Dapatkan Sensasi Aroma Kopi dari 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Kopi yang Bikin Semangat Kerja (2021)

Dapatkan Sensasi Aroma Kopi dari 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Kopi yang Bikin Semangat Kerja (2021)

Aroma kopi memberikan sensasi yang menakjubkan. Kamu bisa membuat ruanganmu selalu harum dengan memberikan pengharum ruangan beraroma kopi. Yuk, kita cek dulu berbagai rekomendasinya, nih!

Rasa Kopi Memang Mantap, Aromanya pun Menenangkan

Kopi tidak hanya dikenal karena rasanya yang nikmat namun aromanya yang harum dan diklaim banyak manfaat. Keharuman dari biji kopi yang alami, dipercaya mampu memberikan kebahagiaan dan menetralisir bau tak sedap. Percaya atau tidak, aroma biji kopi tanpa tambahan bahan kimia yang harum bisa bertahan cukup lama, yaitu hingga tujuh hari.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keharuman dari aroma biji kopi. Biji kopi panggang yang diletakkan di atas piring kecil bisa mengharumkan kamar. Ada juga lilin beraroma kopi yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Pewangi berbahan alami tersebut juga mampu mengusir bau tak sedap di dalam lemari baju, bahkan mobil pun juga sudah banyak menggunakan aroma kopi sebagai andalannya.

Saat ini banyak mobil yang memilih pewangi dari biji kopi di area kabinnya. Pengharum ini biasanya diletakkan atau dipasang di area dashboard, supaya para penumpang dan pengemudi makin nyaman perjalanan. Kamu bisa memilih pengharum kabin beraroma kopi dalam bentuk gantungan atau duduk.

Karakter dari Biji Kopi dengan Aroma yang Kuat

Java Ciwidey

Java Ciwidey termasuk ke dalam golongan kopi unggulan, baik untuk kelas lokal maupun internasional. Jenis kopi tersebut mulai ditanam sejak abad ke-17, di wilayah Ciwidey, Bandung dengan ketinggian tanah sekitar 1.500-1.600 meter di atas permukaan laut. Ciwidey sendiri merupakan wilayah yang terkenal sejuk karena terdiri dari perbukitan asri yang ditumbuhi berbagai sayuran dan tumbuhan budidaya lain, termasuk kopi.

Kopi ciwidey memiliki aroma khas dan kaya rasa. Biji kopi yang siap panen, dipetik manual dengan tangan oleh para petani dengan metode handpick atau selective pick. Prosesnya dilanjutkan dengan mencuci dan menjemur biji secara alami atau semi-washed. Hasilnya, biji kopi Java Ciwidey punya aroma smoky dengan sensasi rasa menyerupai karamel mentega dan manis coeklat.

Biji kopi ciwidey memiliki karakter big body dan aroma smoky. Aroma tersebut berasal dari kacang-kacangan, buah, bunga dan sedikit herbal. Karakter bentuk biji kopinya juga membuat kopi tersebut terasa segar dengan rasa akhirnya cenderung lembut dan tahan lama.

Robusta Kintamani

Kintamani merupakan daerah yang pas untuk perkebunan kopi, baik arabika maupun robusta. Para petani di sana memegang filosofi Tri Hita Kirana, yaitu prinsip pada perdamaian dan keseimbangan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam sekitar.

Kopi yang berasal dari Bali juga sudah menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia dan oleh-oleh khas. Wet/washed process menjadi metode yang dipilih orang Bali dalam melepas biji kopi dengan daging buahnya.

Kopi kintamani memiliki rasa asam yang menyerupai buah jeruk dan tidak meninggalkan aftertaste. Biji kopinya memiliki body medium dengan aroma yang kuat dan manis. Kopi kintamani cocok untuk penikmat kopi yang tak suka rasa pahit.

Kopi robusta dari Pulau Dewata memiliki rasa dan aroma yang seimbang. Keunikan rasa dari kopi ini adalah sensasi pedas dan herbal serta pahit khas tembakau dan sedikit manis. Aroma rempah yang harum menjadi salah satu keunggulannya. Untuk kekentalan dan keasamannya ada pada level medium.

Varian arabika dari Bali punya karakteristik sendiri. Kopi ini memiliki tingkat keasaman reguler, aroma jeruk dan jeruk nipis tercium dengan kesan manis dan sedikit beraroma rempah. Kekentalannya ada pada level sedang.

Arabika Bajawa

Dari Nusa Tenggara Timur, muncul kopi bajawa dari Kabupaten Ngada, Flores. Perkebunan kopi di sana berlokasi di dataran tinggi antara 1.000-1.550 mdpl dengan rerata suhu 15-25°C, tepatnya antara Gunung Inerie dan Gunung Abulobo.

Jenis kopi yang ditanam para petani di daerah ini adalah arabika. Supaya terlindung dari sinar matahari dan hujan yang berakibat pada rontoknya bunga, mereka memberi naungan pada pohon-pohon kopi yang ditanamnya.

Kopi bajawa merupakan kopi organik yang berhasil dibudidayakan di kawasan tak berpolusi. Alhasil cita rasa dan aromanya sangat unik dan nikmat. Kopi Bajawa memiliki aroma kacang-kacangan dan karamel dengan aftertaste.

Dengan body yang tebal, kopi ini cenderung kental dengan tingkat keasaman medium. Oleh sebab itu, kopi bajawa lebih ramah dengan orang yang memiliki masalah pada lambungnya.

Manfaat Ampas Kopi untuk Berbagai Kebutuhan

Pengharum Ruangan

Aroma khas dari ampas kopi dapat menjadi pengharum untuk berbagai ruang. Tidak hanya ruangan atau mobil saja, ampas kopi juga bisa menjadi pengharum dalam kulkas.

Kopi memiliki aroma yang kuat sehingga menggunakan ampasnya sebagai pengharum ruangan alami dapat menetralkan udara sekitar dan menjadikannya segar. Bau asap rokok, sisa makanan, bau cat pada ruang baru, serta bau apek bisa hilang seketika.


Atasi Bau Kaki

Biji kopi memiliki kandungan antioksidan yang mampu menghilangkan aroma tak sedap dari kaki. Kamu bisa membuat ramuan khusus anti bau kaki dengan ampas kopi. Campurkan 30 gram kopi giling medium atau ampasnya dengan 3 sendok makan minyak kelapa murni, kemudian aplikasikan pada seluruh telapak kaki dan jari-jari. Diamkan selam 5-7 menit, lalu digosok-gosok sebelum kamu membilasnya. Terakhir rendam kaki 10 menit dengan air hangat, kemudian bilas dan keringkan.

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, kamu bisa melakukan langkah-langkah di atas 2-3 kali dalam seminggu. Selain bau kaki hilang, sel kulit mati juga akan terangkat secara sempurna.

Untuk Pupuk Tanaman

Yuk, buat ampas kopi menjadi pupuk alami untuk tanaman! Cukup menebarkan ampas kopi langsung ke tanah atau mencampurnya dengan daun dan kompos organik, pupuk alami ini akan menutrisi tanaman dengan baik.

Ampas kopi ternyata mengandung fosfor, potasium, tembaga dan magnesium. Nutrisi tersebut sangat berguna untuk tanah. Cacing yang ada di dalam tanah akan memberikan mineral baik untuk tumbuhan setelah mengunyah ampas kopi.

Tidak hanya menjadi pupuk alami, ampas kopi juga bisa mencegah datangnya hama perusak tanaman. Berbagai serangga pengganggu dijamin tak akan mendekat ke tanamanmu!

Mengusir Bau pada Sepatu

Bau sepatu bisa menghilangkan kepercayaan diri seseorang ketika mereka harus melepaskan alas kakinya di depan umum. Hal ini bisa teratasi dengan bungkusan ampas kopi buatan sendiri, lho.

Bubuk ampas kopi terbukti mampu menetralkan dan menyerap bau menyengat pada sepatu. Cukup bungkus ampas kopi yang tak terlalu basah dengan tisu dan tempatkan di dalam sepatu. Diamkan sehari semalam, aroma tak sedap dari alas kakimu akan hilang.

Rekomendasi Pengharum Ruangan Kopi untuk Menyegarkan Ruangan

Bayfresh Aerosol Morning Coffee Cairan Pengharum Ruangan

Bayfresh Aerosol Air Freshener Morning Coffee menjadi rekomendasi pengharum ruangan beraroma kopi pertama yang sudah diformulasi khusus. Dengan kandungan pewangi konsentrat, wewangian ruang ini efektif untuk menetralkan bau apek dan menggantikannya dengan aroma kopi alami.

Kesegaran wangi kopi dari Bayfresh dapat tercium hingga seluruh ruangan. Alhasil aromanya yang alami dapat memperbaiki mood serta membantumu untuk bersantai sejenak. Bayfresh Aerosol Air Freshener Morning Coffee dapat disemprot langsung atau digunakan sebagai isi ulang alat pengharum ruangan.

Harga Rp. 18.900-27.600

Dorfree Coffee Latte Addict Parfum Pengharum Mobil

Dorfree Coffee Latte Addict punya wewangian kopi yang bisa digunakan sebagai parfum mobil maupun ruangan. Terbuat dari biji kopi yang dipanggang dan dikemas menggunakan kain goni, pengharum ruangan Dorfree hadir ke dalam dua varian aroma. Salah satu varian aromanya adalah coffee latte.

Penggunaan pengharum kopi untuk mobil dan ruangan dari Dorfree sangat mudah. Sudah dilengkapi dengan gantungan, kamu dapat menempatkannya di mana saja tanpa khawatir pecah atau tumpah saat terjatuh.

Agar kualitas terjaga, Dorfree Coffee Addict dibungkus plastik dengan teknik vacuum.

Harga Rp. 17.500-26.500

Parfum Kopi Bali [Parfum Gantung / Pengharum Ruangan]

Hadirkan suasana kafe kopi di dalam mobil dengan Parfum Kopi Bali. Dengan bentuk pewangi gantung, parfum mobil tersebut dibuat dari kopi asli pilihan yang alami.

Kopi sendiri memiliki sifat higroskopis yang dapat menyerap molekul gas dan air di sekitarnya. Oleh karenanya pengharum mobil Parfum Kopi Bali dapat menetralkan bau rokok hingga durian yang menyengat. Berbeda dengan parfum essence dan kimia, aroma wewangian ini tak membuat mual.

Dikemas menggunakan kain karung goni yang sederhana, Parfum Kopi Bali untuk mobil juga dilengkapi dengan gantungan. Kamu dapat menggantungkan atau meletakkannya di depan blower atau AC. Aroma kopi sangrai ini diklaim mampu bertahan hingga satu bulan.

Sebelum digunakan, kamu harus meremas kemasannya terlebih dahulu supaya biji kopinya hancur dan aromanya dapat terhirup. Unik, ya?

Harga Rp. 3.500-4.990

Aromacology Aromatherapy Essential Fragrance Oil Pengharum Ruangan Aroma Kopi Cappuccino

Aromacology Aromatherapy Essential Fragrance Oil Pengharum Ruangan tersedia dalam varian aroma kopi cappuccino yang segar. Terbuat dari biji kopi pilihan yang diekstrak tanpa alkohol, pengharum ini memiliki aroma khas yang bisa menenangkan hati dan mengubah suasana ruangan.

Pengharum ruangan dengan wangi cappuccino dari Aromacologi dijual dalam bentuk kemasan botol. Dengan isi bersih 50 ml, wewangian ini dapat diunakan dengan bantuan diffuser atau lilin.

Cukup 3-10 tetes dan campur dengan 200 ml air, seluruh ruangan akan wangi sepanjang hari. Kamu juga dapat menyesuaikan penggunaannya berdasarkan kebutuhan dan luas ruangan.

Harga Rp. 50.000-200.000

GFresh Parfum Mobil Aroma Kopi

Selanjutnya adalah rekomendasi pengharum multifungsi aroma kopi dari GFresh. GFresh Parfum Mobil Aroma Kopi tak hanya bisa digunakan untuk mobil, kamu juga dapat menjadikannya sebagai pengharum ruang, toilet, hingga kamar.

Seperti pengharum ruang beraroma kopi lainnya, GFresh Parfum juga dapat menetralkan bau tak sedap dari rokok atau ruangan itu sendiri. GFresh Parfum Mobil Aroma Kopi dibuat ke dalam bentuk blok organik yang bisa membawa kesegaran dan kenyamanan. Wanginya mampu bertahan hingga 45 hari.

GFresh Parfum Mobil Aroma Kopi tersedia dalam varian wangi java coffee, bubble gum, dan vanilla. Wangi java coffee menyerupai aroma kopi, susu, dan karamel. Aroma varian vanilla mirip java coffee yang bercampur dengan karamel biskuit cokelat. Sementara bubble gum adalah wangi permen karet yang alami.

Harga Rp. 17.000-18.500

ZERONE Pengharum Ruangan Mobil Aroma Fresh Kopi Bali Lemon

Sebagai salah satu perusahaan bidang otomotif yang memproduksi berbagai produk perawatan mobil, Zerone Japan mengeluarkan pengharum mobil beraroma kopi. Dengan menggantungkan Zerone Pengharum Ruangan Mobil Aroma Fresh Kopi Bali Lemon di atas dashboard, bau tak sedap di dalam mobil akan terserap dan tergantikan dengan aroma terapi nan segar namun tak membuat mual.

Desain parfum mobil dari Zerone Japan sangat unik. Tutupnya luarnya terbuat dari kayu, sementara dalamnya dari plastik. Agar terhirup wanginya, buka tutup kayu searah jarum jam dan tutup plastiknya. Selanjutnya pasang tutup kayunya kembali dan balik botol hingga terlihat basah. Terakhir, kamu dapat menggantungnya supaya aroma wewangian ini dapat tersebar ke seluruh bagian dalam mobil.

Harga Rp. 49.000

Parfum Mobil Ruangan Aroma Coffee Kopi - VL Scents Block

Parfum gantung dengan wangi kopi yang lainnya adalah milik VL Scents Block. Selain di dalam mobil, pengharum ini juga dapat digunakan untuk wewangian ruangan.

VL Scents Block tersedia dalam tiga ragam wangi, yaitu coffee kopi, white coffee, dan bubble gum. Aroma coffee kopi cenderung lebih kuat sehingga mampu menetralkan bau tak sedap. Wangi white coffee kopi lebih lembut dan terdapat notes vanila. Bubble gum adalah varian wangi permen karet.

VL Scents Block merupakan pengharum ruangan dari paduan parfum impor yang dikemas unik dan berkelas. Wewangian untuk ruang ini sebaiknya tidak dicampur dengan pengharum lainnya. Selain itu, penggunaannya tak boleh ditaruh di atas media plastik dan di depan AC atau kipas angin langsung.

Pengharum ruangan VL Scents Block efektif untuk ruangan tertutup berukuran maksimal 3x3 meter. Untuk menggunakannya, cukup buka sisi samping kanan dan kiri kemasan. Setelahnya pasti wanginya akan keluar secara maksimal.

Harga Rp. 25.000-101.650

Parfum Gantung Mobil Ruang Dorfree Aroma Kopi Java Coffee

Aroma yang menyegarkan dan tahan lama menjadi keunggulan parfum gantung Dorfree. Varian wangi java coffee merupakan pengharum khusus untuk mobil dan ruangan yang mampu bertahan sampai 60 hari. Dorfree parfum gantung dijual dengan berat bersih 11 ml.

Parfum beraroma kopi java coffee ini akan menyebarkan wangi pada seluruh bagian ruang secara merata. Penggunaannya juga cukup sederhana. Dengan melepas tutup dalam dan memasang kembali tutup luarnya, pengharum langsung bisa digantung di mana saja.

Harga Rp. 20.580-49.900

Pengharum Ruangan Parfum Mobil iFOX Relax Natural Scents Aroma Coffee

iFOX Relax Natural Scents punya pengharum aroma kopi yang unik dan dijamin tahan lama. Dengan fungsi ganda, parfum untuk ruangan ini juga bisa menyerap bau atau menetralkan aroma tak sedap. Pengharum ini juga dapat dipakai di dalam mobil atau ruangan di dalam rumah dan kantor.

Pengharum ruangan iFOX Relax Natural Scents terbuat dari bahan-bahan terpilih. Selanjutnya parfum akan diserap oleh blok penyegar udara organik berbahan serat kapas yang mampu mempertahankan wangi parfum hingga 60 hari.

Harga Rp. 12.500-36.000

E28 Parfum Kopi Bali Spray

Wangi kopi hitam alami menjadi kelebihan dari pengharum mobil dan ruangan E28 Parfum Kopi Bali Spray. Cenderung disukai oleh semua orang, aroma kopi dari pengharum ini juga bisa menghilangkan aroma tak sedap. Sekali semprot, wangi E28 Parfum Kopi Bali Spray bisa bertahan selama 4 jam.

Selain disemprotkan di ruangan atau interior mobil, E28 Parfum Kopi Bali Spray juga bisa digunakan sebagai wewangian gantung yang awet. Cukup semprotkan beberapa kali ke tisu dan menggantungnya, ruangan akan wangi seketika.

E28 Parfum Kopi Bali Spray dikemas menggunakan botol spray dengan berat bersih 200 ml. Untuk pemakaian normal, pengharum ruangan tersebut bisa bertahan hingga 45 hari dengan jumlah semprotan hingga 200 kali.

Harga Rp. 6.000-8.500
From our editorial team

Ruangan Semakin Wangi dengan Aroma Kopi

Aroma kopi yang menyebar di ruanganmu dapat memberikan energi dan semangat, apalagi saat kamu bekerja. Pokoknya dijamin menjadi moodboster terutama di jam-jam kritis. Pastikan untuk memilih aroma kopi yang tepat dan tidak bikin kamu semakin pusing, ya.