Jangan Panik! Inilah 4 Cara Perawatan Luka Bakar dan 10 Rekomendasi Obat yang Ampuh untuk Mengatasi Luka Bakar

Jangan Panik! Inilah 4 Cara Perawatan Luka Bakar dan 10 Rekomendasi Obat yang Ampuh untuk Mengatasi Luka Bakar

Sumber gambar alodokter.com

Luka bakar kerap kali dialami oleh kita, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Ada beberapa jenis luka bakar yang mungkin saja dialami oleh seseorang. Namun, bagaimana pertolongan pertama yang dapat kita lakukan? Yuk, pelajari lebih dalam bersama BP-Guide!

Perawatan Luka Bakar Harus Dilakukan secara Cepat dan Tepat

Sumber gambar alodokter.com

Luka bakar adalah jenis luka yang bisa terjadi kapan saja bagi mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan sumber panas seperti api, minyak dan lain sebagainya. Dari koki, tukang las, hingga pekerja pabrik yang memakai api listrik berisiko mengalami luka bakar.

Ada tiga golongan luka bakar yakni luka bakar superfisial, luka bakar derajat dua dan derajat tiga. Luka superfisial ditandai dengan kemerahan, nyeri hingga bengkak. Lukanya hanya terjadi pada lapisan kulit yang paling atas. Sementara luka derajat dua berada di lapisan paling luar kulit yang rusak dan mengganggu lapisan bawahnya. Cirinya adalah muncul gelembung berisi cairan pada kulit. Lalu ada juga luka bakar derajat tiga yang terjadi pada kulit hingga ke tulang dan organ dalam.

Penyebab dari luka bakar pun beragam. Mulai dari api, cipratan minyak goreng panas, sinar matahari hingga air aki. Saat terjadi luka bakar, maka penanganannya harus cepat dan juga tepat. Jika dibiarkan terlalu lama maka bisa menyebabkan kerusakan jaringan kulit dan memperparah lukanya. Bersama BP-Guide, mari kita lihat bagaimana perawatan pertama pada luka bakar sebaiknya dilakukan.

Tips Perawatan Pertama pada Luka Bakar

Alirkan Air ke Daerah Luka Selama 15 Menit

Sumber gambar iradiofm.com

Saat terciprat minyak panas atau terkena penyebab luka bakar lainnya kita pasti langsung panik. Karena sedang panik maka secara instan kita akan segera mencari pertolongan pertama yang praktis. Biasanya orang akan memilih pasta gigi atau es batu untuk dioleskan pada luka bakar untuk mendinginkan luka. Padahal cara ini kurang tepat, lho.

Pertolongan paling awal pada luka bakar adalah dengan mengucurkan air pada daerah luka selama 15 menit. Gunakan air suhu normal dan bukannya air es. Fungsinya adalah untuk mendinginkan luka bakar agar tak semakin parah. Cara lainnya adalah memakai kompres berisi es namun jangan meletakkan es langsung pada kulit. Sebab jika suhu yang ditempel pada kulit terlalu dingin akibatnya akan membuat luka bakar menjadi semakin dalam.

Perban Luka Bakar dengan Penutup Luka Steril

Sumber gambar www.deherba.com

Jika luka bakar sedikit parah, usai mengalirinya dengan air mengalir, kamu bisa menyiapkan perban. Pilih kain lembut atau kapas yang telah dibasahi air dingin. Tepukkan kain pada luka dan berhati-hatilah kala menempelkan kain pada luka karena biasanya luka bakar akan terasa perih menyengat.

Pemberian perban berupa kain ini untuk melindungi luka lepuh. Gunakan perban yang steril dan sisakan sedikit ruang bagi luka lepuh. Perban pada luka perlu dilakukan supaya luka lepuh tak teriritasi dan terinfeksi kuman.

Jangan Memecahkan Gelembung Akibat Luka

Sumber gambar klikdokter.com

Tak jarang saat mengalami luka bakar, ada gelembung yang memiliki kandungan air. Beberapa dari kita mungkin memilih untuk memecahkan atau mengupas gelembung tersebut. Padahal cara ini salah.

Tindakan memecahkan gelembung pada luka bakar hanya akan membuat luka jadi terinfeksi. Di dalam gelembung tersebut terdapat sel darah putih yang mati dan bakteri. Sehingga saat dipecah malah bisa menimbulkann bekas luka yang parah serta memperburuk luka.

Tidak Memaksa Melepas Pakaian yang Melekat pada Luka

Sumber gambar hellosehat.com

Jika luka bakar parah bahkan hingga melepuh maka penanganannya harus lebih hati-hati. Hindari memaksa melepas pakaian yang melekat pada luka. Sebaiknya pakaian digunting pada bagian yang tak menempel. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada perhiasan. Jika perhiasan menempel sebaiknya biarkan saja dan jangan ditarik paksa.

Hal yang Perlu Dihindari saat Perawatan Luka Bakar

Mengompres Luka Bakar dengan Es Batu

Sumber gambar tribunnews.com

Dalam jurnal berjudul Burn pada tahun 1997 dikatakan bahwa, penurunan suhu drastis yang dilakukan pada luka bakar dengan menempelinya dengan es malah bisa membuat air pada sel kulit justru berubah menjadi kristal yang tajam. Selain itu mampu merusak struktur di sekitarnya. Suhu dingin pada es bisa membuat pembuluh darah menyusut sehingga aliran darah pun akan semakin menurun.

Hvidovre University Hospital di Denmark juga telah melakukan sebuah penelitian di tahun 2002. Dalam penelitian tersebut dibahas mengenai penanganan terhadap luka bakar. Dikatakan bahwa, luka bakar akan terasa membaik kala diberi es batu. Hal ini terjadi karena saraf di sekitar kulit yang terkena luka bakar menjadi kebas. Namun dikatakan juga bahwa mereka yang mengompres luka bakar dengan es batu tak akan menghilangkan rasa nyeri dan juga inflamasi.

Saat luka bakar diberi es, dikhawatirkan bisa membuat kandungan air pada sel mengkristal lalu membuat otot, pembuluh darah hingga saraf menjadi pecah. Akibatnya akan menimbulkan kerusakan yang berimbas pada kematian jaringan.

Mengoleskan Odol pada Luka Bakar

Sumber gambar alodokter.com

Sedari dulu ada mitos berkembang bahwa saat ada luka bakar, maka penanganan pertamanya adalah dengan mengoles odol pada luka bakar. Tujuannya adalah supaya kulit terasa dingin dan tak terasa terbakar. Namun hal ini justru salah karena pasta gigi malah berbahaya jika dioles pada kulit yang terbakar.

Dalam pasta gigi terkandung kalsium karbonat, zat pemutih gigi dan juga potassium citrate. Ini artinya jika dioleskan pada tempat lain selain gigi, maka tak menutup kemungkinan bisa terjadi iritasi. Malah jika dioles pada kulit terbakar bisa memperparah kondisi kulit yang terbakar.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sumber gambar hellosehat.com

Saat mengalami kulit terbakar, maka sebaiknya jangan melakukan banyak aktivitas. Terutama aktivitas yang dilakukan di luar ruangan. Hal ini bisa memperbesar kemungkinan kamu terpapar sinar matahari.

Luka bakar sebaiknya tak terkena paparan langsung dari sinar matahari. Jaringan bekas luka terbakar masih belum bisa memproduksi melanin untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Maka dari itu sebaiknya gunakan tabir surya sebelum keluar rumah supaya bisa melindungi kulit bekas luka.

Jangan Mengoleskan Minyak seperti Minyak Kelapa, Minyak Zaitun, dan Minyak Goreng

Sumber gambar www.sahabatnestle.co.id

Luka bakar bisa terjadi dari berbagai hal sepele di sekitar kita, misalnya karena listrik, minyak goreng atau tersiram air panas. Saat kulit terasa terbakar, maka rasanya tak nyaman karena terasa kulitnya melepuh. Jika terjadi luka bakar, umumnya tubuh akan mengeluarkan cairan untuk mengobatinya.

Hindari mengoleskan minyak baik minyak zaitun, miyak kelapa atau margarin. Berbagai bahan tersebut tak ada yang bisa mengatasi penyembuhan luka bakar. Malah bahan tersebut justru bisa memperparah luka. Bahan mengandung minyak bisa menghambat cairan yang keluar dari tubuh. Selain itu, juga bisa menghambat petugas medis untuk mengobati.

Rekomendasi Obat untuk Perawatan Luka Bakar yang Ampuh

Burnaid Burn Gel - Made in Australia

Sumber gambar tokopedia.com

Burnaid Burn Gel ini merupakan obat luka bakar buatan Australia. Kamu bisa memakainya untuk merawat luka bakar karena obat ini begitu ampuh. Berbentuk hidrogel yang bisa mendinginkan luka yang terbakar.

Dengan kandungan minyak melaleuca tunggal asal Australia yang dipakai sebagai antiseptik, produk ini bisa menghilangkan rasa nyeri dan sakit terbakar. Hadir dalam ukuran 25gram, obat memiliki triclosan sebagai pengawet. Usai meletakkan luka bakar di bawah air mengalir, oleskan obat ini di area luka bakar. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 150.000.

QnC Jelly Gamat

Sumber gambar blibli.com

QnC Jelly Gamat ini bisa kamu lirik sebagai oabt luka bakar yang ampuh berikutnya. Bahan pembuatan obat adalah teripang laut sehingga aman dikonsumsi semua usia. Tak ada efek samping karena obatnya dibuat tanpa campuran bahan kimia berbahaya.

Dengan ekstrak buah dan sayur di dalamnya, obat ini juga mengandung pengemulsi nabati dan essen natural. Bisa dikonsumsi bayi usia 2 bulan hingga ibu hamil dan dewasa serta lansia. Fungsi obat ini adalah untuk mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan pendarahan akibat luka. Cocok untuk digunakan ibu usai melahirkan dan bisa menurunkan kadar kolesterol. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 155.000.

Lucas Papaw Ointment

Sumber gambar blibli.com

Lucas Papaw Ointment juga jangan sampai dilewatkan sebagai perawatan luka bakar. Obat ini kemasannya simple dengan tube warna merah menyala. Teksturnya mudah dioleskan dengan aroma unik. Obat ini juga multifungsi dan aman untuk digunakan pada bayi.

Lucas Papaw bersifat antibakteri dan antimikroba. Selain bisa mengatasi luka bakar minor, obat ini bisa juga dipakai untuk mendinginkan kulit yang melepuh karena terkena sengatan matahari. Kamu bisa juga memakainya untuk meringankan luka digigit serangga atau luka gores. Uniknya obat ini bisa juga dipakai sebagai pelembab bibir. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 78.900.

Salep Ching Wan Hung

Sumber gambar tokopedia.com

Salep Ching Wan Hung juga bisa dipilih sebagai obat luka bakar. Bisa mengatasi berbagai jenis luka bakar dari yang ringan hingga yang parah. Obat ini akan mengurangi peradangan serta bisa membantu regenerasi jaringan kulit yang rusak.

Produk yang satu ini dibuat dari ramuan tradisional yang diperoleh dari berbagai hasil penelitian. Sudah lulus pemeriksaan kedokteran dan hasil uji klinis, obatnya diolah dengan menggunakan metode ilmiah modern. Salep ini akan mempercepat penyembuhan luka berkat kandungan herbal alaminya. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 24.000.

Octenilin Gel

Sumber gambar tokopedia.com

Octenilin Gel ini merupakan rekomendasi obat luka bakar selanjutnya. Gel yang satu ini tak akan meninggalkan bekas. Tanpa bau, obatnya juga tak lengket sehingga nyaman digunakan. Mampu mencegah infeksi, obatnya sudah lulus uji lab terakreditasi. Produk ini bisa mengambat bakteri Streptacaccus mutans, Staphylococcus aureus serta jamur CandidaAlbicans.

Gel ini mudah digunakan karena cukup dioles pada luka 2 hingga 3 kali sehari. Tanpa rasa perih, obatnya nyaman di kulit. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 33.950.

Bioplacenton Gel - Untuk Luka Bakar

Sumber gambar shopee.co.id

Bioplacenton Gel merupakan produk Kalbe yang sudah ternama. Salep yang satu ini paling pas untuk atasi luka bakar. Hadir dalam kemasan tube kecil berukuran 15 gram, produk ini adalah obat oles luar.

Mengandung ekstrak placenta, obat ini bisa memicu pembentukan jaringan baru untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit. Ekstrak plasenta akan meningkatkan faktor pertumbuhan beta dan pertumbuhan endotel vaskular. Gel ini bisa mengobati luka bakar dengan infeksi, ulkus debukistus dan luka kronik. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 14.500.

Borobudur Herbal Bioskin Gel

Sumber gambar bloggerbanua.com

Borobudur Herbal Bioskin Gel ini juga merupakan obat luka bakar yang ampuh. Berbentuk krim gel, obat ini aman digunakan. Bisa dipakai untuk meringankan luka bakar, tersiram air panas bahkan karena tersengat sinar matahari.

Berbahan tea tree oil, ada kombinasi aloe vera dan centellae herba di dalam obat ini. Bersifat dingin pada kulit sehingga bisa meringankan rasa sakit pada luka bakar. Cukup oleskan 3x sehari pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan. Dapatkan obat ini Blibli pada harga Rp 65.000.

Lavanid Wound Gel Jerman

Sumber gambar bukalapak.com

Lavanid Wound Gel Jerman ini juga bisa kamu pilih. Hidrogel ini begitu steril dan memiliki biokompatibilitas jaringan yang sangat baik. Bisa diaplikasikan pada luka secara langsung. Luka akan lebih lembab supaya lebih cepat sembuh. Obat ini akan mencegah masuknya bakteri dari lingkungan pada luka.

Diperkaya juga dengan kandungan yang bisa mengatasi luka yang terkontaminasi. Cocok juga untuk digunakan pada luka paska operasi. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 1.890.000.

Bao Fu Ling Cream

Sumber gambar bukalapak.com

Bao Fu Ling Cream ini bisa jadi pilihan kamu. Berbentuk krim, produk ini diproses dengan modern. Cocok untuk dipakai mengobati luka bakar, nyeri otot hingga gigitan nyamuk. Obat ini juga bisa mengobati gatal, panu dan eksim.

Produk yang satu ini cukup dioles tipis 3 hingga 5 kali per hari di bagian luka. Bahannya juga aman untuk semua jenis kulit. Namun tidak dianjurkan pada kulit balita. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 950.000.

MEBO CREAM Obat Luka Bakar

Sumber gambar bukalapak.com

MEBO CREAM Obat Luka Bakar ini bisa kamu pilih. Krim ini mampu melembabkan kulit dan meminimalkan bekas luka. Berbahan alami, obatnya bisa meredakan rasa nyeri. Berbentuk salep, bahannya adalah minyak wijen dan beeswax.

Produk ini hadir tanpa antibiotik kimia sehingga aman digunakan. Bisa menyembuhkan dan meminimalisir luka bakar bahkan tidak akan membuat kulit teriritasi. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 129.500.

From our editorial team

Luka Bakar Pelu Dirawat dengan Tepat

Menangani luka bakar tidak bisa sembarangan, apalagi asal mengoleskan bahan apa pun yang ada di sekitar. Bisa-bisa bukannya sembuh malahan infeksi, ya. Yang paling penting dari penanganan pertama pada luka bakar adalah baik pasien maupun yang menanganinya harus tetap tenang sehingga perawatan luka bakar bisa lebih ditangani dengan tepat.

Tag