10 Rekomendasi Propolis untuk Menunjang Kesehatan Tubuh (2021)

10 Rekomendasi Propolis untuk Menunjang Kesehatan Tubuh (2021)

Propolis adalah zat yang juga dihasilkan oleh lebah selain madu. Manfaat propolis juga tidak kalah banyak jika dibanding madu. Penelitian juga terus dilakukan untuk terus menggali manfaat dari propolis. Nah, kamu yang ingin menjaga kesehatan dengan lebih maksimal, bisa lirik propolis sebagai salah satu sumber vitamin kamu. Intip rekomendasi produknya dari kami!

Mengenal Propolis dan Kandungannya

Kamu tentu pernah mendengar istilah propolis. Ini merupakan produk yang dihasilkan oleh madu. Lebah mencampurkan getah pohon dengan zat alami dari dalam tubuhnya. Zat tersebut berwarna cokelat kehijauan dan sangat lengket. Umumnya zat tersebut digunakan untuk melapisi sarang mereka. Nah, zat lengket itulah yang kita sebut dengan propolis.

Lebah madu bisa mengumpulkan getah dari berbagai tanaman. Getah tersebut digunakan untuk mengisi celah pada sarang lebah untuk melindungi sarang dari mikroba dan hewan pemangsa. Dalam propolis, setidakya ada 300 senyawa aktif termasuk resin, serbuk sari, minyak aromatik, dan lain sebagainya. Senyawa tersebut juga kebanyakan berbentuk polifenil dan flavanoid yang kaya antioksidan untuk melawan penyakit dan memperbaiki kerusakan pada sel-sel tubuh.

Propolis telah dikenal sejak lama sebagai obat herbal yang baik untuk kesehatan tubuh. Dulu, propolis digunakan untuk menyembuhkan serta mencegah berbagai macam penyakit. Orang Yunani misalnya, mereka memakainya untuk mengobati abses. Sementata itu, bangsa Asyur memakai propolis untuk melawan infeksi luka, tumor, dan mempercepat proses penyembuhan.

Rutin mengonsumsi propolis mampu membantu menguatkan sistem imun tubuh. Selain itu, beberapa infeksi bisa teratasi dengan baik. Ini karena ada banyak zat dan nutrisi yang terkandung dalam propolis. Contohnya, lemak, protein, karbohidrat, kalium, dan natrium. Selain itu, ada juga magnesium, zat besi, vitamin B,C, dan E.

Manfaat Propolis untuk Kesehatan

Menyembuhkan Luka

Salah satu manfaat propolis yang paling dikenal luas adalah untuk menyembuhkan luka. Di dalam propolis ada pinocembrin yang merupakan senyawa khusus. Senyawa tersebut bersifat antiperadangan dan antimikroba. Ini bisa mempercepat penyembuhan luka seperti luka bakar dan bisa mempercepat tumbuhnya sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel lama yang rusak.

Ekstrak propolis yang dioles ke atas luka akan segera mengurangi sel mast. Ini adalah sel yang merangsang respon peradangan dan memperlambat penyembuhan luka. Jadi dengan propolis sel mast segera berkurang dan sel baru akan tumbuh menggantikan sel yang rusak.

Mencegah Perkembangan Kanker

Penyakit kanker termasuk penyakit yang mematikan. Propolis diklaim mampu mengatasi dan mencegah kanker berkembang lebih cepat. Ini karena di dalam propolis ada senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan tersebut akan menghambat pertumbuhan sel kanker secara efektif. Propolis juga bisa digunakan untuk tambahan terapi kanker yang tepat. Kendati demikian, penelitian mengenai propolis untuk menyembuhkan kanker masih terus dilakukan hingga saat ini.

Menjaga Kesehatan Kulit

Propolis juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk merawat kulit agar lebih sehat. Propolis mampu mengurangi pigmentasi pada kulit yang membuat kulit jadi menggelap. Selain itu, propolis juga bisa mengatasi kulit kemerahan karena peradangan.

Mengonsumsi propolis juga bisa meningkatkan produksi kolagen. Zat kolagen dibutuhkan kulit untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan baik dan tetap kenyal. Dengan begini, tanda-tanda penuaan di kulit seperti munculnya keriput, garis halus, dan kering bisa berkurang.

Propolis juga mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang bikin kulit kusam. Selain itu, propolis bisa meredakan kemerahan akibat jerawat yang meradang. Sel-sel kulit mati juga bisa mengelupas lebih cepat dan terangkat bersih dari wajah dengan propolis. Sel-sel kulit baru akan segera muncul dan menggantikan sel lama sehingga kulit tampak makin bersih dan cerah.

Kamu bisa memakai propolis dalam rangkaian perawatan kulit harian kamu. Caranya cukup oles langsung propolis ke kulit atau bisa juga dicampur dengan air lalu diminum. Boleh juga kalau kamu mengonsumsi propolis dalam bentuk softgel atau tablet.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam propolis ada berbagai zat seperti ferulic acids, pinobanksin, 3Oacetate, chrysin, prenyl esters of caffeic, dan lain sebagainya. Berbagai senyawa kimia tersebut mampu menjadi obat bagi tubuh. Senyawa tersebut akan menjadi antikanker, antioksidan, anti inflamasi, dan lainnya untuk tubuh.

Mengonsumsi propolis dengan rutin akan membuat tubuh kita jadi lebih kebal karena sistem imun meningkat. Kita jadi lebih tahan virus, bakteri, jamur, dan lain sebagainya. Selain itu, masalah pernapasan seperti TBC, flu, hingga infeksi saluran napas bisa teratasi dengan baik.

Ini Dia Rekomendasi Produk Propolis untuk Kamu Gunakan

Prosenza Prozant Propolis

Prosenza Prozant Propolis merupakan produk antibiotik alami dan juga antiradang. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai antikanker karena ini kaya antioksidan. Produk ini bisa meningkatkan imunitas tubuh karena kaya akan nutrisi. Propolis juga bisa menyembuhkan aneka penyakit seperti, batuk, TBC, asma, dan lainnya.

Merek propolis ini sudah terdaftar di BPOM sehingga aman digunakan. Dijual per dus isi 5 botol, kamu juga bisa membelinya per botol. Setiap botolnya memiliki isi 10 ml.

Harga Rp. 87.000-405.000

EZ Trigona Propolis Spray

EZ Trigona Propolis Spray praktis digunakan dan dibawa kemana saja. Produk yang satu ini tidak memiliki kandungan wax atau zat lilin. Hal ini membuatnya aman dikonsumsi. Propolis Trigona ini hadir dari lebah Trigona yang bisa menghasilkan propolis berkualitas.

Kamu bisa meminumnya untuk mengatasi flu, sariawan, bau mulut, hingga sakit tenggorokan. Produk ini juga cukup disemprotkan saja pada rongga mulut. Komposisinya terdiri dari propolis Trigona, gliserin, dan aquadem. Kandungan tersebut bisa mencegah jamur penyebab sariawan, mencegah amandel, hingga mencegah kerusakan sel dan jaringan. Untuk dewasa, cukup semprotkan 5 semprotan 3 kali sehari.

Harga Rp. 80.000-165.000

HNI Procumin Propolis

HNI Procumin Propolis aman untuk dikonsumsi karena merupakan produk Halal Network Indonesia. Kualitasnya juga tidak perlu kamu ragukan lagi. Daya tahan tubuh bisa meningkat dan kamu jadi tidak mudah terserang penyakit. Produk ini kaya akan propolis dan habbatussauda yang bisa melawan radikal bebas dan virus.

Produk ini bisa mencegah penuaan dini. Selain itu, bisa juga untuk menghalau zat-zat karsinogenik penyebab kanker dan tumor. Kamu bisa meminumnya 1 atau 2 softgel sesudah makan. Pastikan kamu banyak minum air putih setelahnya.

Harga Rp. 120.000-140.000

Natures Plus Propolplus Softgels

Natures Plus Propolplus Softgels menghadirkan kebaikan propolis dan bee pollen dalam satu suplemen. Dibuat di Amerika, produk ini kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Bahan utamanya kaya akan vitamin, mineral, asam amino, dan bioflavonoid. Semua bahan tersebut bisa menutrisi tubuh dan membuat tubuh lebih kuat daya tahannya terhadap radikal bebas dan serangan bakteri.

Dikemas dalam botol plastik, isinya terdiri dari 60 softgel alias kapsul lunak. Kamu cukup mengonsumsi 1 softgel sehari untuk mendapatkan manfaat baiknya. Produk ini aman untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit lambung atau saluran pencernaan. Softgel propolis ini aman dikonsumsi karena sudah BPOM.

Harga Rp. 385.000-850.000

Melia Propolis

Melia Propolis adalah produk propolis yang banyak dipercaya masyarakat Indonesia. Ini bisa menjadi antibiotik alami karena kaya akan antioksidan di dalamnya. Kamu bisa mengonsumsinya untuk proses detoks tubuh agar semua racun bisa keluar dari dalam tubuh.

Propolis ini bisa meningkatkan sistem imun karena kandungan nutrisinya sangat tinggi. Produk ini juga kaya akan vitamin kecuali vitamin K. Ada juga 16 jenis asam amino dan mineral yang mampu mencukupi kebutuhan keseharian. Kamu bisa memilih ukuran produk yakni yang isinya 6ml, 30ml, atau 55 ml.

Bentuknya yang cair membuatnya lebih mudah dikonsumsi. Propolis ini juga tidak beralkohol. Kamu cukup melarutkan lima tetes propolis ke dalam segelas air. Minumlah dua hari sekali untuk hasil yang lebih maksimal. Produk ini sudah memiliki izin BPOM jadi aman untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 90.000-225.000

Blackmores Propolis 1000

Blackmores Propolis 1000 tentu bisa jadi pilihan praktis untuk kamu yang ingin senantiasa menjaga kesehatan. Kapsul propolis ini mudah dikonsumsi. Dalam setiap kapsulnya terkandung vitamin dan mineral yang tinggi. Ekstrak kering propolis ini setara dengan propolis 1.000 mg.

Suplemen ini dikemas dalam botol berisi 220 kapsul lunak. Kamu bisa aman mengonsumsinya karena propolis ini sudah lulus sertifikasi ARTG dan BPOM. Minum kapsul ini usai makan atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Harga Rp. 373.000-675.000

Moment Propolis

Moment Propolis dibuat dari air liur lebah yang dikombinasikan dengan getah pepohonan dan pucuk daun muda dari hutan tropis di dataran tinggi Brazil. Hal ini membuat propolisnya terhindar dari polusi dan memiliki kualitas terbaik.

Propolis ini bisa menjadi antibiotik alami untuk meningkatkan sistem imun. Selain itu bisa juga membunuh virus dan bakteri yang mengancam kesehatan keluarga. Jika kamu kurang nafsu makan, produk ini baik juga untuk dikonsumsi karena bisa mengembalikan nafsu makan.

Harga Rp. 150.000-475.000

Essenzo Moringa Propolis

Essenzo Moringa Propolis adalah sumber antioksidan terbaik yang bisa kamu konsumsi. Kaya akan ekstrak daun kelor, produk ini bisa menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, propolis ini juga bisa meningkatkan produksi air susu ibu.

Tidak hanya sebagai antibiotik alami tubuh, propolis Essenzo juga bisa menjadi antiinflamasi, antivirus, antijamur, dan antimikroba untuk tubuh. Produk ini akan mengatasi berbagai penyakit infeksi, seperti TBS, sakit tenggorokan, batuk, dan lainnya. Bahkan penyakit berbahaya seperti mioma, tumor, kanker, dan jantung juga bisa teratasi berkat kombinasi propolis dan ekstrak moringa di dalamnya.

Bentuknya cair sehingga lebih mudah dikonsumsi. Kamu cukup teteskan lima hingga lima belas tetes propolis ke dalam 100 ml air putih. Aduk lalu minum seperti biasa.

Harga Rp. 250.000-425.000

British Propolis

British Propolis adalah produk impor dari Inggris. Produk yang satu ini sudah terdaftar secara resmi di BPOM. Ini bikin kamu tak perlu lagi was-was jika ingin mengonsumsinya. Propolis ini bisa menambah stamina agar kamu bisa jadi lebih produktif. Selain itu bisa juga meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat pemulihan, mengatasi maag, asam urat, diabetes, amandel, dan lain sebagainya.

Kamu bisa merasakan khasiatnya dalam 21 hari. Kadar flavonoidnya lebih tinggi sehingga kualitasnya diklaim lebih bagus dari produk propolis lainnya. Dari uji lab yang sudah dilakukan, ada 80 unsur yang sangat berkhasiat dari British Propolis.

Produk ini mudah dikonsumsi karena bentuknya cair. Kamu cukup meneteskan 3 tetes saja ke dalam 50 ml air hangat. Aduk dan minumlah 2 kali sehari pada pagi dan malam.

Harga Rp. 169.000-250.000

SunPro Super Nano Propolis

SunPro Super Nano Propolis merupakan produk yang bisa menjadi imunomodulator atau stimulator sistem kekebalan tubuh. Meski harganya terjangkau, namu khasiatnya tidak perlu diragukan. Propolis ini cocok untuk mengobati luka, batuk, dan pilek, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 67.000-140.000
From our editorial team

Efek Samping Propolis

Propolis memang diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan. Kendati demikian, penggunaan propolis yang berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping pada tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi propolis bisa menyebabkan gangguan pembekuan darah. Selain itu, ada juga risiko alergi jika kamu termasuk yang alergi dengan produk dari lebah. Efek samping lainnya adalah gagal ginjal dan juga asma. Untuk menghindari aneka efek samping tersebut, konsumsilah propolis dengan bijak. Sebaiknya, kamu berkonsultasi dulu dengan dokter untuk tahu dosis yang tepat untukmu.

Tag