaharu, bergamot, peppermint, vetiver, dan ylang-ylang.

Sebagai Antidepresan

Bukan hanya stres, aromaterapi bahkan juga dipercaya dapat menghilangkan perasaan depresi. Efek samping dari aromaterapi juga lebih ringan dibandingkan dengan obat antidepresan. Meskipun menggunakan aromaterapi, pasien atau orang yang mengalami depresi tetap membutuhkan penanganan khusus secara medis.

Jenis aromaterapi yang banyak disarankan para ahli sebagai terapi antidepresan adalah aromaterapi peppermint, chamomile, lavender, dan melati.

Meningkatkan Memori

Aromaterapi juga kerap dijadikan sebagai alternatif pengobatan bagi penderita Alzheimer. Pada kasus ini, aromaterapi digunakan sebagai deselerasi atau pengurangan kecepatan pertumbuhan Alzheimer pada penderita. Dengan kata lain, aromaterapi dapat menghambat tingkat keparahan yang dapat terjadi pada penderita Alzheimer dari waktu ke waktu.

Minyak Sage adalah minyak yang paling sering direkomendasikan untuk membantu meningkatkan kapasitas memori.

Meningkatkan Energi

Aromaterapi dikenal berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan energi sehingga Anda dapat beraktivitas dengan lebih semangat dan lebih produktif. Aromaterapi terbaik untuk mendorong energi adalah lada hitam, kapulaga, kayu manis, minyak cengkeh, angelica, melati, pohon teh, dan rosemary.

Mempercepat Pemulihan Luka

Beberapa aromaterapi juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka dan mencegah pembentukan jaringan parut kulit. Sifat antimikroba pada beberapa minyak esensial tertentu juga bisa menjaga tubuh dari infeksi.

Beberapa aromaterapi yang paling populer untuk mempercepat proses penyembuhan termasuk lavender, calendula, rosehip, everlasting, dan minyak buckthorn.

Penggunaan Aromaterapi Untuk Berbagai Tujuan

Sebagai Relaksasi

Manfaat Aromaterapi yang paling banyak diketahui adalah sebagai relaksasi. Aromanya yang natural serasa berada di alam dapat memberikan efek menenangkan bagi fisik dan mental. Anda dapat merelaksasikan tubuh dan pikiran di rumah saja dengan menggunakan aromaterapi.

Mengatasi Insomnia

Aromaterapi juga digunakan sebagai obat tidur oleh beberapa orang, tapi caranya bukan dengan ditenggak begitu saja ya. Aroma dari minyak esensial secara perlahan akan merelaksasikan tubuh agar lebih nyaman. Ketika terlalu nyaman, pikiran Anda akan semakin tenang dan tenggelam, lalu Anda akan merasa mengantuk dan akhirnya tertidur.

Pengharum Ruangan

Aroma segar yang dipancarkan oleh aromaterapi ini akan mengharumkan ruangan. Anda dapat menempatkannya pada kamar tidur, ruang tamu, maupun ruang keluarga. Dengan pilihan aroma yang pas, kehadiran aromaterapi di dalam ruangan akan membuat siapapun yang berada di ruangan itu menjadi nyaman dan betah.

Rekomendasi Aromaterapi Untuk Pengharum Ruangan di Rumah

Miniso Scent Diffuser

Miniso juga mengeluarkan produk reed diffuser dengan berbagai varian aroma yang unik, seperti apple rose, magnolia rose, serta white tea & orris dengan efek relaksasinya.

Reed diffuser atau diffuser dengan bentuk stik ini memiliki 5 stik yang telah didesain dengan estetika yang tinggi. Jadi, selain sebagai aromaterapi dan pengharum ruangan, diffuser ini juga mampu melengkapi dekorasi modern di rumah Anda.

Harga Rp. 25.000-50.000

L'Occitane Generic Perfume Diffuser

L'Occitane Generic Perfume Diffuser ini merupakan reed diffuser yang menghadirkan suasana harum dan tenang di ruangan Anda.

Produk ini memiliki desain tabung diffuser yang unik. Tabungnya berbentuk seperti vas bunga melengkung namun tetap dapat berdiri tegak, terinspirasi dari tetesan minyak esensial. Ada 12 stik mungil yang tertancap di dalamnya.

Nuansa desain alaminya juga ada pada kotak kemasannya yang berwarna biru dan putih nan elegan yang dihiasi oleh ilustrasi botani.

Jangan lupa untuk mencuci botol dengan air panas dan gunakan stik yang baru setiap Anda hendak mengganti aroma.

Harga Rp. 450.000-600.000

Organic Supply Co. Ultrasonic Diffuser

Produk yang satu ini hadir dalam bentuk diffuser elektrik. Kelebihan diffuser elektrik adalah Anda dapat mengaplikasikan berbagai minyak esensial yang Anda inginkan secara berbeda pada setiap waktu.

Diffuser ini membawa model minimalis dengan dimensi yang sangat ringkas. Karena desainnya yang ringkas dan warnanya yang putih netral, Organic Supply Co. Ultrasonic Diffuser cocok ditempatkan di ruang kerja atau ruang tamu rumah. Anda tentu juga boleh menempatkannya di kamar tidur untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran di kamar. Di samping itu, bobotnya pun sangat ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

Waktu operasi alat ini pun tidak panjang dan pastinya tidak boros listrik. Anda bisa mengatur durasi waktu mulai dari 30 menit, 60 menit, 120 menit, hingga 180 menit. Nantinya, mesin akan mati sendiri setelah waktu berakhir.

Harga Rp. 450.000-600.000

Ultransmit Diffuser Vivi Aromaterapi

Sebagai diffuser elektrik, Ultransmit Diffuser Vivi Aromaterapi hadir dengan desain elegan. Anda bebas memilih aroma yang disukai untuk diaplikasikan pada diffuser elektrik ini. Aroma yang Anda sukai pun akan disebarkan secara merata ke seluruh sudut ruangan.

Produk ini terbuat dari bahan akrilik dan kaca. Alat ini menggunakan teknologi ultrasonic yang bekerja dengan mengurai kandungan minyak aromaterapi ke udara secara perlahan.

Diffuser ini dilengkapi dengan fitur keamanan untuk menambah keawetannya, seperti sistem yang mencegah terjadinya kondensasi dan mesin dapat otomatis mati jika air sudah habis.

Diffuser elektrik ini juga dibekali fitur lampu LED dengan cahaya yang lembut, sehingga juga bisa dijadikan sebagai lampu tidur.

Harga Rp. 300.000-500.000

Ataru Diffuser Aromaterapi Rabbit

Jika Anda mencari diffuser elektrik berbentuk lucu sebagai pengharum ruangan sekaligus menyebarkan aromaterapi dan juga sebagai lampu tidur yang menemani Anda terlelap, Ataru Diffuser Aromaterapi Rabbit hadir sebagai pilihan.

Ukurannya yang minimalis akan memudahkan Anda untuk membawa dan memindahkannya ke manapun. Kapasitas tangki yang dimiliki oleh diffuser ini adalah 100 ml.

Harga Rp. 250.000-1.000.000

Premiere Beaute Aromatic Rattan Reed Diffuser Black Vanilla

Tanpa menggunakan api dan listrik, Premiere Beaute Aromatic Rattan Reed Diffuser Black Vanilla ini akan memberikan aromaterapi yang menenangkan bagi Anda dan keluarga, atau tamu di rumah.

Reed diffuser ini mempunyai 5 stik bambu yang mampu menyebarkan aromaterapi ke seluruh sudut ruangan.

Harga Rp. 70.000-90.000

Glade Aerosol Elegant Vanilla & Oud Wood

Tampaknya aroma vanila cukup menjadi favorit banyak orang. Dikombinasikan dengan aroma woody yang lembut, Glade Aerosol Elegant Vanilla & Out Wood ini akan membuat rumah terasa lebih hangat.

Pengharum ruangan ini bertipe semprot atau spray yang disemprot secara manual. Dengan sistem semprotan manual, Anda dapat mengaplikasikan pengharum ruangan ini sesuai dengan kebutuhan dan bisa lebih berhemat!

Ukurannya yang kompak dan ringan juga bikin pengharum Glade ini mudah disimpan dimana saja dan mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 17.000-25.000

Euodia Home Fragrance Diffuser

Euodia Home Fragrance Diffuser dirancang untuk menyebarkan wewangian yang harum. Diffuser ini sangat ideal untuk ditempatkan di kantor, ruang belajar, ruang keluarga, serta ruang tamu agar menjadi harum dan menghidupkan suasana.

Euodia Home Fragrance Diffuser ini berbentuk botol dengan 8 stik lidi yang akan menyebarkan aromaterapi ke setiap sudut ruangan. Produk ini memiliki kapasitas 50 ml dan dapat bertahan hingga 1 bulan.

Harga Rp. 130.000-200.000

Bayfresh Reed Diffuser Vanilla Bean

Tampaknya aroma vanila cukup menjadi favorit banyak orang. Bayfresh Reed Diffuser Refill Vanilla Bean 30 ml akan mengharumkan udara di rumah Anda dengan wangi yang segar.

Botol kotaknya memiliki 7 stik yang mampu menyebarkan efek aromaterapi dari wangi vanila yang menenangkan hati.

Harga Rp. 27.000-45.000

Young Living Feather the Owl Diffuser

Membahas aromaterapi rasanya tak lengkap tanpa merek yang satu ini, Young Living. Selain memproduksi minyak esensial, Young Living juga memproduksi diffuser, dan salah satunya adalah Young Living Feather the Owl Diffuser yang lucu ini.

Diffuser ini memiliki keunggulan dapat menyala nonstop selama 5 jam. Selain itu, alat ini pun memiliki 10 pilihan mode lampu LED di dalamnya.

Keunggulan lainnya adalah fitur white noise yang membantu Anda agar mudah terlelap, apalagi bagi anak-anak kecil. Anda bisa menggunakannya saat mengalami sulit tidur.

Diffuser ini pun terbilang lebih kecil. Jadi, Anda bisa membawanya ke mana-mana saat berlibur.

Harga Rp. 500.000-700.000
From our editorial team

Sesuaikan Tipe Pengharum Dengan Besar Ruangan

Saat memilih aromaterapi untuk pengharum ruangan, bukan hanya wanginya saja yang penting. Tetapi tipenya juga harus disesuaikan dengan ruangan lho. Pengharum diffuser sangat cocok untuk ruangan kecil, sementara untuk ruangan besar bisa memilih pengharum jenis spray saja. Pilih produk favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!

Tag