Punya Bekas Luka di Wajah? Jangan Panik! 10 Rekomendasi Produk Kosmetik Ini Bisa Menyamarkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka di Wajah? Jangan Panik! 10 Rekomendasi Produk Kosmetik Ini Bisa Menyamarkan Bekas Luka

Sekecil apa pun bekas luka yang ada di wajah pasti sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika pekerjaan atau kegiatanmu mengharuskan bertemu banyak orang, pasti nggak percaya diri, kan? Nah, untuk itu BP-Guide punya solusi jitu agar kamu bisa kembali tampil percaya diri meskipun ada bekas luka di wajahmu. Gimana caranya, ya? Simak aja, yuk.

Tidak Heran jika Para Wanita selalu Mencari Cara untuk Menyamarkan dan Menghilangkan Bekas Luka

Sumber gambar www.kata.co.id

Tubuh dan wajah jadi bagian yang secara keseluruhan penting untuk dirawat. Namun, tetap saja akan ada risiko yang menyebabkan muka dan badan jadi terluka. Mulai dari yang ringan seperti lecet, memar, luka akibat tergores hingga masalah yang cukup serius seperti luka akibat cairan kimia berbahaya atau luka bakar.

Pada wajah, kulit lebih sensitif dan rentan sehingga luka sekecil apa pun bisa terlihat jelas. Misalnya saja, luka bekas jerawat, wajah yang memerah karena peradangan, kusam, bahkan menghitam akibat mengenakan kosmetik dengan bahan berbahaya seperti merkuri juga hidrokuinon.

Tidak seperti bagian tubuh lain yang bisa ditutupi dengan pakaian, wajah cenderung lebih mudah terlihat sehingga menutupi luka bisa jadi hal yang tricky terutama bagi wanita yang mementingkan estetika penampilan. Berbagai cara ditempuh mulai dari memakai produk untuk menghilangkan bekas luka atau memakai tata rias untuk menyamarkan.

Cara terakhir dipandang cukup bisa diandalkan. Wanita bisa menggunakan produk untuk menghilangkan bekas luka sekaligus menutupinya saat dibutuhkan. Apalagi, saat ini ada banyak produk makeup yang bisa membantu menutupi kekurangan pada wajah mulai dari primer, foundation, hingga concealer.

Tutorial Menutup Bekas Luka dengan Menggunakan Makeup

Sumber gambar www.muslimah.co.id

Punya bekas luka di wajah yang membuat frustrasi dan tetap ingin tampil flawless dalam waktu singkat? Kamu bisa coba dengan menggunakan makeup. Pertama, pastikan wajah bersih dengan mencucinya menggunakan produk yang cocok untuk kulit. Wajah yang bersih bisa membantu produk makeup lebih mudah digunakan dan tidak menimbulkan masalah baru bagi wajah.

Kemudian, gunakan pelembap agar kulit tidak kering dan pecah-pecah. Lalu, pakailah primer untuk membantu makeup lebih tahan lama. Kamu bisa menggunakan BB cream di tahap berikutnya agar tata rias tampak lebih alami. Lanjutkan dengan mengaplikasikan concealer agar bekas luka di wajah bisa tertutup.

Jika sudah tersamarkan dengan baik, kamu bisa membubuhkan bedak. Gunakan kuas agar bedak bisa dibaurkan merata dan hasilnya tampak lebih halus. Tada! Kini wajah kamu jadi tampak lebih cerah dengan bekas luka tersamarkan. Mudah, kan?

Beberapa Produk Makeup yang Bisa Menyamarkan Bekas Luka

Sumber gambar magazine.job-like.com

Jika wajah kamu memiliki bekas luka ringan, maka produk perawatan yang mudah ditemukan di pasaran bisa membantu menyamarkan bahkan menghilangkannya. Namun, jika bekas luka tersebut sudah menembus lapisan dalam di kulit, maka kamu dianjurkan untuk pergi ke ahli medis untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Bekas luka seperti akibat terbakar atau terkena cairan kimia berbahaya dapat jadi serius bila tidak ditangani dengan tepat. Tipe bekas luka seperti keloid dan hypertropic scar membutuhkan tindakan medis dengan menggunakan metode penyembuhan tertentu. Namun, jika belum sempat atau anggaran kamu terbatas, kamu bisa menutupinya sementara dengan produk makeup yang membantu menyamarkan bekas luka.

Foundation

Sumber gambar deciem.com

Produk satu ini marak dijumpai dan kerap digunakan oleh para wanita. Foundation sendiri adalah produk makeup yang umumnya memiliki warna dan diaplikasikan pada wajah untuk membantu meratakan warna agar tampak lebih sempurna dan juga kelihatan alami.

Fungsi foundation yang lain bisa membantu kamu menyamarkan bekas luka di wajah. Produk yang juga dikenal dengan sebutan alas bedak ini biasanya digunakan sebelum memakai bedak. Pastikan warna foundation kamu senada dengan warna kulit agar tampilan kamu tetap natural meski bekas luka tersamarkan.

Foundation dengan kandungan SPF tertentu juga bisa membantu melindungi kulit wajah dari efek negatif sinar ultraviolet sehingga sebaiknya kamu menggunakan produk ini saat akan beraktivitas di luar rumah.

Concealer

Sumber gambar www.ummbabybeauty.com

Produk berikutnya ini sering juga disebut dengan istilah color corrector. Concealer sendiri difungsikan untuk menutupi bagian-bagian yang dianggap bisa mengganggu tampilan flawless wajah, misalnya bekas jerawat, lingkaran hitam di bagian bawah mata, noda hitam, kerutan halu,s atau bintik-bintik merah yang mengganggu penampilan.

Concealer bisa kamu aplikasikan saat wajah dalam keadaan lembap agar lebih mudah dibaurkan dan hasilnya lebih natural.

Memilih concealer bisa jadi tricky jika kamu kurang cermat memerhatikan masalah yang ada di wajah. Misalnya, jika ingin menyamarkan jerawat yang meradang dan kemerahan, kamu dianjurkan mengenakan concealer dalam warna hijau.

Sementara, jika kamu memiliki noda gelap, pilihlah concealer dalam warna yang lebih terang untuk menyamarkannya. Pastikan kamu membaurkan concealer secara merata dan kamu juga bisa membubuhkan alas bedak setelah penggunaan produk ini agar hasilnya bisa lebih flawless.

Primer

Produk satu ini jadi base makeup yang sebaiknya tidak dilewatkan. Primer umumnya digunakan sebelum concealer dan membantu produk tersebut lebih merata dengan hasil yang halus. Primer sendiri dianggap penting oleh salah satu makeup artist kenamaan, Stephen Dimmick, karena membantu menyiapkan kulit untuk menerima produk makeup lain.

Biasanya, primer tidak memiliki warna, tetapi saat ini banyak primer yang sudah mengandung warna tertentu sehingga kadang kamu tidak membutuhkan foundation lagi. Cukup memakai primer dan concealer untuk menutupi bekas luka sebelum menggunakan bedak, kamu bisa tampil alami dan lebih cerah.

Serum

Sumber gambar www.taylorbarringer.com

Kulit yang tampak halus, lembut, dan bebas noda jadi dambaan banyak wanita. Selain menggunakan produk makeup untuk menutupi dalam waktu singkat, sebaiknya kamu tidak mengabaikan perawatan yang dapat membantu menghilangkan noda-noda di wajah. Salah satunya adalah dengan menggunakan serum.

Serum sendiri adalah produk yang bisa membantu penyerapan dan mampu mencapai lapisan kulit lebih dalam dengan konsentrasi kandungan yang lebih tinggi daripada pelembap biasa. Serum yang kamu pilih sebaiknya digunakan secara teratur dua kali sehari setelah membersihkan wajah dengan cleanser dan toner.

Kamu bisa menggunakan serum bersama produk lainnya seperti sunscreen atau pelembap. Lewat pemakaian yang teratur dan pemilihan produk serum yang tepat, noda bekas jerawat atau bekas luka bisa tersamarkan bahkan hilang dalam waktu relatif lebih singkat daripada jika memakai produk tanpa serum.

Natural Oil

Jika kamu perhatikan, banyak produsen kosmetik dan skincare yang mengusung produk mereka kaya akan kandungan untuk membantu melembapkan wajah. Kulit yang lembap memang lebih baik daripada kulit yang kering bahkan sangat kering. Hal ini disebabkan, kulit kering lebih rentan terhadap luka dan mudah pecah-pecah sehingga bisa mengganggu estetika wajah.

Bagi kamu yang memiliki kulit cenderung kering, ada baiknya menggunakan natural oil. Tidak hanya untuk melembapkan, natural oil bisa membantu menjaga elastisitas kulit serta menyamarkan bekas luka.

Beberapa bahan alami seperti kamomil, rosemary, serta lavendel bisa kamu pilih untuk menghilangkan bekas luka. Bahan-bahan alami tertentu juga memiliki sifat antiradang sehingga bisa membantu kulit pulih lebih baik.

Rekomendasi Produk Makeup yang Bisa Kamu Gunakan

Giorgio Armani Luminous Silk Foundation

Giorgio Armani Luminous Silk Foundation dikemas dengan desain yang elegan dan anggun dalam botol berlogo Giorgino Armani yang khas. Foundation yang hadir dalam berbagai pilihan warna mulai dari fair, light, tan, deep hingga medium ini dapat membantu kamu dalam menyamarkan bekas luka di wajah.

Hadir dalam bentuk cair, produk ini bisa kamu aplikasikan menggunakan blender brush. Giorgio Armani Luminous Silk Foundation membantu wajah tampak lebih cerah dengan kandungan eksklusif dari teknologi Micor-fil serta membantu menyamarkan kekurangan dan meningkatkan tekstur kulit wajah. Bisa didapatkan seharga Rp 950.000 di Tokopedia.

Benefit Hello Flawless Oxygen Wow

Sumber gambar www.feelunique.com

Tampilan wajah yang flawless bagi sebagian besar wanita jadi penting karena dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Untuk memperolehnya, kamu bisa menggunakan foundation seperti Benefit Hello Flawless Oxygen Wow berikut ini. Hadir dalam bentuk cair yang mudah diaplikasikan pada wajah, foundation dari Benefit ini juga diperkaya dengan broad-spectrum SPF 25 PA+++ untuk menjaga kulit dari efek buruk sinar ultraviolet seperti UVA/UVB.

Bukan itu saja, Benefit Hello Flawless Oxygen Wow juga diformulasi bebas minyak dan membantu menghidrasi kulit agar wajah bisa tampil sehat dan bercahaya.

Pemakaiannya pun mudah, cukup dengan menggunakan brush atau ujung jari dan ratakan di seluruh wajah sebelum menggunakan bedak. Produk ini bisa kamu dapatkan melalui Zalora dan Lazada seharga Rp 570.000.

Clinique Beyond Perfecting Foundation + Concealer

Sumber gambar www.macys.com

Tidak lengkap rasanya jika bicara produk makeup tapi tak membawa merek satu ini, Clinique. Turut serta dalam membantu wanita dalam mendapat tampilan wajah yang maksimal, kamu bisa menjajal Clinique Beyond Perfecting Foundation+Concealer yang multifungsi ini.

Dikemas dalam botol simpel yang lengkap bersama aplikator, produk ini hadir dalam beberapa variasi warna yang bisa dipilih sesuai warna kulit wajah. Foundation sekaligus concealer yang digadang-gadang tahan hingga 24 jam ini memberi hasil natural-matte dan diformulasi dengan kandungan yang bebas alkohol, bebas pewangi, bebas paraben juga oil free. Bisa kamu pesan melalui Tokopedia seharga Rp 615.000 atau di Lazada dengan harga Rp 557.000.

Elizabeth Arden Ceramide Ultra Foundation Lift Concealer

Sumber gambar www.feelunique.com

Kurang istirahat dan tekanan darah yang rendah bisa membuat wajah terlihat kuyu serta lusuh. Biasanya ditandai dengan munculnya lingkaran hitam di bagian bawah mata dan sering kali membuat penampilan wajah jadi kurang sempurna.

Untuk memaksimalkan penampilan, kamu bisa coba menyamarkannya dengan menggunakan concealer seperti Elizabeth Arden Ceramide Ultra Foundation Lift Concealer ini. Produk ini dikemas praktis serta dilengkapi dengan aplikator.

Hadir dalam tekstur creamy yang mudah diaplikasikan pada wajah, concealer ini bisa membantu menutupi lingkaran hitam dan menyamarkan noda serta bekas luka yang ada di wajah. Tak hanya itu saja, produk ini juga membantu mempertahankan kelembapan serta menguatkan kulit. Mengandung vitamin A, C, dan E, produk ini bisa membantu wajah tampak lebih cerah.

Mudah digunakan, cukup dengan memakai brush atau ujung jari dan baurkan di area yang butuh pencerahan instan. Concealer ini bisa kamu peroleh di Skin Store seharga $ 22 atau sekitar Rp 330.000.

MAC Studio Finish SPF 30 Concealer

Bagi kamu yang punya kulit berminyak, memilih produk jadi agak tricky karena jika salah, maka wajah jadi tampak lebih mengilap dan tentu membuat tampilan jadi kurang maksimal.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih produk yang membantu mengontrol sebum atau minyak di wajah seperti MAC Studio Finish SPF 30 Concealer ini.

Tidak hanya membantu menyamarkan noda bekas jerawat atau lingkaran hitam di bagian bawah mata, concealer satu ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin A dan E, bebas pewangi, membantu memberi tampilan yang halus pada kulit dan juga tahan hingga 12 jam. Kamu bisa mengaplikasikannya pada wajah menggunakan jari atau kuas. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 324.058 di Asos.

Coverderm Perfect Face

Sumber gambar www.vitiligoshop.nl

Coverderm Perfect Face dikemas praktis dalam kemasan tube yang mudah dibawa ke mana pun. Kamu bisa mengandalkan produk ini untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti bekas jerawat, bintik-bintik akibat pengaruh sinar matahari, tanda-tanda penuaan, jerawat kecil, juga vitiligo.

Coverderm Perfect Face dengan formula yang tahan air serta keringat ini juga dilengkapi dengan SPF 20 sehingga bisa membantu kulit wajah terjaga dari pengaruh buruk sinar ultraviolet. Dapat digunakan sebagai foundation sekaligus tabir surya, produk ini bisa kamu dapatkan seharga Rp 887.500 di Bukalapak.

Benefit The POREfessional

Sumber gambar www.feelunique.com

Produk ini mudah dikenali dari kemasannya yang eye catching dan warna yang cerah. Benefit The POREfessional dengan formula oil free ini bisa membantu makeup lebih tahan lama dan memberikan tampilan maksimal pada wajah. Diperkaya dengan kandungan vitamin E untuk membantu menangkal radikal bebas, produk ini bisa membantu memperkecil tampilan pori-pori sehingga kulit wajah tampak lebih halus.

Penggunaan produk ini juga mudah, cukup dengan mengoleskannya mulai dari bagian tengah wajah dan baurkan hingga merata. Kamu bisa menggunakan produk ini sebelum atau sesudah mengaplikasikan makeup. Jika menggunakannya sebelum makeup, sebaiknya kamu memakai pelembap terlebih dahulu, ya. Benefit The POREfessional bisa didapatkan seharga Rp 180.000 di Sephora.

Murad Rapid Age Spot and Pigment Lightening Serum

Sumber gambar www.sephora.com

Bantu kulit mendapatkan warna cerah alami bebas noda dan bekas luka dengan mengaplikasikan serum sebagai perawatan harian. Salah satu produk yang bisa kamu pilih adalah Murad Rapid Age Spot and Pigment Lightening Serum. Produk ini cocok untuk segala jenis kulit mulai dari normal, berminyak, kering hingga kulit bertipe kombinasi.

Murad Rapid Age Spot and Pigment Lightening Serum diformulasi tanpa paraben, sulfat, gluten, atau phthalates dan memberi perubahan sejak minggu pertama. Produk yang dikemas dalam botol berwarna putih dengan nuansa oranye cerah ini membantu kulit terbebas dari tanda penuaan, bintik hitam serta noda akibat efek buruk sinar ultraviolet. Pesan seharga Rp 299.000 di Tokopedia.

Wardah C Defence Serum

Sumber gambar femaledaily.com

Beralih ke produk lokal yang hadir dalam harga terjangkau, Wardah menghadirkan Wardah C Defence Serum untuk membantu kulit terbebas dari noda dan bekas luka. Produk ini memiliki kemampuan penetrasi untuk menjangkau lapisan kulit dengan lebih baik dan diperkaya antioksidan Hi-Grade Vitamin C.

Bukan hanya itu, Wardah C Defence Serum juga diperkaya dengan ekstrak lidah buaya dan biosaccharide untuk membantu kulit tampak lebh cerah serta menjaga elastisitas kulit, melindungi dari radikal bebas, memperbaiki struktur kulit serta melembapkan. Cocok untuk semua jenis kulit, produk ini bisa diperoleh seharga Rp 70.000 di Tokopedia.

Bio Oil

Sumber gambar tokopedia.com

Bukan hanya di wajah saja, bekas luka di area tubuh lain juga bisa menurunkan kepercayaan diri terlebih di hadapan suami. Bekas luka seperti stretchmark yang kerap muncul di paha atau perut bisa jadi hal menyebalkan dan jika kamu ingin menghilangkannya, kamu bisa coba menggunakan Bio Oil.

Produk ini tidak hanya membantu menghilangkan stretchmark tapi juga bisa menyamarkan bekas luka di wajah dan membantu memperbaiki tampilan warna kulit yang kurang merata di wajah. Produk ini diperkaya dengan perpaduan minyak nabati serta vitamin. Bio Oil sebaiknya diaplikasikan pada bekas luka saja dan bukan pada luka baru yang masih harus mendapat penangan medis.

Bio Oil dapat digunakan dua kali sehari untuk hasil maksimal dengan gerakan memutar sembari dipijat. Formulanya juga tidak lengket dan bisa membantu mengembalikan kelembapan alami kulit. Produk ini bisa dibeli seharga Rp 140.000 di Blibli untuk kemasan 125 mililiter.

Bonus: Tips Membuat Luka Palsu Menggunakan Makeup

Sumber gambar liputan6.com

Bagi kamu yang terjun di dunia seni peran, terkadang malah harus membuat tampilan wajah seolah “rusak” dan tidak enak dilihat. Mungkin kamu juga pernah melihat para aktor atau aktris berwajah mulus yang tampil dengan bekas luka di muka untuk membantu menguatkan karakter yang dimainkan. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Bahan dan alat yang dibutuhkan: lem putih (pastikan bersifat skin-friendly sehingga tidak menimbulkan iritasi atau peradangan di kulit tubuh dan wajah), tisu toilet polos, kuas rias dalam ukuran kecil, produk makeup dengan warna senada warna kulit seperti foundation cair, alas bedak cair dengan warna yang berbeda dari warna kulit, koran bekas, dan perlengkapan rias.

Langkah-langkah meriasnya, yaitu robek tisu toilet dalam ukuran sedikit lebih besar dari area yang akan dibentuk menjadi luka. Jika ingin membuat luka di bagian tangan, kamu cukup menggunakan selembar tisu toilet. Untuk tampilan luka lebih besar, kamu bisa gunakan 2—3 helai tisu toilet. Setelah mendapat ukuran yang sesuai, robek tisu setidaknya 2 helai lagi dalam ukuran yang sama. Tempelkan pada area yang akan dibuat menjadi luka.

Oleskan lem di area kulit yang akan dibuat jadi luka. Kemudian, oleskan lem pada kertas lilin atau cangkir dan aplikasikan pada bagian kulit menggunakan kuas. Jumlah lem yang diaplikasikan ini dicocokkan dengan bentuk atau ukuran luka yang akan dibuat. Bila berbentuk seperti gigitan atau sayatan, oleskan secukupnya dan kalau ingin membuat luka yang tampak menganga, beri lem lebih banyak.

Pasang tisu ke area kulit yang sudah diberi lem dan tekan dengan kuat sampai tisu benar-benar merekat. Biarkan kering, kemudian ulangi menempel tisu lainnya. Gunakan kuas jika ingin menambah lapisan lem pada tisu toilet. Aplikasikan secara merata ke permukaan tisu dan tambahkan tisu lainnya hingga dirasa cukup. Kamu bisa menambahkan tisu sesuai dengan model luka yang diinginkan.

Setelah itu, oleskan kembali lem di bagian tepi tisu untuk meratakan luka buatan. Biarkan kering lalu oles kembali agar efek tampilannya lebih nyata. Jika dirasa sudah cukup realistis, aplikasikan alas bedak cair agar warna putih dari tisu tertutup dan seolah menyatu dengan kulit.

Aplikasikan alas bedak hingga perbatasan antara tisu dan kulit jadi tersamarkan. Kamu bisa menggunakan alas bedak dengan warna yang senada warna kulit. Aplikasikan menggunakan kuas bertipe datar agar hasilnya lebih rata.

Kemudian, iris dan sobek tisu untuk membuat luka sayat buatan dan setelah mengaplikasikan alas bedak, gunakan gunting untuk merobek tisu dalam pola yang diinginkan. Hati-hati pada tahap ini agar gunting tidak melukai kulit. Biarkan sobekan atau tisu yang terkoyak tetap menempel untuk memberi kesan luka lebih meyakinkan.

Selanjutnya, siapkan perona mata dalam warna ungu, merah, dan abu-abu. Aplikasikan ke kulit yang terlihat untuk membuat “luka memar” agar hasilnya lebih realistis. Kemudian tambahkan darah palsu ke kulit dan bagian tisu. Ratakan dengan kuas. Jika ingin membuat kesan lebih seram, kamu bisa menuang darah palsu dan membiarkannya menetes-netes.

From our editorial team

Trik yang Cukup Mudah, Bukan?

Setelah mengetahui trik untuk menghilangkan bekas luka dengan menggunakan makeup, tentu kamu tidak lagi khawatir jika ada luka di wajahmu dan di saat yang bersamaan kamu harus menghadiri berbagai acara yang akan membawamu untuk bertemu banyak orang. Selain itu, tips membuat luka di wajah bisa kamu gunakan saat acara pesta kostum atau pesta Halloween. Pasti tampilanmu akan semakin mengesankan.