Lindungi Diri dengan 10 Rekomendasi Masker Bedah Terbaik Berikut (2021)

Lindungi Diri dengan 10 Rekomendasi Masker Bedah Terbaik Berikut (2021)

Memakai masker sudah menjadi kebiasaan kita selama setahun lebih belakangan. Ini demi menjaga kesehatan kita agar tidak mudah terpapar virus. Dalam memilih masker sebaiknya jangan sembarangan agar bisa mendapat manfaat maksimalnya. Cek tips memilih masker dan juga rekomendasi masker bedah yang cocok untuk kamu gunakan dalam keseharian!

Tertib Memakai Masker Bisa Selamatkan Kita dari Pandemi

Pandemi Corona memang belum berlalu. Bahkan, meski beberapa waktu sempat mereda, kini angka mereka yang terinfeksi virus Covid-19 makin meningkat. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita menaati peraturan negara dan juga protokol kesehatan yang sudah diterapkan. Ini semata-mata demi keselamatan nyawa kita dan juga keselamatan bersama.

Salah satu cara pencegahan penularan virus adalah dengan memakai masker. Hal ini kerap diremehkan oleh banyak orang. Bahkan, ada yang sengaja tidak memakai masker dengan berbagai macam alasan. Padahal, rutin memakai masker bisa membantu kita cepat pulih dari situasi pandemi yang tampak tiada akhir ini.

Konsistenlah dalam memakai masker. Jangan sering membuka dan menutup masker. Jangan pula memindahkan masker ke area dahi atau dagu. Hal ini malah akan memudahkan virus menjangkiti kita. Saat masker terbuka, maka tidak ada perlindungan terhadap bagian mulut dan saluran pernapasan. Terlebih lagi, masker bisa kotor karena keringat dan debu pada dagu maupun dahi.

Pemakaian masker juga tidak boleh asal saja. Pastikan kamu memakai masker dengan benar. Gunakan bagian dalam dan bagian luar masker dengan tepat. Rapikan masker dan pastikan bisa menutup hidung dan mulut dengan sempurna.

Masker Bedah Jadi Salah Satu Pilihan Pencegah Penularan Virus

Masker bedah merupakan salah satu jenis masker yang dianjurkan untuk digunakan selama masa pandemi. Masker ini biasanya digunakan para dokter dan perawat di ruang operasi, maka dari itu dinamakan dengan masker bedah. Masker yang satu ini memiliki lapisan yang bisa menghalau percikan air liur. Ini yang membuatnya cukup efektif untuk menangkal virus Covid-19 agar tidak menyebar.

Masker ini hadir dengan 3 lapisan. Lapisan luarnya anti air. Sementara itu, lapisan tengahnya bisa menjadi filter kuman agar tidak masuk ke hidung dan mulut. Lapisan dalam masker ini bisa menyerap cairan yang keluar dari mulut ketika kita berbicara dan lainnya sehingga jika kita sedang sakit pun tidak akan menulari orang lain.

Waspada Masker Palsu, Cek Keaslian Masker yang Kamu Beli dengan Cara Berikut!

Cek Izin Edar

Kondisi new normal membuat kita jadi banyak berburu masker bedah. Sayangnya, hal ini banyak dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Ada banyak yang memproduksi masker palsu yang bukannya aman digunakan namun malah membahayakan.

Semenjak merebaknya virus dan juga selama pandemi setahun lebih ini, Kemenkes telah mengeluarkan nomor izin edar untuk 996 industri masker medis. Kamu bisa mengeceknya melalui infoalkes.kemkes.go.id. Untuk lulus uji izin edar, biasanya masker melalui beberapa tahapan. Masker yang sudah memiliki izin edar artinya sudah lulus uji Partie Filtration Efficiency (PFE), Breathing Resistence, dan Filtration Efficiency (BFE).

Untuk mengecek keaslian masker yang kamu beli, maka kamu bisa mengecek izin edarnya dulu. Kamu bisa cek nomor izin edar ini pada bagian kemasan masker. Dengan mengecek izin edar kamu tidak perlu was-was lagi memakai masker palsu. Kamu juga bisa melaporkan jika menemukan masker palsu dan tidak memiliki izin edar. Ini akan membantu masyarakat untuk lebih cermat memilih masker kesehatan yang tepat.

Beli di Tempat Tepercaya

Meski sedang sangat membutuhkan masker, jangan sampai kamu asal saja membeli masker. Apalagi jika kamu hendak membelikan masker untuk seluruh keluarga. Pastikan bahwa masker yang kamu beli memang benar masker kesehatan dan bisa memberi manfaat baik untuk kamu dan keluarga.

Belilah masker di tempat yang tepercaya. Kamu bisa beli di apotek, toko kesehatan yang terjamin, atau toko online yang sudah tersertifikasi. Dengan begini kamu tidak akan takut tertipu baik dari segi harga, segi kualitas, hingga segi kuantitas.

Cek Bahannya

Kamu perlu juga mengecek bahan masker yang kamu beli. Umumnya masker kesehatan atau masker bedah mencantumkan bahan pembuatan pada kemasannya. Masker bedah biasanya memakai bahan SMS (spunbond, meltblown, dan spunbond) dan SMMS ( spunbond, meltblown, meltblown, spunbond). Jika memakai kedua bahan tersebut, maka kamu bisa merasa aman karena masker terjamin kualitasnya.

Lakukan Uji Air dan Uji Bakar

Kamu juga bisa melakukan uji air pada masker yang kamu beli. Masker bedah bisa melindungi kita saat kita batuk dan bersin agar tak menular namun juga melindungi kita dari orang lain yang sedang batuk dan bersin. Ini sebabnya lapisan luarnya didesain tahan air. Maka lakukan uji coba air. Caranya, lipat masker sehingga bagian luarnya membentuk corong. Tuangi air ke dalamnya dan jika maskernya asli, maka air bisa tertahan dengan baik.

Uji bakar juga bisa kamu lakukan pada masker yang kamu beli. Meski ada 3 lapisan masker, pastikan lapisan tengahnya adalah masker dan bukan kertas. Coba bakar masker dengan api. Filter masker bedah seharusnya tidak mudah terbakar untuk menunjukkan bahwa kualitasnya bagus.

Ini Dia Rekomendasi Masker Bedah yang Bisa Kamu Andalkan

Masker Sensi 3 Ply Surgical Face Earloop

Masker Sensi 3 Ply Surgical Face Earloop ini merupakan jenis masker kesehatan. Bentuknya sederhana dan mudah digunakan. Masker ini memiliki 3 lapisan sehingga bagus untuk melindungi hidung dan mulut dari debu, asap kendaraan bermotor, cairan bakteri, kuman, polusi, virus, kotoran, dan partikel asing yang membahayakan lainnya. Bagian lembaran dalamnya lembut jadi tidak melukai kulit. Harganya terjangkau dan pastinya bisa memberikan manfaat besar untuk diri sendiri. Masker ini tidak bikin sesak saat digunakan.

Harga Rp. 105.000-130.000

Softies Daily Mask [30 Masks]

Softies Daily Mask 30 Masks tentu wajib kamu miliki. Masker bedah ini terdiri dari 3 lapisan. Kamu bisa memakainya untuk melindungi diri dari kuman, virus, bakteri, polusi, asap, dan lain sebagainya. Bahan maskernya lembut dan nyaman digunakan seharian. Desainnya simpel dengan tali pengikat yang terbuat dari karet yang tidak menyakiti telinga saat digunakan.

Harga Rp. 30.000-48.000

BasicMeds Earloop Surgical Mask

BasicMeds Earloop Surgical Mask ini hadir dalam tiga lapisan. Ini akan efektif melindungi penggunanya dari virus, droplet, polusi, dan lain sebagainya. Masker bedah yang satu ini memakai bahan spunbond, meltbown, dan hygroscopic spunbound. Ini membuatnya bisa memberikan perlindungan terbaik untuk hidung dan mulut. Dalam satu pak berisi 50 lembar.

Harga Rp. 32.000-90.000

Madame Gie Daily Care Face Mask

Madame Gie Daily Care Face Mask tentu tidak bisa kamu lewatkan sebagai pilihan. Masker ini tidak hanya antiair namun juga antidebu dan antibau. Produk ini telah melewati berbagai proses uji yang menjamin kualitasnya.

Masker ini terdiri dari tiga lapisan yang terbuat dari bahan spunbound non woven. Kamu bisa mencucinya maksimal 3 kali dan bisa disetrika dengan memakai temperatur rendah. Harga produk ini juga sangat terjangkau.

Harga Rp. 50.000-85.000

MOOIMOM Disposable Face Mask

MOOIMOM Disposable Face Mask bagus untuk menyaring debu, polusi, virus, dan kotoran dari luar. Ini bisa menjadi penghalang yang sangat baik untuk aneka partikel mikro agar tidak masuk hidung dan mulut. Masker bedah 3 lapis ini terbuat dari bahan non woven sehingga sangat berkualitas.

Desainnya simpel dengan kawat yang elastis jadi lebih aman digunakan. Cukup pasang di kedua sisi telinga dan tekan pangkal hidung untuk mencegah udara kotor masuk. Jangan lupa untuk menarik masker ke rahang bawah untuk menciptakan ruang pernapasan yang melegakan.

Harga Rp. 180.000-390.000

Neppi 3D Disposable Surgical Face Mask

Neppi 3D Disposable Surgical Face Mask merupakan jenis masker simpel yang wajib kamu kenakan ke mana saja. Dari segi desain, produk ini sangat stylish dan bikin gaya kamu makin oke. Filtrasinya tinggi hingga mencapai 99%. Bahannya lembut dan breathable sehingga kamu bisa memakainya dalam aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Masker bedah ini juga memakai bahan thermal bond yang bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Ada tiga lapisan pada produk ini sehingga bisa maksimal berfungsi melindungi hidung dan mulut.

Harga Rp. 115.000-210.000

Masker Evo Plusmed

Masker Evo Plusmed adalah rekomendasi kami selanjutnya. Masker bedah ini dibuat di Indonesia dengan teknologi dari Jerman. Ada tiga filter yang dapat menyaring partikel-partikel halus dalam udara. Kamu bisa terhindar dari droplet, polusi, asap, dan lain sebagainya. Desainnya proporsional sehingga nyaman dan pas di wajah menutupi area hidung, mulut, sampai dagu.

Harga Rp. 160.000-197.000

SKRINEER Masker Hijab Multifungsi 5s

SKRINEER Masker Hijab Multifungsi 5s cocok untuk kamu yang berhijab. Terbuat dari bahan pilihan, produk yang satu ini memiliki efisiensi filtrasi bakteri (BFE) hingga 99,9%. Bagian ear loop didesain tersambung sehingga lebih mudah digunakan. Kamu tidak perlu lagi menyelipkan karet ear loop ke dalam hijab.

Harga Rp. 18.000-57.000

Nexcare 3M Daily Mask

Nexcare 3M Daily Mask merupakan masker 3 lapis yang bisa menyaring aneka kotoran dan debu agar tidak terhirup. Bahan maskernya lembut dan nyaman di kulit. Masker ini bebas lateks dengan tekstur berpori sehingga kamu masih bisa bebas bernapas dengan nyaman. Bagian penyangga juga mengikuti bentuk hidung sehingga tidak menyakiti ujung hidung.

Harga Rp. 89.000-150.000

Madame Gie Safety You Face Mask

Madame Gie Safety You Face Mask adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini hadir dengan tiga lapisan layaknya masker bedah pada umumnya. Strukturnya non woven sehingga bisa melindungi penggunanya dari berbagai partikel yang membahayakan pernapasan. Produk ini memakai bahan spunbond, meltblown, dan spunbown.

Harga Rp. 20.000-35.000
From our editorial team

Buang Masker dengan Cara yang Tepat

Masker bedah merupakan salah satu contoh masker sekali pakai. Masker jenis ini harus dibuang dengan tepat usai digunakan agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Pertama, cuci tangan dengan antiseptik berbasis alkohol atau sabun. Selanjutnya, keringkan tangan lalu lepas tali masker tanpa menyentuh bagian depan masker. Condongkan tubuh ke depan lalu tarik masker dari wajah. Buang masker ke tempat sampah yang tertutup. Langkah terakhir, cuci kembali tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer.

Tag