Nggak Pede dengan Bekas Luka? Coba 10 Rekomendasi Obat Pembersih Luka yang Mampu Menyamarkan sampai Menghilangkan Bekas Luka (2019)

Nggak Pede dengan Bekas Luka? Coba 10 Rekomendasi Obat Pembersih Luka yang Mampu Menyamarkan sampai Menghilangkan Bekas Luka (2019)

Punya bekas luka rasanya bikin nggak percaya diri. Bukan hanya warnanya saja yang tidak merata, beberapa bekas luka justru menimbulkan tonjolan yang sangat mengganggu. Nah, daripada nggak pede terus, mending diobatin aja, yuk! BP-Guide punya beberapa rekomendasi obat pembersih luka yang wajib Anda coba, nih.

Bekas Luka Bisa Timbul dari Mana Saja dan Bikin Tidak Pede

Sumber gambar kompas.com

Bekas luka selalu mengganggu penampilan, terlebih lagi bila ada di tempat yang mudah terlihat. Selain itu bekas luka terkadang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Bekas luka juga lebih sulit hilang bila sering terpapar sinar matahari karena sel melanin berubah warna menjadi lebih gelap.

Apalagi bekas luka di bagian sikut ataupun lutut kemungkinan dapat terbuka kembali ketika melakukan aktivitas. Hal ini dikarenakan bagian tersebut lebih sering bergerak sehingga proses regenerasi sel baru terhambat.

Beberapa Jenis Bekas Luka yang Umumnya Terjadi

Bekas Luka Kontraktur

Sumber gambar skinsecret.id

Bekas luka kontraktur atau tertentu dapat terjadi pada area kulit tertentu. Bekas luka tersebut umumnya disebabkan oleh luka bakar yang ditandai dengan kulit terasa ketat dan adanya jaringan parut. Jaringan ini terjadi karena pengerutan atau pemendekan jaringan kulit sehingga memicu gangguan jaringan bawah kulit dan melukai jaringan otot dan saraf. Selain itu pergerakan bagian tubuh yang mengalami luka menjadi terbatas.

Keloid

Sumber gambar hellosehat.com

Keloid merupakan suatu kondisi di mana pertumbuhan jaringan melebihi dari luka itu sendiri, sehingga membentuk gelembung dan mengkilap. Keloid memiliki ukuran bervariasi dengan warna lebih cokelat dari warna kulit aslinya. Umumnya kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan kesehatan karena berada pada area terbuka dan sering terpapar sinar matahari.

Bekas Luka Hipertropik

Sumber gambar klikdokter.com

Bekas luka hipertropik memiliki bentuk yang hampir mirip dengan keloid. Meskipun begitu bekas luka ini cenderung lebih ringan, ukuran tidak melebihi batas luka asli dan dapat menghilang dengan sendirinya. Kondisi luka seperti ini umumnya mengalami kesulitan bergerak karena berhubungan dengan pemendekan kulit dan jaringan di bawahnya.

Luka ini biasanya muncul dari bahu, leher, tumit, lutut, atau di daerah persendirian. Keloid biasanya terjadi pada bekas luka operasi ataupun luka bakar, namun tidak berbahaya ataupun mengancam kenyamanan.

Bekas Luka Jerawat

Sumber gambar hellosehat.com

Jerawat merupakan sejenis penyakit kulit yang sering muncul di wajah, leher, punggung ataupun dada. Umumnya kemunculan jerawat disertai dengan timbulnya bintik-bintik seperti komedo putih ataupun hitam. Dalam kondisi parah, jerawat dapat mengeluarkan nanah dan kista.

Bakteri penyebab jerawat ini disebut dengan bakteri propionobacterium yang akan bereaksi ketika produksi sebum di wajah mengalami peningkatan dan bercampur dengan kotoran serta sel kulit mati.

Setelah jerawat sembuh, seringkali menimbulkan bekas yang samar maupun jelas terlihat. Hal ini seringkali membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri.

10 Rekomendasi Obat Pembersih Bekas Luka Tepercaya yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Bio Oil

Bio Oil merupakan produk yang tepat untuk menyamarkan bekas luka, stretch mark, dan warna kulit yang tidak merata. Formulasi unik dalam produk ini sangat efektif untuk kulit kering ataupun penuaan kulit.

Produk ini dapat digunakan pada luka akibat kecelakaan, operasi, gigitan serangga, cacar, goresan ataupun luka bakar. Bio Oil bekerja dengan cara menjaga kulit tetap lembab, terhidrasi dan kenyal.

Bio Oil mengandung purcellin oil, vitamin A dan E, calendula, lavender, minyak rosemary, dan ekstrak chamomile. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit dan tidak mengandung pengawet. Anda dapat membeli Bio Oil dengan ukuran 60 ml di Watson dengan harga Rp 120.000.

Dermatix Ultra

Dermatix Ultra merupakan gel silicon untuk memudarkan, meratakan, serta menghaluskan bekas luka yang menonjol. Formulasi Dermatix Ultra berupa vitamin C sangat efektif bagi perawatan bekas luka, melembapkan kulit, dan memberikan manfaat fotoproteksi dan kulit kekeringan.

Gel dari produk ini tidak lengket di kulit dan nyaman digunakan. Selain itu produk ini efektif untuk mengatasi keloid, luka hipertrofik, luka bakar dan trauma kulit. Anda dapat membeli produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 130.000.

Bioplacenton

Sumber gambar https://www.blibli.com

Bioplacenton merupakan obat berbentuk gel yang dapat mengobati luka bakar, luka terinfeksi, scald, dan ulkus kulit. Obat ini memiliki kandungan neomycin sulfat yang dikombinasikan dengan ekstrak plasenta.

Bioplacenton termasuk dalam kelas terapi anti bakteri yang digunakan secara topikal. Obat ini digunakan dengan cara dioles sebanyak 3-5 kali sehari. Bioplacenton tersedia dalam kemasan tube isi 15 gram yang dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 15.000.

Mederma

Mederma Gel Proaktif Obat Kulit merupakan obat untuk mengurangi kemerahan, memudarkan bekas luka, dan menjadikan bekas luka lebih halus, lembut, dan elastis. Obat ini berupa gel proaktif dengan komposisi allium cepa bulb extract, aloe barbadensis leaf juice, dan allantoin.

Selain itu obat ini mudah digunakan yaitu cukup dengan mengoleskan pada luka tertutup atau jahitan setelah dilepaskan. Anda dapat memberikan pijatan-pijatan lembut selama kurang lebih 2-3 menit pada luka tersebut.

Untuk bekas luka baru Anda dapat menggunakan gel ini sebanyak 3-4 kali sehari selama 8 minggu sedangkan untuk bekas luka lama dapat dipergunakan sebanyak 3-4 kali sehari selama 3-6 bulan. Obat ini tersedia dalam ukuran 20 gram yang dapat dibeli di Lazada dengan harga Rp 235.000.

Meilibahenling

Sumber gambar https://shopee.co.id

Meilibahenling merupakan salep penghilang bekas luka seperti luka terkena knalpot, cacar air, jerawat, bercak hitam, digigit serangga, dan lain-lain. Selain itu, obat ini dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka menahun dan menghitam.

Dengan pemakaian Meilibahenling secara teratur dapat menghilangkan bekas luka dalam waktu relatif singkat. Anda dapat membeli produk ini di Shopee dengan harga Rp 130.000.

Melanox

Sumber gambar https://www.lazada.co.id

Melanox merupakan obat untuk mengatasi kulit wajah hiperpigmentasi dalam bentuk krim. Kondisi hiperpigmentasi disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan obat kontrasepsi oral seperti pil KB, ataupun akibat pertambahan usia.

Melanox mengandung hidrokuinon yang dapat mengurangi pembentukan melanin di kulit wajah sehingga pigmen cokelat mengalami penurunan.

Obat ini memiliki 2 varian, yaitu Melanox biasa dan Melanox Forte. Melanox biasa mengandung 2% hidrokuinon, sedangkan Melanox Forte mengandung 4% hidrokuinon. Obat ini tersedia dalam kemasan tube dengan berat bersih 15 gram yang dapat Anda beli di Lazada dengan harga Rp 39.500.

Meladerm

SanoSkin Melladerm Plus merupakan obat berbentuk gel yang digunakan untuk menyembuhkan luka nekrotik atau basah, luka dangkal kronis, luka akibat kanker, luka akibat trauma dan lain-lain.

Obat ini mengandung madu berkelas medis (eco honey) yang dapat merangsang proses pembentukan luka, memfasilitasi proses autolysis, dan meningkatkan pergerakan sel epitel.

Gel ini sangat mudah digunakan cukup dengan mengoleskan pada area yang sakit dan tutuplah luka dengan menggunakan kasa pembalut. Dalam pemakaian pertama kali dari obat ini akan membuat luka tampak lebih dalam. Anda dapat membeli SanoSkin Melladerm Plus di Tokopedia dengan harga Rp 176.000.

Derma Scar

Derma Scar merupakan obat untuk mengatasi bekas luka serius, seperti keloid, bekas luka hipertrofik, ataupun bekas luka akibat cacar air dan jerawat batu. Obat ini memiliki kandungan silicon yang dapat melembutkan, meratakan dan menghilangkan bekas luka serta mengembalikan elastisitas kulit.

Derma Scar dapat digunakan dengan mudah yaitu cukup oleskan pada bekas luka dan gosok-gosok secara perlahan sampai gel meresap di kulit. Untuk hasil maksimal pergunakan Derma Scar secara teratur sebanyak 5-7 kali sehari. Anda dapat membeli obat ini di Lazada dengan harga Rp 65.000.

Azanis Scar Serum

Sumber gambar https://azanis.co.id

Azanis Scar Serum merupakan obat untuk menghilangkan bekas luka secara cepat dan membuatnya menjadi lebih halus. Selain itu obat ini dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka lama efektif menghentikan proses munculnya bekas baru dan mencegah pertumbuhan kembali jaringan yang rusak.

Azanis Scar Serum diformulasikan dari vita-cocoa booster, concentrated natural vitamin E, organic cocoa butter, dan d-alpha tocopherol.

Obat ini sangat mudah digunakan yaitu cukup dengan mengoleskannya ke area bekas luka dan berikan pijatan sejumlah kecil. Anda dapat membeli produk ini di Azanis dengan harga Rp 175.000.

Hiruscar Gel

Hiruscar Gel Revolutionised 2 in 1 Recovery System merupakan obat dalam bentuk gel yang efektif untuk memperbaiki dan menyamarkan bekas luka/jerawat serta menghaluskan jaringan.

Obat ini cocok untuk semua jenis kulit dan memiliki kandungan mucoploysaccharide polysulphate (MPS), allium chepa, lidah buaya, vitamin E, dan vitamin B3. Dengan pemakaian obat ini secara teratur dalam 12 minggu dapat memperbaiki bekas luka/jerawat hingga 93%. Anda dapat membeli obat ini di Tokopedia dengan harga Rp 100.000.

From our editorial team

Bekas Luka Hilang, Kulit Kembali Mulus

Luka yang membekas karena berbagai hal agak mengganggu memang. Apalagi jika bekas luka itu ada di bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Nah, dengan beberapa rekomendasi produk di atas dan lakukan secara rutin, dapat membuat luka Anda membaik bahkan hilang. Kulit bisa kembali mulus, lho!