Segera Berikan 10 Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak Saat Anak Mengalami Gejalanya! (2020)

Segera Berikan 10 Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak Saat Anak Mengalami Gejalanya! (2020)

Anak-anak memang rawan tertular batuk pilek. Mereka bisa tertular dari orang-orang di sekitarnya, seperti keluarga, saudara, teman, dan lain sebagainya. Umumnya anak tidak menutup mulut saat mereka batuk atau bersin dan hal ini membuat penyebaran bakteri dan virus dari anak satu ke lainnya semakin cepat. Nah, segera atasi batuk pilek anak dengan obat yang tepat seperti rekomendasi kami di bawah ini!

Anak-anak Kerap Mengalami Batuk Pilek di Masa Pertumbuhan

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan kerap kali mengalami yang namanya batuk pilek. Penyakit tersebut kerap muncul saat sistem imun anak sedang melemah. Makan cokelat sedikit langsung batuk, minum es sedikit langsung pilek, bermain air sebentar atau hujan-hujan sebentar pun kerap bikin batuk pilek yang disertai demam. Sebenarnya apa sih penyebab anak-anak kerap tertular batuk dan pilek?

Sistem kekebalan tubuh anak memang belum kuat. Ini membuat virus dan bakteri penyebab batuk dan pilek kerap menyerang. Umumnya virus berada pada hidung, tenggorokan, dan sinus. Jika anak terpapar orang yang sedang sakit batuk pilek meski sebentar saja maka bisa saja anak langsung ikutan batuk dan pilek karena sistem kekebalan tubuhnya belum cukup kuat untuk menangani virus yang masuk.

Anak-anak juga kerap tertular batuk dan pilek dari berbagai benda yang dipegang. Kita tak tahu apa saja yang sudah terpegang oleh tangan anak. Jika mereka tidak dibiasakan sering cuci tangan maka bisa saja virus terbawa oleh tangan anak dan masuk ke tubuh mereka.

Hal lain yang membuat anak-anak cepat batuk pilek adalah karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Perubahan suhu yang ekstrim bisa bikin sistem imun tubuh anak yang belum kuat jadi terganggu. Saat musim pancaroba tiba dan sistem tubuh anak menurun maka anak lebih cepat tertular virus.

Kita sebagai orangtua tentunya tidak ingin melihat anak kita sakit dan menderita. Sesegera mungkin kita tentu ingin membuat buah hati lekas sembuh. Maka dari itu, kenali gejala batuk dan pilek secara cepat. Jika gejala sudah terdeteksi di awal maka kita bisa sesegera mungkin ambil tindakan untuk mengobati anak agar tidak bertambah parah.

Beberapa gejala batuk pilek adalah ada rasa kurang nyaman di tenggorokan, hidung tersumbat dan bersin-bersin, serta jadi cepat merasa lelah. Gejala berikutnya adalah sakit tenggorokan, batuk, demam ringan, dan sakit kepala. Jika makin parah maka akan timbul gejala nyeri otot, kehilangan nafsu makan dan hidung jadi keluar lendir.

Tips Agar Anak Tak Mudah Batuk Pilek

Biasakan Cuci Tangan

Agar buah hati tidak mudah tertular batuk pilek, maka kita perlu mengajarkan buah hati untuk terbiasa mencuci tangan. Jangan hanya menyuruhnya, namun tunjukkan caranya dan ajak ia bersama-sama mencuci tangan. Pastikan anak terbiasa mencuci tangan memakai sabun sebelum makan, usai bermain, sepulang sekolah, dan lain sebagainya. Ajarkan pada buah hati bahwa mencuci tangan merupakan cara untuk membersihkan kuman dan bakteri yang ada di tangan agar tidak masuk ke dalam tubuh sehingga anak tidak mudah sakit. Dengan diberi pengertian, tentu si kecil lebih cepat memahami dan bisa cuci tangan sendiri tanpa harus disuruh dan diingatkan berulang kali.

Beri Asupan Probiotik dan Perbanyak Buah

Ketika musim pancaroba tiba, tidak ada salahnya Anda persiapkan imun buah hati. Anda bisa memberinya asupan probiotik. Asupan ini bisa menstimulasi respon imun pada tubuh. Selain itu, probiotik juga bisa mencegah infeksi jamur hingga mencegah infeksi pada saluran napas anak. Umumnya probiotik terdapat pada yoghurt, tempe, miso, hingga kimchi.

Jangan lupa perbanyak juga makan buah-buahan. Anak-anak kerap susah disuruh makan buah. Namun, Anda bisa mengakalinya. Anda bisa mengupaskan buahnya sehingga anak lebih praktis memakannya. Bisa juga jika buahnya dicetak dengan aneka bentuk menarik sehingga anak lebih tertarik mengonsumsinya.

Biasakan anak untuk makan buah, bahkan jika bisa, ganti camilannya dengan buah. Dengan begini, anak lebih cepat kenyang dan daya tahan tubuhnya juga bisa lebih terjaga. Agar anak tidak bosan, usahakan Anda selingi buahnya dengan berbagai jenis buah. Anda bisa memberikan buah apel, besoknya semangka, besoknya lagi pisang, dan lain sebagainya.

Pastikan Cukup Istirahat

Pastikan juga anak cukup waktu istirahat. Tumbuh kembang anak sedikit banyak juga dipengaruhi oleh kualitas tidurnya. Jika anak kurang tidur maka anak jadi mudah lelah selain itu sistem kerja kekebalan tubuh anak jadi menurun.

Sebisa mungkin usahakan anak tidur cukup setiap hari. Jika waktu tidurnya tiba, maka jauhkan anak dari berbagai hal yang bisa mengganggu tidurnya. Matikan televisi, jauhkan gadget, buku cerita, dan lain sebagainya. Anak usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan waktu tidur 14 jam sehari. Anak usia 4 hingga 7 tahun membutuhkan waktu tidur 12 jam sehari. Sementara anak usia 8 hingga 10 tahun membutuhkan waktu tidur 10 jam sehari.

Ini Dia Rekomendasi Obat Batuk Pilek untuk Anak

Anakonidin OBH Sirup

Anakonidin OBH Sirup ini juga bisa jadi pilihan yang tepat. Anda bisa mengandalkan produk ini saat anak sedang sakit batuk dan pilek. Ada kandungan Paracetamol,Succus Liquiritae, dan Glyceryl Guaiacolate. Selain itu, ada Pseudoephedrine HCl, Chlorpheniramine Maleate dan Dextromethorphan HBr. Berbagai kandungan tersebut bisa meredakan flu, batuk, demam dan juga sakit kepala. Produk ini juga bisa digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dan bersin-bersin. Dengan rasa stroberi, obat yang satu ini bikin anak lebih mudah mengonsumsi obatnya. Ada ukuran 30 ml dan 60 ml yang bisa dipilih.

Harga Rp. 7.400-15.000

Hufagrip Batuk Pilek (BP) Anak

Hufagrip Batuk Pilek (BP) Anak menjadi rekomendasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan. Produk yang satu ini hadir dengan kanungan bahan seperti Paracetamol, Pseudoephedrine, Chlorpheniramine Maleate, dan Glyceryl Guaiacolate. Anda bisa gunakan produk ini untuk meringankan batuk kering, batuk berdahak, hingga pilek. Anda juga bisa memberikan obat ini pada anak saat ia mengalami hidung tersumbat, demam, dan bersin-bersin. Obat ini bisa digunakan pada anak usia di atas 2 tahun. Dengan rasa tutti fruti dan stroberi, obat ini dikemas dalam ukuran 60 ml. Obat juga memiliki kandungan CTM untuk membuat anak lebih mudah tidur.

Harga Rp. 18.000-59.000

Natrabio Children C & F (Cold & Flu)

Natrabio Children C & F (Cold & Flu) cocok untuk jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan kandungan berbagai bahan yang mampu mengatasi batuk dan juga gejala flu. Demam, sakit kepala, hidung tersumbat, hingga bersin-bersin akan teratasi dengan baik. Obat ini hadir dengan rasa manis alami yang disukai anak. Dikemas dalam botol ukuran 30 ml, obat ini tentu efektif untuk bikin anak jadi lebih cepat sembuh dan beraktivitas speerti sedia kala.

Harga Rp. 134.000-239.000

Actifed Plus Expectorant (Actifed hijau)

Actifed Plus Expectorant (Actifed hijau) merupakan rekomendasi lainnya untuk Anda. Obat batuk pilek anak ini hadir dengan kandungan seperti, Triprolidine HCl, Pseudoephedrine HCI dan Guaiphenesin. Produk ini mampu meringankan batuk berdahak, mengencerkan dahak, dan juga menurunkan viskositas lendir. Anak usia di atas 2 tahun boleh mengonsumsinya. Obat ini mengandung senyawa dari golongan pyrolidine yang mampu menekan sistem saraf pusat. Hal ini membuat anak jadi mudah ngantuk saat mengonsumsinya dan membuatnya banyak tidur agar cepat sembuh.

Harga Rp. 50.000-88.000

Flutop - C Sirup

Flutop - C Sirup menjadi rekomendasi selanjutnya untuk Anda. Obat batuk pilek yang satu ini hadir dengan kandungan Paracetamol, dextromethorphan HBr, gliseril guaiakolat, fenilpropanolamina HCl, dan klorfeniramina maleat. Berbagai bahan tersebut mampu meringankan flu dan demam. Obat juga berfungsi untuk meredakan hidung tersumbat, sakit kepala, dan batuk yang mengganggu. Produk ini hadir dengan rasa jeruk lemon yang segar. Ada ukuran 60 ml yang tersedia.

Harga Rp. 6.000-10.000

Madu Syifa Kids Herbal Fluba

Madu Syifa Kids Herbal Flu ini juga cocok jadi pilihan Anda. Produk yang satu ini mengandung berbagai bahan herbal yang baik untuk kesehatan. Ada bahan madu alami, habbatussauda, zaitun, ekstrak andrographis, dan juga ekstrak cleorodendrum. Bahan-bahan tersebut bisa meredakan flu dan batuk. Selain itu, produk ini juga akan meredakan perut kembung, masuk angin, hingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Obat ini cocok untuk anak usia 6 bulan ke atas. Produk ini dikemas dalam botol ukutan 100 ml.

Harga Rp. 30.000-50.000

Bodrexin Flu dan Batuk Berdahak PE

Bodrexin Flu dan Batuk Berdahak PE bisa menjadi pilihan selanjutnya yang bisa Anda andalkan. Obat ini cocok untuk mengatasi batuk pilek pada anak. Di dalam obat ini ada kandungan Paracetamol, Pseudoephedrine HCI, Guaiphenesin, Bromhexine HCI dan Chlorpheniramine Maleate. Anda bisa berikan pada anak jika anak mengalami demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, hingga batuk berdahak. Obat yang dikemas dalam botol ukuran 56 ml ini hadir dalam rasa jeruk.

Harga Rp. 10.000-11.700

Termorex Plus

Termorex Plus adalah produk selanjutnya yang bisa Anda berikan pada buah hati. Produk yang satu ini terdiri dari bahan seperti, Paracetamol, Guaifenesin, Pseudoephedrine HCI, dan Chlorpheniramine Maleate. Berbagai kandungan tersebut bisa diberikan saat anak mengalami batuk pilek. Obat ini juga bisa mengatasi sakit kepala, demam, hidung tersumbat, dan bersin. Usia minimal untuk mengonsumsi obat ini adalah di atas 2 tahun. Obat ini dikemas dalam botol ukuran 30 ml. Produk ini hadir dalam rasa jeruk dan bebas alkohol sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 8.500-15.000

OBH Combi Anak Batuk Flu

OBH Combi Anak Batuk Flu ini merupakan rekomendasi yang sayang dilewatkan. Produk yang satu ini akan meredakan batuk dan pilek anak. Obat ini juga akan mengatasi mencegah hidung tersumbat dan juga bisa mengatasi alergi gatal di tenggorokan. Obat yang dikemas dalam ukuran botol 60 ml ini wajib ada di lemari obat keluarga. Anda bisa memberikan produk ini pada anak usia di atas 2 tahun. Ada kandungan
Ekstrak Succus Liquiritiae dan Ammonium Chloride hang bisa membantu mengencerkan dahak. Produk ini juga hadir dengan paracetamol yang bisa meredakan demam dan bisa mengurangi rasa nyeri di kepala.

Harga Rp. 12.500-18.000

Triaminic Ekspektoran dan Pilek

Triaminic Ekspektoran dan Pilek ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa Anda berikan pada buah hati yang terserang batuk dan flu. Obat ini kaya akan bahan seperti Guaiphenesin dan Pseudoephedrine HCI. Bahan tersebut bisa meredakan pilek, hidung tersumbat, masuk angin, dan juga batuk. Obat rasa lemon ini dikemas dalam botol ukuran 60 ml. Produk ini akan melebarkan saluran pernapasan dan menyempitkan pembuluh darah sehingga memudahkan anak bernafas dan bisa mempercepat pengeluaran dahak.

Harga Rp. 67.000-120.000
From our editorial team

Tangani dengan Benar Saat Anak Sakit

Ketika anak terdeteksi demam, batuk, dan pilek maka Anda harus segera ambil tindakan. Berikan asupan makanan bergizi dan cukupkan istirahat tidurnya. Selain itu, Anda bisa memberikan minum berupa air hangat atau mengonsumsi jeruk nipis campur madu dengan air hangat untuk mengurangi gejala pilek dan rasa kurang nyaman pada tenggorokan. Berikan obat yang sesuai untuk anak dan sesuaikan dengan usianya. Jika sakit berlanjut, maka Anda bisa mendatangi dokter untuk pertolongan lebih lanjut.