10 Rekomendasi Speaker Mobil dengan Harga Terjangkau untuk Anda yang Lagi Bokek (2021)

10 Rekomendasi Speaker Mobil dengan Harga Terjangkau untuk Anda yang Lagi Bokek (2021)

Musik memang bikin hidup kita jadi lebih asyik. Saat berkendara mobil, tidak sedikit dari kita yang mencoba menikmati perjalanan dengan alunan musik. Nah, biar makin terasa nyata, Anda bisa mengganti speaker mobil Anda dengan yang lebih baik. Jika sedang bokek, tak perlu khawatir karena kami punya rekomendasi yang murah namun berkualitas, cek segera rekomendasinya!

Musik Bikin Perjalanan dengan Mobil Makin Asyik

Mobil menjadi transportasi yang nyaman dan terfavorit. Utamanya jika untuk dipakai dalam jarak jauh. Kita tidak perlu kehujanan dan kepanasan selama di jalan. Kita juga bisa duduk dengan nyaman tanpa cepat merasa pegal dan kelelahan saat dalam perjalanan jauh. Kelebihan lainnya adalah, saat macet, kita bisa rileksdalam ruangan mobil yang ber-AC dan juga menikmati musik yang mengalun.

Mobil umumnya sudah dilengkapi dengan music player, power amplifier, speaker, dan juga perangkat audio lainnya. Ini membuat kita jadi lebih puas menikmati musik atau siaran radio favorit di dalam mobil. Agar musik makin menggelegar dan memuaskan, tak ada salahnya jika Anda meng-upgrade speaker mobil yang Anda miliki.

Tips Membeli Speaker Mobil Murah Berkualitas

Cek Bahan Speaker

Hal pertama yang wajib Anda teliti saat membeli speaker mobil yang murah namun berkualitas adalah mengecek bahannya. Utamakan untuk memilih speaker yang dikelilingi dengan bahan karet. Speaker mobil yang dikelilingi bahan kain atau busa cenderung lebih buruk kualitasnya.

Untuk tweeter-nya, usahakan memilih bahan polypropylene, sutra, keramik, dan logam. Berbagai bahan tersebut akan mendukung speaker memiliki suara lebih baik. Untuk woofer speaker, sebaiknya pilih bahan kaku dan ringan seperti polypropylene yang dicampur dengan mika dan berlapis logam agar bisa tahan lama dan bisa memberikan respons bass yang baik.

Pilih Jenis Speaker

Membeli speaker untuk mobil tidak bisa main-main. Anda harus menentukan dulu jenis speaker apa yang akan Anda beli. Secara umum ada dua jenis speaker yakni speaker komponen dan speaker full range. Keduanya memiliki kelebihan sendiri yang wajib Anda ketahui.

Speaker komponen merupakan jenis speaker yang bisa menghadirkan kualitas suara memuaskan. Desain speakernya unggul dan tampak elegan. Sistemnya mencakup woofer dan tweeter yang terpisah atau dipadupadankan namun tetap bisa melengkapi satu sama lain. Kekurangan speaker jenis ini adalah harganya jauh lebih mahal.

Ada juga full range speaker yang bisa jadi pilihan Anda. Jenis speaker ini paling pas untuk yang punya bujet pas-pasan. Jenis ini hadir dengan kualitas suara yang cukup bagus. Sistemnya terdiri dari woofer dan tweeter yang dipasang ke woofer. Jika ingin mengganti speaker mobil dengan jenis speaker ini maka gantilah dengan ukuran yang sesuai.

Pilih Ukuran

Ukuran juga bisa menjadi pertimbangan saat Anda akan membeli speaker mobil. Ini karena ukuran speaker mobil satu dengan lainnya berbeda-beda. Anda harus menyesuaikan dengan ukuran speaker mobil Anda. Umumnya, di pasaran ada ukuran 4 inci, 5 inci, hingga 6,5 inci. Jika Anda masih bingung, Anda bisa mengunjungi toko aksesori atau audio. Di sana Anda bisa mencari ukuran dan konfigurasi speaker yang tepat untuk mobil Anda.

Speaker 2 Arah dan 3 Arah

Anda juga wajib memutuskan akan memilih speaker 2 arah atau 3 arah. Speaker 2 arah memiliki tweeter dan woofer yang digabungkan dalam satu wadah speaker. Jenis speaker ini biasanya memakai crossover alias sirkuit listrik yang digunakan untuk memblokir frekuensi yang tak diinginkan. Jenis speaker ini bisa menyemburkan suara dengan frekuensi tinggi. selain itu ada dua midbass yang berperan menghasilkan nada menengah.

Anda juga bisa memilih jenis speaker 3 arah. Jenis yang satu ini terdiri dari tweeter, midrange, dan woofer. Bagian midrange berfungsi untuk menangkap suara dengan frekuensi tinggi yang tidak bisa ditangkap oleh tweeter. Jenis speaker 3 arah memakai sirkuit crossover terintegrasi dengan harga yang lebih mahal karena kualitas yang lebih mumpuni.

Ini Dia Rekomendasi Speaker Mobil Murah untuk Anda

Sansui SA-1621S

Anda bisa melirik Sansui SA-1621S sebagai pilihan speaker mobil termurah yang keren. Soal performa, speaker ini sangat diunggulkan dan tidak perlu diragukan. Produk ini hanya memakai daya sebesar 200 watt sehingga konsumsi akinya tak terlalu besar dan membebani mobil.

Untuk masalah sensitivitas, Sansui SA 1621 memiliki tingkat 88dB. Ini membuat suara yang keluar sangat memanjakan telinga karena begitu jernih. Frekuensi suara yang dihasilkan adalah mulai dari 90 hingga 20.000Hz dengan impedansi 4 Ohm. Dalam satu paket, produk ini terdiri dari 2 buah speaker mid range, 2 buah grill untuk speaker mid range, dan kabel speaker.

Harga Rp. 155.000-250.000

Nakamichi NSC-602i

Nakamichi NSC-602i bagus kualitasnya namun tidak akan bikin Anda bangkrut karena harganya terjangkau. Speaker ini ideal untuk Anda yang ingin mendengarkan musik dengan lebih jernih.

Ada Voice Coil ASV 25,5 mm yang membuat speaker ini menghasilkan suara yang jauh dari kata cempreng. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan setup 4 way yang bertenaga. Daya yang dibutuhkan adalah 400 watt. Speaker ini desainnya simpel namun terlihat bisa memperindah tampilan interior mobil.

Harga Rp. 175.000-260.000

Sansui SA-W12DD

Sansui SA-W12DD harganya terjangkau dan tentunya bisa jadi andalan Anda yang lagi bokek namun butuh speaker mobil bagus. Speaker keren ini hadir dalam ukuran 12 inci.

Sansui memiliki respon frekuensi pada kisaran 40Hz hingga 200 Hz sehingga suara yang dihasilkan begitu jelas dan jernih. Desainnya terkesan premium karena dilengkapi silver cone dan rubber edge yang tampak mewah. Produk ini membutuhkan daya sekitar 300 watt untuk beroperasi sehingga tidak terlalu membebani aki.

Harga Rp. 250.000-350.000

Nakamichi NSE-1617

Nakamichi NSE-1617 menjadi speaker mobil pengganti speaker lama yang sudah usang. Jika Anda sedang irit pengeluaran, maka speaker ini akan jadi pilihan tepat. Speaker ini hadir dengan komponen midbass dan tweeter dalam satu wadah yang praktis. Produknya mudah dipasang di pintu mobil sehingga tidak butuh waktu lama untuk menikmatinya.

Dengan bahan dari polipropilena, speaker keren ini bisa lebih tahan terhadap cuaca ekstrem. Desainnya simpel namun bisa bertahan lama. Speaker tipe coaxial ini memakai daya maksimum 400 watt. Untuk frekuensi suaranya berkisar dari 85 Hz hingga 20 KHz sehingga suara bisa terdengar lebih jelas.

Harga Rp. 150.000-400.000

Pioneer TS-F1634R

Pioneer TS-F1634R mengandalkan speaker ini karena dihadirkan oleh merek paling ternama dalam hal speaker mobil yakni Pioneer. Merek ini tidak akan mengecewakan pembelinya karena dari desain hingga kualitas memang sudah sangat juara. Produk cocok untuk jadi pengganti speaker bawaan mobil Anda yang sudah waktunya diganti.

Speaker keren ini hadir dalam setup coaxial dan termasuk speaker 2 arah. Kendati demikian, Pioneer TS F1634R tetap bisa memberikan kualitas suara yang jernih. Tingkat sensitivitas suara mencapai 88dB dengan tingkat impedansi 4 Ohm. Kapasitas dayanya 200 watt jadi tidak akan terlalu membebani aki.

Saat pertama menghidupkan speaker ini, pastinya Anda merasa perbedaan suara yang signifikan dari speaker yang sebelumnya. Harganya terjangkau namun tetap bikin Anda puas. Jangkauan frekuensi suaranya adalah dari 31 Hz hingga 16.000 Hz.

Harga Rp. 289.000-608.000

BOSTON BSE-6981

BOSTON BSE-6981 merupakan speaker keren lain yang cocok untuk mobil Anda. Produk yang satu ini sangat terjangkau harganya. Namun jangan khawatir, meski harganya murah, speaker ini tetap bisa memberikan kualitas terbaiknya. Produk ini unik dari segi desain karena memiliki bentuk oval. Ini membuatnya mampu menambah dekorasi interior mobil jadi makin menarik.

Sensitivitas suaranya 92 dB dan cukup mengagumkan dengan tingkat impedansi 4 ohm. Produk ini juga hemat tenaga karena hanya memerlukan daya 300 watt. Dengan setup 4 way, speaker mobil ini terdiri dari subwoofer, middle, dan juga dua buah tweeter.

Harga Rp. 177.000-615.000

Bose 608

Bose 608 dihadirkan oleh Bose yang selalu berinovasi dalam menghadirkan produk speaker mobil terbaik. Speaker jenis coaxial cocok untuk menggantikan speaker di pintu mobil. Anda akan segera mendapatkan kualitas audio yang tak hanya nyaring namun juga bertenaga.

Dengan daya hanya sebesar 90 watt, produk ini sama sekali tidak membebani aki. Tingkat respons frekuensinya adalah 50 Hz hingga 20 KHz dengan impendasi 4 Ohm. Ukuran magnet speakernya adalah 70 x 32 x 12 mm.

Harga Rp. 175.000-297.000

Sony XS-FB1630

Sony XS-FB1630 ini menjadi produk yang sayang untuk Anda lewatkan. Sony memang selalu total dalam menghadirkan produk yang berhubungan dengan audio. Ini membuat Anda tidak perlu ragu memilih produk speaker mobil dari Sony. Seperti seri XS-FB1630 ini misalnya, speaker mobil coaxial ini dikenal akan kualitas yang bagus dengan desain mengagumkan.

Produk keren ini dikenal sangat mudah dipasang. Dengan peak power hanya 270 watt, produk ini bisa disambungkan langsung tanpa memeras aki mobil. Dari segi desain, speaker keren ini memakai lapisan rubber bermutu tinggi yang membuatnya tahan lama dan lebih berkelas. Bagian dalam speaker juga sangat bermutu dengan woofer bermerek Ferrite. Speaker ini memiliki sensitivitas 91 dB dengan frekuensi dari 60 hingga 24.000 Hz sehingga membuatnya mampu menghasilkan suara yang mencengangkan.

Harga Rp. 357.000-589.000

Venom Diablo Series VX603D

Venom Diablo Series VX603D merupakan speaker mobil murah yang bisa jadi andalan. Produk yang satu ini termasuk dalam tipe coaxial yang hasil suaranya jernih dan memanjakan telinga. Speaker hadir lengkap dengan midbass, midrange, dan tweeter yang dikemas dalam satu sistem speaker. Fitur crossover passive membantu speaker menghasilkan frekuensi suara yang bagus.

Kualitas suara yang dihasilkan juga tidak main-main karena sangat stabil. Untuk desainnya juga terbilang mewah dan elegan. Ada corak warna di bagian pinggirannya sehingga terkesan trendi dan bisa menjadi hiasan interior mobil. Speaker mobil ini memakai daya maksimum 150 watt. Untuk frekuensinya adalah 50 Hz hingga 20 KHz.

Harga Rp. 500.000-805.000

JBL GT7-5 GT7 Series

JBL GT7-5 GT7 Series merupakan speaker yang wajib diandalkan. Produk dari JBL sudah lama dikenal kualitasnya dalam hal audio. Anda yang tengah bokek bisa mengandalkan speaker yang satu ini. Jenis speaker 2 way ini hadir dalam ukuran 4 inci. Kendati kecil, namun produk ini bisa memuaskan telinga dengan menghadirkan suara yang jernih, nyaring, dan berkualitas. Dengan tingkat sensitivitas sebesar 93 dB, produk ini menghadirkan respons frekuensi hingga 21 kHz.

Harga Rp. 536.000-782.000
From our editorial team

Bujet Mepet tetap Bisa Beli Speaker Mobil

Tidak bisa dipungkiri bahwa speaker mobil memegang peranan penting dalam menghasilkan suara yang memuaskan telinga saat kita memutar audio pada mobil. Speaker bawaan mobil umumnya memang sudah cukup memuaskan. Kendati demikian, untuk para pecinta musik, speaker mobil yang lebih menggelegar akan lebih memuaskan. Jika Anda berencana mengganti speaker mobil, memang sebaiknya menyiapkan dana khusus. Jika sedang bokek, Anda juga tetap bisa segera mengganti speaker mobil kok. Ini karena ada banyak sekali speaker mobil harga terjangkau dengan kualitas yang bagus yang bisa Anda gunakan, contohnya, seperti di atas, ya!

Tag