10 Rekomendasi Pengharum Ruangan yang Awet dan Tahan Lama (2021)

10 Rekomendasi Pengharum Ruangan yang Awet dan Tahan Lama (2021)

Setiap orang pasti betah berada di tempat yang wangi. Pilih pengarum ruangan yang wanginya awet dan tahan lama agar Anda juga makin nyaman. Yuk, simak rekomendasinya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Ruangan yang Harum Bisa Meningkatkan Mood

Rumah difungsikan sebagai tempat bernaung yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi yang ada di dalamnya. Banyak hal yang kita lakukan di rumah, entah itu bekerja, belajar, maupun beristirahat.

Aroma rumah, terutama aroma wangi yang ada di rumah kadang menjadi suatu hal yang dirindukan saat bepergian. Rumah yang wangi juga dapat meningkatkan mood untuk melakukan aktivitas di rumah, atau untuk merelaksasi pikiran.

Agar suasana rumah menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Pengharum Ruangan

Tentukan Tipe yang Diinginkan

Secara umum, ada dua tipe dari pengharum ruangan, yaitu tipe semprot atau spray dan tipe yang diletakkan di dalam ruangan. Tipe pengharum semprot akan memberikan keharuman secara instan setelah kita menyemprotkannya baik secara manual atau secara otomatis melalui alatnya.

Sementara tipe pengharum yang diletakkan ini akan memberikan keharuman secara terus menerus selama zatnya masih ada. Tipe ini hadir dalam berbagai bentuk, seperti padat, cair, candle, stik, dan lain sebagainya.

Pilih Desain Sesuai Keinginan

Desain pengharum ruangan hadir dalam berbagai bentuk sesuai dengan tipenya. Jika Anda bingung untuk memilih desain yang bagus, kami merekomendasikan Anda untuk memilih produk yang desainnya sesuai dengan ruangan Anda.

Jika dinding Anda cukup luas untuk menempatkan pengharum yang digantung, Anda bisa menempatkan pengharum ruangan di dinding. Besar pengharum ruangan pun dapat disesuaikan dengan area yang ada pada dinding Anda.

Jika ruangan Anda memiliki meja atau rak untuk menempatkan pengharum ruangan yang ditempatkan seperti candle, stik, dan jenis yang ditempatkan lainnya.

Pertimbangkan Lokasi Penempatannya

Lokasi penempatan pengharum ruangan juga perlu diperhatikan.

Semisal ingin mendapatkan aroma yang merata untuk seluruh ruangan, Anda bisa menempatkan pengharum di tempat yang lebih tinggi dari wajah Anda. Pastikan produk pilihan Anda stabil saat digunakan, misalnya memiliki bagian bawah yang lebar agar tak mudah jatuh.

Sementara untuk Anda yang tak ingin kesulitan menjangkau produk, Anda dapat meletakkan pengharum di area yang lebih terjangkau oleh tangan, namun pastikan produk tersebut solid dan tak mudah tumpah saat tersenggol atau jatuh.

Perhatikan Intensitas Keharuman

Preferensi terhadap intensitas keharuman suatu produk akan berbeda-beda pada setiap orang. Misalnya, aroma jeruk atau apel atau aroma tertentu akan dirasa terlalu kuat bagi beberapa orang dan membuat mereka merasa tidak nyaman, sementara bagi sebagian orang lainnya tidak merasa masalah.

Anda bisa memilih produk yang intensitas keharumannya bisa diatur. Contohnya dengan mengatur durasi semprotan pada tipe semprot, atau mengatur jumlah cairan, gel, atau stik yang digunakan.

Lihat Adanya Efek Tambahan Lain

Selain mengandung aroma tertentu yang membuat ruangan menjadi wangi, beberapa pengharum ruangan memiliki fungsi tambahan, seperti efek deodorizing, silver ion, sterilisasi, dan antimikroba.

Anda bisa memilih pengharum ruangan yang memiliki fungsi tambahan ini untuk ditempatkan di ruangan Anda.

Cara Menjaga Ruangan Tetap Harum

Jaga Kebersihan Ruangan

Bau tak sedap dapat menghampiri ruangan yang jarang dibersihkan. Bau tak sedap itu biasanya berasal dari tempat tidur hewan peliharaan, karpet yang jarang dibersihkan, sprei yang sudah lama tidak dicuci, cucian baju yang lembab, tong sampah yang kotor, dan masih banyak faktor pemicu lainnya. Semakin lama dibiarkan, akan semakin kuat bau yang dihasilkan.

Anda sebaiknya rutin membersihkan rumah dan sekitarnya untuk mencegah bau tak sedap yang dapat menyeruak ke dalam rumah.

Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Sirkulasi udara yang bagus dan cukup mencegah rumah menjadi pengap dan berbau apek. Sirkulasi udara yang lancar akan menukar udara yang ada di dalam ruangan sehingga ruangan akan terasa lebih sejuk dan segar.

Bukalah jendela dan pintu rumah secara berkala, seperti saat pagi dan sore hari agar udara segar bisa masuk dan menggantikan udara di dalam rumah.

Jangan Biasakan Menumpuk Sampah

Sampah yang menumpuk dalam waktu yang lama, terutama sampah dapur yang mudah membusuk akan menimbulkan bau semerbak yang tidak enak. Jagalah kebersihan tong sampah. Memilah sampah organik dan non organik adalah bentuk pencegahan yang baik dalam mencegah sampah menjadi lebih gampang bau.

Sampah organik yang mudah membusuk sebaiknya segera dimasukkan ke komposter. Jangan lupa juga untuk membersihkan kulkas dan lemari makanan jika ada yang sudah tidak layak makan, sebelum membusuk di tempatnya.

Rekomendasi Pengharum Ruangan yang Wanginya Tahan Lama

BayFresh Automatic Spray Morning Coffee

Kopi bukan hanya nikmat dari segi rasa, melainkan aroma. Aroma kopi dapat memberikan efek relaksasi bagi siapapun yang menghirupnya. Aroma kopi yang membuat Anda semangat dalam menyelesaikan tugas-tugas harian yang sudah menumpuk sekalipun. Wangi kopi tersebut dapat Anda temui pula pada pengharum ruangan BayFresh Automatic Spray Morning Coffee.

BayFresh Automatic Spray Morning Coffee merupakan pengharum ruangan bertipe semprot yang ringkas dan mudah dibawa. Anda bisa membawanya di dalam tas kerja

Harga Rp. 25.000-35.000

Premiere Beaute Aromatic Rattan Reed Diffuser

Reed diffuser merupakan pengharum ruangan yang menggunakan stik bambu untuk menyebarkan aromaterapi ke seluruh sudut ruangan. Selain mengharumkan ruangan, aroma yang dikeluarkan oleh reef diffuser ini dapat menenangkan pikiran saat dihirup.

Karena merupakan diffuser stick, diffuser ini tidak perlu menggunakan api dan listrik. Premiere Beaute Aromatic Rattan Diffuser adalah salah satu merk reed diffuser terbaik saat ini.

Harga Rp. 50.000-100.000

Stella Fresh & Protect Aerosol Fresh Floral

Stella Fresh & Protect Aerosol Fresh Floral hadir dengan fungsi 2 in 1, yaitu sebagai pengharum ruangan sekaligus desinfektan yang membersihkan udara.

Cukup semprotkan ke udara dengan 1 hingga 2 kali semprotan dan ruangan akan wangi dan bersih dari kuman. Aroma floralnya yang lembut membuat ruangan menjadi segar dan harum.

Uniknya, produk ini juga bisa digunakan untuk membersihkan benda keras seperti gagang pintu, gagang kulkas, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 30.000-50.000

Glade Scented Gel

Bila Anda mencari pengharum ruangan dengan harga terjangkau yang keharumannya bisa diatur sesuai kebutuhan, Glade Scented Gel ini solusinya.

Produk pengharum ruangan yang berbentuk gel ini memiliki penutup wadah yang bisa dinaik-turunkan untuk mengatur intensitas aromanya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga Rp. 20.000-25.000

Stella Air Freshener Aerosol

Pengharum ruangan lain dari Stella adalah Stella Air Freshener Aerosol, pengharum ruangan dengan tipe semprot. Produk ini dikemas dalam kaleng besar berdesain cantik dan menarik.

Bagi yang ingin beraktivitas tanpa diganggu bau tak sedap, semprotkanlah pengharum ini, dan wangi semerbak pun langsung keluar dan tercium untuk mencerahkan hari.

Harga Rp. 15.000-25.000

Bayfresh Reed Diffuser

Reed diffuser ini memiliki harga pasar yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan reed diffuser lainnya. Meskipun berukuran mungil, Bayfresh Reed Diffuser diklaim sanggup mengedarkan wangi yang konsisten hingga 30 hari.

Setelah cairannya habis, Anda bisa mengisi ulang botol yang kosong dengan kemasan refill dan bisa juga mencoba berbagai varian lainnya.

Harga Rp. 30.000-50.000

Stella Air Freshener All in One

Stella tipe gantung ini termasuk jenis pengharum ruangan yang memiliki banyak penikmat. Banyaknya pilihan aroma membuat orang-orang tak ingin berpaling ke produk lain.

Stella menyematkan kandungan minyak alami yang dapat mengeluarkan sensasi keharuman yang membuat seluruh anggota keluarga Anda merasa nyaman berada di dalam ruangan.

Harga Rp. 7.500-10.000

Dalgona Coffee Reed Diffuser

Masih soal reed diffuser, Dalgona Coffee Reed Diffuser ini hadir dengan 3 stik pengharum yang dapat menyebarkan aroma kopi ke seluruh ruangan.

Reed diffuser ini cocok digunakan di ruang kerja. Aroma kopinya akan menyemangati Anda dalam mengerjakan tugas.

Setelah isinya habis, Anda dapat mengisi ulang diffuser ini agar ruangan tetap wangi dengan aroma kopi.

Harga Rp. 200.000-300.000

Glade Automatic Spray

Selain terkenal akan pengharum ruangannya, Glade juga memiliki berbagai varian dan tipe pengharum, salah satunya tipe semprot atau spray.

Sesuai namanya, Glade Automatic Spray ini bisa menyemprot otomatis melalui wadahnya yang bisa diatur waktunya. Produk ini akan bekerja otomatis dengan bantuan baterai. Adanya holder berfungsi untuk menempatkan bodi pada dinding rumah Anda.

Harga Rp. 70.000-100.000

Secret Garden Aroma Reed Diffuser

Apabila Anda membutuhkan reed diffuser yang memiliki aroma dengan nuansa bervariasi, cobalah Secret Garden Aroma Reed Diffuser. Setiap variannya memiliki wangi yang dipercaya dapat membangkitkan mood berbeda.

Salah satu variannya adalah Jasmine yang memiliki aroma klasis bunga melati. Wangi essential oil varian Jasmine dapat menstimulasi saraf dan menenangkan pikiran sepanjang hari. Botol reed diffuser dari Secret Garden memiliki bentuk yang cukup unik dengan aksen pita sebagai pemanis.

Harga Rp. 200.000-300.000
From our editorial team

Pastikan Setiap Ruangan Punya Ventilasi Agar Tidak Pengap

Selain dengan menggunakan pengharum ruangan seperti yang direkomendasikan BP-Guide di atas, cara agar menjaga ruangan wangi adalah dengan memastikan bahwa setiap ruang memiliki ventilasi yang baik. Dengan demikian, terjadi pergantian udara setiap hari dan ruangan tidak menjadi pengap atau lembab.

Tag