Jaga Udara Tetap Bersih dan Sehat dengan 10 Rekomendasi Air Purifier Mobil Terbaik Ini (2021)

Jaga Udara Tetap Bersih dan Sehat dengan 10 Rekomendasi Air Purifier Mobil Terbaik Ini (2021)

Karena sirkulasi yang tidak lancar, udara di dalam mobil bisa mudah kotor. Tentu saja ini sangat membahayakan kesehatan. Apalagi ditambah dengan virus dan bakteri yang ada di udara. Anda bisa menjaga udara di dalam mobil tetap bersih dengan rekomendasi produk air purifier dari BP-Guide berikut.

Udara di Dalam Mobil juga Bisa Kotor

Semakin banyaknya polusi membuat udara bersih semakin sulit saja didapatkan. Padahal udara bersih sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kapan saja dan di mana saja, kita membutuhkan udara yang bersih, tidak terkecuali saat di dalam mobil.

Di ruangan tertutup yang kedap udara seperti mobil, maka sirkulasi di dalamnya tidak bisa berjalan dengan lancar. Debu, kotoran, dan segala macam polusi lainnya sangat mudah terjebak di dalam mobil. Akibatnya, tanpa sadar Anda menghirup udara kotor ini saat berada di mobil.

Hal ini tidak boleh dibiarkan terus menerus. Apalagi jika Anda sering berkendara dengan mobil. Kebersihan dan kemurnian udara di dalamnya harus dijaga agar tidak berdampak buruk pada kesehatan Anda. Terlebih Anda yang memiliki alergi pada debu atau gangguan pernapasan. Anda membutuhkan air purifier di dalam mobil untuk mendapatkan udara yang bersih.

Tips Memilih Air Purifier Mobil Terbaik

Hitung Bujet yang Dimiliki

Air purifier untuk mobil dijual dengan harga yang beragam dan menawarkan fitur yang berbeda-beda. Ketika Anda mempertimbangkan untuk membeli air purifier mobil, maka hitung dulu berapa bujet yang Anda miliki.

Jangan lupa sesuaikan pula dengan kebutuhan Anda. Air purifier yang hanya bisa digunakan di dalam mobil saja biasanya relatif lebih murah daripada air purifier yang juga bisa digunakan untuk ruangan kecil.

Cek Cara Pemasangannya

Sumber gambar spy.com

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memahami bagaimana cara memasangnya. Setiap produk air purifier memiliki cara pemasangan yang berbeda-beda. Agar alat ini bisa bekerja dengan baik, pilih air purifier yang kompatibel dengan interior mobil Anda.

Ada alat yang tinggal dihubungkan saja ke power socket dalam mobil sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan daya. Ada juga air purifier yang bisa diletakkan di cup holder yang tidak mengganggu Anda saat berkendara.

Anda juga bisa memilih air purifier portabel yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan. Anda tidak perlu bingung harus meletakkannya di mana karena produk jenis ini sangat fleksibel.

Pilih yang Mampu Menghasilkan Ion Terbaik

Sumber gambar www.chicagotribune.com

Secara umum, ada 2 jenis air purifier mobil yang tersedia di pasaran yaitu filter dan ionizer. Filter hanya bisa menyaring polutan dan kotoran saja di udara. Oleh karena itu, sebaiknya Anda pilih jenis ionizer yang punya banyak keunggulan.

Ionizer mampu membasmi bau tidak sedap yang ada di dalam mobil. Ini termasuk bau makanan yang menyengat hingga bau asap rokok yang tertinggal di dalam mobil. Cocok banget nih buat Anda yang suka merokok di dalam mobil.

Air purifier jenis ionizer sangat direkomendasikan buat Anda yang punya gangguan pernapasan atau alergi pada debu.

Perhatikan Kebisingannya

Sumber gambar carindia.in

Jika Anda tidak suka dengan suara mesin air purifier yang bising saat sedang bekerja, Anda bisa memilih alat yang bekerja dengan senyap. Oleh karena itu, sebelum membeli, pastikan Anda cek dulu apakah alat tersebut menyebabkan kebisingan atau tidak. Alat yang mampu beroperasi dalam kondisi sunyi lebih banyak disukai karena tidak mengganggu konsentrasi saat menyetir.

Perhatikan Power Supply Alat

Sumber gambar youtube.com

Air purifier mobil biasanya menggunakan dua sumber daya berbeda, yaitu baterai dan listrik. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Air purifier yang menggunakan daya baterai bisa bekerja dengan lebih maksimal dan dilengkapi dengan lebih banyak fitur. Sementara air purifier yang menggunakan daya listrik mobil jauh lebih praktis namun fiturnya terbatas.

Manfaat Air Purifier di Dalam Mobil

Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Sumber gambar procarreviews.com

Bau tidak sedap di dalam mobil tentu menyebabkan Anda merasa tidak nyaman berada di dalamnya. Tes yang dilakukan oleh Japan Spinners Inspecting Foundation membuktikan bahwa bau tidak sedap bisa berkurang dengan air purifier. Dengan demikian, udara di dalam mobil tetap harum dan segar.

Menyingkirkan Virus, Kuman, dan Bakteri

Sumber gambar pinterest.com

Manfaat air purifier yang paling utama tentu adalah menyingkirkan segala macam virus, kuman, dan bakteri yang ada di dalam mobil. Retroscreen Virology dari Inggris pernah melakukan tes terkait efektivitas air purifier. Tes dilakukan dengan memasukkan virus ke dalam kotak dan jumlah virus terbukti menurun setelah penggunaan air purifier.

Mengurangi Pertumbuhan Jamur

Sumber gambar philkotse.com

Jamur yang dibiarkan di dalam mobil bisa menjadi sumber penyakit. Air purifier jenis ionizer terbukti mampu mengurangi jumlah dan pertumbuhan jamur. Hal ini sangat penting karena sirkulasi udara di dalam mobil yang tidak lancar.

Rekomendasi Produk Air Purifier Mobil Terbaik untuk Anda

Sharp IG-DC2Y-B Car Air Purifier

Produk yang satu ini adalah ionizer serbaguna yang tidak hanya bisa digunakan di dalam mobil, tetapi juga bisa digunakan untuk ruangan kecil berukuran 3 meter. Keunggulan dari produk ini adalah high density plasmacluster yang mampu menghasilkan sekitar 25 ribu ion per cm3.

Ini membuatnya sangat efektif untuk membasmi jamur dan bakteri yang ada di udara. Selain itu, ada turbo mode yang dapat menghilangkan bau tak sedap 30% lebih cepat dibandingkan dengan mode biasa.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Panasonic Car Air Purifier Nanoe F-GMG01AKN

Rekomendasi air purifier untuk mobil selanjutnya datang dari merek Panasonic. Anda tidak perlu lagi meragukan kualitasnya. Panasonic Car Air Purifier Nanoe F-GMG01AKN adalah alat yang tidak hanya mampu membuat udara menjadi lebih bersih, tetapi juga menyehatkan dan melembapkan kulit.

Alat ini sangat awet dan tahan lama. Dibekali dengan teknologi nano yang bekerja efektif dalam membasmi bakteri, virus, alergen, hingga bau yang tidak sedap. Dijamin kamu akan semakin nyaman dan betah berada di dalam mobilmu. Fungsi lain dari air purifier ini adalah mencegah pertumbuhan jamur.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Honeywell Move Pure Car Air Purifier

Jaga udara di dalam mobil tetap segar dengan Honeywell Move Pure Car Air Purifier. Alat ini dilengkapi dengan HEPA yang bekerja membersihkan udara di mobil. Filter ini dilengkapi dengan double layer activated carbon untuk fungsi yang semakin maksimal.

Purifier ini sangat efektif dalam menghilangkan bau yang tidak sedap, membasmi bakteri, dan polutan seperti partikel PM 2.5 dan TVOC (total volatile organic compounds) yang ada di dalam mobil. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan indikator khusus sehingga kamu tidak perlu mengingat kapan waktunya untuk mengganti filter.

Harga Rp. 1.000.000-3.000.000

Philips Go Pure ACA251

Air purifier mobil yang satu ini harganya memang relatif lebih mahal, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Philips Go Pure ACA251 dilengkapi dengan berbagai macam fitur unggulan yang akan membuat mobil terasa lebih nyaman dan tubuh Anda jadi lebih sehat.

Alat ini dibekali dengan kombinasi fiilter HEPA dan HESA yang mampu menghilangkan debu, mikroorganisme, dan semua partikel kotor yang ada di udara. Rasakan mobil yang semakin bersih dan nyaman setiap kali Anda gunakan.

Harga Rp. 1.800.000-3.000.000

HOCO Car Air Purifier AP01

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat memilih air purifier untuk mobil adalah kapasitas baterainya. HOCO Car Air Purifier AP01 dibekali dengan baterai 2000 mAh yang bisa bertahan untuk penggunaan selama 5 jam berturut-turut.

Ionizer yang satu ini dilengkapi dengan filter mikro untuk melindungi Anda dan ruangan sekitar dari debu, bakteri, kuman, dan polusi yang bertebaran di udara. Desainnya yang modern dan elegan membuatnya jadi pelengkap yang pas di ruangan. Alat ini terbuat dari bahan alumunium yang kuat dan tahan karat.

Harga Rp. 600.000-1.000.000

Xiaomi Mijia Car Air Purifier

Xiaomi kini melebarkan sayap ke produk-produk peralatan elektronik rumah tangga, salah satunya adalah Xiaomi Mijia Car Air Purifier. Ini adalah produk ionizer yang dilengkapi dengan filter berkualitas tinggi untuk melindungi Anda dari partikel PM 2.5 yang berbahaya untuk kesehatan.

Hanya dalam waktu 5 sampai 7 menit saja, udara di dalam mobil akan menjadi semakin bersih dan segar. Alat ini juga nyaman dan mudah digunakan karena Anda bisa mengendalikannya melalui smartphone.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Mann Filter FreciousCare FC 301

Udara di dalam mobil yang tidak bersih dan segar tentu akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara. Apalagi jika Anda sering menggunakan kendaraan untuk bepergian. Untungnya ada Mann Filter FreciousCare FC 301.

Dengan adanya alat ini, Anda bisa mengecek kualitas udara di dalam mobil secara real time. Teknologi Integrated Air Quality Sensor membuat Anda bisa selalu mendapatkan udara yang segar di dalam mobil. Selain itu, alat ini menggunakan filter HEVA atau (HEPA-VOCs Arrestance) yang mampu menghilangkan semua polutan berbahaya di dalam mobil.

Kalau Anda khawatir dengan kebisingan, maka alat ini adalah pilihan yang paling tepat. Silent mode-nya menghasilkan suara hanya 40 dB saja, sehingga telinga tetap akan merasa nyaman.

Harga Rp. 1.700.000-2.500.000

Baseus Whale Car Air Purifier

Anda mencari air purifier yang praktis dan portabel? Maka Baseus Whale Car Air Purifier bisa jadi solusi yang paling tepat. Bentuknya yang ringkas dan modis membuat alat ini mudah dibawa ke mana saja. Anda tidak hanya bisa menggunakannya untuk menyegarkan udara di dalam mobil saja, tetapi juga di dalam ruangan yang kecil.

Tidak hanya itu, alat ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa memilih banyak varian warna yang sesuai dengan selera.

Harga Rp. 250.000-500.000

LiVION Car Purifier

Dengan konsentrasi ion sebanyak 5,6 juta ion negatif setiap cm3, air purifier yang satu ini adalah produk yang sangat Anda butuhkan. Fungsi dari alat ini selain membersihkan udara di dalam mobil adalah membunuh segala jenis kuman, bakteri, dan virus. Udara di dalam mobil pun menjadi lebih harum dan segar.

Ionizer yang satu ini sangat mudah digunakan. Tinggal hubungkan saja ke port USB yang ada di dalam mobil. Indikator lampu berwarna biru akan menyala jika alat sedang bekerja. Selain sebagai penjernih udara, alat ini memiliki fungsi ganda sebagai car charger yang bisa mengisi daya gadget selama di perjalanan.

Harga Rp. 300.000-500.000

Air Purifier BC20 ABS

Produk air purifier mobil terakhir yang akan direkomendasikan kepada Anda adalah Air Purifier BC20 ABS. Fungsi utama dari alat ini adalah membersihkan udara, membuat udara menjadi lebih segar, serta membuat mobil tetap lembap.

Bila suka, Anda bisa bisa meneteskan minyak esensial yang Anda sukai untuk menciptakan aroma yang semakin harum. Anda juga tidak perlu khawatir kehabisan baterai jika menggunakan air purifier ini. Cukup hubungkan saja kabelnya ke port USB yang ada di mobil. Keunggulan lain dari produk ini adalah bobotnya yang sangat ringan, hanya sekitar 92 gram saja.

Harga Rp. 150.000-250.000
From our editorial team

Jaga Kesehatan di Mana Saja Anda Berada

Kesehatan adalah hal yang paling penting. Di mana saja Anda berada, Anda harus melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah menggunakan air purifier untuk kendaraan yang Anda gunakan setiap hari. Pilih air purifier mobil terbaik untuk Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!