Tips Memakai Masker Dobel dan 10 Rekomendasi Masker yang Bisa Diaplikasikan Jadi Masker Dobel (2021)

Tips Memakai Masker Dobel dan 10 Rekomendasi Masker yang Bisa Diaplikasikan Jadi Masker Dobel (2021)

Ada banyak cara untuk melindungi diri kita dari Covid-19. Selalu rajin cuci tangan pakai sabun dan jangan lupa menjaga jarak. Jauhi kerumuman dan juga jangan lupa memakai masker. Pastikan maskernya sudah benar pemakaiannya. Atau kamu bisa coba tren masker dobel yang marak belakangan ini. Cek rekomendasi masker yang bisa kamu gunakan sebagai masker dobel!

Masker Dobel Bagus untuk Mencegah Penularan Virus

Memakai masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Dengan memakai masker, maka kesehatan kita bisa lebih terjamin dan kita juga bisa lebih aman dari penyebaran virus Covid-19. Sudah setahun lebih kita berada dalam masa pandemi. Dan ini artinya kita sudah sangat terbiasa dengan pemakaian masker. Kini memakai masker bukan lagi terasa sebagai kewajiban namun lebih terasa sebagai kebutuhan kita.

Lonjakan kembali kasus virus Covid-19 membuat masyarakat kembali khawatir. Hal ini membuat masyarakat kembali mencari solusi agar bisa terhindari dari virus. Informasi dan studi pun banyak dilakukan dan disebarluaskan demi melindungi masyarakat untuk bisa berperang melawan virus.

Salah satu hasil studi dari para peneliti Fakultas Kedokteran University of North Carolina, Amerika Serikat, belakangan ini mengungkapkan bahwa pemakaian masker dobel bisa membantu mengurangi penyebaran virus. Pemakaian masker ganda dinilai efektif karena bisa memberikan perlindungan ekstra. Tidak hanya karena lapisan kain yang bertambah saja, namun juga karena tidak ada lagi celah dari area masker yang kurang pas.

Memakai dua masker diharapkan bisa membuat masker tidak lagi longgar dan bisa menutup celah yang tersisa dari masker pertama. Masker luar diharapkan bisa meningkatkan filtrasi sehingga virus akan semakin sulit menembus dan masuk ke hidung dan mulut.

Pemakaian masker dobel ini telah diuji coba. Pada proses uji coba tersebut menunjukkan bahwa persentase partikel yang terblokir mencapai 56,1% untuk masker bedah dan mencapai 51,4% untuk masker kain. Jika keduanya digunakan bersamaan maka persentasenya bisa mencapai 85,4%. Hasil studi tersebut juga mengungkapkan bahwa pemakaian masker dobel bisa menghalangi lebih dari 95% partikel yang berpotensi menular.

Tips Memakai Masker Dobel

Pastikan Menutup Sempurna

Saat memakai dua buah masker, produk yang kamu gunakan harus bisa menutup hidung, mulut, sampai dagu. Namun, jangan sampai kamu kesulitan bernapas, ya. Cobalah mengembuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker. Jika masih ada, coba atur kembali posisinya dan kekencangan tali maskernya. Memakai dua buah masker secara bertumpuk harus tetap aman dan tidak bikin kamu pusing atau berkunang-kunang. Jika kamu merasa pusing, maka mungkin kamu kurang pas memasang maskernya atau mungkin talinya terlalu kencang.

Masker Bedah Digunakan Pertama

Tips selanjutnya dalam memakai masker dobel adalah pastikan kamu memakai masker bedah sebagai masker pertama kamu. Masker bedah harus digunakan dahulu agar pemakaian masker dobel bisa lebih maksimal hasilnya.

Masker bedah biasanya menyisakan sedikit celah di bagian sampingnya. Dikhawatirkan celah ini bisa menjadi pintu masuknya biang penyakit yang menular lewat udara. Ketika memakai masker bedah sebagai masker pertama, pastikan garis kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker ditekan ke arah wajah. Dengan begini, masker bisa lebih pas mengikuti bentuk hidung.

Masker Kain Sebagai Penutup Kedua

Untuk masker keduanya, kamu bisa memakai masker kain. Masker kain ditumpuk di atas masker bedah yang sudah terpasang. Fungsi dari hal ini adalah agar masker bisa lebih rapat dan meminimalkan celah masuknya virus. Masker kain diharapkan bisa mencegah kebocoran udara dan partikel yang tidak disaring.

Utamakan untuk memilih masker kain yang terdiri dari 3 lapis kain. Selain itu, pilih masker yang ukurannya pas di wajah. Masker kain yang pas akan bisa berfungsi sebagai penjepit dan mengamankan masker medis yang longgar. Kamu juga wajib memastikan bagian tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat dengan benar pada bagian belakang kepala. Jangan terlalu erat agar kamu tidak merasa terlalu pusing.

Hindari Menggabungkan Dua Masker Medis

Beberapa dari kita mungkin bertanya mengapa harus memakai masker kain? Bukankah memakai dua masker medis yang ditumpuk akan lebih efektif?

Masker medis sebaiknya tidak ditumpuk jadi satu. Ini karena beberapa masker medis tidak cocok ditumpuk. Seperti contohnya, masker N95 dan KF94. Kedua masker kesehatan itu sudah sesuai standar. Desainnya ketat sehingga memiliki kemampuan filtrasi droplet 94% sampai dengan 95%. Kemampuan menyaring udaranya sudah tinggi sehingga tidak perlu lagi ditumpuk dengan masker jenis lainnya.

Selain itu, masker medis sekali pakai tidak dirancang untuk bisa menutupi area wajah secara maksimal. Jadi, percuma saja jika kamu menumpuk masker bedah lebih dari satu. Masker akan terasa terlalu ketat saat dipakai dan kamu jadi kesulitan bernapas.

Ini Dia Deretan Masker yang Bisa Kamu Gunakan Sebagai Masker Dobel

Sensi Face Surgical Mask Headloop Masker - 50 Pcs

Sensi Face Surgical Mask Headloop Masker - 50 Pcs ini bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini dijual dalam satu pak. Masker bedah ini cocok untuk jadi masker pertama jika kamu ingin memakai masker dobel. Bahannya lembut dan tidak bikin iritasi kulit. Bahan masker ini juga sangat nyaman dan tidak bikin kita kesulitan bernafas.

Produk ini terdiri dari 3 lapisan sehingga bisa menahan polusi, droplet, dan juga debu dari luar lebih maksimal. Bentuknya bisa menyesuaikan kontur wajah dan memudahkan saat bernapas.

Harga Rp. 144.000-175.000

Onemed Karet 3 Ply Earloop Masker Bedah

Onemed Karet 3 Ply Earloop Masker Bedah ini juga bisa dijadikan dalaman masker dobel. Masker bedah ini memiliki tiga lapisan yang kuat dan filtrasinya cukup bagus. Bahannya berkualitas tinggi. Produk ini nyaman digunakan dan bisa menutup hidung hingga dagu dengan sempurna. Masker ini memudahkan kamu bernapas dengan lebih lega. Dalam box berisi 50 buah masker.

Harga Rp. 34.900-150.000

BasicMeds Surgical Face Mask

BasicMeds Surgical Face Mask adalah rekomendasi kami selanjutnya. Masker ini hadir dengan 3 lapisan yang hipoalergenik. Produk ini juga bebas lateks dan fiber glass sehingga lebih aman digunakan. Sudah ada izin edar resmi dari Kemenkes jadi lebih aman dan tidak was-was saat memakainya.

Desain masker ini simpel sehingga nyaman dan cocok untuk menyerap kelembapan secara maksimal. Lapisan keduanya dari bahan meltblown yang bisa memudahkan kita bernapas tanpa sesak. Lapis ketiganya bisa menolak partikel kecil sehingga perlindungan bisa lebih maksimal.

Harga Rp. 27.000-80.000

BIOAXI Masker Bedah 3 Ply

BIOAXI Masker Bedah 3 Ply ini memiliki lapisan-lapisan yang bisa berfungsi sebagai filter bakteri, droplet, dan aneka partikel kecil yang terbawa udara lainnya. Masker ini mampu menutup hidung dan mulut dengan sempurna. Dilengkapi pula dengan tali karet lentur yang mudah dipasang di telinga. Masker ini aman digunakan karena tidak mengandung banyak cat pewarna. Kamu bisa mengencangkan kawat sesuai bentuk hidung. Kamu juga bisa menarik bagian bawah masker hingga menutup sampai dagu.

Harga Rp. 44.000-140.000

Softies Surgical Mask Hijab

Softies Surgical Mask Hijab ini merupakan rekomendasi selanjutnya untuk masker dobel. Kamu bisa memakai masker ini sebagai dalaman masker dobel. Produknya didesain khusus agar pas dan nyaman digunakan para wanita muslimah.

Masker 3 lapis ini bisa melindungi dari mikroorganisme dan aneka partikel mikro yang membahayakan. Dengan 96% filter, masker ini telah teruji klinis dapat menyaring bakteri. Tali maskernya memiliki model headloop jadi lebih mudah digunakan. Bahan maskernya lembut jadi tidak menyakiti kulit.

Harga Rp. 50.000-80.000

[Bowin X Chicco Jerikho] Masker Bomber - Masker Kain 4ply

Untuk masker dobel, kamu butuh masker kain sebagai luaran. Intip saja Bowin X Chicco Jerikho Masker Bomber - Masker Kain 4ply sebagai pilihan. Produk ini hadir dengan 4 lapisan sehingga lebih ampuh menangkal virus, droplet, dan aneka partikel yang berbahaya untuk tubuh.

Bahan lapisan kainnya memakai katun jepang dan kain bomber sehingga sangat bermutu tinggi. Masker ini bisa dicuci ulang dan disemprot disinfektan sebelum digunakan.

Harga Rp. 5.000-12.000

Tatuis Zeline Zakeisha 011 Masker - Pink

Tatuis Zeline Zakeisha 011 Masker – Pink ini adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini hadir dengan desain khas Tatuis. Maskernya terdiri dari 3 lapisan dengan desain yang membuat kamu nyaman memakainya. Headloop-nya mudah dipasang di kepala. Ini akan memudahkan untuk yang berhijab. Masker ini mudah dicuci dan digunakan kembali.

Harga Rp. 14.500

Masker Kain Onecare Earloop 3 Lapis

Masker Kain Onecare Earloop 3 Lapis ini adalah rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini nyaman digunakan. Karetnya tidak mudah melar dan tidak akan menyakiti telinga. Masker ini hadir dalam 3 lapis. Ini membuatnya memiliki filtrasi yang baik dan bisa menghindarkan kamu dari aneka virus, droplet, dan partikel berbahaya lainnya. Kamu bisa memakainya sebagai luaran untuk masker dobel. Produk ini bersifat breathable sehingga kamu tidak akan merasa pengap saat memakainya.

Harga Rp. 35.000-107.000

MicaWork Masker Kain Batik

MicaWork Masker Kain Batik adalah masker yang bisa menutupi hidung hingga mulut dengan sempurna. Lapisan luarnya berbahan kain katun dengan motif batik yang keren. Bagian dalamnya memakai kain polyester diadora tebal. Karetnya elastis dan tahan panas sehingga tidak mudah melar. Produk ini mudah dicuci dan ramah lingkungan. Kamu bisa memakainya sebagai lapisan kedua dari masker dobel.

Harga Rp. 5.000-9.900

Bowin Bomber Masker Kain 4 Lapis

Bowin Bomber Masker Kain 4 Lapis merupakan rekomendasi terakhir kami. Masker 4 lapis ini terbuat dari bahan berkualitas. Produk ini bisa menangkal bakteri dan menyaring partikel kecil. Kamu bisa mencucinya berulang kali dan digunakan kembali.

Harga Rp. 8.500-60.000
From our editorial team

Pastikan Masker Bedah Terpasang dengan Benar

Saat memakai masker dobel, perhatikan cara memasang masker bedah yang benar. Lipat dulu masker bedah menjadi dua bagian sehingga bagian atas dan bawah bertemu. Kemudian kamu bisa mengikat tali pengait masker di sisi kiri dan kanan agar membentuk simpul di dekat masker. Lipatlah sudut-sudut masker ke bagian dalam. Pakai maskernya lalu tekan kawat agar mengikuti bentuk hidung. Nah, dengan begini, tidak ada lagi celah antara masker dengan wajah.

Tag