10 Rekomendasi Suplemen Zat Besi Terbaik Untuk Menjaga Stamina Setiap Hari (2022)

10 Rekomendasi Suplemen Zat Besi Terbaik Untuk Menjaga Stamina Setiap Hari (2022)

Tubuh membutuhkan zat besi agar tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas setiap hari. Berikut ini BP-Guide akan memberikan rekomendasi suplemen zat besi terbaik buat Anda. Simak artikel berikut sampai selesai ya!

Zat Besi Sangat Dibutuhkan Oleh Tubuh

Zat besi berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Pasalnya, zat besi ini merupakan komponen utama pembentuk hemoglobin yang berfungsi mengikat oksigen.

Jika tubuh kekurangan zat besi, maka kuantitas hemoglobin pun akan menurun. Jika jumlah hemoglobin tidak cukup, maka tubuh pun akan mengalami kekurangan oksigen. Akibatnya, tubuh jadi anemia dan mudah lelah.

Pada wanita hamil, kekurangan zat besi dapat meningkatkan resiko melahirkan bayi prematur atau bayi berat lahir rendah (BBLR). Parahnya lagi, kekurangan zat besi pun berisiko menyebabkan kematian pada bayi baru lahir.

Sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan zat besi, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Jika konsumsi Anda belum mencukupi kebutuhan zat besi harian, Anda bisa mengonsumsi suplemen zat besi sesuai dengan petunjuk dokter.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Suplemen Zat Besi

Ketahui Kebutuhan Zat Besi Harian

Jumlah kebutuhan konsumsi zat besi setiap orang akan berbeda-beda, tergantung pada jenis kelamin, usia, dan kondisi kesehatannya. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi untuk kesehatan ibu dan janin. Bayi dan anak-anak bisa membutuhkan lebih banyak zat besi dibandingkan dengan orang dewasa demi tumbuh kembangnya.

Kebutuhan zat besi bayi dan anak-anak umumnya sama. Setelah tu, kebutuhan zat besi perempuan jadi lebih meningkat karena selama menstruasi, mereka kehilangan banyak darah. Kemudian, kebutuhan zat besi seorang wanita akan kembali menurun setelah menopause.

Utamakan Zat Besi Hewani

Secara umum, ada dua jenis zat besi yang dikelompokkan berdasarkan sumbernya, yaitu heme iron (hewani) dan nonheme iron (nabati).

Tubuh manusia biasanya akan lebih mudah menyerap zat besi dari sumber hewani. Tingkat penyerapan zat besi hewani adalah antara 15-35%. Sedangkan tingkat penyerapan zat besi nabati adalah antara 2-20% saja. Jika Anda mengonsumsi suplemen zat besi, utamakanlah yang bersumber dari hewan.

Anda juga bisa memilih suplemen yang diperkaya vitamin C. Vitamin C akan memaksimalkan proses penyerapan zat besi, sehingga akan memberi nilai lebih untuk jenis nonheme iron.

Cek Dulu Jenis Zat Besinya

Biasanya, zat besi (Fe) pada kemasan produk ditulis dengan nama yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis zat besinya. Beda nama, beda pula jumlah kandungan zat besinya. Maka, apapun nama jenis zat besi yang tertulis pada kemasan suplemen, ingatlah untuk selalu memperhatikan nilai kandungan elemental iron, yang menandakan jumlah asli zat besinya.

Contohnya, ferrous fumarate mengandung elemental iron paling tinggi, yakni sekitar 33%. Lalu ferrous sulfate dengan kadar elemental iron sekitar 20%. Kemudian ada ferrous gluconate dengan kandungan sekitar 12% atau bisa dibilang yang paling rendah.

Periksa Kandungan Tambahan

Beberapa suplemen zat besi diperkaya dengan nutrisi tambahan. Anda dapat memeriksa kandungan tambahan pada suplemen zat besi, sebagai pertimbangan.

Nutrisi yang umum dikombinasikan dengan zat besi adalah vitamin C, karena dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh, terutama untuk jenis nonheme iron (zat besi nabati). Di sisi lain, teh, beras merah, kalsium, produk susu, dan beberapa sayuran menghambat penyerapan zat besi jenis nonheme iron.

Nutrisi lain yang biasa ditambahkan adalah vitamin B9 atau asam folat. Asam folat dapat membantu pembentukan sel darah merah. Asam folat juga merupakan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi, sehingga cocok untuk ibu hamil dan menyusui.

Bentuk Suplemen

Bentuk suplemen zat besi pun beragam, ada yang berbentuk cairan, kapsul, tablet yang keras, dan tablet kunyah atau gummy. Mengonsumsi zat besi dengan tablet kunyah akan memberikan sensasi makan suplemen yang berbeda, bak mengonsumsi camilan. Zat besi sendiri memang memiliki rasa asli yang khas dan kuat.

Sebelum membeli, suplemen zat besi, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai bentuk suplemen, juga ukuran dan rasa. Dengan begitu, Anda bisa memilih mana yang paling cocok untuk Anda ataupun anak Anda konsumsi.

Alasan Pentingnya Zat Besi

Memperbaiki Kualitas Tidur

Meskipun tubuh sudah merasa lelah, beberapa orang masih saja mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Apakah itu Anda? Kesulitan tidur bisa terjadi karena kekurangan zat besi. Jika Anda mengalaminya, penuhilah kebutuhan konsumsi zat besi Anda.

Jika Anda tidak mengalami kesulitan tidur, tetaplah menerapkan pola makan yang kaya zat besi setiap hari, supaya bisa mudah terlelap, dan juga dapat tidur nyenyak setiap malam.

Meningkatkan Imun Tubuh

Zat besi memiliki peran dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, dengan meningkatkan produksi hemoglobin. Hemoglobin akan membawa oksigen ke sel, jaringan, maupun organ yang rusak, sehingga proses penyembuhan bisa segera dimulai. Dengan imun tubuh yang kuat, dapat mencegah terjadinya penyakit, ataupun mengobati kondisi kesehatan.

Menyehatkan Kehamilan

Dalam masa kehamilan, volume darah dan produksi sel darah merah tubuh pun meningkat. Hal ini terjadi untuk memastikan janin mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Oleh karena itu, kebutuhan zat besi juga meningkat.

Ibu hamil yang mengonsumsi zat besi yang cukup akan memiliki risiko yang lebih kecil untuk terserang virus dan menderita infeksi, karena zat besi dapat meningkatkan imunitas.

Konsumsi zat besi tentu juga memberi efek positif untuk bayi. Asupan zat besi yang cukup akan menurunkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, simpanan zat besi rendah, dan defisit kognitif dan perilaku pada bayi.

Rekomendasi Suplemen Zat Besi Terbaik Untuk Segala Usia

NaturesPlus Iron Tablets

NaturesPlus Iron Tablets hadir secara khusus untuk Anda yang menerapkan gaya hidup vegetarian. Suplemen ini dipastikan gluten-free. Biotron process dari amino acid chelation dapat mencegah asam lambung merusak kebaikan dalam suplemen ini. Penyerapan di usus pun jadi lebih maksimal.

NaturesPlus Iron Tablets ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Suplemen ini juga sekaligus membantu menghasilkan energi dan mencegah anemia.

Harga Rp. 200.000-300.000

Maltofer

Maltofer hadir dengan tablet kunyah untuk orang yang mengalami gejala defisiensi atau kekurangan zat besi, terutama ibu hamil dan menyusui. Produk suplemen zat besi ini mengandung Iron (III)-Hydroxide Polymaltose Complex sebanyak 100 mg. Kandungan ini dapat membantu mengobati anemia.

Maltofer juga tidak menimbulkan efek samping pada saluran pencernaan, tidak berkaitan dengan timbulnya stres oksidatif, dan tidak berisiko menyebabkan terjadinya overdosis zat besi.

Harga Rp. 20.000-100.000

Tonikum Bayer

Tonikum Bayer merupakan suplemen zat besi yang diperkaya dengan berbagai mineral, seperti kalsium, zinc, mangan, serta multivitamin berupa vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12.

Anda dapat mengonsumsi suplemen zat besi dari Tonikum Bayer ini untuk memenuhi kebutuhan zat besi sehari-hari. Dengan nutrisi yang melimpah, suplemen dari Tonikum Bayer ini dapat membantu melengkapi nutrisi selama masa pertumbuhan, menstruasi, kehamilan, dan usia lanjut.

Harga Rp. 20.000-50.000

Nutrilite Chewable Iron

Suplemen penambah zat besi dari Nutrilite ini hadir dalam bentuk tablet kunyah, sehingga mengonsumsinya pun sangat menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Produk ini juga hadir dalam rasa vanilla yang manis. Jadinya, makan suplemen ini sama seperti makan permen saja.

Suplemen zat besi yang satu ini bisa Anda berikan pada anak-anak berusia minimal satu tahun. Berikanlah/konsumsilah suplemen ini sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Harga Rp. 150.000-250.000

Iron Melts Dietary Supplement

Suplemen keluaran Arrow Pharmaceuticals ini merupakan tablet kunyah, yang akan langsung meleleh begitu saja di dalam mulut Anda. Suplemen ini juga hadir dengan rasa stroberi yang asam manis. Tidak ada rasa besi pada aftertaste-nya.

Ditambah lagi, produk ini sudah lengkap mengandung vitamin B9 alias asam folat, vitamin B12, dan vitamin C. Ketiganya akan membantu mengoptimalkan kinerja suplemen.

Jika Anda menjadi suplemen zat besi dengan paket lengkap, dan rasa yang menyenangkan untuk dikonsumsi, maka ini dia jawabannya.

Harga Rp. 200.000-350.000

Blackmores Bio Iron Advanced

Suplemen zat besi dari Blackmores ini diperkaya dengan vitamin C, B, dan beta karoten untuk memaksimalkan peranannya. Blackmore memastikan zat besi pada suplemen dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Anda merupakan vegan atau vegetarian? Tak masalah, Blackmores Bio Iron Advanced ini vegan and vegetarian-friendly kok. Selain itu, Blackmores juga mengklaim bahwa suplemennya ini memiliki efek samping mual dan sembelit yang lebih rendah.

Harga Rp. 175.000-350.000

Ferospat Effervescent

Pyridam Farma menghadirkan suplemen zat besi dengan terobosan baru, yaitu suplemen berbentuk tablet effervescent yang akan memberikan sensasi tersendiri bagi penggunanya.

Suplemen zat besi dari Pyridam Farma ini juga memiliki rasa stroberi yang asam manis segar, yang semakin membuat kegiatan mengonsumsi suplemen jadi menyenangkan. Dengan mengonsumsi suplemen dari Pyridam Farma ini, Anda pun bisa berupaya untuk sehat dengan cara menyenangkan.

Harga Rp. 50.000-100.000

Ferriz Drops

Anda bisa mempertimbangkan suplemen zat besi dari Ferriz drops ini untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak. Suplemen zat besi dari Ferriz drops ini dapat diberikan pada bayi mulai dari usia 6 bulan dengan dosis 0,6 ml sekali sehari. Sedangkan untuk anak usia di atas 1 tahun, bisa dengan dosis 0,8 ml sekali sehari.

Ferriz drops memformulasikan suplemen zat besinya secara khusus agar tidak memberikan bau amis dan loga. Jadi, bayi dan anak-anak pun dapat mengonsumsinya dengan lebih menyenangkan.

Harga Rp. 30.000-50.000

Sangobion

Sangobion terkenal sebagai suplemen penambah darah atau untuk mengatasi anemia, dengan kata lain kekurangan zat besi. Sangobion ini mengandung beberapa zat gizi seperti ferro glukonat (setara zat besi), mangan sulfat, asam folat, tembaga sulfat, vitamin C, dan vitamin B12.

Untuk mengatasi gejala kekurangan zat besi, Anda cukup mengonsumsi 1 kapsul Sangobion sebanyak satu kali per hari, setelah makan.

Harga Rp. 15.000-50.000

NOW Iron 36 mg Double Strength

Suplemen zat besi dari NOW ini mengandung Ferrochel® Iron Bisglycinate. Ferrochel® Iron Bisglycinate merupakan jenis zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi, sehingga terasa aman dan nyaman di lambung.

Ukuran tabletnya juga kecil, dan mudah ditelan, sehingga cocok untuk Anda yang susah menelan suplemen dalam bentuk tablet. Suplemen zat besi dari NOW ini cenderung tidak menyebabkan alergi karena kandungannya yang bebas gandum, gluten, kedelai, susu, dan telur.

Harga Rp. 150.000-250.000
From our editorial team

Konsultasi Dulu Dengan Dokter Sebelum Mengonsumsi Suplemen Zat Besi

Meski suplemen zat besi bisa dibeli secara bebas, bukan berarti Anda boleh sembarangan membeli. Sebaiknya Anda konsultasi dulu dengan dokter agar mengetahui dosis yang tepat dan jenis zat besi yang dibutuhkan tubuh. Temukan produk suplemen zat besi terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas.

Tag