10 Rekomendasi Diffuser Terbaik Untuk Relaksasi (2021)

10 Rekomendasi Diffuser Terbaik Untuk Relaksasi (2021)

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk relaksasi. Jika Anda tidak bisa keluar rumah, maka Anda bisa memanfaatkan diffuser dan aromaterapi yang menenangkan. Simak rekomendasi diffuser terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Diffuser Adalah Perangkat Penting Untuk Wewangian Aromaterapi

Diffuser merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah minyak esensial menjadi uap wangi atau aromaterapi. Melalui beberapa metode, misalnya ultrasonik, nebulizer, dan sebagainya, alat ini akan menyebarkan aroma terapi tersebut ke udara, sehingga ia lebih mudah untuk dihirup. Penggunaan diffuser di dalam ruangan dapat menciptakan suasana yang nyaman dan dapat menenangkan pikiran.

Cara Membersihkan Diffuser yang Benar

Matikan Mesinnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat membersihkan diffuser adalah mematikan mesinnya. Pastikan diffuser Anda tidak terhubung dengan arus listrik. Kosongkan tangki air, dan lepaskan semua komponen yang bisa dilepas.

Gunakan Larutan Cuka

Anda dapat melarutkan cuka dengan air hangat untuk dijadikan larutan pembersih yang cukup ampuh mengangkat noda. Cuka juga dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri di bagian luar rangka. Lalu tuangkan larutan cuka secukupnya ke dalam tangki air dan pastikan seluruh sisi dalam tangki terkena cuka.

Kemudian diamkan selama 30 menit hingga 1 jam agar larutan bisa bekerja mengangkat noda. Setelah itu, sikat secara perlahan untuk mengangkat sisa-sisa kerak yang masih menempel di dinding tangki. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Gunakan Beras

Jika Anda kesulitan membersihkan tangki air mesin humidifier dengan cara disikat, Anda bisa menggunakan campuran air dingin, cuka, dan beras. Caranya, masukkan semua bahan tersebut ke dalam tangki air kemudian tutup rapat dan kocok dengan cara mengguncangnya kurang lebih seperti membuat milk shake, selama satu menit atau lebih.

Ulangi cara tersebut hingga kotoran yang menempel di dinding-dinding tangki terlepas. Setelah itu bilas tangki menggunakan air mengalir hingga bersih dan keringkan.

Gunakan Pemutih

Anda bisa juga bisa menggunakan larutan pemutih untuk membunuh bakteri. Larutkanlah air dingin dengan 1 sendok teh pemutih, dan rendamlah diffuser Anda di dalam larutan itu. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih di bawah air yang mengalir, kemudian keringkan.

Lap Bagian Luarnya

Anda bisa membersihkan bagian luar diffuser dengan cara menggunakan lap bersih yang sudah direndam ke dalam campuran air dingin dan cuka. Setelah selesai dan semua bagian benar-benar kering, Anda bisa memasang kembali rangkanya agar dapat menikmati kesegaran dan kelembaban yang menenangkan.

Tipe Diffuser yang Banyak Dijual di Pasaran

Ultrasonic Diffuser

Tipe ini cukup populer dan banyak diproduksi. Sesuai namanya, ultrasonic diffuser bekerja dengan memanfaatkan getaran atau gelombang ultrasonik. Gelombang ultrasonik itu berfungsi untuk mengencerkan minyak esensial bersama air, dan kemudian memecahnya menjadi partikel uap air super kecil mirip kabut yang dilepaskan ke udara.

Berhubung metode kerja alat yang memerlukan tambahan air, tipe ini kerap dibekali fungsi humidifier atau pelembab udara. Tipe ini memiliki komponen-komponen yang bergantung pada arus listrik. Anda harus pandai merawatnya agar bisa awet.

Nebulizing Diffuser

Tipe ini dipersenjatai mesin yang beroperasi memecah molekul essential oil menjadi lebih kecil dan lebih mudah untuk diserap tubuh. Selain itu, efek terapinya bertahan cukup lama karena partikel kecil essential oil akan melayang di udara selama berjam-jam setelah alat dinyalakan selama 15-30 menit.

Tipe jarang melibatkan campuran air. Oleh karena itu, nebulizing diffuser akan cocok untuk Anda yang menginginkan terapi aroma dengan manfaat optimal. Namun, teknologinya yang digunakan pada mesin nebulizer ini mungkin membuat harganya relatif lebih mahal.

Di samping itu, nebulizing diffuser ini mungkin kurang cocok ditempatkan di kamar tidur Anda atau kamar anak-anak sebab suara mesinnya yang cukup bising.

Reed Diffuser

Reed diffuser adalah tipe paling sederhana dan bersifat konvensional, dan alat ini tidak memerlukan tenaga listrik dari pusat daya maupun baterai.

Jika essential oil diffuser tipe lain berupa peranti yang melibatkan kelistrikan, reed diffuser hanyalah berupa stik yang terbuat dari kayu rotan berpori yang dilengkapi dengan wadah di bawahnya sebagai tempat cairan dan tempat stik ini tegak.

Jadi, stik ini dicelupkan pada wadah yang telah diisikan minyak esensial. Beberapa saat setelahnya, pori-pori stik itu akan menyerap dan menyebarkan aroma esensial ke ruangan. Diffuser yang satu ini begitu praktis dan lebih hemat budget.

Rekomendasi Diffuser Terbaik Buat Anda

Young Living Feather the Owl Diffuser

Salah satu merek minyak esensial yang tersohor adalah Young Living. Nah, selain memproduksi berbagai varian minyak esensial, Young Living juga menghadirkan diffuser, salah satunya adalah produk Young Living Feather the Owl Diffuser.

Diffuser dengan desain burung hantu yang lucu ini ditujukan untuk anak-anak. Ada 3 mode pengaturan pada produk ini yang bisa Anda atur, yaitu high mode untuk memberikan aromaterapi selama 5-6 jam, low mode yang mampu memberikan aromaterapi selama 8 jam, serta intermittent mode untuk 10 jam aromaterapi.

Young Living Feather the Owl Diffuser juga memiliki fitur white noise dengan 5 suara: hujan, kicauan burung, ombak, suara kipas angin, dan lullaby. Produk ini juga memiliki 10 mode pencahayaan yang bisa Anda atur sesuai mood.

Harga Rp. 500.000-700.000

Belli to Baby Nebulizer WF914

Sesuai dengan nama produknya, Belli to Baby Nebulizer WF914 merupakan diffuser yang menggunakan proses nebulasi untuk mencapai penguapan. Nebulizer ini tidak merubah komposisi asli dari minyak esensial.

Tipe nebulizer menjadi incaran Anda karena menawarkan manfaat terbaik untuk pernapasan. Hanya menggunakan komposisi asli minyak esensial tanpa campuran air, khasiatnya pun dapat lebih maksimal diterima oleh tubuh Anda. Cukup memilih aroma yang tepat, alat ini akan mengatasi berbagai gangguan pernapasan yang Anda alami.

Untuk membantu meredakan gangguan pernafasan seperti asma ataupun cystic fibrosis, Anda bisa menggunakan menggunakan diffuser ini bersama minyak esensial eucalyptus dan lavender. Untuk bronkiektasis, bronchiolitis, sinusitis, dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), Anda dapat menggunakan minyak esensial Eucalyptus saja. Selain itu, tentu saja Anda dapat menggunakan miny

Harga Rp. 1.300.000-2.000.000

Ultransmit N27 Vivi Aroma Diffuser

Ultransmit N27 Vivi Aroma Diffuser ini memiliki kapasitas tangki air mencapai 200 ml, sehingga sanggup memancarkan aromaterapi selama 8-10 jam lamanya.

Ditinggal tidur di awal malam hingga fajar menyapa pun, aromaterapi masih hadir menyebar di seisi ruangan kamar Anda. Diffuser ini sudah lengkap oleh fitur auto shut-off, sehingga Anda bisa lebih tenang karena alat ini akan mati otomatis ketika air di dalam tangkinya habis.

Diffuser dilengkapi juga dengan lampu LED. Anda pun bisa mengatur alat ini, apakah ingin mode lampu saja, diffuser saja, atau justru keduanya. Aksen ruangan berubah berkat lampu LED-nya, paduan interior pun tampak semakin cantik berkat desain unik diffuser ini.

Harga Rp. 400.000-700.000

Stadler Form MIA Aroma Diffuser

Berdesain sleek dan minimalist, kehadiran alat ini akan menghiasi meja kerja, ruang baca, maupun kamar tidur Anda. Dengan teknologi ultrasonik, diffuser ini akan memberikan aroma yang mampu bertahan di udara hingga 10 jam.

Fitur shut off yang dimilikinya akan membuat diffuser ini mati secara otomatis saat air di dalam tangkinya habis, sehingga Anda pun tidak perlu was was soal terjadinya kerusakan akibat alat yang menyala terus saat airnya habis.

Alat ini juga memiliki fitur low-noise operation yang membuatnya bekerja dengan sangat tenang, sehingga Anda tidak akan terganggu oleh kebisingan dari mesinnya.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Bonnels Diffuser

Teknologi ultrasonik menghasilkan partikel mikro yang sangat halus untuk mengisi ruangan dengan kabut yang sejuk dan harum, meningkatkan kualitas pernapasan, membantu mengurangi masalah kulit kering, penyakit sinus, sakit kepala, dan mata merah.

Bonnels Diffuser dapat digunakan selama 3-5 jam dalam satu kali pengisian air yang berkapasitas 100 ml. Anda pun tidak perlu khawatir terjadi konsleting karena mesin akan otomatis mati saat air di dalam tangki habis.

Produk ini juga memiliki lampu LED warna-warni dengan 7 mode pencahayaan yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Harga Rp. 300.000-600.000

MUJI Ultrasonic Aroma Diffuser

Dari segi tampilan, diffuser dari MUJI ini terlihat simpel dan elegan. Mau ditempatkan di kamar tidur, meja kantor, atau sudut ruangan pun akan sedap dipandang.

Durasi pemancaran aromaterapi dari diffuser ini bisa diatur dalam 4 mode yaitu 30 menit, 60 menit, 120 menit, bahkan hingga 180 menit atau 3 jam.

Diffuser ini juga memiliki fitur flame free sehingga aman digunakan di sekitar anak-anak dan juga hewan peliharaan. Serta dapat menjadi lampu kamar yang pencahayaannya bisa diatur 2 tingkat.

Harga Rp. 1.500.000-2.000.000

InnoGear USB Aromatherapy Essential Oil Diffuser

InnoGear USB Aromatherapy Essential Oil Diffuser dirancang khusus sebagai penguap minyak esensial di dalam mobil. Ukuran yang menyerupai sekaleng soda menjadikan alat ini ringkas untuk diletakkan tanpa memakan banyak space di mobil. Produk ini layak Anda jadikan teman selama perjalanan.

Dengan menggunakan InnoGear USB Aromatherapy Essential Oil Diffuser ini, aromaterapi akan menyeruak mengisi mobil Anda. Kelembaban udara di dalam kabin mobil pun dapat terjaga dengan baik.

Bagi Anda yang ingin lebih rileks di dalam perjalanan, terlebih saat suasana macet dan perjalanan jauh, produk ini dapat Anda jadikan sebagai penolong.

Harga Rp. 500.000-700.000

Young Living Sweet Aroma

Satu lagi diffuser dari merek Young Living, yaitu Young Living Sweet Aroma. Diffuser yang satu ini memiliki motif anyaman sehingga terlihat cantik untuk menjadi hiasan di atas meja atau bagian sudut ruangan Anda, menciptakan nuansa alam yang menentramkan.

Anda bisa meneteskan 8-20 tetesan minyak esensial untuk merelaksasikan ataupun memberikan atmosfer yang penuh semangat. Dengan teknologi cutting-edge ultrasonic diffusion, Sweet Aroma dapat memberikan aromaterapi dalam waktu yang lama hingga 8 jam.

Tersedia 10 opsi pencahayaan pada produk ini. Anda bebas mengatur mode pencahayaan yang Anda inginkan sesuai dengan mood Anda saat itu.

Harga Rp. 500.000-700.000

Organic Supply Co. Ultrasonic Diffuser

Diffuser ini memiliki volume tangki mencapai 180 ml. Anda dapat mencampur minyak esensial untuk menikmati kenikmatan aromaterapi selama berjam-jam. Anda bebas mengatur seberapa lama alat ini bekerja, apakah 30 menit, 60 menit, 120 menit, atau 180 menit.

Dimensinya tergolong ringkas dengan berat yang tidak sampai 450 gr membuat diffuser Organic Supply Co ini gampang dibawa pulang pergi kantor.

Guna memuaskan para pelanggan di tanah air, Organic Supply Co. memberikan garansi 7 hari produk ini sejak tanggal pembelian.

Harga Rp. 350.000-450.000

Xiaomi Viomi Aromatherapy Diffuser

Tahukah Anda? Xiaomi juga memproduksi Xiaomi Viomi Aromatherapy Diffuser sebagai diffuser berdimensi compact dan desain klasik. Namun, tetap berkapasitas besar sehingga dapat bertahan menyebarkan aromaterapi selama berjam-jam lamanya.

Kakinya didesain on-slip untuk stabilitas yang lebih baik di berbagai permukaan.

Selain mampu menyebarkan uap aromaterapi secara maksimal dan stabil, produk ini juga dilengkapi dengan lampu malam yang lembut. Jadi Anda dapat lebih rileks dengan aromaterapi ditambah penerangan yang berasal dari diffuser ini.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000
From our editorial team

Minyak Esensial Juga Punya Banyak Manfaat Kesehatan Lho!

Selain sebagai relaksasi, minyak esensial yang dilarutkan ke dalam diffuser juga punya banyak manfaat kesehatan. Asal tahu racikan yang benar, menghirup aroma minyak esensial dari diffuser bisa meredakan gangguan kesehatan ringan seperti flu dan demam. Jangan lupa pilih diffuser favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!