Lindungi Luka dengan 10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik Berikut (2021)

Lindungi Luka dengan 10 Rekomendasi Plester Luka Terbaik Berikut (2021)

Saat mengalami luka, kamu butuh plester untuk jadi penanganan pertama yang cepat dan praktis. Plester luka hadir dalam berbagai jenis. Apapun jenisnya, usahakan memilih yang dilengkapi dengan kain kasa agar lebih nyaman dan bagian luka menjadi steril. Untuk itu, cek tips memilih plester luka dan juga rekomendasinya dari kami!

Plester Jadi Andalan untuk Cegah Infeksi pada Luka

Setiap hari kita menghadapi banyak tantangan dan tugas. Ada kalanya kita terluka, entah teriris, tergores, hingga luka yang parah sekali pun. Kita bisa terluka kapan pun dan di mana pun. Apa pun jenis lukanya jelas harus segera diobati agar tidak infeksi dan tidak membuat luka jadi lebih parah.

Kamu bisa mengandalkan plester untuk menutup luka. Plester merupakan kain elastis dengan bantalan yang bisa menutup luka agat tidak terinfeksi. Beberapa dari kita salah kaprah dan mengira plester berfungsi untuk menyembuhkan luka. Padahal, plester tidak bisa menyembuhkan luka. Tujuan penggunaan plester adalah semata agar darah berhenti mengucur dan luka tidak infeksi. Plester akan melindungi luka lebih lama dibandingkan obat merah sehingga bisa lebih cepat sembuh.

Plester hadir dalam berbagai jenis, mulai dari yang besar hingga yang kecil untuk bisa disesuaikan dengan jenis lukanya. Jika lukanya besar, bisa saja penggunaan plester dikombinasikan dengan penggunaan kain kasa.

Sebelum menggunakan plester untuk luka, sebaiknya kita membersihkan luka perlahan-lahan. Basuh luka dengan air dan disinfektan. Ini untuk membersihkan bateri dan kotoran yang mungkin menempel pada luka. Lalu tepuk luka perlahan memakai handuk atau tisu. Bubuhkan antiseptik untuk mencegah infeksi.

Langkah selanjutnya, siapkan plester lukanya. Jika lukanya besar, bisa memakai kain kasa dulu sebelum plester. Selanjutnya plester luka dengan tidak terlalu kencang agar aliran darah tetap bisa berjalan lancar. Kamu siap beraktivitas kembali.

Tips Memilih Plester Luka Terbaik

Sesuaikan dengan Jenis Luka

Dalam memilih plester luka, maka kamu bisa menyesuaikan dengan jenis lukanya. Ini karena tidak semua plester cocok untuk luka yang kamu derita. Umumnya ada empat jenis plester luka yang bisa kamu manfaatkan.

Plester hydrocolloid merupakan jenis plester yang paling baik untuk digunakan pada borok vena dan juga luka bakar. Jenis plester ini juga bisa digunakan untuk pembungkus kompresi. Selanjutnya, ada plester alginat. Ini paling cocok untuk luka dengan cairan berlebih. Lalu ada juga plester hidrogel yang merupakan plester yang bagus untuk luka tanpa cairan. Terakhir ada plester luka kolase. Ini adalah plester luka untuk luka kronis atau luka bekas transplantasi.

Pilih Ukuran Plester

Kamu juga wajib memilih ukuran plester yang tepat untuk digunakan. Sesuaikan dengan ukuran luka yang kamu miliki. Makin besar luka, maka makin besar plester yang sebaiknya digunakan. Jangan khawatir, sekarang ini bentuk plester sudah beragam. Plester tak lagi berbentuk persegi panjang saja. Ada yang berbentuk oval, bulat, dan ada juga yang berbentuk gulungan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pilih yang Bahannya Elastis dan Bisa Merekat Sempurna

Ketika memilih plester luka, kamu bisa memilih yang bahannya elastis. Saat ada bagian tubuh yang terluka baik di siku atau lutut, maka kamu tidak akan kerepotan jika plesternya elastis karena plester akan mudah mengikuti gerakan tubuh.

Pilih juga plester yang bisa melekat sempurna. Ini supaya plester tidak mudah bergeser dari tempatnya. Plester yang melekat sempurna bisa melindungi luka dari infeksi dan bakteri di sekitar kulit. Dengan begini, luka lebih aman dan bisa lebih cepat sembuh.

Cara Melepas Plester Tanpa Sakit

Satu hal yang paling tidak kita sukai saat memakai plester luka adalah rasa sakit yang ditimbulkan. Plester yang melekat kuat akan memberikan rasa sakit saat ditarik. Kulit yang tertarik dari sisa-sisa perekat plester akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Agar tidak sakit, pastikan kamu sudah mengelupas ujung plester sebelum menariknya. Selanjutnya, jangan buru-buru melepasnya. Tarik secara sejajar dengan kulit dengan perlahan. Kamu bisa juga membasahi plester dengan air agar lebih mudah dicabut. Cara lainnya adalah memakai baby oil yang diteteskan pada kapas. Gosok pada plester hingga plester bisa terangkat dengan mudah.

Ini Dia Rekomendasi Plester Luka Terbaik untuk Kamu

Guardian Plasters 50 pcs / Plester Luka P3K

Guardian Plasters 50 pcs / Plester Luka P3K ini merupakan produk yang bisa kamu andalkan. Plester ini cocok untuk luka kecil, sedang, hingga besar. Dalam satu pak berisi 50 lembar dengan berbagai ukuran plester yang mungkin kamu butuhkan. Produk ini akan menutup luka dengan sempurna. Terbuat dari bahan plastik yang tahan air, plester ini tidak mudah terlepas. Kamu wajib selalu sedia plester yang satu ini di dalam kotak P3K atau di dalam tas.

Harga Rp. 55.000-144.000

Plester Luka 3M Nexcare Transparan

Plester Luka 3M Nexcare Transparan tentu bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini kedap air sehingga tidak mudah lepas. Plester ini bisa mencegah kotoran dan kuman agar tidak menginfeksi luka. Dengan produk ini maka kamu bisa kembali beraktivitas dan bergerak dengan nyaman. Ini karena plesternya lentur, tipis, dan bisa mengikuti bentuk tubuh.

Bahan plester ini berpori sehingga sirkulasi udara tetap bisa masuk. Produk ini memiliki perlindungan total sehingga luka bisa cepat kering dan sembuh. Plester ini transparan sehingga kamu bisa melihat kondisi luka tanpa harus membuka plesternya. Produk ini tak akan menyebabkan alergi pada kulit dan juga tidak menyebabkan bekas pada kulit.

Harga Rp. 9.000-12.000

Hansaplast jumbo

Hansaplast jumbo termasuk produk yang wajib kamu miliki di rumah dan wajib dibawa kemana saja. Plester yang satu ini dihadirkan oleh Hansaplast yang merupakan merek plester luka asal Jerman yang ternama. Kualitasnya terjamin dan pastinya bisa maksimal melindungi luka.

Plester ukuran jumbo ini aman untuk berbagai jenis kulit. Bahan kainnya dari bahan elastis sehingga bisa mengikuti bentuk tubuh dengan sempurna. Kamu bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa terganggu. Daya rekat plesternya kuat sehingga tidak mudah lepas. Warna pelster ini serupa dengan kulit sehingga tidak terlalu mencolok saat digunakan.

Bagian kasa plester dilengkapi teknologi silver yang bisa bekerja sebagai antiseptik untuk luka. Dalam satu boks produk ini berisi 24 lembar plester.

Harga Rp. 18.000-38.000

OKE Fancy Plaster

OKE Fancy Plaster ini adalah rekomendasi yang tidak bisa kamu lewatkan. Ini adalah bentuk pertolongan pertama yang praktis digunakan saat kamu terluka. Keunikan dari plester ini adalah hadir dengan motif yang lucu dan menarik.

Plester ini juga memiliki ukuran kecil yakni 19 x 24 mm, sehingga cocok untuk luka kecil. Bahannya antiair namun berpori sehingga tetap bisa membuat sirkulasi udara pada luka berjalan lancar. Dalam satu kemasan berisi 10 lembar plester luka.

Harga Rp. 2.000-5.000

Hansaplast Sensitive Plaster

Hansaplast Sensitive Plaster merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Plester yang satu ini cocok untuk kulit sensitif. Dengan plester ini maka luka bisa terlindung dan tertutupi dengan baik. Kamu bisa memakainya untuk luka tergores, lecet, atau teriris. Bahan plester berpori sehingga luka bisa kering dengan cepat.

Produk ini sudah lulus uji dermatologis dan bersifat hipoalergenik. Selain itu juga bisa digunakan oleh penderita diabetes. Plester ini juga tidak akan meninggalkan rasa sakit saat dilepas. Ada pad antilengket pada produk ini. Bahannya elastis sehingga bisa mengikuti gerakan tubuh dengan baik.

Harga Rp. 6.000-31.000

Amanplast Kain Elastis Berwarna

Amanplast Kain Elastis Berwarna merupakan rekomendasi produk yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin tampilan plester berbeda. Motifnya unik dan juga lucu.

Ukuran plester ini standar dan mudah digunakan untuk berbagai jenis luka. Plester ini hadir dengan kasa sehingga bisa ditempel langsung pada luka. Kasanya sudah dilengkapi dengan bahan antiseptik. Daya rekat plester ini begitu kuat dan berstandar tinggi. Plester hadir dengan pori-pori yang memastikan agar sirkulasi tetap terjaga dan bikin luka lebih cepat kering. Jangan lupa membawanya kemana saja.

Harga Rp. 24.000-94.000

Hansaplast Foot Plaster

Hansaplast Foot Plaster ini tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Produk yang satu ini khusus digunakan di area kaki yakni di bagian atas tumit. Plester ini akan mencegah luka akibat gesekan kulit dengan sepatu. Produk ini juga bisa melindungi luka pada kulit agar tidak tergesek dengan sepatu dan lebih cepat sembuh.

Plester yang satu ini terbuat dari bahan elastis yang tahan air. Plesternya nyaman digunakan, apalagi warnanya sama dengan warna kulit. Bentuknya unik sehingga bisa menyesuaikan dengan lekukan kaki. Perekatnya berkualitas sehingga bisa melekat erat demi membuat kaki lebih nyaman. Produk ini juga hadir dengan bantalan yang bisa mengurangi tekanan dan rasa sakit akibat gesekan sepatu.

Plester ini hadir dengan ukuran 7,9 x 10,6 cm. Kamu bisa melindungi kaki dari kotoran dan bakteri saat memakainya. Produk ini juga tidak bergeser selama penggunaan. Produk ini kedap air sehingga tidak mudah lepas saat dipakai.

Harga Rp. 6.500-10.800

OPSITE POST-OP

OPSITE POST-OP tentu bisa jadi andalan kamu. Produk yang satu ini cocok untuk luka bakar ringan. Plester akan menutup luka dengan sempurna. Kamu bisa juga memakainya untuk luka gores, luka lecet, dan luka potong. Selain itu juga bisa membalut luka akut pasca operasi. Diproduksi oleh Smith+Nephew yang merupakan perusahaan asal Inggris penyedia berbagai alat kesehatan berkualitas tinggi, kualitas produk ini tidak perlu dipertanyakan.

Produk ini dilengkapi dengan bantalan kasa steril dan perekat antibakteri. Produknya transparan sehingga kamu bisa melihat kemajuan penyembuhan lukamu. Plesternya tahan air sehingga tidak mudah lepas. Ukuran plester ini sedang saja sehingga cocok untuk luka ukuran sedang.

Harga Rp. 9.000-50.000

OneMed Ultrafix

OneMed Ultrafix ini adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini dihadirkan oleh OneMed yang selalu menghadirkan produk berkualitas. Bahannya dari nonwoven sehingga terasa lembut dan nyaman dipakai.

Tekstur plester ini berpori sehingga sirkulasi tetap bisa berjalan lancar. Perekatnya memakai bahan polyacrylate hypoallergenic yang lebih aman untuk kulit sensitif. Produk ini juga hadir dengan daya rentang tinggi sehingga cocok untuk fiksasi pada daerah persendian.

Plester ini bebas bahan latex dan tidak bikin alergi. Daya rekatnya kuat sehingga tidak mudah lepas. Harganya terjangkau dan produk ini praktis digunakan. Kamu bisa memotongnya sesuai selera dan kebutuhan.

Harga Rp. 10.000-34.000

Hycocare Foot Plast

Hycocare Foot Plast ini merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini nyaman dipakai di kaki. Jika kamu harus memakai sepatu sepanjang hari, ada kalanya kaki jadi lecet karena gesekan dengan sepatu. Plester ini akan bikin kaki lebih nyaman karena tidak akan tergesek dengan sepatu. Dilengkapi dengan teknologi dari Korea, plester ini sangat elastis dan tidak mudah lepas. Plesternya juga tipis sehingga tidak akan mengganjal sepatu saat digunakan.

Harga Rp. 3.450-28.000
From our editorial team

Ganti Plester Beberapa Kali Sehari

Meski kita membutuhkan plester pada bagian luka kita, namun bukan berarti kita bisa memakainya seharian penuh. Paling tidak kita harus mengganti plester dua atau tiga kali sehari. Hal ini wajib dilakukan guna mencegah terjadinya iritasi. Kamu harus cermat dalam pergantian plester. Lakukan seusai mandi agar bagian luka bisa terproteksi dengan lebih baik. Plester yang basah kena air bisa memicu hadirnya bakteri dan kuman yang menginfeksi luka.

Tag