7 Tips Ajarkan Anak Gosok Gigi dan 10 Rekomendasi Produknya agar Anak Rajin Menyikat Gigi (2021)

7 Tips Ajarkan Anak Gosok Gigi dan 10 Rekomendasi Produknya agar Anak Rajin Menyikat Gigi (2021)

Sebagai orang tua hendaknya kita membantu anak merawat kesehatan gigi dan mulutnya sejak dini. Ini supaya kerusakan atau masalah gigi dan gusi bisa dihindari di kemudian hari. Sayangnya, mengajarkan anak tidak semudah itu. Anak kerap merasa bosan, menolak, dan bahkan memberikan berbagai alasan untuk tidak sikat gigi. Nah, cek tips untuk mengajarkan cara menggosok gigi kepada anak dalam artikel ini.

Ketahui Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Cara Menyikat Gigi kepada Anak

Tidak ada aturan pasti kapan anak harus mulai diajarkan untuk menyikat gigi. Kendati demikian, Anda harus mengajarkan anak sedini mungkin. Ini supaya anak terbiasa menggosok gigi dan memastikan giginya bersih tanpa kuman.

Menggosok gigi dua kali sehari wajib dilakukan karena bisa membawa sederet manfaat baik untuk anak. Pertama, ini bisa mencegah terbentuknya plak. Plak gigi adalah lapisan lengket dan bening pada permukaan gigi yang berpotensi menjadi karang gigi. Sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi anak bisa membentuk plak gigi jika tidak dibersihkan dengan baik.

Selanjutnya, menggosok gigi secara rutin juga bisa mencegah gigi berlubang dan radang gusi.

Gosok gigi juga bisa mencegah bau mulut sehingga anak bisa lebih percaya diri saat bertemu dan bercakap-cakap dengan orang lain. Bau mulut muncul karena ada banyak bakteri di dalam mulut jika kita tidak rutin menyikat gigi.

Jika kebersihan mulut terjaga maka kesehatan kita juga terjaga. Saat rajin sikat gigi, maka kuman dan bakteri akan enyah dari mulut dan tidak masuk dalam tubuh. Selain itu, bakteri pada plak gigi juga bisa memicu peradangan di bagian tubuh lainnya jika tidak dibersihkan dengan benar.

Maka dari itu, penting bagi Anda mengajarkan si kecil gosok gigi sedari dini. Minimal usia 2 tahun atau menginjak 3 tahun bisa mulai Anda ajarkan. Ini supaya anak sudah paham cara meludahkan busa pasta gigi dari dalam mulutnya. Dengan begini anak tidak akan menelan busa pasta giginya setelah selesai menyikat.

Tips Ajarkan Anak Sikat Gigi

Berikan Cerita atau Video Pentingnya Gosok Gigi

Awali menyemangati si kecil untuk gosok gigi dengan cara membacakan cerita mengenai pentingnya gosok gigi. Tentu ada banyak buku anak-anak yang disertai gambar yang mengajak anak untuk rajin menggosok gigi. Anda bisa berikan gambaran apa yang terjadi jika malas gosok gigi agar anak jadi termotivasi untuk menggosok gigi.

Bisa juga jika Anda ingin memberikannya video tentang pentingnya menggosok gigi. Tunjukkan betapa mudahnya menjaga gigi agar tetap sehat dan bersih. Selain itu, tunjukkan juga video gigi berlubang, gusi bengkak, dan gigi busuk akibat kurang rajin menggosok gigi. Dengan cara ini, anak tentu jadi lebih paham alasan mengapa ia harus rajin gosok gigi.

Ajak Belanja Memilih Sikat Giginya Sendiri

Saat belanja kebutuhan bulanan, Anda bisa mengajak buah hati. Biarkan ia memilih sikat giginya sendiri. Berikan pilihan aneka sikat gigi khusus anak-anak. Sikat gigi untuk anak-anak biasanya memiliki bulu yang lembut dengan jarak renggang. Ini supaya gigi anak lebih nyaman saat disikat. Sikat gigi khusus anak juga hadir dalam aneka desain yang lucu dan menggemaskan. Pilihan warnanya juga sangat variatif sehingga jelas bikin anak jadi tergoda untuk melirik dan membelinya.

Beri Pilihan Pasta Gigi Khusus Anak

Selain membiarkan anak memilih sikat giginya sendiri, jangan lupa juga ajak ia memilih pasta gigi. Pasta gigi anak umumnya hadir dengan aneka rasa buah-buahan dan aroma yang menggoda. Ini membuat anak jadi lebih rajin gosok gigi tanpa disuruh.

Pilihkan dulu beberapa pasta gigi untuk anak sebelum menyuruhnya memilih di antara pilihan yang Anda berikan. Pastikan Anda memberikan pilihan pasta gigi yang berflouride karena bisa melindungi gigi dan mencegah karies.

Gunakan Pasta Gigi Secukupnya

Saat mengajarkan anak menggosok gigi, pastikan untuk mengaplikasikan pasta gigi secukupnya saja pada sikat giginya. Untuk anak usia di bawah 3 tahun, pasta giginya cukup sebesar biji beras. Sementara untuk anak usia 3 tahun ke atas cukup beri pasta gigi ukuran biji kacang polong. Pemberian pasta gigi secukupnya ini untuk menghindari banyaknya fluoride agar tidak tertelan anak.

Ajak Menyikat Gigi Bersama

Anak adalah peniru yang ulung. Ia akan selalu menirukan apa yang dilakukan orangtuanya. Jika hendak mengajarkannya untuk menyikat gigi, maka contohkan kapan ia harus menyikat gigi. Ajak ia bersama-sama menyikat gigi setiap habis makan dan sebelum tidur. Dengan membuatnya sebagai rutinitas bersama, tentu anak jadi lebih semangat. Ia melakukannya bersama dengan Anda sehingga ia merasa tidak sedang dipaksa melainkan melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama-sama.

Gosok Gigi di Depan Cermin

Lakukan gosok gigi di depan cermin. Ini supaya anak bisa melihat cara menyikat gigi yang benar. Ajarkan langkah demi langkah yang tepat. Tunjukkan bahwa untuk menyikat permukaan gigi, maka bisa melakukan gerakan maju mundur. Untuk menyikat gigi depan bisa dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Sementara untuk membersihkan bagian luar gigi yang kiri dan kanan dengan gerakan memutar.

Gunakan Bunyi-bunyian

Agar anak bisa lebih mudah memahami gerakan sikat gigi, Anda bisa juga mengeluarkan bunyi-bunyian dengan mulut Anda. Misalnya saat membersihkan gigi depan Anda bisa mengucapkan “teettthh”, lalu mengatupkan gigi dan mulai menggosok gigi depan. Lalu untuk gigi belakang, Anda bisa mengucapkan “aaaa” agar mulut anak terbuka dan mulai menggosok gigi belakangnya.

Ini Dia Deretan Produk yang Bisa Bikin Anak Rajin Sikat Gigi

Bagus Toothbrush Safari

Bagus Toothbrush Safari ini bisa jadi pilihan produk yang bikin anak semangat sikat gigi. Memiliki bulu sikat khusus yang aman untuk gigi dan gusi, anak jadi betah menggosok gigi dengan nyaman. Bagian pegangannya juga nyaman untuk tangan anak-anak. Produk ini cukup fleksibel sehingga bisa membersihkan gigi sampai ke bagian yang sulit dijangkau. Ada banyak pilihan variasi yang bisa dipilih sesuka anak.

Harga Rp. 13.500-26.000

Unicorn Jack N' Jill Bio Toothbrush

Unicorn Jack N' Jill Bio Toothbrush merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Sikat gigi dari Australia ini hadir dengan desain unicorn yang lucu dan menggemaskan. Gagang sikat sangat ergonomis sehingga nyaman untuk tangan anak-anak. Bahan sikat gigi berasal dari 100% pati jagung Non-GMO dan tidak mengandung bahan plastik. Hal ini membuatnya jelas lebih aman untuk anak-anak, utamanya mereka yang memiliki kebiasaan untuk mengulum sikat gigi atau mengigitinya. Bulu sikatnya dari bahan nilon BPA free yang super lembut sehingga tidak akan melukai gusi anak.

Harga Rp. 65.000-162.000

Oral-B Sikat Gigi Anak Stages 3

Oral-B Sikat Gigi Anak Stages 3 lengkap dengan pembersih lidah anak. Bagian kepala sikatnya juga empuk sehingga melindungi gusi yang lembut. Bagian ujung sikat gigi dirancang untuk membantu membersihkan gigi belakang yang sulit dijangkau. Gagang sikat gigi juga dirancang ergonomis sehingga nyaman digenggam tangan anak. Desainnya simpel dengan aneka pilihan warna yang membuat anak tertarik memakainya.

Harga Rp. 14.500-21.000

360do BRUSH - Sikat Gigi Anak

360do BRUSH - Sikat Gigi Anak 360 adalah sikat gigi yang cocok untuk anak usia 3 hingga 12 tahun. Produk ini mampu mencapai bagian mulut dan sela-sela gigi yang susah dibersihkan. Sikat gigi yang dibuat di Jepang ini memiliki bulu sikat yang halus dan lembut. Jumlah bulu sikat lebih banyak dari sikat gigi pada umumnya sehingga membuatnya lebih nyaman digunakan.

Harga Rp. 57.500-76.000

Pasta Gigi Anak Pepsodent

Pasta Gigi Anak Pepsodent tentu bisa jadi produk yang bikin anak bisa menyikat gigi lebih maksimal. Pasta gigi ini dikemas dalam tube ukuran 50 gram. Formulanya bisa membuat gigi susu tetap sehat dan kuat. Produk ini kaya akan kalsium dan flouride yang bisa mencegah gigi berlubang. Ada 3 pilihan rasa yang bisa dipilih anak supaya ia tidak malas sikat gigi.

Harga Rp. 4.800-6.000

Pigeon Children Toothpaste

Pigeon Children Toothpaste merupakan produk yang bisa bikin anak makin semangat belajar sikat gigi. Dengan bahan dicalcium phospate dihydrate, masalah gigi berlubang dan bau mulut bisa dicegah. Pasta gigi ini tidak mengandung flouride dan banyak busa. Ada kandungan kalsium alami yang bisa membersihkan gigi lebih maksimal. Pasta gigi ini hadir dengan rasa stroberi dan jeruk. Rasa buahnya tidak terlalu manis sehingga aman untuk buah hati.

Harga Rp. 11.000-18.000

Buds Children Toothpaste With Fluoride

Buds Children Toothpaste With Fluoride sayang untuk dilewatkan. Produk ini kaya akan flouride yang bisa memperkuat gigi anak. Ada juga kandungan xylitol yang bisa memenuhi kebutuhan gigi agar tumbuh lebih kuat dan sehat. Gusi lebih terlindungi dari kerusakan karena ada bahan esktrak lidah buaya dan minyak kelapa yang bisa membunuh kuman yang menempel pada sela-sela gigi.

Pasta gigi ini terbuat dari bahan organik yang berkualitas dan sudah lulus pengujian Ecocert. Di dalamnya juga tidak terkandung perasa buatan dan bahan kimia yang berbahaya. Gigi akan terlindung selama 10 jam dari kuman penyebab gigi berlubang. Ada banyak pilihan yang bisa dilirik, mulai dari apel hijau, stroberi, blackcurrant, dan peppermint.

Harga Rp. 142.000-251.000

Darlie Bunny Kids

Darlie Bunny Kids merupakan pasta gigi pilihan terbaik untuk anak. Produk ini hadir dengan bahan food grade yang aman jika tidak sengaja tertelan. Hanya ada sedikit busa sehingga lebih mudah dibersihkan. Pasta gigi ini tidak memakai tambahan pemanis jadi aman untuk gigi anak.

Produk ini kaya akan kalsium untuk menguatkan gigi dan flouride yang bisa mencegah kavitis pada gigi anak. Ada 4 pilihan yakni cola, orange, apple, dan strawberry yang bisa dipilih.

Harga Rp. 12.000-16.500

Dejavu Gelas Sikat Gigi

Dejavu Gelas Sikat Gigi ini bisa jadi wadah sikat gigi anak. Gelas plastik ini bahannya tebal dengan desain minimalis dan ceria yang pastinya menarik perhatian anak. Produk berukuran 8x10 cm ini bisa juga jadi wadah kumur saat anak gosok gigi. Ada banyak pilihan warna mulai dari abu-abu, biru, hijau, dan pink. Gelasnya tahan air jadi tidak akan mudah berjamur.

Harga Rp. 11.000-18.000

Tempat Sikat Gigi - Rilakuma - 10122

Tempat Sikat Gigi - Rilakuma - 10122 ini adalah rekomendasi terakhir kami. Tempat sikat gigi ini terbuat dari bahan plastik yang kokoh dan tahan lama digunakan dengan ukuran 21 x 3 x 2 cm. Sikat gigi yang sudah dipakai bisa disimpan di dalam wadah ini. Peralatan gosok giginya jadi lebih bersih dan higienis. Produk ini juga bisa memudahkan saat akan dibawa bepergian.

Harga Rp. 4.500-35.000
From our editorial team

Berikan Pujian atau Hadiah kepada Anak

Anak-anak paling senang jika dipuji. Saat ia rutin menggosok giginya, Anda bisa memberikan pujian kepadanya sebagai apresiasi atas kerja kerasnya. Anda bisa juga memberikannya hadiah kecil seperti sikat gigi baru atau makanan favoritnya. Pemberian pujian dan juga hadiah kecil tersebut bisa memicu anak agar lebih termotivasi menyikat gigi tanpa perlu disuruh-suruh lagi.