10 Rekomendasi GPS Mobil yang Membuat Perjalanan Lebih Aman dan Nyaman (2021)

10 Rekomendasi GPS Mobil yang Membuat Perjalanan Lebih Aman dan Nyaman (2021)

GPS merupakan salah satu aksesori yang penting untuk disematkan pada mobil. Peralatan yang satu ini akan sangat berguna untuk membantu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Cek segera rekomendasi GPS yang cocok untuk mobil Anda.

Mobil Wajib Dipasang GPS untuk Kemudahan Berkendara

Makin berkembangnya teknologi membuat berbagai alat di sekitar kita bisa disematkan dengan teknologi kekinian untuk membuatnya terkesan canggih. Sebagai contoh, adanya GPS yang dipasangkan pada mobil. GPS merupakan perangkat yang bisa membuat berkendara mobil jadi lebih nyaman dan aman. GPS untuk mobil hadir dalam dua macam, yakni ada GPS navigasi dan yang kedua ada GPS tracker.

GPS navigasi berfungsi untuk menunjukkan jalan saat kita bingung dan tidak tahu arah. Ada penunjuk suara layaknya Google Map sehingga kita bisa lebih mudah berkendara ke tempat tujuan. Selain itu, pada GPS navigasi juga tersedia aneka fasilitas menarik seperti radio, game, pemutar musik, hingga fitur untuk terkoneksi dengan kamera belakang sehingga lebih aman saat mobil mundur. GPS navigasi hanya perlu terhubung dengan listrik dari kabel yang tersambung ke mobil. Berkendara dengan GPS navigasi membuat kita lebih fokus berkendara karena tidak akan ada gangguan berupa telepon atau pesan layaknya jika kita memakai navigasi pada smartphone.

Jenis GPS selanjutnya adalah GPS tracker. GPS yang satu ini memiliki fungsi untuk menambah keamanan saat kita memarkir mobil. Jika terjadi tindak kejahatan pada mobil kita, maka kita bisa melacak di mana mobil tersebut berada dengan GPS tracker ini. Adanya GPS tracker pada mobil bisa membuat kita terhindar dari risiko penyalahgunaan kendaraan, meningkatkan efisiensi perusahaan, menghindari pengiriman yang terlambat, dan lain sebagainya. GPS tracker bisa memantau kendaraan secara real time dan menunjukkan laporan detail mengenai tempat parkir, laporan kecepatan kendaraan, jarak tempuh, dan lain sebagainya.

Tips Memilih GPS Navigasi Mobil yang Bagus

Cek Jenis Penyimpanannya

Untuk GPS navigasi, sebaiknya kamu mengecek jenis penyimpanannya. Secara umum, ada dua jenis penyimpanan pada GPS mobil yakni HDD dan SSD. Setiap jenis penyimpanan tersebut memiliki karakteristik tersendiri.

GPS navigasi dengan HDD memiliki kapasitas lumayan besar. Ini membuat data peta yang berukuran besar mampu tersimpan dengan baik. Peta yang resolusinya tinggi dan memuat berbagai informasi bisa dengan aman dimasukkan dan disimpan dalam HDD. Selain itu HDD bisa juga digunakan untuk menyimpan file seperti film atau lagu.

Jenis GPS navigasi dengan SSD memiliki keunggulan yakni lebih murah harganya. Kendati demikian, GPS semacam ini hanya menghadirkan fungsi dasar dari GPS mobil. SSD mudah didapatkan dan juga memiliki memori cukup besar.

Pilih Sistem Instalasinya

GPS navigasi bisa dipilih berdasarkan sistem instalasinya. Ada 3 jenis sistem navigasi mobil. Ada jenis 2 DIN, in dash, dan portabel. Setiap sistem ini memiliki kelebihan tersendiri.

Untuk sistem 2 DIN biasanya dipasang di bagian audio mobil. Jenis ini memiliki layar besar dengan ukuran yang pas dengan interior mobil. Ini membuat GPS terkesan stylish dan kekinian. Selain itu, kabelnya tidak terbuka sehingga kesan mobil jadi tampak rapi. Pastikan untuk memilih model yang tidak mengganggu bidang pandang mata. dengan begini maka kamu jadi tidak kesulitan melihat GPS navigasi ketika sedang menyetir.

Jenis selanjutnya adalah sistem in dash dimana bagian layarnya sebesar 1 DIN dan sedikit menonjol. Monitor terkesan lebih rapi karena perangkat penyimpan data GPS navigasi didesain jauh dari perangkat utamanya. Saat memakai sistem ini, kamu wajib berhati-hati supaya panel switch mobil tidak terganggu.

Berikutnya, ada tipe portabel yang bisa dilirik. Produk yang satu ini mudah dilepas dan dipasang saat dibutuhkan. Kamu bisa menyimpan dan meringkasnya saat tidak digunakan sehingga interior mobil tetap rapi.

Cek Sistem Update Peta

Hal lain yang wajib diperhatikan saat memilih GPS navigasi adalah mengecek sistem update peta. Pastikan kamu memilih produk yang bisa selalu memperbarui data peta navigasi mobil secara berkala. Dengan begini kenyamanan kamu berkendara akan makin terjamin.

Landmark peta bisa berubah secara signifikan selama setahun. Adanya pembangunan, dan lain sebagainya membuat kawasan pedesaan maupun kota tampak berbeda. Jika sistem navigasi mobil tidak dapat diperbarui maka kamu akan jadi kesulitan menemukan tempat yang akan dituju.

Tips Memilih GPS Tracker Mobil yang Bagus

Cek Berbagai Fiturnya

Ketika memilih GPS tracker, kamu perlu mengecek berbagai fitur yang akan kamu dapatkan. Ada beberapa fitur penting yang bisa kamu dapatkan, contohnya seperti sensor i/o di mana fitur ini bisa memberikan informasi terkait kendaraan secara akurat. Mulai dari informasi status bahan bakar, temperatur, suhu, dan lain sebagainya.

Fitur lain yang bisa kamu cek pada GPS tracker adalah notifikasi alarm. Adanya fitur ini membuat kamu jadi tahu jika mobil sedang maintenance service, mengerem mendadak, benturan kendaraan, dan lain sebagainya.

Jangan lewatkan juga fitur RFID pada GPS navigasi. Fitur ini penting jika kamu adalah pelaku usaha pengantaran dengan memanfaatkan kendaraan mobil. Fitur ini bisa sangat membantu untuk proses pengantaran barang agar lebih efektif, efisien, dan juga terorganisir. Selain bisa mengawasi proses pengantaran, kamu juga bisa melakukan pengawasan terhadap pengemudi.

Pastikan ada Fitur Real Time Tracking

Untuk memilih GPS tracker, ada baiknya memilih yang memiliki fitur real time tracking. Fitur yang satu ini bisa membuat kamu jadi lebih tahu di mana letak kendaraan kamu pada saat itu juga. Jangan lupa mengecek tingkat keakuratan real time tracking dan cek juga apakah histori penggunaannya bisa diunduh. Dengan begini, fitur real time tracking juga bisa lebih bermanfaat jika terjadi pencurian mobil karena kamu bisa cepat melacak keberadaan mobil kamu.

Cek Sensitivitas Terhadap Sinyal Satelit

GPS tracker dipasang dalam mobil dan membuatnya selalu bergerak sepanjang waktu. Agar kita bisa melacaknya dengan tepat, maka tentu dibutuhkan GPS tracker yang sensitif dalam menangkap sinyal satelit. Cek kualitas sensitivitasnya terhadap sinyal satelit. Jangan sampai GPS tracker kamu down hanya karena tidak mendapat sinyak dari satelit. Kamu bisa banyak mengecek review atau video di internet untuk produk GPS tracker yang akan kamu beli.

Ini Dia Rekomendasi GPS Mobil Navigasi dan Tracker yang Terbaik untuk Kamu

Clarion NX702A

Clarion NX702AGPS ini merupakan GPS navigasi dengan tampilan GUI yang responsif. GPS tidak mudah error sehingga kita nyaman memakainya. Produk ini memiliki ukuran 7 inci yang memanjakan mata yang melihat. GPS navigasi Clarion telah dilengkapi dengan Bluetooth Parrot Interface dan mikrofon. Kedua tambahan ini membuat komunikasi kamu jadi terus berjalan tanpa hambatan meski sedang berkendara.

Uniknya, GPS ini terbilang canggih karena bisa menampilkan aneka tempat tujuan mulai dari restoran, SPBU, taman nasional, dan lain sebagainya. Serunya lagi, lokasi yang bisa ditunjukkan tak hanya di Indonesia namun juga di Singapura.

Harga Rp. 3.900.000-12.000.000

M-TECH MM-8803 MX

M-TECH MM-8803 MXM ini merupakan GPS dengan fitur premium yang dijual resmi oleh Mtech Indonesia. Dilengkapi sejumlah fitur hi-end premium, multimedia, dan audio, dijamin kamu puas memakainya. Produk ini bisa dipasang di hampir semua jenis mobil. Ada Android OS 6.0 Marshmallow untuk mendukung sistem operasi pada mobil. Lalu ada juga UI yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan audio, multimedia, TPMS, hingga OBD.

GPS navigasi Mtech juga dilengkapi dengan processor Orca-core dan RAM 2GB. Produk ini juga memiliki ROM seluas 16GB yang bisa membuat pengoperasian unit jadi makin lancar dan responsif. Kamu bisa mengoneksikan dengan internet melalui WiFi direct, modem tethering, dan port USB untuk modem.

Dengan layar 10 inci, tentunya bisa memanjakan mata. GPS mobil keren ini mampu memutar video 1080p dengan 3D background. Ada juga Multiple GPS Navigasi sehingga kamu bisa lebih bebas memilih Google Maps, Waze, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 3.850.000-4.525.000

GARMIN nuvi 57LM

GARMIN nuvi 57LM hadir dengan GPS berkualitas bagus. Kenyamanan berkendara bisa didapatkan dengan memanfaatkan aneka fitur GPS Garmin. Produk ini akan memandu perjalanan dengan aman. Tampilannya unik dengan menu dan ikon yang lebih menarik. Ada juga peningkatan fitur dan kinerja unit GPS. Uniknya, kamu tidak perlu mengandalkan sinyal seluler dan tidak terpengaruh zona di luar jangkauan seluler untuk memakainya.

GPS yang satu ini dilengkapi dengan kamera belakang, ecoroute, foursquare, perencaan perjalanan, dan aneka fitur menarik lainnya. Dalam pembelian sudah lengkap dengan unit GPS, charger, kabel USB, dan buku panduan.

Harga Rp. 1.599.000-2.437.000

Pioneer AVH-Z2150BT

Pioneer AVH-Z2150BT merupakan GPS navigasi yang cocok untuk para pengguna iPhone. Ini karena GPS kompatibel dengan Apple CarPlay. Kamu yang memakai iPhone bisa mendapatkan pengalaman terbaik saat berkendara dengan GPS navigasi ini.

Dengan Apple CarPlay, kamu bisa mengontrol iPhone dalam mobil. Sentuh saja layar GPS navigasi ini untuk terhubung dengan iPhone. Kamu bisa dengan mudah melihat peta pada Apple Maps, mendengarkan musik, hingga melakukan panggilan telepon.

Harga Rp. 5.018.000-5.900.000

Junsun D100S 7 Inch Car 3D GPS Navigation

Junsun D100S 7 Inch Car 3D GPS Navigation tidak akan bikin kamu bingung meski berada di jalan yang bentuknya berputar rumit seperti labirin. GPS navigasi Junsun cocok juga dipakai pada kawasan jalan bertingkat karena dilengkapi sistem navigasi berbasis 3D. Hasilnya, navigasi yang diberikan jelas dan bisa meminimalkan risiko tersesat. Ukuran layarnya 7 inci sehingga cukup memuaskan mata yang melihatnya. Produk ini memakai media penyimpanan data DDR.

Harga Rp. 2.777.844-3.360.000

GPS Tracker Portable A10

GPS Tracker Portable A10 hadir dengan baterai 5000mAh sehingga bisa membuat GPS tracker tetap menyala dan aktif dalam waktu lama meski mesin mobil sedang mati. Produk ini sudah lengkap dengan kartu SIM sehingga bisa ditelepon dan bisa terhubung dengan smartphone Android.

Dengan alat ini maka berkendara jadi lebih nyaman. Dengan bantuan satelit untuk melacaknya, posisi kendaraan bisa diketahui secara real time. Kamu bisa meletakkannya di tempat yang tersembunyi tanpa perlu memasangnya. Alat pelacak ini bisa juga dipakai untuk melacak anggota keluarga, tas, motor, dan lain sebagainya. Daya tahan baterainya sampai 1 bulan. Produk ini butuh di-charge 8 jam lamanya.

Harga Rp. 1.200.000-2.100.000

GPS tracker mobil TK 110

GPS tracker mobil TK 110 bisa diletakkan di mobil, tas, dan barang milik kita lainnya. Sehingga jika terjadi pencurian atau terselip, kamu bisa dengan mudah melacak posisi GPS tracker secara real time.

Kamu bisa mengirim SMS ke nomor GPS. Lalu, GPS akan membalas SMS berupa koordinat posisinya melalui Google Map. Kamu bisa juga mengatur agar GPS bisa mengirim SMS secara otomatis setiap beberapa waktu tertentu. Produk ini bisa mengirim peringatan jika alat ini keluar jangkauan yang sudah kamu tentukan. Uniknya, produk ini juga bisa mengirim SMS ke 5 nomor yang termasuk dalam tombol SOS kamu.

GPS ini dilengkapi mikrofon yang bisa kamu aktifkan. Fungsinya adalah untuk mendengar percakapan yang ada di sekitar GPS. Sehingga, seandainya mobil dicuri maka kamu bisa mengetahui posisi mobil secara real time dan juga bisa mendengar percakapan yang terjadi di sekitar GPS tersebut.

Harga Rp. 175.000-275.000

CONCOX GT06N

CONCOX GT06N merupakan produk yang bisa kamu manfaatkan untuk menyadap suara. Produk keren yang satu ini bisa membuat kamu melacak kendaran kamu dari sebuah smartphone. Menariknya, alat ini juga bisa memberitahu kamu saat aki kendaraan dicabut, memonitor posisi kendaraan secara akurat dengan menunjukkan koordinat dan link di Google Map, menerima peringatan saat kendaraan bergerak kala parkir, dan lain sebagainya. Dalam satu paket berisi lengkap mikrofon, GPS soket, SOS, buku panduan, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 375.000-415.000

Super Spring VT-100M

Super Spring VT-100M merupakan produk yang hadir dengan fitur tracking yang memadai. Alat ini bisa memantau dan melacak kendaraan. Selain itu, kamu bisa memantau kecepatan, melihat rute perjalanan, hingga mematikan mesin dalam jarak jauh. GPS Spring VT 100 M juga bisa menghadirkan fitur real time tracker sehingga kamu bisa dengan akurat mengetahui posisi kendaraan. Produk ini mudah dioperasikan karena pengaturannya mudah dipahami.

Harga Rp. 1.507.000-1.855.000

GPS TRACKER FOXLOGGER

GPS TRACKER FOXLOGGER ini hadir dengan chipset GPS yang memiliki sensitivitas 159dBm dengan akurasi 144dBm. Dilengkapi dengan GSM quad band, alat akan melacak posisi kendaraan lebih akurat. Kamu juga bisa mendapatkan rincian perjalanan dan juga bisa melacak secara real time. Produk ini akan tetap hidup meski posisi kendaraan sedang mati berkat adanya baterai cadangan berdaya 450mAh.

Harga Rp. 2.089.000-2.470.000
From our editorial team

GPS Bikin Mobil Terkesan Lebih Kekinian

Memiliki mobil dengan fasilitas lengkap tentu jadi impian banyak orang. Sayangnya, mobil dengan fitur mumpuni dan kekinian dibanderol dengan harga mahal. Nah, kamu bisa juga menyulap mobilmu jadi lebih kekinian dengan menyematkan GPS pada mobilmu. Sematkan GPS navigasi untuk membantu kamu menemukan rute terbaik dan juga berbagai tempat terbaik. Jangan lupa juga sematkan GPS tracker untuk membantu melacak posisi kendaraan secara real time sehingga lebih aman dari tindak kejahatan pencurian.