Agar Tidur Lebih Nyenyak, Coba 10 Rekomendasi Aromaterapi untuk Tidur Ini (2018)!

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Coba 10 Rekomendasi Aromaterapi untuk Tidur Ini (2018)!

Minyak aromaterapi yang memiliki wewangian khas ternyata punya banyak manfaat termasuk membuat tidur jadi lebih nyenyak. Manfaat yang satu ini tentu bisa kamu coba jika kamu sulit tidur atau mengidap insomnia.

Wangi Minyak Aromaterapi yang Bisa Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Insomnia merupakan gejala susah tidur yang banyak dialami kita yang terlalu banyak beban pikiran. Insomnia juga terjadi akibat kita terbiasa minum kafein di malam hari. Penyebab lainnya adalah karena terlalu lama bermain gadget, beraktivitas hingga larut, atau juga bisa disebabkan karena kondisi kamar yang kurang nyaman.

Jika terganggu insomnia, maka tubuh jadi kurang istirahat dan mempermudah aneka penyakit menghampiri karena sistem imun kita menurun akibat kurang tidur.

Untuk membantu mengatasi gejala insomnia, kamu bisa memakai aromaterapi. Minyak ini hadir dalam berbagai wangi yang bisa menenangkan pikiran, menghilangkan kecemasan, dan membuat tubuh lebih rileks. Dengan minyak aromaterapi, maka tidur pun bisa lebih nyenyak.

Struktur Molekul Minyak Aromaterapi yang Dapat Diserap Tubuh

Sumber gambar mashable.com

Dalam sebuah minyak esensial ada struktur molekul yang kecil. Ini membuat kita lebih mudah menghirup aromanya untuk segera diserap dalam aliran darah. Kemudian, aroma minyak esensial akan merangsang sistem limbik otak. Sistem tersebut bertanggung jawab atas pengaturan suasana hati, emosi, dan perilaku naluriah. Dengan demikian, kamu jadi bisa memejamkan mata dan terlelap dengan mudah.

Aromaterapi bisa digunakan dengan berbagai cara, loh. BP-Guide akan mengulasnya untuk kamu. Selain itu intip juga deretan aromaterapi untuk kamu yang susah tidur rekomendasi dari kami, ya.

Ragam Penggunaan MInyak Aromaterapi

Oil Burner

Aromaterapi bisa digunakan dengan oil burner atau lebih dikenal sebagai anglo pemanas. Dengan cara ini, maka minyak esensial akan dikombinasikan dengan air yang dipanaskan memakai anglo pemanas. Minyak akan berubah menjadi uap dan bisa memenuhi ruangan dengan aroma dari minyak esensial tersebut.

Selanjutnya kita akan menghirup aromanya dan merasa lebih tenang. Aroma akan mengirimkan sinyal tertentu pada bagian otak yang mengatur perasaan. Kondisikan agar air jangan sampai habis total agar burner tak gosong. Jika air sudah mau habis, kamu bisa menambahkan lagi atau sudahi pemakaian burner-nya.

Cold Diffuser

Untuk memakai aromaterapi dengan minyak esensial memang ada banyak cara. Kamu bisa memanfaatkan cold diffuser juga untuk menguapkan aromaterapi ke seluruh penjuru ruangan. Caranya simpel dan kamu bisa melakukan tanpa banyak alat.

Cukup tuang beberapa tetes minyak ke wadah khusus dari kayu-kayuan. Selanjutnya minyak akan menyerap pada kayu dan saat menguap, maka aromanya akan menyebar. Kamu bisa juga memakai kain pelapis bantal, kasur, atau pun tirai.

Teteskan minyak esensial secukupnya lalu biarkan. Atau cara lainnya bisa dengan meneteskan minyak pada wadah kain tebal atau spons. Lalu tinggal letakkan persis di depan blower pendingin ruangan.

Reed Diffuser

Sumber gambar milkhousecandles.com

Cara selanjutnya yakni dengan memakai pengharum ruangan Reed Diffuser. Kamu tak perlu membakarnya dan aromanya juga lebih lembut sehingga suasana jadi terasa lebih alami.

Kamu bisa menuang minyak esensial ke dalam wadah botol kaca bening. Selanjutnya isi dengan beberapa stik kayu. Fungsinya adalah agar minyak essensial tersebut tidak cepat menguap ke udara. Usai memasukkan reed atau stik kayu ke dalam botol, segera balik, ya. Buatlah agar ujung yang basah berada di atas. Nanti jika wangi sudah berkurang maka balik lagi reed-nya.

10 Pilihan Essential Oil yang Bisa Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak

Authentic Oil Co Jasmine Essential oil 10ml

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Authentic Oil Co Jasmine essential oil ini hadir dalam kemasan 10 ml. Aromaterapi yang satu ini hadir dengan wangi melati murni. Memang saat ini aroma melati begitu digemari bahkan menjadi aroma termahal di dunia, loh.

Aroma jasmine alias melati dikenal begitu harum. Wanginya menenangkan saraf dan bisa membantu tubuh untuk jadi lebih rileks. Aromanya bisa membangkitkan rasa romantis juga. Kecemasan jadi mereda dan aroma ini banyak dipakai sebagai anti depresan. Aromaterapi ini bisa diperoleh di Authenticoilo dengan harga Rp 79.775.

Body Wonders Bergamot Essential Oil

Sumber gambar www.amazon.com

Body Wonders Bergamot Essential Oil cocok juga untuk jadi aromaterapi andalan kamu. Minyak yang satu ini berbahan bergamot terbaik. Bergamot sendiri merupakan tanaman dengan buah mirip jeruk. Sebagai buah mutasi dari lemon, bergamot banyak dimanfaatkan sebagai minyak esensial.

Aromanya tak hanya menyegarkan namun juga menenangkan dan sangat menyenangkan. Tanpa bahan pengawet, minyak esensial ini murni dan aman digunakan.

Fungsi aroma bergamot ini bisa membuat semangat, meningkatkan fungsi pencernaan, hingga membuat sistem tubuh bekerja lebih baik. Kamu bisa mendapatkan aromaterapi ini di Amazon dengan harga Rp 227.809.

Sacred Soul 100% Pure Lavender Essential Oil

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Sacred Soul 100% Pure Lavender Essential Oil ini hadir dalam kemasan 10 ml. Kualitasnya begitu konsisten karena mereka hanya memakai lavender yang diekstraksi dengan uap.

Aroma lavender yang ditawarkan membuat kita bisa merasa nyaman dan aman. Aromanya manis sehingga bisa membantu tidur jadi lebih terlelap. Dengan wangi kuat dan tahan lama, aroma lavender bisa juga dipakai anak-anak supaya tidurnya lebih nyenyak. Kamu bisa membelinya di Amazon dengan harga Rp 139.756.

Absolute Aromas Marjoram Sweet Essential Oil

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Absolute Aromas Marjoram Sweet Essential Oil tak boleh kamu lewatkan sebagai aromaterapi pilihan ya. Minyak esensial ini berasal dari bahan sweet marjoram yang banyak dikenal sebagai ramuan kuliner yang dibudidayakan di kebun-kebun di seluruh dunia. Minyak ini aromanya mirip pala dan kapulaga.

Minyak esensial Mmrjoram banyak dipakai orang Yunani kuno. Bukan hanya untuk obat, namun juga untuk dipakai sebagai parfum. Minyak dengan aroma hutan yang segar ini bisa menenangkan pikiran dan menyebabkan rasa kantuk. Cocok juga untuk kamu yang sering insomnia. Kamu bisa membelinya di Natural Health Welwyn dengan harga Rp 138.956.

Tisserand Chamomile Roman Essential Oil 9 ml

Sumber gambar www.tisserand.com

Tisserand Chamomile Roman Essential Oil ini hadir dengan kemasan 9 ml. Aromaterapi ini wanginya ringan dan menenangkan. Dengan wangi buah manis sehingga bisa menenangkan indera kita. Tanpa pewangi buatan dan juga paraben sehingga lebih aman digunakan.

Aroma chamomile bisa dipakai untuk teh maupun minyak esensial. Bisa memberi efek positif dan meningkatkan kualitas tidur. Mampu menenangkan syaraf, aromanya sangat menyegarkan. Kamu bisa mendapatkannya di Amazon dengan harga Rp 339.893.

Gya Labs Vanilla Oleoresin Essential Oil

Sumber gambar www.amazon.com

Gya Labs Vanilla Oleoresin Essential Oil ini dikemas dengan ukuran 10 ml. Minyak esensial ini begitu murni tanpa pengawet dan zat berbahaya lainnya. Cocok untuk membuat tidur lebih nyenyak dan bisa dipakai untuk menenangkan pikiran kala sedang santai.

Aroma vanilla yang dominan bisa bikin kita lebih rileks. Vanilla juga memiliki aroma yang kuat sehingga bisa bikin pencernaan lebih sehat dan mental juga jadi lebih kuat. Kamu bisa membeli aromaterapi ini di Amazon dengan harga Rp 209.734.

Naissance Ylang Ylang Extra Essential Oil 30ml

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Naissance Ylang Ylang Extra Essential Oil ini begitu menangkan aromanya. Minyak esensial ini bisa untuk mengatasi kulit yang iritasi. Cocok juga sebagai aromaterapi.

Mampu meredakan syaraf yang tegang, aromanya juga efektif untuk kamu yang susah tidur. Dengan wangi bunga eksotis sehingga bisa menghilangkan insomnia juga kecemasan berlebihan. Kamu bisa membeli aromaterapi ini di Amazon pada kemasan 10 ml dengan harga Rp 179.743.

Mystic Moments Valerian Root Essential Oil

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Mystic Moments Valerian Root Essential Oil ini pantang untuk kamu lewatkan. Aromanya begitu berkarakter dengan sedikit aroma sentuhan manis. Berbahan akar valerian yang banyak dipakai sebagai obat penenang yang tersedia secara komersial.

Valerian sendiri merupakan tanaman berbunga abadi. Aroma tanaman ini manis dan banyak dipakai untuk menjadi parfum sejak abad ke 16 lalu. Aroma dari Valerian begitu cocok untuk mengobati insomnia dan juga gangguan syaraf. Kamu bisa memilikinya melalui Amazon dengan harga Rp 298.906.

Naissance Neroli Essential Oil 5ml

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Naissance Neroli Essential Oil ini menimbulkan kesan santai dan bisa membangkitkan semangat. Cocok juga dipakai sebagai minyak pijat untuk membuat sirkulasi jadi lebih lancar. Bisa meredakan stres, minyak ini juga banyak dipakai sebagai aromaterapi. Mampu menenangkan gangguan emosional dan trauma, aromanya yang lembut juga meredakan saraf tegang. Bisa didapatkan di Amazon dalam kemasan 5 ml dengan harga Rp 319.699.

Geranium Essential Oil, 100% Pure & Natural by Wasserstein

Sumber gambar www.amazon.com

Geranium Essential Oil by Wasserstein ini juga patut kamu pilih loh. Bisa memberikan manfaat maksimal karena berbahan tanaman geranium yang kaya manfaat. Aromanya bisa menyeimbangkan tubuh dan pikiran.

Dengan aroma kombinasi mawar dan jeruk, minyak esensial ini bisa mengurangi stres dan khawatir. Selain itu bisa juga meningkatkan suasana hati sehingga jadi lebih baik. Kamu bisa membelinya di Amazon dengan harga Rp 339.693.

From our editorial team

Coba Manfaat Aromaterapi Jika Kamu Punya Masalah saat Tidur!

Menghirup aromaterapi bisa membuat tubuh jadi lebih rileks dan kalau kamu punya masalah dengan tidur atau mengidap insomnia kamu bisa coba rasakan manfaat minyak aromaterapi. Pilih jenis wewangian lembut yang tidak mengganggu pernapasan sehingga bisa membuat tubuhmu lebih rileks. Gunakan juga metode diffuser yang sesuai agar manfaatnya lebih terasa. Selamat mencoba!