Perjalanan dengan Mobil Lebih Seru dengan 10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (2021)

Perjalanan dengan Mobil Lebih Seru dengan 10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (2021)

Speaker mobil merupakan salah satu aksesori mobil yang wajib ada. Tanpa speaker, kita akan kesulitan menikmati musik selama perjalanan. Kalau kamu pencinta musik sejati, tentunya speaker bawaan mobil belum cukup untuk bikin kamu puas. Nah, yuk, ganti speaker mobilmu dengan deretan rekomendasi speaker mobil terbaik dari kami!

Ganti Speaker Mobil jika ingin Kualitas Audio yang Lebih Baik

Saat melakukan perjalanan dengan mobil, tidak jarang kita berusaha untuk senyaman mungkin di dalam mobil. Apalagi jika perjalanannya jauh, tentunya agar nyaman ada banyak hal yang bisa kita perbaiki dari mobil kita. Anda bisa melengkapi mobil dengan interior yang bikin semangat, memilih warna yang keren dan kekinian untuk aksesori mobil, hingga mengganti speaker agar audio yang dihasilkan bisa lebih memuaskan untuk didengar.

Bicara soal speaker mobil, sebenarnya setiap mobil sudah dibekali dengan perangkat audio yang mumpuni. Jika audio di mobil hanya digunakan sekadar untuk membunyikan speaker depan dan belakang dari head unit mobil, maka tak masalah memakai speaker bawaan mobil. Namun, tidak sedikit dari kita yang merasa kurang puas dengan speaker bawaan tersebut. Bisa jadi karena mutu stereonya rendah, atau bisa juga karena bahan speaker-nya dari kertas yang membuat mutu suara makin lama makin berkurang. Maka dari itu, tak jarang banyak pemilik mobil memilih untuk mengganti speaker audionya.

Dengan mengganti speaker asli bawaan mobil maka hasil suaranya bisa lebih maksimal. Ini karena umumnya kita akan membeli speaker split yang komponennya dibuat terpisah sesuai jalurnya. Selain itu, jika mengganti speaker mobil bawaan, kita bisa juga menambah power amplifier agar kinerja audio lebih bagus dan bisa menghasilkan suara yang optimal.

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Speaker Mobil

Pilih Tipe Speakernya

Ketika membeli speaker mobil, ada baiknya kamu memilih tipe speakernya. Umumnya, ada dua tipe yang tersedia yakni tipe coaxial dan juga tipe split component. Setiap tipe speaker mobil memiliki kelebihan tersendiri.

Speaker coaxial bentuknya hampir sama dengan speaker bawaan mobil. Karena bentuknya sama, maka lebih mudah dipasang untuk menggantikan speaker lama. Tipe speaker yang satu ini bisa memberikan hasil suara audio yang lebih menyatu. Tipe speaker ini hadir dengan midrange dan tweeter yang terpasang di dalamnya. Kelebihan lain dari tipe ini adalah speakernya lebih murah dari tipe lainnya.

Speaker tipe lainnya adalah split component yang bisa menghasilkan suara yang lebih natural. Tipe ini memiliki tweeter dan woofer yang terpasang terpisah. Hal ini membuat suara yang dihasilkan jadi terasa lebih nyata. Pada tipe ini, ada dua jenis pilihan, yakni speaker 2 way dan speaker 3 way. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Tipe speaker split component ini pemasangannya butuh biaya lebih mahal karena butuh seorang yang sudah ahli untuk memasangnya.

Cek Kualitasnya

Kualitas suara speaker dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya adalah frekuensi, impedance, dan sensitivity. Frekuensi bisa mempengaruhi kualitas suara bass. Jika ingin suara menggelegar maka pilih yang range frekuensi terendahnya di bawah 40 Hz sementara suara frekuensi tertingginya di atas 40 kHz. Frekuensi rendah cocok untuk musik rock, sementara frekuensi tinggi cocok untuk lagu dengan vokal yang tinggi.

Tingkat impedance dan juga sensitivity juga bisa mempengaruhi kualitas suara. Makin tinggi tingkat impendance dan sensitivity maka makin bagus kualitas suaranya. Dengan speaker yang memiliki kualitas bagus, tentunya kamu jadi lebih puas saat mendengarkan musik.

Pilih Sesuai Harganya

Kamu juga perlu mempertimbangkan bujet yang kamu miliki. Pilih speaker sesuai dengan dana yang sudah kamu persiapkan. Semisal dana kamu terbatas, maka carilah speaker dengan harga terjangkau. Ada banyak speaker bermerek dengan harga terjangkau dan kualitas mumpuni. Sementara itu, jika kamu memiliki dana yang banyak, maka kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Speaker memiliki harga yang variatif mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kamu bisa memilih speaker dengan fitur yang sekiranya akan memuaskan kamu dalam mendengarkan musik.

Cek Spesifikasi Power Amplifier

Sebelum mengganti speaker mobil bawaan, ada baiknya kamu mengecek nilai output dari power amplifier yang terpasang di mobil. Kemudian, jangan lupa memeriksa nilai input di bagian spesifikasi speaker. Ini wajib dilakukan untuk mencari speaker yang kompatibel dengan speaker mobil kamu.

Jadi, semisal nilai output yang didapat adalah 40 W dan nilai inputnya 50 W, maka speaker akan kurang daya dan tidak bisa beroperasi maksimal. Maka dari itu, pilih speaker yang mendukung nilai output dari power amplifier di mobil. Kamu bisa juga menambah power amplifier eksternal yang mendukung speaker mobil.

Ini Dia Speaker Mobil Terbaik untuk Menemani Perjalanan Kamu

JBL GT7-6

JBL GT7-6 ini adalah speaker keren untuk kamu miliki. Produk yang satu ini memiliki kualitas suara yang menggelegar dan mumpuni. Ini membuat kamu makin enjoy selama berada di perjalanan sambil mendengarkan musik. Speaker mobil yang satu ini memiliki respons frekuensi yang luas hingga mencapai 21kHz sehingga suaranya jernih dan memuaskan.

Dari segi tampilan, speaker mobil ini memiliki desain premium. Ini bisa menambah dekorasi interior dalam mobil. Daya yang dibutuhkan hanya 135 watt saja. Tingkat sensitivitas speaker juga tinggi yakni 93 dB sehingga speaker bisa menghasilkan audio yang lebih detail.

Harga Rp. 545.000-1.200.000

Pioneer TS-A1606C

Pioneer TS-A1606C merupakan rekomendasi speaker mobil terbaik lainnya untuk kamu. Produk keren ini dijamin bikin tampilan interior mobil lebih indah karena desainnya begitu elegan. Suara yang dihasilkan begitu detail dan jernih. Produk ini tergolong sebagai speaker split component. Daya rata-ratanya adalah 60 watt dengan daya maksimum 350 watt. Frekuensi audionya dari 32 Hz hingga 43 kHz sehingga tidak heran jika audio yang dikeluarkan begitu memanjakan telinga.

Speaker 2 way ini bisa memberikan suara bass yang mendalam dan suara treble dengan vokal yang seimbang sehingga terdengar mengagumkan. Impedance dari speaker ini adalah 4 ohm dengan sensitivitas 91 dB sehingga membuat jenis musik apa pun bisa terdengar begitu indah.

Harga Rp. 1.550.000-2.025.000

JBL GTO-609C

Kamu juga tidak bisa melewatkan JBL GTO-609. Speaker mobil terbaik yang satu ini tergolong sebagai speaker 2 way yang bisa menghasilkan bass yang solid dan juga jernih. Dengan daya 270 watt, produk ini tidak membebani aki mobil. Speaker yang satu ini hadir dengan rentang frekuensi 67 Hz hingga 21000 Hz. Ini membuatnya bisa menghasilkan suara yang detail.

Speaker tipe component ini memiliki harga yang sesuai dengan kualitasnya. Kamu dijamin tidak rugi membelinya. Suara vokal yang jelas dan musik yang terdengar selaras, bikin kita jadi selalu senang dan riang meski tengah terjebak macet karena audio mobil terdengar merdu.

Harga Rp. 885.000-1.558.000

Pioneer TS-Z65CH

Pioneer 2-Way Component System TS-Z65CH adalah rekomendasi dari Pioneer selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan. Produk berukuran 16 cm yang satu ini hadir dengan desain minimalis yang tetap bisa membuatnya cocok jadi dekorasi interior mobil kamu. Fiturnya beragam dan pastinya bisa memuaskan kecintaan kamu terhadap musik. Kamu bisa berkendara dengan santai sembari mendengar alunan musik favoritmu dengan speaker berfrekuensi 30 Hz sampai 96 Hz ini. Suara yang dihasilkan jernih, jelas, dan sangat nyata. Speaker tipe component ini memakai daya 110 watt dengan daya maksimum 330 watt.

Harga Rp. 5.000.000-9.682.000

Bose FreeSpace DS 16F

Bose FreeSpace DS 16F merupakan produk yang sayang dilewatkan begitu saja. Speaker yang satu ini mampu menghasilkan suara menggelegar yang memuaskan. Produk ini banyak jadi incaran mereka yang ingin mendengarkan musik secara jernih di dalam mobil. Desainnya tampak keren, kokoh, dan elegan. Tingkat frekuensinya adalah 80 Hz sehingga cocok untuk aneka jenis musik apa saja.

Harga Rp. 1.920.000-4.180.000

Harman Kardon Onyx Studio 4

Harman Kardon Onyx Studio 4 hadir dengan penampilan yang menawan. Dengan tampilan kokoh dan elegan, speaker ini bisa jadi hiasan interior mobil juga. Dimensinya ringkas dengan instalasi yang kompatibel. Ini membuatnya banyak dipilih untuk jadi speaker mobil terbaik. Bahannya berkualitas sehingga bisa menghasilkan suara yang optimal dan nyaman di telinga. Harganya cukup mahal namun ini sebanding dengan kualitasnya. Speaker ini merupakan speaker bluetooth portable terbaik di kelasnya.

Kamu bisa mengoperasikannya selama 8 jam nonstop sampai baterainya habis. Produk yang memiliki ukuran 260 mm x 278 mm x 159,5 mm ini dilengkapi juga dengan mikrofon built-in dengan noise cancellation yang membuat suaranya terdengar jernih. Produk ini memaka baterai 3000mAh dengan waktu pengisian baterai selama 5 jam.

Harga Rp. 1.950.000-2.500.000

Rogers Audio 3-Way 5-Channel

Rogers Audio 3-Way 5-Channel ini adalah rekomendasi berikutnya untuk kamu. Kamu bahkan juga mendapatkan power amplifier sehingga bisa menunjang suaranya jadi lebih bagus. Dengan teknologi Jepang yang disematkan, speaker keren ini tergolong sebagai speaker 3 way 5 channel.

Dalam paket juga ada tiga speaker split dan satu unit subwoofer. Uniknya lagi, speaker ini dilengkapi dengan Bass Boost Remote Control sehingga kamu lebih mudah untuk mengoperasikannya.

Harga Rp. 3.125.000-5.313.000

JBL by Harman Coaxial Car Speaker Club 6520

JBL by Harman Coaxial Car Speaker Club 6520 tentu bisa jadi pilihan tepat. Produk yang satu ini bikin kita jadi sangat terlena dengan audio yang dikeluarkannya. Dengan daya 150 watt, produk ini tidak akan membebani aki.

Speaker tipe coaxial ini memiliki frekuensi kisaran 50 Hz hingga 20 kHz. Sensitivitasnya juga tinggi sehingga bisa memberikan performa audio yang sangat luar biasa. Bass terdengar keras dan treble yang sempurna membuat musik apa saja terdengar lebih merdu.

Harga Rp. 650.000-1.722.000

KICKER CVR-12

KICKER CVR-12 ini tentu menjadi produk yang sayang untuk dilewatkan. Speaker yang satu ini hadir dengan kualitas yang kokoh dan sehingga tahan lama digunakan. Dirakit dengan doublecoil magnet besar dan dimasukkan ke dalam wadah bermaterial santoprene rubber. Ini membuat suara yang dikeluarkan bisa lebih jernih dan kuat.

Produk ini juga memiliki setup subwoofer dengan daya 400 watt. Respons frekuensinya membentang antara 25 Hz hingga 500 Hz sehingga cukup memuaskan. Kamu bisa mendengar berbagai jenis genre musik dengan asyik memakai speaker mobil terbaik ini.

Harga Rp. 850.000-1.402.000

Kenwood KFC-XS1703

Kenwood KFC-XS1703 adalah produk yang sayang untuk dilewatkan. Speaker mobil terbaik ini hadir dengan respons frekuensi 35 Hz hingga 48 kHz. Dengan rate input 45 watt, sensitivitasnya hingga 83 dB. Produk ini memakai film capacitor terbaik dengan impedansi 4 ohm.

Dari segi tampilan, produk ini memang tampak klasik dengan glass fiber cone dan soft dome tweeter. Namun justru hal tersebut menambah keunikannya. Speaker keren ini harganya juga terbilang terjangkau dan sesuai dengan kualitasnya.

Harga Rp. 2.500.000-4.500.000
From our editorial team

Perhatikan Merek Speaker

Sebelum membeli speaker mobil, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan agar tidak salah beli. Salah satu di antaranya yang bisa kamu pertimbangkan adalah merek speakernya. Merek speaker secara tidak langsung bisa mempengaruhi kualitas speaker yang kamu beli. Ada baiknya memilih speaker yang mereknya sudah ternama karena sudah pasti terjamin kualitasnya. Meski harganya agak mahal, namun harganya tentu sebanding dengan kualitas yang diberikan produsen untuk kamu. Nah, maka dari itu, jangan asal pilih merek speaker, ya.