Tenangkan Pikiran dan Sehatkan Raga dengan 10 Rekomendasi Aromaterapi Terbaik Berikut (2020)

Tenangkan Pikiran dan Sehatkan Raga dengan 10 Rekomendasi Aromaterapi Terbaik Berikut (2020)

Pandemi Covid-19 membuat kita harus banyak beraktivitas di rumah saja. Hal ini terkadang membuat pikiran kita jadi kalut, bosan, mudah marah, dan emosi jadi tidak stabil. Coba untuk menenangkan diri memakai aromaterapi. Ada banyak jenis aromaterapi dengan aroma yang bisa dipilih. Simak, ulasan dari kami!

Mengenal Aromaterapi dan Manfaatnya

Siapa sih yang tidak mengenal aromaterapi? Ini merupakan sebuah metode relaksasi dengan media aroma yang wangi dan pekat. Aromaterapi biasanya dibuat dari sari tanaman yang memiliki khasiat tertentu sehingga bisa bermanfaat untuk pengobatan.

Tentu saja aromaterapi hanya bisa menyembuhkan secara holistik. Aromanya bisa membuat kita nyaman sehingga tubuh merasa rileks dan jadi lebih baik. Emosi juga lebih stabil dan membuat stres berkurang.

Aromaterapi sendiri sudah sejak lama dikenal. Ribuan tahun lalu, masyarakat Indian, Mesir, dan Cina memakai aromaterapi sebagai media pengobatan yang ampuh. Aromaterapi juga digunakan sebagai parfum kala itu karena bisa mempengaruhi mood, ingatan, dan emosi.

Sekarang ini, aromaterapi banyak digunakan sebagai obat untuk meredakan stres. Dengan wangi yang pas, aromaterapi bisa memberikan efek nyata pada penggunanya. Aromaterapi juga bisa membantu meredakan sakit kepala.

Selain itu, aromaterapi juga banyak digunakan untuk memperbaiki kualitas tidur. Aromanya yang menenangkan akan merangsang otak untuk lebih rileks dan cepat tidur.

Ini Loh, Aneka Bentuk Aromaterapi yang Wajib Kamu Tahu

Lilin

Aromaterapi hadir dalam berbagai bentuk. Salah satu yang paling populer adalah dalam bentuk lilin. Ini adalah produk lilin yang diberi minyak esensial, sehingga saat terbakar bisa mengeluarkan aroma yang menyegarkan. Lilin aromaterapi bisa digunakan di rumah, salon, dan di berbagai tempat terapi.

Jika memilih aromaterapi bentuk lilin, maka pilih lilin yang tidak mudah meleleh dan asapnya tidak hitam. Hindari meletakkan lilin dekat tubuh kita saat memakainya. Ini karena lilin membutuhkan oksigen untuk pembakarannya. Jika terlalu dekat, maka kamu dan lilin akan berebut oksigen. Padamkan lilin usai digunakan dan pastikan untuk meletakan lilin aromaterapi ini di atas material yang tidak mudah terbakar.

Minyak Esensial

Bentuk lain dari aromaterapi yang paling populer adalah minyak esensial. Aromaterapi dalam bentuk ini dipercaya lebih efektif dalam penyembuhan. Ini karena minyak esensial memiliki molekul yang mudah menguap dan cepat menuju organ penciuman dan segera dipersepsikan oleh otak.

Umumnya minyak esensial digunakan dengan tungku pemanas. Tungkunya sendiri bisa terbuat dari batu ukir, mangkuk kuningan, hingga burner.

Minyak esensial dipanaskan di tungku pemanas dan aromanya akan segera menyebar dengan luas. Minyak esensial bisa dicampur air sebelum dipanaskan. Jika takaran minyaknya pas maka aromaterapi bisa digunakan 2 jam. Namun, jika digunakan tanpa air maka bisa tahan 15 menit.

Sabun

Sabun juga bisa jadi aromaterapi yang pas untuk kamu. Ada banyak sabun aromaterapi yang bisa dipilih. Ada sabun batangan, ada juga sabun cair. Sabun dengan aromaterapi kaya akan ekstrak dari tumbuh-tumbuhan yang penuh khasiat.

Sabun semacam ini bisa menghaluskan kulit dan tentunya memanjakan indera penciuman kita. Saat memakai sabun aromaterapi, kita jadi bisa rileks dan tenang. Pilih aroma yang kamu sukai agar saat mandi makin menyenangkan.

Garam Mandi (Bath Salt)

Garam mandi juga bisa dipilih sebagai media aromaterapi yang bagus. Untuk kamu yang gemar berendam saat mandi, jangan lupa tambahkan bath salt pada air berendam kamu. Campuran garam dan wangi aromatiknya membuat tubuh menjadi segar.

Selain itu, kulit jadi lebih halus dan pikiran juga lebih tenang saat mencium aromanya. Kamu juga bisa merendam kaki dengan bath salt. Ini akan bisa menghilangkan kelelahan dan pegal-pegal di kaki.

Dupa

Pilihan aromaterapi selanjutnya adalah dupa. Ini merupakan jenis aromaterapi yang sudah lama dikenal. Dupa terbuat dari kayu tipis dan bisa mengharumkan ruangan dalam waktu singkat.

Untuk memakainya, cukup bakar ujung dupa dan letakkan di dalam ruangan. Aroma bisa cepat tersebar dan pastinya bisa menenangkan. Gunakan dupa pada ruangan dengan ventilasi yang baik supaya aromanya tidak terlalu menyengat.

Kenali Beberapa Pilihan Aromaterapi Terbaik untuk Kamu

Lavender

Aroma wangi pertama yang paling populer untuk aromaterapi adalah lavender. Ini merupakan aroma bunga yang begitu digemari. Bunga lavender dengan warna lembayung muda memang banyak dibudidayakan di berbagai penjuru dunia.

Ini karena bunganya cantik dan aromanya juga memiliki banyak khasiat. Aroma lavender bisa memberi rasa tenang dan nyaman. Selain itu juga bisa mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan mengatasi emosi yang tak seimbang, frrustasi, hingga rasa tertekan.

Vanilla

Jangan lewatkan juga aroma vanila karena ini adalah aroma populer selanjutnya untuk aromaterapi. Aroma vanilla bisa memberi kesan hangat dan bahagia.

Aromaterapi vanilla bisa menenangkan perasaan gelisah dan claustrophobia. Kamu bisa juga melirik aromaterapi vanilla untuk mengurangi gejala insomnia. Aroma ini juga bisa meredakan gejala kelelahan dan kram saat menstruasi.

Lemon

Lemon adalah aroma berikutnya yang bisa kamu andalkan untuk aromaterapi. Wangi buah yang satu ini mampu membuat kita lebih santai dan bisa bikin saraf yang tegang jadi lebih rileks.

Ini karena di dalam aroma lemon terdapat senyawa limonea yang bisa mengurangi rasa cemas dan bisa jadi antidepresi. Aroma lemon juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan semangat. Sakit kepala juga bisa reda jika menggunakan lemon.

Peppermint

Kamu juga bisa andalkan aroma peppermint untuk aromaterapi. Aroma yang satu ini hadir dengan senyawa yang bekerja pada saluran kalsium otot untuk menenangkan saraf.

Aromaterapi peppermint memberi nuansa segar dan hangat. Wanginya yang kuat juga bisa meningkatkan konsentrasi, vitalitas, dan rasa percaya diri. Peppermint juga akan mengurangi sakit kepala dan rasa takut.

Teh Hijau

Aroma selanjutnya yang populer adalah teh hijau. Aroma yang satu ini bisa menyeimbangkan fungsi sel tubuh dan memperbaiki sistem peredaran darah. Semangat kita juga bisa meningkat dan konsentrasi pun menjadi lebih baik sehingga kita lebih siap menghadapi berbagai hal.

Ini Dia Rekomendasi Aromaterapi Terbaik untuk Bikin Hidup Lebih Rileks

Candle Lite Creamy Vanilla Swirl

Candle Lite Creamy Vanilla Swirl menjadi rekomendasi pertama kami. Ini adalah aromaterapi dalam bentuk lilin. Produk ini terbuat dari bahan parafin kualitas premium.

Lilin berukuran 8,1 x 10,6 cm ini memiliki berat 283 gram. Lilin dengan 3 sumbu ini tidak menimbulkan asap. Dikemas dalam stoples kaca sehingga lebih aman dan bisa tahan lama saat dibakar.

Produk ini dibuat di Amerika dengan minyak esensial murni yang mampu memberikan rasa nyaman. Aroma cookies vanila yang manis bikin kita makin semangat dan lebih rileks. Kamu bisa memakainya di rumah atau kantor.

Harga Rp. 67.000-174.000

Bath & Body Works Eucalyptus Spearmint 3Wick Candle

Bath & Body Works Eucalyptus Spearmint 3Wick Candle ini adalah produk selanjutnya yang kami rekomendasikan. Aromaterapi dalam bentuk lilin ini hadir dengan wangi eucaliptus.

Aromanya bisa menyeimbangkan emosi dan bikin sakit kepala lebih cepat reda. Hirup juga aromanya untuk bisa meredakan kemarahan dan bisa bikin kita lebih bahagia.

Harga Rp. 275.000-495.000

Nusaroma Ginger Essential Oil

Jahe dikenal sebagai rempah yang bisa mengatasi mual, menghangatkan tubuh, dan bisa meredakan pegal pada tubuh. Jahe bisa dibuat minuman, makanan, dan juga jadi aromaterapi. Nusaroma Ginger Essential Oil ini bisa jadi pilihan kamu.

Aromaterapi yang satu ini sangat baik untuk kamu yang sedang flu. Hirup aromanya dan hidung tersumbat bisa kembali lega. Lendir di tenggorokan pun akan lebih mudah dikeluarkan.

Ini karena aroma jahe bisa melancarkan jalur pernapasan. Selain itu, aromaterapi jahe juga bisa menimbulkan sensasi hangat di dalam ruangan.

Harga Rp. 99.000-318.000

Essenzo Bergamot Essential Oil

Essenzo Bergamot Essential Oil merupakan produk yang bisa kamu andalkan. Aromaterapi ini memiliki wangi segar, manis, dan sejuk. Ini adalah minyak esensial yang bisa dibakar atau jadi campuran air mandi.

Minyak ini mengandung ekstrak bergamot yang bisa menenangkan pikiran dan membuat mood lebih baik. Produk ini juga bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan lain sebagainya. Hirup aromanya dan kamu bisa jadi lebih tenang.

Harga Rp. 265.000-310.000

Gehwol Rosemary Bath Salt

Kamu juga bisa melirik aromaterapi dalam bentuk bath salt. Gehwol Rosemary Bath Salt adalah rekomendasi kami. Aromaterapi ini memiliki aroma rosemary yang kuat sehingga bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Gunakan produk ini untuk berendam supaya kamu bisa merasakan sensasi sejuk dan segarnya.

Bath salt yang satu ini juga bisa mencegah keringat berlebih dan bau badan. Rosemary oil dalam produk ini akan merevitalisasi kaki dan membuat peredaran darah pada kaki lebih lancar. Kulit tubuh jadi lebih halus dan kaki bisa terlindung dari infeksi jamur.

Harga Rp. 39.000-586.000

Bioaqua Skin Bath Salt

Bioaqua Skin Bath Salt Lavender ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa digunakan untuk detoksifikasi dan bisa juga untuk mencerahkan warna kulit.

Produk ini dibuat dari garam mineral alami sehingga bisa mengeksfoliasi kulit mati dan kasar. Hasilnya kulit lebih halus dan pikiran lebih tenang. Aroma lavendernya bikin saraf tegang jadi lebih tenang dan kamu jadi lebih segar usai mandi.

Harga Rp. 34.000-50.000

L'Occitane - Citrus Verbena Shower Gel

L'Occitane - Citrus Verbena Shower Gel adalah produk selanjutnya yang bisa kamu andalkan. Sabun mandi ini hadir dengan aromaterapi citrus yang menyegarkan.

Sabun ini bisa membersihkan tubuh dari kotoran, debu, minyak, dan keringat usai beraktivitas seharian. Kandungan minyak esensial lemon dan grapefruit bikin produk ini lebih berkhasiat untuk menenangkan pikiran dan emosi. Selain kemasan botol, kamu juga bisa membeli kemasan refill loh.

Harga Rp. 319.000-668.000

The Body Shop British Rose Body Wash

Sabun mandi aromaterapi selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah The Body Shop British Rose Body Wash. Sabun mandi ini hadir dengan aroma mawar yang menyegarkan.

Bunga mawar sendiri banyak digunakan sebagai anti depresan, pewangi ruangan, minyak pijat, dan lain sebagainya. Aromaterapi mawar dalam sabun mandi ini bisa meringankan kepekaan kulit sensitif dan alergi.

Selain itu aromanya juga bisa menenangkan emosi dan bikin mood jadi lebih baik. Sabun ini bebas detergen sehingga aman untuk kulit sensitif.

Harga Rp. 98.000-1.800.000

Aromaterapi Stick Dupa Darshan Jasmine Melati

Aromaterapi Stick Dupa Darshan Jasmine Melati adalah rekomendasi kami selanjutnya. Aromaterapi ini hadir dalam bentuk dupa. Aromanya bisa menghilangkan stres dan bisa digunakan untuk membuat kita lebih cepat tidur.

Dupa ini juga cocok untuk pewangi ruangan dan jadi teman meditasi atau yoga. Dalam satu boks berisi 6 bungkus heksagonal dan setiap bungkusnya berisi 20 batang. Setiap batangnya bisa menyala selama 40 menit.

Harga Rp. 16.000-60.000

Natural Agarwood Sandalwood Incense Sticks Home Aromatherapy

Natural Agarwood Sandalwood Incense Sticks Home Aromatherapy adalah pilihan wangi selanjutnya. Dupa aromaterapi ini memiliki kandungan sari minyak kayu cendana. Aromanya bisa memberi rasa hangat, menenangkan emosi, memberi rasa nyaman, dan membuat kita lebih percaya diri. Dupa ini juga bisa mengurangi stres saat menstruasi dan bikin kita lebih konsentrasi saat mengerjakan sesuatu.

Harga Rp. 85.000-265.000
From our editorial team

Pilih Aromaterapi Sesuai Kegunaannya

Produk aromaterapi memang ada banyak di pasaran. Supaya tidak bingung, kamu bisa memilih aromaterapi berdasarkan khasiatnya. Setiap wangi aromaterapi memiliki khasiat sendiri. Ada yang bisa menimbulkan rasa hangat dan romantis, ada yang bisa menenangkan saraf tegang, dan ada juga yang bisa membuat semangat kembali membara. Kamu bisa cek rekomendasi produk di atas untuk aromaterapi terbaik!