10 Rekomendasi Produk Betadine untuk Menjaga Kebersihan Tubuh dan Merawat Luka (2020)

10 Rekomendasi Produk Betadine untuk Menjaga Kebersihan Tubuh dan Merawat Luka (2020)

Di rumah kita wajib selalu sedia kotak P3K. Ini karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita. Nah, untuk produk pencegah luka dan juga obat antiseptik, masyarakat Indonesia mempercayakan pada produk Betadine. Produknya tidak hanya sebatas obat merah saja, namun juga sabun mandi, obat kumur, dan lain sebagainya. Kenali seputar produk Betadine dan rekomendasinya, yuk!

Betadine Jadi Merek Tepercaya untuk Menjaga Kebersihan dan Merawat Luka

Meski banyak beraktivitas di rumah saja namun tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk mengalami kecelakaan kecil. Ada saja aktivitas yang bisa bikin kita terkilir, teriris, luka baret, dan lain sebagainya. Saat luka, tentu kita harus segera membersihkannya agar tidak iritasi dan segera mengobatinya agar tidak semakin parah.

Untuk menjaga kebersihan luka dan juga merawat luka, biasanya kita menyediakan obat dan produk antiseptik di rumah. Salah satu merek yang paling kita kenal untuk hal ini adalah Betadine. Ini merupakan sebuah merek tepercaya yang sejak lama hadir di Indonesia dan dipercaya dengan produk-produknya yang bisa membersihkan luka hingga merawat luka.

Betadine mengandung providone-iodine yang merupakan senyawa yang tidak menimbulkan efek sengatan atau sakit ketika digunakan. Penemu senyawa ini adalah Alexander Fleming. Ia menemukannya pada masa Perang Dunia I. Selanjutnya, Betadine didaftarkan sebagai merek dagang pada tahun 1958 dan menyebar ke berbagai negara.

Betadine masuk ke Indonesia dibawa oleh Kahar Tjandra yang merupakan seorang perwira militer sekaligus dokter. Ia mengembangkan Betadine di bawah naungan PT Mundipharma Healthcare. Tjandra juga membeli lisensi untuk memproduksi Betadine di Indonesia. Sejak saat itu, produk Betadine tak sebatas obat merah saja. Selain itu, produk Betadine juga makin dikenal dan selalu terpilih jadi pilihan masyarakat untuk obat antiseptik pembersih luka dan lain sebagainya.

Perhatikan Hal-hal di Bawah Ini Sebelum Memakai Betadine

Kenali Aneka Jenis Betadine

Dalam keseharian, aktivitas kita tidak hanya di dalam rumah namun juga di luar rumah. Aneka aktivitas tersebut kadang bikin kita terluka. Untuk mengatasinya kita bisa memakai obat dari Betadine. Namun bukan hanya untuk mengatasi luka, Betadine juga punya banyak produk lain yang wajib kamu tahu agar tidak salah menggunakannya.

Pertama ada Betadine Antiseptic Solution, ini adalah produk Betadine berbentuk cairan antiseptik yang bisa digunakan untuk membersihkan luka. Selain itu, ada juga produk Betadine Antiseptic Solution Stick. Produk yang satu ini adalah produk obat tetes luka namun dikemas praktis dalam bentuk stik sekali pakai. Lalu ada juga Betadine Dry Powder Spray. Ini cocok untuk kamu yang tidak ingin menyentuh luka secara langsung. Produk ini bisa mengatasi luka dengan cara disemprot saja.

Selain produk tersebut, Betadine juga menyediakan obat kumur, pembersih vagina, dan sabun mandi. Semua produknya memiliki kualitas yang bagus dan tentu saja bisa jadi pilihan kamu untuk hidup lebih sehat.

Kenali Efek Samping Memakai Betadine

Betadine juga memiliki efek samping jika digunakan secara kurang tepat. Kamu tidak bisa asal saja mengaplikasikan Betadine secara sembarangan. Beberapa efek samping yang muncul akibat pemakaian Betadine yang mengandung povidone iodine adalah muncul ruam di kulit dan kulit jadi terasa panas. Ada juga gejala gatal-gatal hingga pembengkakan atau edema. Bisa juga terjadi iritasi lokal jika dibiarkan terlalu lama.

Beritahu dokter jika kamu kebetulan memiliki alergi pada obat yang mengandung povidone. Infokan juga semisal kamu memiliki gangguan fungsi tiroid. Dengan begini maka dokter bisa menangani keluhan kamu dengan cepat.

Sebaiknya hindari penggunaan Betadine pada bayi yang lahir prematur. Hati-hati juga saat mengaplikasikan Betadine pada anak-anak. Jangan memakai Betadine lebih dari 1 minggu. Sebaiknya segera hubungi dokter jika terjadi iritasi usai memakai Betadine.

Pilih Kemasan Produknya

Ketika hendak membeli produk Betadine, baik berupa sabun dan lain sebagainya, ada baiknya kamu mempertimbangkan kemasan produknya. Betadine tidak hanya hadir dalam kemasan besar namun ada juga yang kemasan kecil. Jika kamu masih dalam tahap coba-coba maka ada baiknya kamu memilih produk dengan kemasan kecil. Dikhawatirkan ada alergi dan lain sebagainya. Namun, jika kamu sudah terbiasa memakainya atau sudah cocok dengan produknya, maka tidak salah jika kamu membeli produk dengan kemasan besar.

Perhitungkan juga jumlah orang yang memakai produk Betadine di rumah kamu. Jika banyak yang memakainya, misalnya untuk sabun mandi Betadine, maka kamu bisa beli kemasan besar sekaligus agar lebih hemat.

Untuk produk perawatan luka, ada baiknya kamu membeli kemasan kecil saja. Ini karena jika lama tidak digunakan maka produk bisa kedaluwarsa. Jika membeli kemasan kecil, maka kita tidak akan terlalu rugi jika harus menggantinya dengan yang baru saat produk sudah kedaluwarsa.

Gunakan Cara yang Tepat

Ketika memakai produk Betadine sebaiknya gunakan cara yang tepat. Ikuti dosis dan aturan pakai yang tertera. Sesuaikan juga dengan penggunanya apakah anak-anak atau dewasa. Pastikan anak yang memakainya berusia lebih dari 2 tahun.

Sesuaikan juga produk yang digunakan dengan kebutuhan. Misalnya untuk luka, maka gunakan sesuai cara yang tertera pada kemasan. Untuk produk obat luka, ada baiknya memastikan permukaan kulit bersih sebelum memakainya. Gunakan secukupnya dan jangan mengoleskan Betadine pada area mata atau area lain yang tidak terluka.

Ini Dia Rekomendasi Produk Betadine untuk Kamu

Betadine Body Wash

Betadine Body Wash merupakan salah satu produk Betadine yang bisa kamu gunakan. Produk yang satu ini bisa digunakan setiap hari untuk menjaga tubuh dari bakteri dan kuman. Body wash yang satu ini akan menjaga kebersihan dan melindungi kulit lebih maksimal. Produk ini hadir memiliki kandungan anti bakteri. Di dalamnya juga diperkaya dengan ekstrak lidah buaya organik dan Vitamin E sehingga mampu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

Body wash yang satu ini hadir dengan varian Manuka Honey dan juga Pomegranate. Kedua varian ini memiliki aroma wangi yang segar dan tidak bikin eneg. Aromanya tahan lama dan bisa bikin kita jadi lebih rileks.

Harga Rp. 19.000-35.000

Betadine Antiseptic Ointment

Betadine Antiseptic Ointment merupakan produk Betadine selanjutnya untuk kamu miliki. Produk ini berupa salep yang bisa digunakan untuk mencegah infeksi pada luka. Salep yang satu ini juga bisa mencegah luka terkontaminasi. Produk ini cocok untuk luka gores, luka kecil, luka bakar, dan lainnya. Di dalamnya ada kandungan Povidone-Iodine sehingga bisa meringankan luka tanpa perih.

Cara memakainya juga sangat mudah. Produk ini bisa dioles pada bagian permukaan luka. Lakukan hal ini sekali atau dua kali sehari. Salep ini untuk luka luar yang kering. Ada kemasan ukuran 10 gram yang bisa dibeli.

Harga Rp. 12.000-32.000

Betadine Feminine Hygiene

Betadine Feminine Hygiene adalah produk yang bisa digunakan juga untuk para wanita. Produk ini penting untuk membersihkan area intim wanita. Betadine bisa melindungi area sensitif dengan lebih baik. Di dalamnya ada Povidone-Iodine sehingga bisa mengobati gejala iritasi ringan, keputihan, hingga rasa gatal karena baketeri.

Cara memakainya juga mudah dan praktis. Kamu tinggal larutkan 8 ml cairan ini pada 1 liter air. Selanjutnya, basuhkan atau diamkan 1 menit lalu bilas dengan air bersih. Produk bisa digunakan 2 kali sehari dalam jangka waktu 5 hari.

Harga Rp. 25.000-32.000

Betadine Dry Powder Spray

Betadine Dry Powder Spray adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini bisa mengobati luka dengan cepat. Hadir dalam bentuk botol spray, produk ini bikin kamu bisa mengobati luka tanpa melakukan kontak secara langsung dengan luka. Di dalamnya ada kandungan Povidone-Iodine yang bisa mencegah luka terasa perih dan bisa mencegah luka terinfeksi.

Produk yang satu ini hadir dengan cooling effect. Cukup semprot dari jarak 15 sampai 30 cm. Kamu bisa memakainya dalam jangka waktu 4 jam sekali untuk membersihkan luka dan juga mencegah infeksi bakteri.

Harga Rp. 65.000-82.500

Betadine Plaster Elastic

Betadine Plaster Elastic tentu tidak bisa kamu lewatkan sebagai produk Betadine wajib miliki di rumah. Luka tidak hanya buthu dibersihkan dan diberi obat luka. Namun, luka juga wajib ditutup agar bisa lebih cepat kering. Kamu bisa gunakan produk yang satu ini agar luka tidak terasa perih saat terkena air. Produk ini dilengkapi dengan teknologi zinc oxide natural rubber. Ini membuatnya bisa merekat dengan sempurna pada luka.

Harga Rp. 3.888-5.000

Betadine Mouthwash & Gargle

Betadine Mouthwash & Gargle menjadi rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu sediakan di rumah. Produk ini bisa mengatasi nyeri saat kamu sariawan atau sakit tenggorokan. Betadine Mouthwash ini juga bisa mengatasi gusi membengkak. Obat kumur ini juga bisa bikin nafas kamu jadi lebih segar.

Di dalamnya mengandung Povidone-Iodine yang mampu membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut. Produk ini cukup dituang sebanyak 12 ml pada tutup botolnya lalu dikumur selama 30 sampai 60 detik, baru dimuntahkan.

Harga Rp. 17.000-31.000

Betadine Antiseptic Solution Stick

Betadine Antiseptic Solution Stick bisa jadi pilihan produk perawatan luka yang bisa dibawa kemana saja. Kamu bisa menyediakan di tas kamu untuk merawat luka sewaktu-waktu. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk stik yang praktis. Di bagian ujung kapasnya ada obat merah yang siap diaplikasikan pada luka. Stik obat merah ini dibuat untuk satu kali pemakaian saja. Ini membuatnya sangat higienis dan mudah dibawa.

Harga Rp. 46.000-70.000

Betadine Feminine Wipes

Betadine Feminine Wipes wajib dibawa para wanita saat bepergian. Produk dalam bentuk tisu ini mudah dibawa kemana saja. Area kewanitaan wajib dijaga kebersihannya kapan saja. Saat bepergian dan butuh buang air kecil, kamu bisa memakainya usai membasuh area intim dengan air. Ini akan bikin area kewanitaan terasa lebih nyaman. Tekstur tisunya lembut jadi bikin lebih aman digunakan.

Tisu hadir dengan bahan immortelle. Bahan ini kaya akan antioksidan yang membuat produk ini mampu melembapkan area intim secara alami. Ada juga kandungan probiotik di dalamnya sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menghambat munculnya bakteri jahat.

Harga Rp. 10.925-12.500

Betadine Cold Defence Nasal Spray

Betadine Cold Defence Nasal Spray adalah rekomendasi terbaik selanjutnya untuk produk Betadine. Produk yang satu ini bisa mencegah flu tanpa obat. Ketika ada gejala flu menyerang, kamu bisa memakai obat yang satu ini. Dengan bahan alami, produk ini lebih aman digunakan untuk meredakan gejala pilek dan flu.

Kandungan utama produk ini adalah Carragelose yang merupakan sejenis rumput laut merah. Bahan ini mampu meredakan gejala flu tanpa obat hanya dalam dua hari. Cara pemakaiannya mudah, cukup semprot pada rongga hidung untuk membuat pernafasan kembali lega.

Harga Rp. 130.000-254.000

Betadine Antiseptic Skin Cleanser

Betadine Antiseptic Skin Cleanser jadi produk selanjutnya untuk dimiliki di rumah. Produk yang satu ini adalah cairan antiseptik serbaguna. Dengan produk ini maka kuman bisa terbunuh secara efektif dalam waktu 15 detik. Kamu bisa memakainya untuk mencuci tangan, mencampurnya dengan air kamar mandi untuk mandi atau cuci muka.

Dalam produk ini ada kandungan Povidone-iodine untuk membunuh kuman. Produk ini aman digunakan setiap hari. Cairan antiseptik ini juga efektif untuk meredakan cacar air, infeksi jerawat, dan kulit gatal-gatal.

Harga Rp. 28.000-39.000
From our editorial team

Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa Produk

Sama seperti produk makanan dan obat lainnya, produk Betadine juga memiliki masa kedaluwarsa sendiri. Hindari memakai produk yang sudah kedaluwarsa jika tidak ingin kulit jadi iritasi. Periksa produk Betadine yang akan kamu gunakan sebelum memakainya. Cek tanggalnya juga saat membelinya. Pastikan tanggal kedaluwarsanya masih lama sehingga kamu bisa memastikan produknya aman digunakan. Meski misalnya lama tidak digunakan, kamu juga wajib sesekali mengecek produknya untuk memastikan bahwa tanggal kedaluwarsanya belum habis. Jika sudah mendekati, sebaiknya langsung ganti saja dengan produk terbarunya, ya.

Tag